15 Oleh Oleh Khas Sukabumi, Ada Sate Aci Hingga Kue Mochi


Reni  August 6, 2022  0 Comment

Sukabumi, Jawa barat merupakan salah satu kabupaten terluas di pulau Jawa. Memiliki keaneragaman budaya dan pariwisata yang banyak. Setelah menjelajah keindahan kota yang dijuluki Kota Mochi ini jangan lupa berburu oleh oleh khas Sukabumi. Oleh oleh khas Sukabumi cukup beragam. Tak hanya makanan berat hingga camilan tapi juga kerajinan penduduk yang bernilai seni tinggi. Apa saja? Yuk ikuti ulasan kami berikut ini

1. Japlak

japlak
shopee.co.id

Japlak ini tak beda jauh dari seblak kuliner yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Japlak yang merupakan Makanan khas Sukabumi ini rasanya pedas segar. Biasanya ditemukan pedagang gerobak pinggir jalan yang menjual japlak.

Makanan yang terbuat dari kerupuk ini memiliki bentuk seperti batagor. Hanya saja japlak disajikan dalam kuah pedas. Enak dinikmati siang hari.

Karena Japlak berupa makanan berkuah, jadi nggak tahan lama. JIka kamu tertarik membawa sablak untuk teman atau keluarga tercinta di Beberapa toko menjual japlak dalam bentuk kemasan yang lebih tahan lama.

Gotravelly

Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, Krupuk Ikan Di Pantai Kenjeran, Surabaya

2. Sate Aci

sate aci
timesindonesia.co.id

Jawa barat memang terkenal dengan kuliner serba aci. Begitu juga dengan Sukabumi, selain Japlak yang terbuat dari aci ada satu lagi makanan yang wajib kamu coba yakni sate aci.

Jika sate biasanya dibuat dari daging sapi atau ayam, sesuai dengan namanya sate aci terbuat dari adonan aci yang kemudian dibentuk bulat bulat dan ditusuk dengan tusuk sate. Setelah itu adonan aci dibakar hingga matang. Aromanya nggak kalah menggoda. Beneran bikin lapar.

Sate aci khas Sukabumi dinikmati bersama saus kacang dengan rasa gurih sedikit pedas. Meski rasanya beda dengan sate daging atau sate ayam tapi kelezatannya bisa diadu. Sate aci menjadi pilihan bagi kamu para vegetarian.

Sate aci tidak tahan lama. Jadi hanya bisa dibawa untuk kamu yang tinggal di sekitar Sukabumi.

3. Pisang Cakra

pisang cakra
reqnews.com

Pisang cakra ini hampir sama dengan piscok atau pisang coklat. Bahannya terbuat dari kulit yang terbuat dari tepung mirip dengan kulit lumpia, diberi pisang kemudian dilumeri dengan coklat. Kemudian digulung dan digoreng hingga kecoklatan. Rasanya renyah ketika digigit dan lumer di mulut. Manisnya pas perpaduan manisnya pisang dan coklat. Enak buat camilan sore.

4. Sagon Bakar

sagon bakar
bukalapak.com

Kue kering Sagon bakar menjadi pilihan oleh oleh khas Sukabumi selanjutnya. Jajanan khas Sukabumi dengan rasa gurih dan renyah ini terbuat dari kelapa yang dan berbagai campuran tepung.

Ada berbagai macam variasi rasa sagon bakar, mulai kopi, keju dan cokelat. Cocok dijadikan sebagai oleh oleh buat anak anak hingga kakek nenek dirumah. Bahkan teman teman di kantor kamu bakalan suka dengan citarasa tradisional sagon bakar.

5. Kue Jahe

kue jahe
kompasiana.com

Oleh oleh khas Sukabumi yang bisa kamu bawang yaitu kue jahe.  ari namnya saja kita sudah tahu kue ini bahan utama dari  adalah parutan jahe. Nah, jahe yang sudah diparut  dicampur dengan campuran tepung sagu dan gula merah. Tekstur kue jahe ini renyah. Rasanya manis ada sensasi rasa hangat dan tentu saja menyegarkan tubuh.

Kue ini cocok dinikmati bersama teh dan kopi. Aromanya yang harum membuat santai sore kamu semakin menyenangkan.

Jahe selain menghangatkan badan juga memiliki kaya manfaat seperti meredakan nyeri otot, menangkal infeksi virus dan bakteri, mengatasi masalah pencernaan hingga bagus untuk anti penuaan dan anti kanker. Jadi jangan lupa masukkan kue jahe dalam daftar oleh oleh kamu.

6. Coklat Unai Choco

cokelat unai choco
budaya-indonesia.org

Selain kue tradisional, kamu bisa membawa coklat Unai chocho sebagai oleh oleh. Coklat yang dikemas secara unik ini dibuat dengan teknik khusus sehingga menghasilakn rasa coklat yang cocok di lidah. Selain rasa tradisional ada berbagai macam pilihan seperti strawberry, dll.

Coklat unai choco di kemas secara modern dan cocok untuk dijadikan oleh oleh untuk anak muda dan anak anak.

7. Bolu Pisang

bolu pisang
boluamor.co.id

Oleh oleh khas Sukabumi selanjutnya adalah Bolu pisang. Sesuai dengan namanya bolu yang dibuat dengan bahan utama pisang ini memiliki tektur yang lembut dengan rasa gurih dan tidak neg.

8. Kue Mochi

Oleh Oleh Khas Sukabumi
lifestyle.okezone.com

Meski Mochi bukan asli Sukabumi tapi kue mochi yang satu ini banyak diburu wisatawan. Kue Mochi Yang kenyal dan lembut ini menjadi salah satu alternatif oleh oleh khas Sukabumi

Kue Mochi Lampion jajanan khas Sukabumi ini melegenda sudah diproduksi sejak tahun 1983. Harganya juga bersahabat dengan dompet.

9. Bandros Mang Ata

bandros mang ata
nisamobilsukabumi.com

Banyak penjual bandros di Sukabumi tapi satu yang enak dan terkenal yakti Bandros Mang ata. Jajanan khas Sukabumi ini banyak diburu wisatawan lokal karena rasanya yang sangat gurih sedap. Kue Bandros ini nikmat disantap bersama teh hangat.

10. Surabi Sukabumi

surabi sukabumi
indonesiatraveler.id

Jajanan tradisional Surabi memang banyak ditemui di daerah lain. Tapi jika kamu berkunjung ke Sukabumi jangan lupa mencoba Surabinya. Karena surabi Sukami memiliki rasa yang gurih. Dengan berbagai macam rasa dan topping surabi bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh.

11. Roti Priangan

roti priangan
jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com

Jajanan khas Sukabumi ini menjadi roti legendaris yang wajib kamu bawa pulang. Roti dengan adonan khusus dengan rasa nikmat bisa kamu temukan di toko roti Oey Tjiang Lie.

12. Deblo

deblo
cookpad.com

Deblo manakan khas Sukabumi yang mulai langka ini menjadi salah satu pilihan oleh oleh khas Sukabumi. Rasanya yang khas digemari oleh masyarakat.

Deblo terbuat ari singkong kemudian ditambahkan bumbu bumbu seperti daun bawang, kunyit, bawang putih, merica dan garam. Bahan dan bumbu dicampur menjadi satu kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah adonan halus dibentuk bulat kemudian digoreng hingga kering.

13. Kerajinan Tanduk

kerjainan tanduk
merahputih.com

Selain oleh oleh khas Sukabumi berupa kerajinan, Sukabumi juga juga menghasilkan beberapa kerajinan yang bagus untuk dekorasi rumah. Salah satunya  adalah kerajinan tanduk.

Kerajinan seni ini terbuat dari tanduk kerbau. Ada berbagai variasi hasil seni dari tanduk kerbau seperti sisir, penggaruk, gantungan kunci, ikan ikan, sendok, garpu dan masih banyak lagi kerajinan yang dibuat. Semua kerajinan seni menjadi salah satu karya seni bernilai tinggi.

14. Kerajinan Bambu

kerajinan bambu
sukabumiupdate.com

Kerajinan bambu menjadi alternatif oleh oleh khas Sukabumi. Jika kerajinan tanduk terbuat dari tanduk kerbau, kerajinan ini terbuat dari bambu.

Dari tangan tangan kreatif para pengrajin, bambu dibuat menjadi berbagai kerajinan mulai dari lampu hias, tas, hiasan kapal laut, tutup meja, keranjang hingga kursi. Masih banyak lain dekorasi karya seni yang bisa kamu bawa pulang.

15. Kerajinan Batu

kerajinan batu
sukabumiupdate.com

Kerajinan terakhir yang menjadi oleh oleh khas Sukabumi yaitu kerajinan batu. Beragam batu di tangan pengrajin diubah menjadi berbagai dekorasi karya seni yang bernilai tinggi.

Batu batu diubah menjadi kalung, piring, gelas hingga beragam hiasan seperti bentuk kura kura, ikan dan juga bebek. Aneka kerajinan ini sangat unik dipajang di rumah

Itulah tadi ulasan kami tentang oleh oleh khas Sukabumi. Mulai dari makanan berkuah, camilan kering hingga berbagai macam kerajinan yang bernilai seni tinggi. Yuk, Jalan jalan ke Sukabumi!



Leave a Reply