21 Wisata Alam Jogja yang Jarang Diketahui Wisatawan


sisil angelin  July 17, 2018  2 Comments

Bukan hanya sekedar sejarah dan kulinernya saja yang dikenal oleh masyarakat dunia, namun keindahan alam yang tidak ternilai harganyapun ternyata telah sukses menarik simpati masyarakat internasional dalam menyusuri wilayah Yogyakarta. Berbagai wisata alam Jogja yang sangat indah dan menarik namun jarang diketahui oleh orang ternyata menjadi daya tarik tersendiri untuk sebagian orang yang ingin menghabiskan sisa liburan.

Bagi Kamu yang ingin tahu seluk beluk keindahan wisata alam Jogja, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan saat ingin mengunjungi kota pelajar tersebut. Tentunya, lokasi wisata ini sangat cocok untuk Kamu jadikan sebagai pelepas penat setelah beraktivitas selama seminggu atau sebelum kembali bekerja. Berikut beberapa tempat wisata Jogja agar liburanmu semakin berkesan

1. Cave Tubing Gua Pindul

Cave Tubing Gua Pindul

yogya-backpacker.com

Jika Kamu jalan-jalan ke Desa Bejiharjo, Karangmojo, jangan lupa untuk menikmati sensasi luar biasa menyusuri sungai di dalam Gua Pindul. Salah satu wisata alam Jogja ini akan menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmite yang akan ditemui di sepanjang gua. Dengan menggunakan pelampung, Kamu akan diajak untuk menyusuri sungai sepanjang 300 meter selama 45 – 60 menit. Merupakan pengalaman yang menegangkan dan wajib untuk Kamu coba.

review kuliner

Tempo Gelato, Tempat Makan Gelato Paling Hits Di Jogja. Ada Puluhan Varian!

Nggak Sengaja Mampir Ke Pantai Sundak Gunungkidul, Pantainya Bersih Dan Sepi!

2. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci

goapindul.com

Lokasinya yang ada di Semanu, Gunungkidul, menjadikan wisata alam Jogja yang satu ini wajib Kamu coba untuk merasakan sensasi serunya menyusuri keindahan tebing karst. Dengan membayar retribusi sebesar Rp 5,000 dan paket Cave Tubing sebesar Rp 70,000, petualanganmu akan bermula saat melewati Gua Gelatik dan Gua Kalisuci. Di sini, Kamu akan menemukan stalagtit yang nampak layaknya kristal.

3. Goa Jomblang

Goa Jomblang

JejakPiknik.com

Satu lagi keindahan wisata alam Jogja yang patut diapresiasi. Berlokasi di Gunungkidul, Goa Jomblang memiliki daya tarik tersendiri dengan kebedaraan hutan purbanya yang ada di dalamnya. Untuk menikmati keindahan yang sesungguhnya, Kamu bisa berkunjung pada pukul 10.00 – 12.00, di mana Kamu akan melihat sinar matahari masuk menerobos goa yang dikenal dengan sebutan cahaya surga. Siapkan dana Rp 450,000 untuk menikmati keindahan ini.

4. Kalibiru

Kalibiru

infobudaya.net

Jika Kamu ingin menikmati hamparan pohon yang luas dari ketinggian tertentu, kini saatnya Kamu berkunjung ke wisata alam Jogja yang dikenal dengan nama Kalibiru. Beralamatkan di kecamatan Kokap, Kulonprogo, ekowisata ini juga memiliki keunikan tersendiri atas adanya platform yang ada di pohon pinus. Dengan menaiki tangga, Kamu bisa melihat indahnya sunset di sore hari bersama pasanganmu.

5. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

JejakPiknik.com

Keindahan matahari terbit ternyata tidak harus dinikmati dengan mendaki gunung. Hanya dengan berkunjung ke puncak Suroloyo yang ada di Kulon Progo, Jogjakarta, Kamu akan disuguhkan wisata alam Jogja yang berupa hamparan awan yang menakjubkan. Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa melihat keindahan empat gunung yaitu merbabu, sindoro, merapi dan sumbing dari ketinggian 1,091mdpl. Perjalanan mencapai puncak ditempuh dengan menaiki 290 anak tangga.

6. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog
Wisata alam Jogja yang selanjutnya adalah bukit Parang Endog yang ada di Bantul, 27km dari Jogja. Bukit yang sering kali digunakan sebagai landasan pacu kegiatan paralayang ini ternyata memberikan daya tarik keindahan sunset yang mengesankan. Lokasinya yang ada di ujung timur Parangtritis ini juga bisa Kamu jadikan sebagai tujuan untuk menantang adrenalinmu dalam kegiatan paralayang. Menarik bukan?

7. Curug Indah Tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo

bakpiamutiarajogja.com

Secara administrative, lokasi dari wisata alam Jogja curug indah Tegalrejo ini ada di ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Dikenal dengan sebutan Curug Bayat, tempat wisata ini memiliki pemandangan indah pepohonan yang mengelilingi jatuhnya air dari tebing. Sayangnya, curug Indah Tegalrejo ini belum banyak diketahui orang dan hanya sebatas warga lokal saja yang mengunjunginya untuk mendinginkan suasana.

8. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

VIApendaki.com

Jika Kamu merasa panas ketika berlibur di Jogja, kini saatnya Kamu berkunjung ke wisata alam Jogja yang dikenal dengan sebutan Hutan Pinus Mangunan. Kawasan wisata yang ada di daerah Dingo, Bantul ini menawarkan pemandangan indah di antara pohon pinus. Seiring dengan pemandangannya yang mempesona, banyak wisatawan menjadikan lokasi wisata ini sebagai spot berfoto bersama teman ataupun pasangan.

9. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

oknusantara.com

Berwisata sembari menyusuri kebun buah memang terasa berbeda dan hal inilah yang akan Kamu dapatkan saat berkunjung ke wisata alam Jogja kebun buah Mangunan. Lokasinya yang ada pada ketinggian 150 – 200mdpl, menjadikan lokasi wisata ini memiliki pemandangan indah berupa ngarai sungai Oyo yang eksotis. Waktu yang tepat untuk berkunjung di lokasi ini adalah pagi hari, di mana ngarai sungai tersebut masih ditutupi kabut tipis yang sangat mengagumkan.

10. Goa Selarong

Goa Selarong

rentalmobilyogyakarta.net

Wisata religious yang satu ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mengenang jasa pangeran Diponegoro. Mengandung nilai sejarah sebagai tempat persembunyian Diponegoro ketika perang gerilya, wisata alam Jogja Goa Selarong ini memiliki berbagai fasilitas seperti mushola, gardu pandang, pendopo dan sarana bermain. Sedangkan lokasi wisata sejarah ini ada di Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta.

11. Gua Cerme

Gua Cerme

bonvoyagejogja.com

Aksesnya yang mudah untuk ditelurusi dengan pesona keindahan alam di dalamnya yang terbentuk secara alami, menjadikan gua Crème sebagai wisata alam Jogja yang sangat direkomendasikan. Berada di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul Yogyakarta, Gua Crème ini memberikan pengalaman menarik berupa penyusuran selama 1.5 – 2 jam. Berbagai keindahan di dalam gua ini meliputi stalagtit, stalagmite, flowstone, sodastraw dan Moonmilk Pillar.

12. Wisata kaliurang

Wisata kaliurang

wisataku.id

Suguhan pemandangan yang terlihat hijau dan asri bisa Kamu dapatkan dengan berkunjung ke wisata kaliurang. Berada di ketinggian 900 mdpl, wisata alam Jogja ini menawarkan kegiatan yang menarik seperti halnya berenang, jalan-jalan ataupun sekedar bersantai. Terlepas dari itu semua, jangan lupa untuk menikmati lezatnya kuliner jadah tempe yang khas dari daerah tersebut.

13. Blue lagoon

Blue lagoon

tempatrekreasi.id

Sebuah pemandian alami ternyata bisa Kamu temukan di wisata alam Jogja yang bernama blue lagoon. Lokasinya yang berada di desa dalem, widodomartani, ngemplak, sleman ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi anak muda yang ingin menghabiskan waktu sembari berenang ataupun sekedar bermain air. Pada dasarnya, lokasi wisata ini memiliki nama resmi pemandian setia budi, namun banyak kalangan muda yang menyebutnya Blue Lagoon.

14. Arum Jeram Citra Ero

Arum Jeram Citra Ero

Gogonesia.com

Berlibur tidak akan seru tanpa melakukan aktivitas yang menantang adrenalin. Jika memang hal ini yang Kamu inginkan wisata alam Jogja akan mengajak Kamu singgah di Arum Jeram Citra Ero. Tanpa harus memiliki prasyarat untuk bisa renang, Kamu hanya dituntut untuk bisa menaklukkan jeram di sepanjang sungai tersebut. pastinya akan sangat mengasyikkan ketika Kamu bisa bermain air dan tertawa lepas di lokasi wisata ini.

15. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

oxfordinfantil2.wordpress.com

Bagi Kamu yang suka diving dan ingin bermain dengan berbagai jenis ikan berwarna warni, Kamu bisa berkunjung ke wisata alam Jogja yang ada di desa ponggok, kecamatan Polanharjo, Klaten, Yogyakarta. Lokasi ini sebenarnya dikhususkan untuk para penyelam pemula. Dengan mengunjungi kawasan ini, Kamu bisa menikmati keindahan bawah air layaknya sedang ada di laut.

16. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

JejakPiknik.com

Ketika Kamu tiba di lokasi Gunung Nglanggeran, keindahan alam yang tidak bisa terlukiskan berupa gugusan bukit batu raksasa akan menjadi daya tarik tersendiri. Dengan akses yang begitu mudah untuk menjangkau wisata alam Jogja ini, banyak orang yang penasaran dan ingin mengeksplorasi keindahan puncak dari Gunung Api Purba Nglanggeran ini. jangan lupa untuk mengabadikan moment indah di lokasi wisata ini.

17. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo

Sportourism.com

Menghabiskan waktu pagi dengan menyusuri kebun teh nampaknya menjadi suatu hal yang sangat menarik. Jika Kamu menginginkan hal ini, segera berkunjung ke wisata alam Jogja yaitu Desa Wisata Nglinggo. Sebuah desa yang berada di ketinggian 800 mdpl ini menawarkan morning tea walk yang pastinya akan sangat seru, sebab Kamu bisa menikmati segarnya udara pagi sembari menikmati pemandangan alam yang masih alami.

18. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi

merapiadventurejeep.blogspot.com

Gunung merapi sangatlah terkenal dengan keagungannya dan letusannya yang sangat dahsyat. Bagi sebagian orang, menyusuri jejak lava gunung merapi bisa jadi hiburan yang menantang dan mengasyikkan. Wisata alam Jogja yang satu ini akan mengajak Kamu untuk melihat lebih dekat gunung merapi dengan jarak pandang sekitar 2km. Disinipun Kamu juga bisa menyaksikan wilayah bekas lahar gunung merapi dan juga bunker yang merupakan tempat perlindungan saat terjadi letusan yang telah merenggut 2 nyawa.

19. Desa Wisata Ketingan

Desa Wisata Ketingan

Njogja.co.id

Alam pedesaan memang tidak perlu lagi diragukan keindahannya. Kali ini, wisata alam Jogja akan mengajak Kamu untuk menikmati panorama desa wisata Ketingan yang merupakan surga bagi para kuntul. Di sini sekelompok kuntul hidup berdampingan dengan alam yang menciptakan daya tarik tersendiri. Setidaknya ada 7000 kuntul yang hidup di lokasi ini, sehingga bagi Kamu yang singgah di desa ini, pastikan untuk mengenakan topi jika tidak ingin terkena kotoran kuntul.

20. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

masbidintravel.net

wisata alam Jogja yang selanjutnya adalah keindahan puncak Kosakora yang menawarkan berbagai keindahan dari ketinggian tertentu. Untuk menikmati keindahan alam tersebut, Kamu harus menaiki tangga karst yang curam. Namun, semua itu akan terbayarkan ketika Kamu sampai di puncak bukit yang sunyi dan tenang. Akan lebih menarik jika Kamu berkunjung di pagi hari untuk menikmati keindahan sun rise di puncak Kosakora.

21. Hutan Wanagama

Hutan Wanagama

azzamudin.wordpress.com

Bagi Kamu yang ingin menyalurkan hasrat berpetualang di dalam hutan, Kamu bisa berkunjung ke hutan Wanagama yang berlokasi di Banaran, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul. Wisata alam Jogja ini akan mengajak Kamu untuk menyusuri alam hutan yang ditumbuhi dengan berbagai jenis pepohonan. Mulai dari pohon akasia hingga pohon minyak kayu putih yang diambil daunnya sebagai minyak atsiri.
Banyak wisata alam Jogja memang sangat menarik untuk dijadikan sebagai solusi mengisi libur panjang ataupun weekend. Keindahan alam yang begitu mengesankan dan pastinya jauh dari hiruk pikuk kota menjadi daya tarik tersendiri untuk melepas penat setelah bekerja. Dengan mengunjungi satu dari beberapa tempat wisata di atas, Kamu akan bisa mendapatkan kembali semangatmu untuk beraktivitas setelah libur panjang. Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Jogja?



Leave a Reply

2 Comments
  1. wah keren nih says:

    Terimaksih infinya berguna