10 Tips Hemat Biaya Jalan-jalan ke Eropa Dijamin Dompet Teriak Bahagia!


sisil angelin  March 20, 2019  2 Comments

Pada kali ini kita akan membahas mengenai tips hemat biaya jalan-jalan ke Eropa. Siapa yang tak ingin liburan berkunjung ke Eropa bukan, namun kendala biasanya adalah pada biayanya yang relatif mahal, namun ada tipsnya supaya bisa hemat. Simak pembahasan berikut Tips Jalan-jalan hemat ke Eropa.

Tips Jalan Jalan Hemat ke Eropa

1. Cari Informasi Selengkapnya

tips hemat biaya jalan jalan ke Eropa
rumahasyam.com

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah cari informasi selengkap-lengkapnya mengenai kondisi negara tujuan di Eropa sebelum merencanakan berangkat ke sana. Sebenarnya ada keuntungan dalam melakukan perjalanan wisata menjelajah ke Eropa itu karena letak negara-negara kunjungan favorit di benua Eropa itu, seperti Inggris, Perancis, Italia, Swiss, Jerman dan lainnya itu saling berdekatan dan dapat dicapai dengan kereta api saja atau cukup dengan melalui jalan darat saja. Jadi akan banyak negara terkenal di Eropa yang bisa dijelajahi dengan sekali kunjungan ke Eropa itu. Yang perlu dicermati itu antara lain adalah informasi mengenai tempat-tempat makan yang hemat dan halal selama di Eropa, itulah informasi pertama yang perlu dicari tahu, lalu informasi mengenai transportasinya dan biayanya. Biaya makan di berbagai negara di Eropa itu sangat bervariasi, Swiss dan kota Nice di Perancis termasuk yang mahal.

Cek juga biaya tiket masuk ke aneka ikon destinasi wisatanya.  Kemudian cari tahu mengenai rencana tempat menginapnya selama di beberapa negara Eropa tersebut. Hotel di Eropa biasanya sangat mahal, jauh lebih mahal tarifnya dibandingkan dengan di negara-negara Asia, baik itu pada musim dingin maupun pada musim panas. Tak ada salahnya jika lebih memilih hostel atau asrama atau rumah penduduk lokal untuk tinggal selama di Eropa. Cari tahu juga mengenai penawaran paket tour ke Eropa dari berbagai penyelenggara tour yang hemat dan terjangkau harganya, setidaknya hal tersebut bisa menjadi perbandingan, jika selisihnya tidak terlalu banyak tentu tidak ada salahnya jika menggunakan jasa tour travel tersebut dan Anda tidak perlu memikirkan dan mengurus segala sesuatunya sendiri. Selain itu tentu surat-surat dan dokumen lainnya, seperti visa dan lainnya juga sudah harus sudah siap. Biayanya sekitar 1,5 juta Rupiah tergantung mau masuk dari negara mana.

Baca juga :  Tips Liburan di Musim Panas Agar Selalu Segar Dan bugar
Review wisata

Yoyogi Park: Taman Kota Yang Cantik Dalam Segala Musim

Yoshinoya Osaka: Mencicipi Langsung Rice Bowl Hits Di Negara Asalnya

2. Rencanakan Jadwal Perjalanan

Rencanakan Jadwal Perjalanan
bukalapak.com

Hal berikutnya yang penting juga adalah rencana jadwal destinasi wisata yang akan dikunjungi beserta perkiraan anggarannya, yakni meliputi apakah selama di Eropa tersebut akan mengunjungi ke banyak tempat dengan jangka waktu yang singkat-singkat saja, atau hanya akan fokus mengunjungi ke beberapa tempat saja dengan jangka waktu yang cukup lama dan lain sebagainya. Juga apakah akan melakukan perjalanan wisata ke Eropa itu melalui agen perjalanan secara berombongan atau akan melaksanakannya sendiri secara backpacking.

3. Persiapkan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman dan Sesuai Musim

tips  jalan jalan ke Eropa
his-travel.co.id

Penting juga untuk mempersiapkan baju dan sepatu yang nyaman dan sesuai musim dan cuacanya selama berada di negara Eropa tersebut, jadi tak perlu mengeluarkan budget atau anggaran lebih untuk membeli, karena seperti mantel baju hangat itu harga di Indonesia lebih murah.

4. Download Google Maps dan Aplikasi lainnya yang Diperlukan

Download Google Maps

Greenbot.com

Persiapkan juga smartphone, download aplikasi-aplikasi yang diperlukan selama perjalanan ke Eropa. Selain Google Maps download juga versi offlinenya supaya dapat lebih menghemat baterai selama perjalanan. Jangan lupa install juga aplikasi translator dan aplikasi untuk menghitung konversi mata uang dan berat serta aneka jenis ukuran, karena sistem ukuran di Eropa agak berbeda, juga aplikasi transportasi lokal setempat yang terkait. Persiapkan dan jangan sampai ketinggalan untuk membawa powerbank.

5. Persiapkan Fisik dan Kesehatan

Persiapkan Fisik dan Kesehatan
doktersehat.com

Hal yang tak boleh diabaikan adalah juga jaga kondisi kesehatan dan persiapkan fisik supaya siap melaksanakan perjalanan menjelajah negara-negara di Eropa dengan menyenangkan. Persiapkan juga vitamin dan obat-obat yang biasa diminum, jangan sampai ketinggalan. Jangan pula sampai jatuh sakit selama di sana.

Baca juga :  7 Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Lebaran 2018

6. Persiapkan Tas dan Bagasi

Persiapkan Tas dan Bagasi

NerdWallet.com

Hitung dengan cermat bawaan selama mau berangkat dan pulang, karena penerbangan hemat biasanya membatasi bagasi hingga maksimal 10 kilogram saja. Jadi perhitungkan berat bawaan dengan menyediakan selisih untuk perkiraan berat barang oleh-oleh yang akan dibeli selama mengunjungi berbagai negara di Eropa, dan akan dibawa pulang.

7. Pilihlah Penginapan Yang Gratis atau Murah

Penginapan Yang Gratis atau Murah
protur-hotels.com

Ya, jangan heran jika tersedia akomodasi penginapan yang gratis alias tak berbayar selama melakukan kunjungan ke negara-negara di Eropa itu, karena Eropa itu sudah sejak lama menjadi tempat favorit kunjungan wisata, jadi tentu penduduknya akan sudah lebih siap dalam menerima para wisatawan. Untuk menginap gratis bisa gunakan situs Couchsurfing yang menawarkan rumah penduduk lokal, jangan lupa bawakan cinderamata dari Indonesia untuk hadiah kecil buat mereka.

Bisa juga memilih hostel yang tarifnya sekitar 9 euro atau setara sekitar seratus tiga puluh lima ribu Rupiah per orang per malamnya, atau sekitar 50 euro per kamarnya per malam, hostel biasanya menyediakan dapur jadi bisa dipergunakan untuk memasak mie instan atau bubur instan yang dibawa dari Indonesia supaya bisa lebih hemat dalam makananan. Juga bisa gunakan situs Airbnb yang menyediakan daftar rumah penduduk lokal setempat yang menyediakan kamarnya untuk disewa. Sedangkan biaya hotel bintang tiga di Eropa adalah sekitar lima ratus ribu Rupiah per malamnya.

8. Pilih Paket Penerbangan Hemat

Pilih Paket Penerbangan Hemat
bisniswisata.co.id

Supaya hemat rencanakan jadwal perjalanan sejak jauh-jauh hari sehingga bisa memilih jadwal penerbangan dengan biaya tiket pesawat yang murah. Hindari musim panas dan bulan Agustus karena pada peak season tersebut harga tiketnya akan mencapai harga tertingginya. Biaya normal tiket pesawat pp ke Eropa adalah sekitar 15 juta Rupiah. Cermati tiket promo. Pernah ada promo tiket Garuda Airways dari Jakarta ke Amsterdam pp seharga lima juta Rupiah, dan ada juga Qatar Airways paket promo ke Eropa pp dengan transit di Doha terlebih dahulu, seharga 3,5 juta Rupiah, dan lain sebagainya.

Baca juga :  7 Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

9. Pilih dan Rencanakan Moda Transportasi yang Hemat

Moda Transportasi yang Hemat

Engadget.com

Pilihlah moda transportasi yang hemat selama menjelajah Eropa. Jalan kaki adalah pilihan utamanya. Kalau lebih jauh lokasinya bisa menggunakan bis atau sepeda. Pergunakan bus pass dan train pass, seperti Oyster Card yang merupakan bus pass selama di Inggris. Juga ada Interrail Pass yang bisa digunakan untuk naik kereta api apapun dan kemana pun di 30 negara di Eropa. Pilihlah jadwal malam hari saat menggunakan kereta api karena juga dapat menghemat biaya penginapan karena dapat tidur di dalam kereta api. Penting juga mencari informasi selengkap mungkin, karena kadang-kadang biaya tiket pesawat justru bisa lebih murah daripada biaya tiket kereta api pada saat dan kondisi tertentu. Penerbangan dengan maskapai Ryanair atau Easyjet biasanya cukup terjangkau harganya.

10. Catat dan Ingat Nomor Telepon Penting

 Catat dan Ingat Nomor Telepon Penting
ilovelife.co.id

Catatlah dan ingat juga beberapa nomor telepon penting darurat yang perlu dihubungi jika terjadi sesuatu hal pada saat melakukan perjalanan ke berbagai negara di Eropa. Selain juga persiapkan mental dan kewaspadaan selama melakukan perjalanan. Jangan mudah panik.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 10 tips hemat biaya jalan-jalan ke Eropa. Semoga bermanfaat, selamat berjalan-jalan.



Leave a Reply

2 Comments
  1. Nella (emaknya Benjamin) says:

    Kalau melakukan pemesanan online selalu print out dan kirim scan nya ke email. Pernah ke jadian, hanya mengandalkan app eh pas kejadian ga ada internet, ga bisa nunjukin bukti ke supir bus, untung akhirnya boleh juga saya dan 2 teman naik bus dari Paris ke Jerman