10 Wisata Alam Sukabumi Bagaikan Surga Rekomended


Reni  July 20, 2018  0 Comment

Mungkin bisa dibilang Sukabumi adalah kota terkecil di Jawa Barat. Namun jangan salah banyak sekali wisata alam Sukabumi yang tidak kalah indahnya dengan kota di Jawa Barat lainnya. Daripada berlama – lama, berikut ini surga tersembunyi Kota Sukabumi

1. Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung Sukabumi

infojalanjalan.com

Jika diartikan “Situ” berarti danau, memang wisata alam Sukabumi ini merupakan danau alami yang terletak di kaku Gunung Parangrango. Saat pertama kali mengijakkan kaki di tempat wisata ini, Anda akan benar – benar dibuat takjub dengan panorama yang disuguhkan. Pemandangannya benar – benar mirip seperti lukisan alam indah.

Bukan hanya panorama alamnya saja yang memukau, udara yang sejuk menjadi cerita perjalananmu. Suasana yang sepi dan tenang menjadikan tempat ini pas buat Anda melepaskan penat. Jangan lupa untuk menyempatkan bermalam di camping ground yang sudah disiapkan.

review kuliner

Omah Mangan Resto, Sajikan Ragam Menu Lezat Dengan Pemandangan Memikat

Cobain Bakso Bakar Keju Di Buka Baju Surabaya

2. Kawah Ratu

Kawah Ratu

tendon.id

Bagi yang hobi mendaki, Kawah Ratu menjadi wisata alam Sukabumi yang rekomended. Untuk bisa mencapai puncak Kawah Ratu dibutuhkan waktu 3 jam treaking dengan jalanan terjal dan penuh rintang. Namun setelah sampai di puncaknya, semua rasa lelah dan perjalanan panjang Anda akan sirna sudah. Pemandangan memukau kawah aktifnya benar – benar terasa alami.

Kawah Ratu sendiri merupakan kawah aktif dari Gunung Salak. Bahkan sesekali kawah ini masih bisa mengeluarkan asap. Bagi yang ingin mengunjunginya disarankan untuk menyiapkan fisik, perlengkapan serta pakaian yang sesuai.

Baca juga :  Jelajah 10 Sungai Terindah Di Malaysia

3. Goa Buniayu

Goa Buniayu

kelanaku.com

Bagi Anda yang suka wisata alam dan bisa menantang adrenalin, Goa Buniayu ini tempatnya. Wisata alam Sukabumi ini terbentuk karena adanya aktivitas tektonik yang telah terjadi jutaan tahun yang lalu. Saat masuk ke dalamnya, Anda akan merasakan pengalaman yang berbeda, menyenangkan dan menegangkan akan bercampur padu.

Di tambah lagi, dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit akan menemani perjalanan Anda. Dibutuhkan waktu kurang lebih 5 jam untuk menyusuri goa ini, namun Anda akan ditemani oleh pemandu yang telah berpengalaman.

4. Danau Bacan

Danau Bacan

jejakpiknik.com

Sebenarnya, wisata alam Sukabumi ini merupakan lubang bekas galian tambang. Di mana setelah lama terisi oleh air hujan. Bebatuan hijau di dalamnya membuat warna jernih danau ini nampak berwarna kehijauan. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, namun danau ini menjadi spot foto yang menarik.

Bukan hanya warna danaunya saja yang hijau, perpaduan tebing di sekitarnya menjadikan pemadangan yang sangat memukau. Namun yang perlu diingat bahwa danau ini tidak untuk berenang. Sehingga pengunjung harus berhati – hati.

5. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang

kompasiana.com

Keelokan Bukit Karang Numpang mulai terekspos semenjak ada film 5 CM. Banyak orang berbondong – bondong datang. Keindahan yang ditawarkan oleh wisata alam Sukabumi ini adalah panorama lembah hijau di bawahnya berserta pegunungan hijau nan jauh di depan sana. Selain itu, gundukan batu mirip karang menyebar di hamparan sabana.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata tersebut, Anda hanya perlu menuu ke Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi. Lajukan saja, kendaraan Anda menuju ruas Jalan Mangkalaya Cisiaat.

6. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

berduakelilingindonesia.com

Nama dari Curug Cigangsa sendiri berasal dari bapak tua yang sering dipanggil dengan sebutan Eyang Gangsa. Wisata alam Sukabumi ini memiliki tiga tingkatan air terjun. Namun begitu, debit airnya cukup kecil. Pasalnya pada bagian hulu dibendung dan digunakan sebagai irigasi. Namun saat masum hujan debit airnya juga sangat deras.

Baca juga :  Nggak Melulu Pantai, Ngadem Dulu di 10 Wisata Hutan di Bali

Untuk menuju ke Curug Cigangsa sendiri, Anda harus banyak bertanya pada warga sekitar. Pasalnya, tidak ada petunjuk jalannya. Namun begitu, curug ini menawarkan pemandangan air terjun yang memukau siapapun.

Airnya yang dingin dan segar menjadikan tempat ini pas untuk melepas penat. Selain itu, tebing hijau di sekelilingnya menjadi pepaduan yang cantik. Alamnya yang masih asri, membuat dasar air terjun ini berwarna kehijauan. Sejuknya angin akan menemani perjalanan Anda menyusuri air terjun ini.

7. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

travelisindonesia.wordpress.com

Kabupaten Sukabumi adalah daerah yang berbatasan lansung dengan pantai selatan atau Samudra Hindia. Maka tidak heran, deretan pantai indah menambah daftar wisata alam Sukabumi yang memukau dan siap untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Cimaja. Bahkan keelokan Pantai Cimanja sudah terkenal hingga mancanegara.

Salah satu alasannya adalah ombak besar yang sulit untuk ditaklukkan. Bahkan, obaknya bisa mencapai 4 meter sehingga cocok buat berselancar. Daya tariknya Pantai Cimaja tidak seperti pantai pada umumnya dengan pasir putihnya, melainkan bebatuan alami indahnya.

Bagi yang tidak bisa berselancar tidak perlu khawatir. Pemandangan pantainya siap menyambut Anda. Anda bisa bersantai sembari menikmati pemandangan dari atas saung yang terlah disediakan. Selain itu, belajar surfing juga bisa dilakukan.

8. Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan

trivindo.com

Tebing Panenjoan terletak di gerbang Geopark Ciletuh. Wisata alam Sukabumi ini menawarkan pemandangan alam Geopark Ciletuh dari ketinggian. Di mana, Anda bisa menyaksikan hamparan hijaunya sawah dan birunya laut dari atas tebing. Nama Panenjoan sendiri berarti tempat untuk melihat. Maka tidak salah jika tempat ini dinamakan seperti itu.

Pasalnya, tebing dengan ketinggian 250 meter ini menyuguhkan panorama alam. Bahkan dari segala arah, Anda bisa menikmatinya. Tanpa perlu bosan, wisata alam ini akan menyajikan keindahan tanah pasundan yang memukau. Terlebih lagi, saat senja datang, sunsetnya benar – benar lukisan alam yang indah.

Baca juga :  10 Wisata alam di Palembang, Bikin Bimbang Ketika Mau Pulang

9. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh

jejakpiknik.com

Pantai Ombak Tujuh sendiri terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Mungkin akses menuju pantai ini cukup sulit. Bukan hanya itu saja, fasilitasnya juga belum memadai. Itulah letak keasrian dari pantai ini. Bukan hanya itu saja, panorama pantai yang disuguhkan benar – benar memikat hati siapapun yang berkunjung.

Wisata alam Sukabumi ini menawarkan berbagai hal yang menarik dan jarang Anda lihat. Salah satunya adalah ombak pantai ini bisa beriringan dan berjumlah hingga tujuh buah. Hal inilah yang membuat pantai ini dinamakan demikian. Terlebih lagi, saat ombak tersebut secara bergantian menabrak karang menjadikan pengalaman yang tidak pernah ada.

Selain itu, pasirnya yang masih putih bersih dan tidak ada sampah sama sekali menjadi daya tarik wisatawan. Anda bisa tiduran sepanjang pantai atau bermain pasir sepuasnya. Bukan hanya itu saja, cerukan batu karang menjadikan kolam alami untuk berendam di pantai ini.

10. Curug Cikaso

Curug Cikaso

Keindahan wisata alam Sukabumi ini terletak pada air terjunya yang memukau. Pasalnya, Curug Cikaso memiliki tiga air terjun utama yang saling berjejeran. Uniknya lagi, setiap air terjun memiliki namanya masing – masing, yakni Curug Aseupan, Curug Aki dan Curug Meong. Airnya yang jernih jatuh dari atas bukit. Namun saat berada di dasar air terjun, warnanya menjadi biru kehijauan.

Anda bisa berenang sembari menikmati keindahan air terjunnya. Airnya yang segar benar – benar melepas rasa lelah Anda sehari – hari. Jika berkunjung saat musim penghujan, Anda bisa menyewa perahu untuk bisa lebih dekat dengan air terjunnya.



Leave a Reply