5 Desa Wisata di Jogja Keasrian Alamnya Bikin Betah


Fida  September 23, 2022  0 Comment

Yogyakarta memang tidak pernah gagal menyuguhkan indahnya destinasi wisata. Salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi saat berada di Jogja adalah desa wisata. Desa wisata menyuguhkan indahnya pemandangan alam sekaligus berbagai aktivitas seru yang dapat dicoba oleh pengunjung. Tidak perlu bingung menentyukan tujuan, inilah daftar 5 rekomendasi desa wisata di Jogja yang menarik untuk kamu datangi. 

1. Desa Wisata Nglanggeran

desa wisata nglanggeran
joss.co.id

Desa Wisata Nglanggeran dikenal sebagai salah satu desa wisata di Jogja yang ramai dan populer akhir akhir ini. Desa wisata yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Tidak hanya masyarakat lokal, Desa Wisata Nglanggeran juga banyak didatangi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Kamu dapat mengunjungi desa wisata yang satu ini di kawasan Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Desa Wisata Nglanggeran telah masuk ke dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 serta UNWTO Best Tourism Village 2021. Keren sekali bukan? Desa Wisata Nglanggeran telah sukses bersanding dengan 43 desa wisata lain yang ada di seluruh dunia seperti Batu Puteh (Malaysia). Caspala (Argentina), dan juga Castelo Rodrigo (Portugal).

Saat bekunjung ke desa wisata yang satu ini, pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya destinasi wisata. Beberapa pilihan wisata yang ditawarkan diantaranya ada Air Terjun Kedung Kandang, Gunung Api Purba, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya menikmati pemandangan serta suasana yang ditawarkan, pengunjung juga dapat mencoba berbagai aktivitas menarik. Beberapa aktivitas yang dapat dicoba diantaranya belajar membuat dodol coklat, mengolah susu kambing etawa, hingga menikmati pertunjukan seni budaya. Seru sekali bukan? Jika ingin berlama lama di Desa Wisata Nglanggeran, kamu juga dapat melakukan aktivitas kemah maupun menginap di homestay yang telah disediakan. 

Gotravelly

Menengok Wajah Baru Teras Malioboro 2 Jogja

Warung Brongkos Handayani : Sajikan Kuliner Legendaris Khas Yogyakarta

2. Desa Wisata Tembi

desa wisata tembi
sikidang.com

Rekomendasi desa wisata di Jogja berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Desa Wisata Tembi. Desa wisata yang satu ini menawarkan suasana yang masih sangat asri dan alami sehingga cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Pengunjung dapat mencoba menyusuri Desa Wisata Tembi dengan berjalan kaki, menaiki sepeda, hingga menggunakan dokar. Seru sekali bukan? 

Tidak hanya dikenal sebagai desa wisata, Desa Wisata Tembi juga kerap disebut sebagai rumah budaya. Hal itu dikarenakan di desa ini terdapat banyak aktivitas kebudayaan yang berlangsung. Pengunjung dapat mencoba melukis, membatik, hingga membuat keramik. 

Selain banyaknya aktivitas seni yang menarik untuk dicoba, Desa Wisata Tembi juga menawarkan banyaknya pilihan kuliner serta minuman tradisional. Beberapa yang bisa kamu coba diantaranya sagon, tempe, jamu tradisional, hingga wedang rempah. Kamu tentu akan dimanjakan dengan cita rasa baru saat mencoba berbagai hidangan tradisional yang ditawarkan. 

Mengunjungi Desa Wisata Tembi paling cocok bersama dengan teman maupun keluarga. Ada beberapa permainan yang dapat dilakukan bersama sama seperti bermain gobak sodor hingga menikmati serunya menangkap bebek di sawah. Desa Wisata Tembi merupakan salah satu desa wisata di Jogja yang sangat cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke kawasan Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

3. Desa Wisata Kali Gajah Wong

desa wisata kali gajah wong
travel.tempo.co

Pernah mendengar sebutan Desa Wisata Kali Gajah Wong? Desa Wisata Kali Gajah Wong merupakan sebutan bagi salah satu desa wisata di Jogja yang dapat kamu kunjungi di Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakata. 

Desa wisata yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan serta banyaknya aktivitas seru yang menarik untuk dicoba. Beberapa objek wisata yang terkenal dari Desa Wisata Kali Gajah Wong adalah Dermaga Cinta Kali Gajah Wong dan Bendung Lepen.  

Bendung Lepen menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Desa Wisata Kali Gajah Wong. Bagaimana tidak, pengunjung akan disuguhkan dengan adanya saluran irigasi yang dipenuhi oleh ikan ikan. Pengunjung tidak hanya dapat melihat dan menikmati banyaknya ikan, tetapi juga dapat memberi makan ikan secara langsung. Memberi makan ikan tentu menjadi hal menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan oleh anak anak.

Selain Bendung Lepen, Dermaga Kali Cinta Gajah Wong juga menawarkan aktivitas yang tidak kalah seru yakni menaiki perahu. Pengunjung dapat menyusuri sungai dengan menggunakan perahu dan menikmati sejuknya suasana yang ditawarkan. Bagi kamu yang ingin mencoba berbagai hidangan, Desa Wisata Kali Gajah Wong juga menyediakan banyaknya pilihan kuliner lezat yang bisa dicoba. Lengkap sekali bukan? 

4. Desa Wisata Widosari

Desa Wisata di Jogja
purwokerto.suara.com

Ingin melepas penat dengan melihat banyaknya pemandangan hijau? Desa Wisata Widosari dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Desa Wisata Widosari merupakan desa wisata di Jogja yang populer dan banyak didatangi wisatawan. Kamu dapat mengunjungi Desa Wisata Widosari di kawasan Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo. 

Keindahan Desa Wisata Widosari sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, desa wisata yang satu ini berhasil masuk ke dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tidak hanya itu, Desa Wisata Widosari juga dikenal memiliki Bukit Widosari yang indah dan menakjubkan. Bukit yang satu ini juga telah ditetapkan sebagai Geo Heritage oleh Kementrian ESDM. 

Terdapat banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung saat datang ke Desa Wisata Widosari, salah satunya adalah pengunjung dapat melihat langung proses perawatan kambing hingga pendistribusian. Pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni yang ditawarkan seperti Wayang Kulit, Kuda Lumping, Budaya Kenduri, dan masih banyak lagi. 

5. Desa Wisata Pentingsari

desa wisata pentingsari
hot.liputan6.com

Satu lagi rekomendasi desa wisata di Jogja yang sayang untuk kamu lewatkan yakni Desa Wisata Pentingsari. Desa wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya berada di Sleman dan berjarak kurang lebih 22.5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. 

Saat berkunjung ke desa wisata di Jogja yang satu ini, pengunjung dapat melihat langsung indahnya panorama alam, perkebunan, serta dapat mempelajari lingkungan, pertanian, hingga kewirausahaan. Tidak hanya itu, terdapat berbagai pertunjukan seni yang dapat dinikmati oleh pengunjung seperti permainan musik gamelan, Tari Punokawan, Pertunjukan Wayang Suket, dan masih banyak lagi. 

Desa Wisata Pentingsari juga memiliki beberapa kegiatan seru yang ditujukan bagi pengunjung seperti outbound, kemah, hingga trekking. Yang paling seru dan sayang untuk dilewatkan adalah pengunjung dapat mencoba sensasi menyusuri sungai dengan menggunakan Jeep. Asik sekali, ya? 

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi desa wisata di Jogja yang populer dan bisa kamu datangi. Saat berkesempatan datang dan menghabiskan waktu berlibur di Jogja, desa wisata manakah yang paling ingin kamu kunjungi? 



Leave a Reply