10 Wisata Pemancingan di Jogja Yang Bikin Betah


prita  August 25, 2022  0 Comment

Wisata pemancingan di Jogja tentu bisa jadi salah satu alternatif wisata yang bisa kamu kunjungi. memancing memang menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Namun, memancing tak hanya menjadi kegiatan untuk mengisi waktu luang saja, tapi juga bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian orang.

Di Jogja, banyak sekali tempat pemancingan yang cukup rekomended untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat pemancingan tersebut juga menawarkan pemandangan yang indah sehingga bisa membuat siapapun tidak bosan. Nah, untuk kamu yang berencana ke Jogja, berikut ini adalah daftar tempat pemancingan yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Ledok Gebang

Ledok Gebang
tempatasik.com

Ledok Gebang merupakan sebuah restoran yang berada di Dusun Krajan, namun restoran ini juga menjadi salah satu wisata pemancingan di Jogja yang cukup rekomended untuk kamu kunjungi.

Sambil menunggu makanan, biasanya para pengunjung meluangkan waktu untuk memancing. Menariknya, tempat pemancingan ini tidak hanya berlaku bagi pelanggan restoran saja, tetapi juga bagi warga setempat diperbolehkan untuk memancing disana. Hasil tangkapannya bisa langsung diolah dan dimakan di tempat ataupun bisa dibawa pulang, namun harus ditimbang terlebih dahulu ya.

Alamat: Jalan Gatot Kaca, RT 3/RW 59 Desa Wedomartani Dusun Krajan, Jetis, Ngemplak, Kabupaten Sleman

Gotravelly

Merapi Lava Tour ; Offroad Seru Dan Jelajah Peninggalan Letusan Gunung Merapi

Isi Perut Di Angkringan Kopi Joss Pak Tris Tugu Jogja!

2. Embung Tambak Boyo

Embung Tambak Boyo
ksmtour.com

Wisata pemancingan di Jogja yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Embung Tambak Boyo. Embung Tambak Boyo ini fungsi utamanya adalah sebagai cadangan, resapan tanah dan air PDAM di masa yang akan datang.

Namun, seiring berjalannya waktu, Embung Tambak Boyo ini menjadi tempat rekreasi masyarakat. Hal tersebut karena tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan asri. Disini kamu bisa menikmati pemandangan sambil memancing. Siapapun boleh memancing disini asalkan membawa perlengkapan masing-masing.

Alamat: Ngringin, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

3. Jogja Adventure Zone

Jogja Adventure Zone
bakpiaku.com

Jogja Adventure Zone juga layak untuk masuk dalam daftar wisata pemancingan di Jogja yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Setiap tahunnya, Jogja Adventure Zone ini menyelenggarakan acara mancing mania yang diikuti oleh masyarakat setempat.

Disini kamu akan menemukan dua kolam pancing, kolam pertama memiliki luas hingga 200 meter persegi dan kolam kedua memiliki luas 900 meter persegi. Di tempat ini kamu dan keluarga juga bisa menikmati permainan lainnya yang tak kalah seru, seperti paintball, aeromodelling dan offroad.

Alamat: Dusun, Jalan Amarta, Karang Janbe, Banguntapan, Bantul

4. Waduk Sermo

Waduk Sermo
jogjadaily.com

Wisata Pemancingan di Jogja yang wajib untuk kamu singgahi berikutnya adalah Waduk Sermo. Waduk Sermo ini merupakan satu-satunya waduk yang ada di Jogja dengan luas mencapai 157 hektar.

Selain menjadi tempat piknik dan berkemah yang hits, Waduk Sermo juga menjadi tempat favorit untuk mancing. Hal tersebut karena jumlah ikan yang hidup di perairannya cukup banyak dan bervariasi. Seperti ikan mujair, nila, red evil dan buso. Disini kamu juga bisa menikmati ikan di tempat dengan langsung membakarnya menggunakan kayu.

Alamat: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo

5. Karangasri Fishing Valley

Karangasri Fishing Valley
karangasrijogja.wordpress.com

Berlokasi di Sleman, Karangasri Fishing Valley juga menjadi salah satu destinasi wisata pemancingan di Jogja yang wajib untuk kamu kunjungi. Disini kamu bisa memancing sepuasnya dengan catatan ikan harus dilepas kembali.

Tapi, untuk kamu yang ingin menikmati ikannya juga bisa kok. Ikan hasil tangkapan kamu tadi bisa langsung dimasak di dapur Karangasri atau dibawa pulang ke rumah. Ikan yang dibawa pulang pun tentunya harus ditimbang. Karangasri Fishing Valley ini memiliki tempat yang cukup nyaman dan sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan. Kamu dan keluarga bisa bersantai sambil memancing atau menyantap makanan di saung yang sudah disediakan.

Alamat: Karanggeneng, Purwobinangun, Pakem, Sleman.

6. Pemancingan Tempo Dulu

Pemancingan Tempo Dulu
tipswisatamurah.com

Wisata pemancingan di Jogja berikutnya adalah Pemancingan Tempo Dulu. Tempat wisata ini telah memiliki banyak pelanggan tetap karena harganya yang murah dan tempatnya yang unik.

Di Pemancingan Tempo Dulu ini, kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sambil memancing ikan. Hasil tangkapan ikan bisa langsung diolah menjadi makanan atau dibawa pulang.

Alamat: Jalan Godean KM 8, Godean, Sleman

7. Arum Mina

Arum Mina
id.foursquare.com

Arum Mina merupakan salah satu wisata pemancingan di Jogja yang bisa untuk kamu kunjungi. Meskipun lokasinya berada cukup terpencil, namun tempat ini cukup populer karena memiliki lahan yang luas untuk memancing dan kumpul bersama keluarga.

Biasanya, Arum Mina ini menjadi tempat favorit keluarga untuk berbagai acara, seperti arisan hingga reuni. Hal tersebut karena Arum Mina menawarkan harga yang terjangkau dan tempatnya berada cukup jauh dari kebisingan kendaraan pusat kota. Jika berkunjung kesini, kamu bisa sekaligus refreshing dari padatnya jadwal kerja.

Alamat: Jalan Prapanca, Jomegatan, Kasihan, Bantul

8. Sendang Kumitir

Sendang Kumitir
facebook.com

Wisata pemancingan di Jogja yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Sendang Kumitir. Tempat pemancingan ini berukuran minimalis, namun ikan yang ada jumlahnya bisa ratusan.

Sendang Kumitir memiliki tempat yang asri dan sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan. Disini kamu bisa memancing dan hasil tangkapan boleh langsung dimasak atau dibawa pulang. Kamu pun bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk turut memancing disini. Bagi kamu yang tidak membawa alat pancingan, kamu bisa menyewa di tempat ini dengan harga yang terjangkau.

Alamat: Kembangarum, Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman

9. Pemancingan Kadisoka

Wisata Pemancingan di Jogja
rumahpendidik.web.id

Jika berbicara soal wisata pemancingan di Jogja, rasanya belum lengkap jika tidak menyebutkan Pemancingan Kadisoka dalam daftar. Pemancingan Kadisoka merupakan tempat memancing paling digemari oleh masyarakat setempat.

Meskipun hanya memiliki satu kolam saja, tetapi ikan yang ada disini jenisnya beragam. Ditambah lagi suasana pemancingan ini cukup nyaman dan asri. Selain itu, di Pemancingan Kadisoka ini juga tersedia restoran yang hasil tangkapannya bisa dijadikan lauk makanan. Ikan hasil tangkapan tersebut akan dihitung per kilo untuk ditentukan harganya.

Alamat: Kadisoko, Purwomartani, Kalasan, Sleman

10. Sendang Ayu Kalasan

Sendang Ayu Kalasan
inireview.com

Wisata pemancingan di Jogja yang terakhir adalah Sendang Ayu Kalasan. Sendang Ayu Kalasan ini merupakan salah satu tempat pemancingan yang populer di Jogja.

Pemancingan yang datang diharapkan sudah membawa perlengkapan sendiri. Tapi, jika kamu tidak bawa atau tidak punya, kamu bisa beli di tempat dengan harga yang terjangkau. Ditambah lagi, Sendang Ayu Kalasan ini juga memiliki wahana permainan yang cocok untuk anak-anak. Salah satunya adalah perahu kecil untuk berkeliling kolam bersama keluarga. Meskipun lokasinya berada di jalan utama, tetapi tempat ini cukup asri karena banyak pepohonan yang mengelilinginya.

Alamat: Jalan Raya Solo – Jogja, Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman.



Leave a Reply