Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Penting! Kamu Mesti Bawa 10 Barang Berikut Ketika Camping


sisil angelin  September 23, 2019  0 Comment

Seiring dengan kemajuan zaman, camping menjadi salah satu kegiatan luar ruangan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Baik usia dewasa hingga anak-anak. Ketika melakukan aktivitas seru ini, tidak ketinggalan juga untuk membawa peralatan camping. Karena jika ada satu saja daftar dari barang-barang wajib yang lupa dibawa, maka acara ini bisa menjadi berantakan.

Daftar Peralatan Camping yang Tidak Boleh Ketinggalan

Di bawah ini adalah daftar barang-barang yang tidak boleh ketinggalan saat akan camping:

1. Tenda

peralatan camping
image credit : https://s0.bukalapak.com

Peralatan yang tidak boleh lupa dibawa saat akan melakukan kegiatan outdoor camping adalah tenda. Bukan camping namanya, kalau tidak ada perangkat tenda yang dibawa. Apalagi, kalau rencananya akan bermalam di ruangan terbuka. Saat camping, maka tenda memiliki peran fungsi yang sangat penting. Karena akan menjadi rumah kedua Anda.

Jadi, tenda bukan hanya tempat berteduh saja. Tapi juga melakukan beragam kegiatan lain yang biasanya dilakukan dalam rumah. Untuk tipe tenda yang bisa dijadikan pilihan juga cukup banyak. Jadi, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saja. ada tenda flysheet, tipe dome, pramuka, dan lain sebagainya.

Selain tenda, jangan lupa pula untuk membawa perlengkapan mendirikan tenda seperti frame dan pasak. Supaya tenda bisa didirikan. Karena percuma saja membawa tenda kalau tidak ada perlengkapan untuk mendirikannya.

2. Sleeping bag

peralatan camping
image credit : https://www.blackpinesports.com

Ketika berada di luar ruangan, maka suhu udara juga akan sangat dingin terutama di malam hari. Tidak peduli meskipun Anda menggunakan tenda. Oleh sebab itu, sebaiknya cek lagi apakah Anda sudah membawa sleeping bag sebelum berangkan camping. Dengan adanya kantong tidur ini, maka akan membuat tidur di luar ruangan menjadi nyaman dan hangat.

Sebaiknya pilihlah sleeping bag dengan bahan tebal sehingga bisa menghalau udara dingin. Selain itu, carilah kantong yang memiliki resleting penuh, sehingga bebas diatur sesuai keinginan pengguna. Saat memilih sb di toko, Anda juga bisa meminta rekomendasi kepada penjaganya.

3. Kompor dan gas

peralatan camping
image credit : https://ecs7.tokopedia.net

Barang lain yang tidak boleh ketinggalan saat camping adalah kompor gas, lengkap dengan tabung gasnya. Sederhana saja, Anda memerlukan tempat untuk memasak makanan saat camping. Selain itu, sekarang ini banyak sekali kompor gas portable, dan juga tabung gas mini yang bisa menjadi alternatif solusi praktis. Dijamin tidak akan membuat repot.

Kompor dan gas ini bisa dibeli di toko yang menjual perlengkapan dapur. Atau tinggal sewa saja kalau mau lebih hemat. Karena saat ini ada banyak sekali tempat penyewaan perlengkapan camping. Jadi, tidak perlu merasa khawatir.

4. Korek api

peralatan camping
image credit : http://2.bp.blogspot.com

Barang wajib lainnya yang harus ada saat camping adalah korek api. Tentunya Anda sudah tahu, kalau korek ini memiliki fungsi sebagai sumber api. Jadi, bisa digunakan untuk memasak, kalau Anda ingin masak di kayu. Untuk membuat api unggun supaya tetap hangat semalaman, dan lain sebagainya. Jadi, fungsi dari benda mini ini sangat banyak sekali.

Supaya lebih mudah dan juga praktis, sebaiknya membawa mancis atau korek api gas saja. Selain mudah disimpan, juga lebih aman karena tahan terhadap udara yang lembab. Berbeda dengan korek api kayu.

5. Perlengkapan masak dan makan

peralatan camping
image credit : https://id-test-11.slatic.net

Peralatan camping yang wajib ada di dalam tas carier selanjutnya adalah perlengkapan masak dan makan. Saat ini ada banyak sekali toko yang menjual barang mini khusus untuk camping. Jadi, jangan membayangkan kalau Anda harus membawa panci berukuran besar untuk memasak air. Karena perlengkapan untuk camping ini ukurannya sangat mini.

Tentunya Anda sudah tahu fungsi dari peralatan tersebut, bukan? Yaitu untuk memasak makanan dan juga makan. Tanpa membawa peralatan yang lengkap, maka aktivitas ini bisa menjadi terasa kurang nyaman.

6. Senter

peralatan camping
image credit : https://imgaz.staticbg.com

Sebagaimana diketahui, bahwa camping ini sangat identik dengan bermalam di alam bebas. Oleh sebab itu, sumber cahaya seperti senter memang sangat dibutuhkan. Karena suasana sekitar pasti sangat gelap dan Anda membutuhkan cahaya penerangan. Sebelum berangkat, sebaiknya periksa terlebih dahulu daya baterai senter yang akan dibawa.

Selain senter, Anda bisa menjadikan lentera mini, dan headlamp sebagai barang tambahan. Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga. Siapa tahu senter mengalami masalah dan mati seketika. Jadi, Anda masih memiliki sumber cahaya lain.

7. Jas hujan

peralatan camping
image credit : ttp://raw.cdn.baca.co.id

Meskipun kelihatannya sangat sepele, namun jangan melupakan jas hujan saat pergi camping. Karena cuaca tidak dapat diprediksi. Mungkin saja di tengah jalan Anda akan diguyur hujan deras. Kalau sudah begitu, maka jas hujan akan menjadi benda paling dibutuhkan supaya tubuh tidak basah dan menggigil kedinginan.

Kalau malas membawa jas hujan biasa yang lebih berat. Bisa menjadikan jas hujan plastik sebagai alternatif solusi. Selain lebih ringan dan hemat tempat, harganya juga sangat murah. Dengan uang lima ribuan saja Anda sudah bisa mendapatkan jas hujan ini.

8. P3K

peralatan camping
image credit : https://www.onlylaila.com

Saat memutuskan untuk pergi camping di alam bebas, sebaiknya tetap membawa kotak P3K. Jangan berpikir bahwa perlengkapan ini ribet, karena bisa diminimalisir dan membawa sesuai kebutuhan saja. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di luar sana. Apalagi di wild nature. Hal-hal tidak diinginkan bisa saja terjadi tanpa terduga.

Mempersiapkan P3K ketika camping, sama seperti dengan kata pepatah “Membawa payung sebelum hujan”. Dengan kata lain, bersiap-siap terlebih dahulu untuk sesuatu apa saja yang akan terjadi nanti. Supaya tidak merugikan diri sendiri.

9. Pakaian ganti

peralatan camping
image credit : http://labbaik.id

Jangan berpikir bahwa Anda tidak membutuhkan banyak pakaian saat camping. Setidaknya bawalah satu baju ganti. Apalagi beraktivitas di alam liar, pasti akan membuat pakaian cepat kotor. Belum lagi accident lain seperti jatuh di tanah becek atau kehujanan. Tidak akan nyaman rasanya kalau memaksakan tidur dengan mengenakan pakaian kotor.

Selain pakaian, jangan lupa membawa tambahan kaos kaki, atau sandal kalau perlu. Karena ukurannya minimalis, maka bisa di jejalkan di antara peralatan lain. Dijamin tidak akan menghabiskan space di dalam tas untuk membuat diri sendiri nyaman saat camping.

10. Survival kit

peralatan camping
image credit : https://4.bp.blogspot.com

Meskipun penting, faktanya masih banyak orang yang menyepelekan membawa survival kit ini. Padahal, barang-barang tersebut memiliki fungsi penting selama melakukan aktivitas luar ruangan. Apalagi, kalau Anda berencana untuk camping selama beberapa hari. Sebaiknya tidak lupa membawa perlengkapan ini. Mungkin saja akan sangat dibutuhkan nantinya.

Beberapa survival kit yang harus dibawa antara lain adalah: Kompas, P3K, botol air, senter, korek api, selimut, peluit, cermin sinyal, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda tidak takut lagi kalau tersesat.

Bagi Anda yang merencanakan untuk camping di alam bebas. Beberapa perlengkapan utama camping di atas dapat dimasukkan ke dalam list barang yang harus dibawa. Karena meskipun temanya adalah berpetualang, namun jangan melupakan keamanan, dan juga kenyamanan selama melakukan kegiatan tersebut. Sehingga acara camping juga terasa lebih menyenangkan.



Leave a Reply