10 Arung Jeram di Indonesia Paling Menantang Andrenalin


Reni  January 2, 2019  0 Comment

Lokasi arung jeram terbaik di Indonesia sudah pasti banyak dicari mengingat arung jeram menjadi salah satu cabang olahraga air yang cukup banyak diminati. Memang tidak semua orang menyukai olahraga ekstrem ini karena memang arung jeram tak hanya membutuhkan hobi saja, melainkan juga skill, keberanian untuk menantang adrenalin dan juga kekompakan bersama tim. Bagi anda yang hobi bermain arung jeram, Berikut ini adalah beberapa Lokasi arung jeram terbaik di Indonesia.

Lokasi Arung Jeram di Indonesia

1. Sungai Alas, Aceh

Sungai Alas

pedomanwisata.com

Mendengar nama Aceh pasti anda tak asing dengan Taman Nasional Gunung Leusernya (TNGL). Di area Taman Nasional ini terdapat satu sungai yang membelah TNGL yang disebut dengan Sungai Alas. Yang menarik dari Sungai Alas ini adalah dimana sering dipergunakan sebagai lokasi untuk melakukan arung jeram (rafting) dan memiliki grade IV.

Bahkan sungai ini juga sering digunakan sebagai lokasi untuk mengadakan kompetisi Aceh Leuser International Rafting Championship setiap tahun dimana pesertanya berasal dari rafter profesional yang berasal dari berbagai negara. Jika anda ingin menjajal nyali anda untuk menaklukkan Sungai Alas, maka anda wajib datang ke Aceh.

Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

2. Sungai Asahan, Sumatera Utara

Sungai Asahan

pedomanwisata.com

Lokasi arung jeram terbaik di Indonesia yang kedua berada di Sumatra utara yaitu di Sungai Asahan. Sungai Asahan ini disebut – sebut sebagai lokasi arung jeram terbaik nomor 3 didunia. Sungai degan grade IV – V sepanjang 22 km akan membawa anda merasakan sensasi menaklukkan jeram yang ada.

Baca juga :  7 Arung Jeram Paling Menantang di Jawa Timur, Berani Coba?

ditujukan bagi anda yang memang sudah profesional sehingga tak heran jika sungai ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk melaksanakan berbagai perlombaan atau kompetisi arung jeram. Baik itu tingkat nasional ataupun internasional.

3. Sungai Palayangan, Bandung

Sungai Palayangan

Hello-PET.com

Jawa Barat memang dikenal memiliki pemandangan alam yang asri, sejuk dan menakjubkan. Sehingga tak heran jika Jawa Barat memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang mengagumkan. Tak hanya wisata alam saja, bahkan Jawa Barat terutama Bandung memiliki lokasi arung jeram terbaik di Indonesia yaitu Sungai Palayangan.

Sungai Palayangan terletak di Pengalengan, Bandung Selatan. Sungai ini memiliki grade III sehingga cukup aman untuk lokasi outbond bersama komunitas atau keluarga. Apalagi di area ini terdapat berbagai fasilitas menarik seperti flying fox, paintball dan berbagai fasilitas outbond lainnya. Ada pula spot bermain lainnya seperti memetik strawberry dan juga naik perahu mengelilingi danau.

4. Green Canyon, Pangandaran

Green Canyon

harapanwisataku.com

Pangandaran tak hanya populer dengan pantai, namun juga lokasi untuk arung jeram. Sebenarnya ketika di Green Canyon ini anda tidak menaiki perahu untuk menyusuri sungainya namun justru menggunakan ban, atau lebih dikenal sebagai body rafting.

Lokasi dan kondisi Green Canyon yang cukup aman membuat tempat imi banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi arung jeram dengan cara yang berbeda. Jika anda tertarik, maka Green Canyon ini bisa menjadi salah satu tujuan arung jeram terbaik di Indonesia.

5. Sungai Citarik, Sukabumi

Sungai Citarik

indooutbound.com

Sukabumi juga memiliki lokasi arung jeram terbaik di Indonesia yaitu tepatnya di Sungai Citarik. Sungai ini memiliki grade III dan masih aman bagi anda yang tergolong pemula dalam hal arung jeram.

Baca juga :  7 Wisata Dekat Stasiun Sukabumi Paling Hits Dikunjungi

Sungai ini juga cocok digunakan untuk wisata arung jeram keluarga. Namun meskipun begitu tetap disarankan untuk menggunakan pembimbing agar memandu anda menyusuri sungai. Karena pada umumnya pemandu sudah sangat hafal dengan kontur sungai sehingga akan lebih aman.

6. Sungai Serayu, Banjarnegara

Sungai Serayu

republika.co.id

Lokasi untuk melakukan arung jeram terbaik di Indonesia juga berada di Banjarnegara, Jawa Tengah. Tepatnya di Sungai Serayu. Memang sungai ini belum banyak diketahui oleh para pencinta rafting. Karena memang sungai ini tergolong belum banyak diketahui oleh orang maupun wisatawan.

Namun yang perlu anda tahu adalah dimana Sungai Serayu ini memiliki kontur sungai yang cukup menantang sehingga wajib dicoba oleh para rafter. Apalagi selain untuk arung jeram, Sungai Serayu juga menyediakan sarana outbond yang akan semakin menambah keseruan berlibur anda.

7. Sungai Progo, Yogyakarta

Sungai Progo

Tribun Jogja – Tribunnews.com

Yogyakarta juga memiliki Sungai Progo yang memang sudah dikenal sebagai lokasi untuk rafting. Sungai Progo ini terbagi menjadi 2 bagian.

· Bagian atas grade III untuk pemula

· Bagian bawah grade IV untuk profesional

Waktu terbaik untuk melakukan arung jeram di Sungai Progo ini adalah ketika musim hujan. Karena di saat itu, debit air sungai sedang deras sehingga lebih pas untuk menaklukkan tantangan jeram yang ada di Sungai Progo ini.

8. Sungai Pekalen, Jawa Timur

Sungai Pekalen

pedomanwisata.com

Jawa Timur juga tak mau ketinggalan karena ternyata juga memiliki tempat arung jeram terbaik di Indonesia yaitu di Sungai Pekalen. Sungai Pekalen memiliki kedalaman sekitar 3 meter dengan grade III – V dan berada di Kabupaten Probolinggo.

Ketika melakukan rafting di sungai ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan 7 air terjun. Tak lupa kontur sungai yang cukup menantang yaitu terdapat tebing dengan ketinggian kurang lebih 5 meter dan menjadi lokasi paling untuk melakukan jumping. Bagi anda pencinta aktifitas menantang adrenalin, Sungai Pekalen bisa masuk k edalam daftar anda.

Baca juga :  10 Pantai Terindah di Lampung Yang Populer di Kalangan Wisatawan

9. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Sungai Nimanga

lifestyle.okezone.com

Sulawesi Utara tepatnya di Minahasa juga terdapat lokasi untuk arung jeram yang memiliki grade II – III. Kondisi sungai yang tidak terlalu curam membuat Sungai Nimanga ini juga cocok dijadikan sebagai lokasi arung jeran, terutama jika anda adalah pemula.

Lokasi Sungai Nimanga ini masih sangat alami dan juga asri. Bahkan ketika menyusuri sungai, anda masih bisa melihat berbagai satwa liar berkeliaran di sekeliling sungai.

10. Sungai Sa’dan, Sulawesi Selatan

Sungai Sa’dan

jelajahtoraja.blogspot.com

Selain Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan juga memiliki Sungai Sa’dan yang cukup dikenal oleh para rafter. Sungai sepanjang 100 km dan grade III – V dan memiliki pemandangan alam yang masih sangat asri dan juga banyak jeram yang menantang sehingga tak heran jika sungai ini cukup dikenal oleh rafter profesional.

Sungai Sa’dan ini juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk menggelar turnamen nasional. Tak heran jika Sungai Sa’dan memang sudah populer bagi para pencinta rafting.

Arung jeram memang menjadi hobi, aktivitas sekaligus olahraga yang seru dan menantang adrenalin. Memang tidak semua orang mau melakukan olahraga yang satu ini. Apalagi untuk bisa menjadi rafter profesional yang mampu menaklukkan berbagai jeram yang curam dan menantang, dibutuhkan skill dan pengalaman yang matang.

Oleh sebab itu, bagi anda yang kebetulan mencintai olahraga arung jeram dan sedang berburu lokasi, maka 10 sungai tadi bisa anda coba. Namun sangat disarankan untuk menyesuaikan kontur sungai dengan kemampuan atau skill anda. Terlebih jika anda adalah seorang pemula dalam bidang rafting, maka tak ada sangat disarankan untuk menggunakan jasa pembimbing atau guide yang sudah paham dan hafal dengan kontur sungai yang akan anda gunakan untuk arung jeram tersebut. Semoga informasi tentang lokasi arung jeram terbaik di Indonesia di atas, bermanfaat untuk anda.



Leave a Reply