10 Makanan Khas Sukabumi Terkenal Paling Enak + Oleh Oleh


Reni  May 9, 2018  0 Comments

Makanan Khas Sukabumi- Setiap kali mengunjungi suatu daerah, tentunya selain tempat wisata, kita akan mencari referesi kuliner yang khas dari daerah tersebut, dan termasuk juga buah tangan sebagai ciri khas yang dapat diberikan kepada sanak saudara yang ada di rumah.

Begitu juga ketika berkunjung ke satu kota di Jawa Barat ini, Sukabumi. Yuk disimak informasi menarik yang Anda butuhkan saat berkunjung ke kota ini, untuk berburu makanan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

1. Bubur BuNut

Bubur BuNut

pungkasanugrahutami.blogspot.co.id

Warisan kuliner yang satu ini harus Anda coba nikmatnya. Udara daerah Sukabumi yang cukup dingin membuat bubur BuNut ini menjadi salah satu menu yang cocok untuk dinikmati. Anda bisa mendapatkan makanan ini mulai dari jam 6 pagi, dan segera dapatkan kalau tidak mau kehabisan.

Anda dapat mencari menu ini di daetah Siliwangi. Rumah makan yang menyediakan menu bubur Bu Nut ini memiliki konsep yang unik karena memadukan unsur modern dan tradisional. Selain itu terdapat ruangan indoor ataupun outdoor yang bisa dijadikan pilihan yang asyik untuk menikmati bubur BuNut khas kota Sukabumi.

Warung Pak Bos, Tempat Nongkrong Dengan Kantong Pelajar

2. Mie khas Sukabumi

Mie khas Sukabumi

irfandazis.wordpress.com

Menu selanjutnya adalah menu yang cocok untuk makan siang. Jika Anda penyuka jenis mie, maka Anda harus mencoba mie khas Sukabumi yang tiada duanya. Ada rasa khas yang akan Anda temukan ketika mencoba olahan mie di Sukabumi.

Baca juga :  7 Kawasan Pusat Kuliner Malam Jakarta Banyak Kuliner Lezat!

Anda dapat menemukan mie khas Sukabumi ini di daerah sekitar Jalan Ahmad Yani. Tersedia berbagai porsi yang bisa Anda jadikan pilihan, mulai dari porsi normal yang harganya sekitar lima belas ribuan, hingga porsi jumbo yang akan sangat mengenyangkan senilai 25 ribu.

3. Nasi Uduk berwarna ungu

Nasi Uduk berwarna ungu

wisataku.id

Nasi uduk yang Anda temui di kota Sukabumi memiliki ciri khas yang berbeda, yakni warnanya ungu. Tapi tenagn saja, warna ungu yang menggoda ini tidak berasal dari bahan kimia, melainkan karena pewarna makanan alami, yakni buah bit dan juga ubi ungu.

Nah, kapan lagi Anda dapat mencoba nasi uduk yang berbeda dari biasanya? Ya di Sukabumi salah satu tempatnya. Untuk kelengkapan makanan ini, diberikan lauk seperti telur dadar, ayam, tempe, tahu, lalapan, dan hadir juga sambal untuk pelengkap.

Dengan komposisi ini, tentu rasanya gurih dan khas, dan tidak bisa Anda temui ketika mencoba nasi uduk di kota lain. Jadi, kalau ke kota Sukabumi, sempatkan mencicipi kuliner satu ini ya!

4. Sate Aci

Sate Aci

sheliciouss.com

Dari namanya Anda tentu sudah dapat menebak kalau makanan khas yang satu ini terpuat dari aci atau tepung kanji. Tepung kanji sebelumnya diolah menggunakan kompor dengan aci kecil, kemudian dicampurkan dengan berbagai penyedap rasa.

Aduk perlahan, dan jangan sampai menggumpal. Setelah adonan mendidih, Anda dapat menuangkannya ke cetakan yang ditusuk dengan lidi. Tunggu hingga dingin, lalu angkat. Anda dapat menyajikan sate ini seperti sate ayam, yakni disiram dengan bumbu kacang.

Karena cara yang cukup mudah membuat sate aci ini, Anda pun dapat mencobanya di rumah dengan berbekal resep khas kuliner asli Sukabumi.

Baca juga :  15 Oleh Oleh Khas Depok Ada Manisan Hingga Sirup Segar

5. Pepes Ikan

Pepes Ikan

putrichairina.wordpress.com

Masakan Sunda identik dengan segala macam pepes, dan kota Sukabumi pun punya ciri khasnya, yakni pepes ikan. Anda apat mencicipi pepes ikan terenak di kota ini dengan mengunjungi salah satu restoran yang terletak di daerah Tegalpari.

Pepes ikan mas berduri lunak menjadi menu andalan yang tidak boleh dilewatkan sebagai salah satu kuliner khas Sukabumi. Nah, karena durinya lunak, maka Anda tidak perlu kerepotan dalam menyantap menu ini.

6. Kue Jahe

Kue Jahe

gudeg.net

Kue jahe terbuat dari parutan jahe yang dicampurkan dengan sedikit gula. Rasanya yang manis dan efek kehangatan setelah menyantap makanan ini, membuat kue jahe begitu istimewa. Tak heran kemudian, banyak yang membawa makanan ini sebagai buah tangan khas dari kota Sukabumi.

7. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi

sportourism.id

Surabi sendiri memang identik sebagai kue khas daerah Jawa Barat. Kita sering mendengar banyak surabi enak yang bisa ditemukan di Bandung. Nah, mungkin ini yang belum Anda tahu, bahwa Sukabumi juga punya lho, surabi khas-nya sendiri.

Surabi Sukabumi terbuat dari durian. Belum Anda temui bukan, kue surabi berbahan durian? Oleh karena itu, jika sedang mengunjungi Sukabumi, jangan sampai melewatkan kuliner khas ini. Rasa durian yang khas dari kota Sukabumi membuat daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi Sukabumi untuk segera mencicipi.

Anda dapat menemukan surabi durian khas Sukabumi ini di daerah Jalan Jenderal Soedirman, banyak pedagang yang menawarkan surabi berbeda yang harus Anda coba.

8. Kue Mochi

Kue Mochi

kedaiwidya.blogspot.co.id

Jika Anda sedang mencari makanan khas Sukabumi yang cocok dijadikan oleh-oleh, maka kue mochi menjadi salah satu jawabannya. Tekstur kue yang kenyal dan rasanya yang gurih menjadi rasa yang sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang mengunjungi Sukabumi. Dan tentu Anda pun ingin membagikan kebahagiaan dan kelezatan makanan ini kepada keluarga di rumah bukan?

Baca juga :  10 Nasi Goreng Terkenal di Malang Bikin Kulineran Lebih menyenangkan!

Maka dari itu, pilih kue mochi sebagai oleh-oleh. Ada banyak warna dan rasa yang dapat dijadikan alternatif pilihan. Namun, satu yang wajib dicoba yakni mochi lampion. Pengolahan mochi ini sudah terjamin dan terbukti keenakan rasanya hingga beberapa waktu dan membuat mereka yang sudah pernah merasakan akan ketagihan.

9. Roti Priangan

Roti Priangan

facebook.com/smikuliner/

Makanan legendaris asal Sukabumi yang wajib dinikmati selanjutnya adalah roti Priangan. Roti yang memiliki adonan khusus ini sangat diburu para wisatawan dan mereka yang berkunjung ke Sukabumi. Rasa yang enak dan lezat menjadi salah satu pesona yang sulit ditolak untuk memanjakan lidah Anda.

Roti Priangan dengan nama Oey Tjiang Lie yang mulai berdiri sejak 1943 hingga kini adalah bukti betapa banyaknya orang yang tersihir kelezatan roti priangan. Dan Anda pun harus menjadi salah satunya, serta memberikan kenikmatan ini tak lupa untuk keluarga di rumah yang menantikan oleh-oleh khas dari Sukabumi.

10. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore

kaskus.co.id

Nah, kalau tadi disajikan beberapa menu makanan dan rekomendasi buah tangan untuk sanak Saudara yang jadi khas kota Sukabumi, maka kali ini ada menu minuman yang juga sayang untuk dilewatkan.

Biasanya bisa ditemukan pada malam hari, kuliner khas Sukabumi yang konon berasal dari negara tetangga Singapura ini tentu akan memberikan cita rasa berbeda yang bisa Anda nikmati.

Anda dapat menemukan menu sekoteng Singapore ini di kawasan Jenderal Ahmad Yani. Jika dibandingkan dengan sekoteng pada umumnya, yang membedakan menu ini adalah terdapat roti jahe yang merupakan ciri khas Sukabumi yang ikut masuk ke dalam sekoteng.

Menambah kehangatan akan minuman ini tentunya. Jadi, sangat cocok dinikmati di kota Sukabumi yang hawanya cukup menusuk tulang. Bagaimana? Sudah terbayang kehangatannya? Jadi, tunggu apalagi! Kalau Anda sedang di Sukabumi, segera saja cicipi. Soal harga, bersahabat kok!



Leave a Reply

One Response
  1. mimin says:

    min ada nih patut di coba juga makanan makanan di sukabumi yang hits, langsung cek tkp aja yah