Yoyogi Park: Taman Kota yang Cantik dalam Segala Musim

yoyogi park

sugengcool | Traveler
Tokyo, Honshu Island, Japan | City Park
30 Nov 2019


Yoyogi Park: Taman Kota yang Cantik dalam Segala Musim
Berkunjung ke Jepang, tak hanya berfoto dan menyeberang di persimpangan Shibuya aja guys. Kalian wajib mampir ke Yoyogi Park, sebuah taman cantik dengan pemandangan menarik di segala musim.

How to Get There

Selesai jalan-jalan dan foto-foto sama patung Hachiko di kawasan Shibuya, kita melanjutkan perjalanan menuju Yoyogi Park yang lokasinya tak jaruh dari Shibuya Crossing ini. Yoyogi Park berlokasi di 2-1 Yoyogi Kamizounocho, Shibuya-ku, Tokyo. Karena kita masih dari kawasan Shibuya, jadinya kita jalan kaki aja. Tapi, kalian yang mau naik transportasi kesini pun juga bisa. 

Akses paling gampang menuju Taman Yoyogi adalah dari Meiji Jingu Mae Station, Omotesando Station atau Harajuku Station menuju Shibuya Station. Dari Shibuya Station, kalian tinggal jalan kaki kurang lebih 5 menit menyeberangi jembatan kereta Yamanote Line ke arah taman dengan pepohonan yang lebat.

yoyogi park

What to Do

Yoyogi Park bisa dibilang cukup berbeda jika dibandingkan dengan taman-taman terkenal lainnya yang ada di Tokyo. Yoyogi Park ngga ditata bergaya Jepang seperti taman-taman lainnya, meskipun begitu taman ini masih punya ciri khas yang cukup menarik untuk dikunjungi.

yoyogi park

Pepohonan yang tumbuh di area taman ini dibiarkan tumbuh bebas, beda dengan taman-taman lain di Tokyo dimana pepohonannya ditata berbaris sepanjang jalan. Ngga cuma itu guys, taman ini juga punya berbagai fasilitas umum seperti area olahraga.

Yoyogi Park dulunya pernah dijadikan sebagai Kampung Atlet untuk Olimpiade Tokyo di tahun 1964 dan barulah dibuka untuk umum di tahun 1967. taman seluas 54 hektar ini terdiri dari beberapa area taman, mulai dari lapangan rumput yang luas, kolam, dek observasi dan hutan.

yoyogi parkHampir memasuki musim gugur, dedaunan mulai menguning

Di bagian utara taman, kalian bisa menemukan lapang dengan rumput-rumput hijau yang membentang. Disini biasa digunakan oleh wisatawan ataupun warga setempat untuk bersantai, bermain hingga berolahraga berkeliling lapangan. Tak jarang juga mereka membawa anjing untuk dilepas di taman ini.

yoyogi park

Taman ini menjadi taman favorit untuk berpiknik atau hanami. Biasanya pengunjung yang datang bersantai dan berkumpul bersama teman-teman atau kerabat sambil menikmati makan dan minuman dan melihat indahnya bunga sakura yang bermekaran. Hanami di Yoyogi Park biasanya berlangsung di minggu terakhir bulan Maret sampai awal April.

yoyogi park
yoyogi parkMenjelang musim gugur, masih ada bunga yang bermekaran

Tak hanya hanami, Yoyogi Park juga sangat indah jika dinikmati saat musim gugur dimana daun-daun akan berubah warna menjadi cokelat kemerahan sehingga memberi kesan dan pengalaman yang tak terlupakan. Sayangnya, saat aku kesana masih belum masuk musim gugur, jadi dedaunannya masih hijau.

yoyogi park

Pada bagian selatan taman, terdapat sebuah taman terbuka yang sering diadakan festival-festival kebudayaan dan festival antar negara. Beberapa festival yang terkenal ada Festival Thailand, Festival Sri Lanka dan One Love Jamaika. Tak hanya itu, Indonesia pun juga pernah beberapa kali mengadakan festival di Yoyogi Park ini.

Jika kalian berkunjung di akhir pekan, kalian bisa menemukan banyak penjual kuliner atau street food di sekitar Yoyogi Park ini.

Nah guys, kalo kalian jalan-jalan ke Jepang dan ingin menjelajah Shibuya, pastikan ngga melewatkan Taman Yoyogi ini ya. Dijamin kalian ngga bakal nyesel untuk menjelajahinya.

Video by Japan BackpackersXpress

Tips and Trick
  • Memasuki taman ini sama sekali ngga dikenakan biaya.
  • Kalian bisa menikmati taman ini di segara musim, tapi waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat musim semi dan musim gugur.
  • Siapkan kamera kalian.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Jangan rusak tumbuhan di sekitar sini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY