Nggak Sengaja Mampir ke Pantai Sundak Gunungkidul, Pantainya Bersih dan Sepi!

Pantai Sundak Gunung Kidul

aldilasalma | Traveler
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | Beach Exploring
07 Sep 2020


Nggak Sengaja Mampir ke Pantai Sundak Gunungkidul, Pantainya Bersih dan Sepi!
Ceritanya lagi dadakan berlibur ke Jogja, wisata pertama yang ingin dikunjungi adalah pantai. Ini dia salah satu pantai yang punya pasir putih dan bersih di Gunungkidul, namanya Pantai Sundak.

How to Get There

 

Liburan dadakan yeayy! Kali ini mau cerita tentang liburan dadakan yang terlaksana. Jadi minggu lalu tepatnya pas hari Jumat salah satu temen aku chat di grup ngajakin ke Jogja besoknya yaitu hari Sabtu. Auto lihat tanggal dan kebetulan lagi free. Langsung deh malamnya siap-siap dan Sabtu pagi berangkaatt!

Kami berangkat berlima, nanti di Jogja kami bakal ketemuan sama tiga temen yang gabung. Tujuan pertama kami adalah pantai yang ada di Gunungkidul. Rute yang kami pilih dari Magetan ke Gunungkidul adalah lewat jalur selatan biar lebih dekat.

Selama perjalanan cuman tidur sih karena masih ngantuk hehehe, tapi lihat sekilas jalannya sepi nggak jadi perjalanannya lancar. Cuman ya ada sesekali nyasar karena signal di maps yang hilang, haha tapi traveling kalau nggak nyasar emang kurang lengkap kan ya?!

Pantai Sundak Gunung Kidul

 

What to Do

Akhirnya sekitar jam sebelas siang kami sampai di pantai pertama, yaitu Pantai Sundak. Awalnya nggak rencana ke pantai ini melainkan mau ke pantai Drini tapi pas lewat kok pantainya sepi jadi langsung belok dehh. Oiya kemarin pas di pos penjagaan per orang dikenakan HTM Rp 10.000,- ya itu udah masuk ke kawasan pantai, nah untuk parkirnya di setiap pantai nanti bayar lagi.

Pantai Sundak Gunung Kidul
Emang sih pas nyampai sana panass banget, tapi gapapa tetep enjoy aja asal jangan lupa pakai sunblock dan kacamata hitam biar bisa melek! Pantai Sundak ini punya pasir putih yang halus, di bibir pantainya masih banyak karang, tapi tenang nggak tajam jadi bisa buat jalan tapi tetep harus hati-hati ya karena ada rumput laut yang bikin licin. Airnya juga jernihh jadi kita masih bisa lihat ikan kecil-kecil di pantai dan ada bulu babi juga! Awalnya aku kira airnya bakalan panas karena siang bolong begini, ternyata airnya dinginnn bikin betah berendam kaki begini hahaha.

Pantai Sundak Gunung Kidul Jogya
Kemarin karena masih siang jadi pantainya agak surut, tapi tetep ombaknya besar karena ini pantai selatan jadi sekali lagi main di bibir pantai aja nggak usah berenang ke tengah! Oiya di Pantai Sundak ini ada beberapa spot foto yang menarik. Pertama ada goa yang cantik dan cukup besar, dan yang kedua ada gazebo yang bisa kalian pakai, eitsss tapi kalau di gazebonya harus bayar Rp 20.000,- ya guyss!

Pantai indah di Jogya
Sambil menikmati udara pantai begini emang paling enak duduk-duduk santai sambil main air yekann. Jangan lupa juga foto-foto yang banyak buat stok hehehe. Karena nggak ada yang bawa tripod ya kalau mau foto bareng pakai timer atau Cuma selfie, tapi hasilnya ciamikk!

Pantai indah di gunung Kidul
Bener-bener deh kemarin dateng berasa private beach karena yang kesini cuman sedikit, mungkin cuman ada rombongak kami lima orang dan 1 rombongan keluarga lain. Mungkin kalau sore-sore lebih asik kali ya sambil menikmati sunset sore-sore. Kalau disuruh balik lagi ke Pantai Sundak aku pasti mau banget sih, karena pantainya sepi dan bersihh!

Pantai Sundak Gunung Kidul
Puas main-main dan foto akhirnya kami memutuskan untuk ke pantai selanjutnya sambil menikmati bekal yang dibawa. Karena kalau di Pantai Sundak ini mobilnya nggak bisa deket sama pantai jadi tujuan kami selanjutnya adalah ke Pantai Krakal! Jadi ikutin terus review aku selama di Jogja ya guyss masih ada wisata lain yang nggak kalah menarik untuk dibaca ulasannya! 

 

Tips and Trick
  1. Jaga kebersihan
  2. Jangan buang sampah sembarangan!!!
  3. Pakai sunblock
  4. Bawa sandal anti air
  5. Pakai kacamata hitam
Where to Stay
Banyak hotel di sekitar pantai
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.