11 Tips Menyimpan Uang Selama Travelling


sisil angelin  June 29, 2019  0 Comment

Di era digital, kemudahan liburan tanpa harus menyiapkan uang tunai memang patut diacungi jempol. Anda hanya perlu menyiapkan kartu kredit, debit card atau saldo topup dalam ponsel saja. Namun, uang tunai masih menjadi alat pembayaran yang Anda butuhkan jika liburan ke tempat yang agak terpencil. Anda tetap harus membawa uang tunai dalam jumlah cukup agar liburan terasa lebih menyenangkan. Untuk mengantisipasi kejadian uang raib, terjatuh atau dicuri, sebaiknya aplikasikan 11 tips menyimpan uang selama traveling berikut ini.

Tips menyimpan uang traveling

Menyiapkan dana kebutuhan traveling dengan baik

Menyiapkan dana kebutuhan traveling

Studilmu.com

Langkah pertama tips menyimpan uang selama traveling yang Anda perlukan adalah melakukan kalkulasi biaya liburan. Sebaiknya bawa uang tunai dalam jumlah yang tidak terlalu banyak namun tidak terlalu ngepas juga. Pasalnya, Anda tidak akan tahu apa yang bakal terjadi selama liburan berlangsung, bukan? Sesuaikan kebutuhan uang tunai Anda sesuai dengan lingkungan tempat wisata tujuan ya!

Gotravelly

Let’s Go Gelato MERR Surabaya: Gelato Lezat Dengan Tempat Instagramable!

Beukeunhof Resto

Jangan menyimpan uang dalam satu tempat saja

Jangan menyimpan uang dalam satu tempat saja

Hipwee.com

Tips menyimpan uang selama traveling adalah tidak menyimpan dana dalam satu tempat saja. Misalnya Anda bakal kelabakan saat menyimpan keseluruhan uang di dalam dompet yang hilang. Buat rincian daftar Anda menyimpan uang dengan baik seperti 30 persen ada dalam dompet, 25 persen dalam resleting saku celana dan lain-lain. Namun, pastikan Anda mengingat tempat-tempat menyimpan uang tersebut ya!

Baca juga :  10 Tips Hemat Biaya Jalan-jalan ke Eropa Dijamin Dompet Teriak Bahagia!

Rekomendasi tempat menyimpan uang selama liburan

Rekomendasi tempat menyimpan uang selama liburan

YuKepo.com

Tips menyimpan uang selama traveling yang bisa Anda pilih adalah menentukan tempat alternatif menyimpan uang. Tempat yang paling rekomended antara lain celah di resleting ransel atau tas, di dalam sepatu, lipatan topi atau ikat pinggang dan lain-lain. Terdengar ribet ya? Namun, Anda wajib memprioritaskan keamanan menyimpan uang selama traveling yang tidak bisa diduga.

Gunakan pouch dibandingkan dengan dompet

Gunakan pouch

Fisik.com

Kalau Anda menganggap bahwa dompet sebagai tempat menyimpan uang paling aman selama traveling, sebaiknya pikirkan ulang ya! Ada banyak kejahatan yang mengintai Anda termasuk pencopetan dompet tanpa disadari oleh pemilik. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mengaplikasikan tips menyimpan uang selama traveling dalam pouch.

Menggunakan pouch yang memiliki banyak resleting penyimpanan atau pouch bisa disembunyikan lebih mudah di dalam balik baju. Banyak pula model pouch yang dilengkapi tali panjang sehingga Anda bisa membawanya dengan lebih efisien.

Menggunakan e-money

Menggunakan e-money
bankmandiri.co.id

Sebaiknya Anda memang memiliki e-money yang lebih praktis dan mudah dijaman serba modern ini. Penggunaan e-money yang bisa diisi ulang semakin mempermudah perjalanan wisata Anda. Siapa tahu Anda bisa menggunakan e-money selama liburan di tempat yang memiliki fasilitas lebih maju. Anda bisa meminimalisir penggunaan uang kertas dan uang logam selama liburan. Traveling yang terasa aman dan nyaman tentu bisa Anda dapatkan dengan memiliki e-money. Tips menyimpan uang selama traveling tanpa risiko, kenapa tidak?

Memisahkan kartu kredit dan kartu debit

 Tips menyimpan uang selama traveling

Bukalapak.com

Tips menyimpan uang selama traveling yang bisa Anda lakukan adalah memisahkannya dari dompet khusus kartu kredit dan kartu debit. Tidak ada salahnya pula memisahkan peletakkan kartu kredit dan kartu debit tersebut. Dua kartu bernilai uang tersebut bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Penggunaan kartu kredit yang berlebihan bisa membuat anggaran pasca liburan Anda membengkak lho! Jika kartu kredit atau kartu debit Anda hilang selama traveling, segera lakukan komunikasi dengan pihak bank untuk pemblokiran.

Baca juga :  Rempong Ketika Travelling Berikut Tips Packing Agar Hemat Tempat

Memilih penginapan yang memiliki brankas atau safe box

brankas atau safe box

Dream.co.id

Kasus kehilangan uang di hotel memang bukan hal yang asing. Padahal para traveler menganggap bahwa hotel merupakan tempat teraman untuk menyimpan uang. Ada baiknya Anda memilih penginapan yang memiliki fasilitas penyimpanan berupa brankas atau safe box. Tips menyimpan uang selama traveling ini bisa meminimalisir risiko kriminalitas selama menginap di hotel. Sebaiknya Anda mengecek ulang semua fasilitas yang ditawarkan penginapan sebelum memesan secara online jauh-jauh hari ya!

Berhati-hati saat melakukan transaksi di ATM

Berhati-hati saat melakukan transaksi di ATM

YouTube.com

Kalau Anda membutuhkan dana tunai darurat, ATM memang menjadi solusi terbaik selama perjalanan wisata. Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat melakukan transaksi di ATM. Meskipun ATM diberikan kamera CCTV, Anda sebaiknya selalu menutupi PIN dengan tubuh untuk meminimalisir hal tidak diinginkan. Selain itu, pastikan Anda melakukan transaksi di ATM yang lebih ramai dibandingkan ATM daerah terpencil. Kejahatan bisa terjadi di mana saja, bukan? Pilih ATM yang berada di lokasi lebih ramai seperti supermarket, hotel, mini market dan lain-lain.

Siapkan uang kecil dalam wadah atau tempat tertentu

Siapkan uang kecil dalam wadah

Bukalapak.com

Ada banyak hal tidak terduga selama Anda berlibur ke destinasi wisata terpencil atau berada dalam perjalanan menuju lokasi wisata. Di Indonesia sendiri, kasus kriminalitas sering terjadi melibatkan oknum yang berada di jalanan. Sebaiknya Anda selalu mempersiapkan uang tunai pecahan kecil dalam tempat tertentu selama liburan. Uang kecil bisa saja berguna selama Anda melakukan liburan seperti antisipasi kejahatan dari oknum di jalanan.

Selain itu, uang kecil sangat membantu Anda dalam menggunakan fasilitas publik seperti toilet umum dan lain-lain. Tips menyimpan uang selama traveling ini penting Anda perhatikan ya!

Baca juga :  Travelling di Saat New Normal? Berikut Tips Travelling Saat Pandemi

 Foto semua dokumen penting selama liburan

Foto semua dokumen penting selama liburan

DroidPoin.com

Bagaimana kalau Anda mengalami kejadian tak terduga seperti pencurian selama traveling? Ada baiknya Anda memfoto semua kebutuhan dokumen penting dengan baik. Jika tas yang berisi dokumen penting Anda raib diambil pencuri, setidaknya Anda memiliki salinan foto dokumen tersebut. Selain melakukan pemotretan semua dokumen penting dalam ponsel atau kamera, Anda juga wajib mencatat nomor telepon keluarga atau rekan dalam buku atau note sendiri.

Hal ini untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan sehingga Anda bisa langsung menghubungi orang terpercaya untuk memberikan bantuan seperti mengirimkan uang. Persiapan yang matang bisa membantu Anda menjalani traveling secara aman dan nyaman.

Batasi penggunaan uang dengan baik

Batasi penggunaan uang
travel.dream.co.id

Tips menyimpan uang selama traveling di atas mungkin sudah Anda perhatikan dan persiapkan dengan baik namun utamakan pembatasan penggunaan uang. Ada baiknya Anda mencatat semua hal yang dibutuhkan selama liburan mulai penggunaan uang kecil, biaya makan, biaya masuk tempat wisata hingga belanja oleh-oleh untuk keluarga atau rekan di rumah.

Jika membawa uang tunai dalam jumlah tertentu, Anda wajib pula membatasi penggunaannya selama liburan. Langkah ini diperlukan untuk meminimalisir dampak lapar mata dan penggunaan uang yang berlebihan. Jangan sampai nominal uang yang Anda gunakan melebihi rencana dan membuat hutang semakin membengkak. Anda tidak ingin mengalami risiko finansial setelah pulang liburan, bukan?

Nah, apakah Anda sudah siap menikmati liburan bersama dengan orang-orang tercinta? Yuk, pastikan Anda mempraktikkan tips menyimpan uang selama traveling dengan baik! Uang Anda aman dengan jaminan liburan yang menyenangkan tentu menjadi dambaan semua orang, bukan? Tinggal tentukan tujuan dan waktu yang tepat untuk liburan impian Anda.



Leave a Reply