Terpesona 10 Tempat Wisata Negara Malta


sisil angelin  September 18, 2019  0 Comment

Negara Malta memang terdengar asing di telinga, bahkan bagi para traveler sekalipun. Padahal, terdapat banyak tempat wisata di Malta yang sayang jika sampai dilewatkan. Negara Malta sendiri merupakan sebuah wilayah kecil di Benua Eropa. Meski tidak terlalu luas, Malta masuk dalam daftar negara termakmur di dunia.Deretan tempat wisata di Malata yang menarik untuk dikunjungi

1. Valetta

Valetta
image credit : malta-guide.net

Destinasi wisata terkenal di Malta yang pertama adalah Valetta, di mana tidak lain merupakan ibukota negara itu sendiri. Hal pertama yang membuat Valetta wajib dikunjungi adalah benteng kokoh yang mengelilingi kota. Dibangun sejak abad ke-16, benteng tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya walaupun pernah mengalami revitalisasi untuk memperkuatnya.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Valetta adalah konsep bahan bangunan yang terdiri dari batu karang dengan warna kekuningan. 80% bangunan di kota tersebut masih orisinal dan terus berupaya dipertahakankan. Di sini, Anda juga bisa mengunjungi dua pelabuhan besar ; Grand Harbour dan Marxamsell Harbour, serta Katedral Saint John.

Gotravelly

Warung Léko: Spesialis Iga Sapi Penyet Dari Surabaya

Akhirnya.. Nemu Tempat Ngopi Dekat Kampus Yang Murah Bangeet!

2. Naxxar

Naxxar
image credit : agoda.com

Tempat wisata di Malta selanjutnya adalah Naxxar atau yang biasa disebut penduduk lokal dengan desa petani. Kawasan ini sejak awal peradaban memang difungsikan sebagai lokasi pengepulan hasil tani dari berbagai wilayah di Malta. Pada abad ke-17, mengalami kemajuan yang sangat pesat di berbagai sektor hingga bangunan-bangunannya pun lebih modern.

Meski demikian, Anda dapat menemukan gua-gua di area Tal Qattara yang menjadi daya tarik utama dari Naxxar. Selain itu ada monumen bekas roda dari kereta kuda. Dan, meskipun sudah modern, tapi Naxxar tetap mempertahankan julukannya sebagai desa petani. Anda dapat menemukan sayuran dan buah-buahan segar dengan harga terjangkau di sini.

3. Desa Popeye / Popeye Village

Desa Popeye
image credit : popeyemalta.com/

Bukankah Popeye merupakan karakter kartun fiktif? Faktanya, tempat wisata populer Malta yang satu ini berawal dari ide untuk menghidupkan kehidupan karakter kartun tersebut. Tepatnya di Pulau Gozo, ada sebuah desa dengan bangunan yang didominasi oleh material kayu dan dicat warna-warni. Letaknya di pinggir pantai, cocok dengan slogan ‘Popeye Si Pelaut’.

Di sini, Anda bisa menumpangi perahu menyusuri laut, menjajal permainan trampolin air, sunbathing di dek kapal, hingga menikmati kuliner dan wine khas desa tersebut. Ingin berenang atau snorkeling juga bisa, sebab airnya sangat jernih. Untuk anak-anak, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia playgroud khusus. Lengkap sekali bukan?

4. Blue Lagoon

Blue Lagoon
image credit : malta-guide.net

Laguna merupakan salah satu spot wajib untuk dikunjungi, terlebih jika wilayah yang dituju tak jauh dari kawasan laut. Tempat wisata di Malta berupa laguna ada beberapa, namun yang paling terkenal adalah Blue Lagoon. Sekilas, tampilannya bagaikan kolam renang outdoor raksasa dengan bebatuan karang dan tebing sebagai pembatas dari laut lepas.

Lokasi Blue Lagoon berada di Pulau Comino. Airnya berwarna kebiruan yang sangat jernih dengan pasir putih di bibir laguna. Anda bisa menikmati panorama matahari tenggelam yang cantik dari sana. Jangan lupa pula, kalau ingin bermain air di laguna ini, cobalah tantangan untuk terjun dari atas tebing.

5. The Tarxien Temples

The Tarxien Temples
image credit : archaeology-travel.com

Jika tertarik mengunjungi tempat wisata sejarah Malta, maka jangan lupa berkunjung ke The Tarxien Temples. Tempat itu tidak lain adalah sebuah kuil kuno pada zaman prasejarah. Tepatnya pada masa “Bait Suci” yang diperkirakan terjadi 3600 – 2500 SM. Di sana terdapat patung dewa dewi, koleksi seni rupa, serta relief beraneka tema.

6. Mdina

Mdina
image credit : theculturetrip.com

Jika Anda membutuhkan ketenangan, tidak ada salahnya untuk singgah di Mdina. Tempat wisata di Malta yang satu ini merupakan bekas ibukota sebelum dipindahkan ke Valetta. Hanya mobil milik warga setempat yang diizinkan berlalu lalang, itupun jumlahnya sangat terbatas. Sehingga, udaranya sejuk dan tercipta suasana sunyi yang damai.

Di sini, Anda bisa membeli camilan khas berupa makaroni almond pahit di Publius Cutajar Parraccuan Confectionary. Penganan ringan itu dapat Anda jadikan sebagai teman perjalanan selama mengelilingi sudut-sudut kota dengan menggunakan Malta Fun Train. Tidak ingin menaiki bus? Menyusuri jalanan Mdina juga tidak kalah menarik.

7. Golden Bay Beach

Golden Bay Beach
image credit : mercuryholidays.co.uk

Di bagian tenggara Malta, Anda bisa mengeksplorasi tempat wisata di Malta terpopuler, yaitu Pantai Golden Bay. Airnya sangat jernih sementara pasirnya memiliki gradasi warna keemasan. Fasilitas yang tersedia di sini untuk para wisatawan sangat lengkap ; kursi berjemur, payung pantai, peralatan berenang, toilet, hingga kafe dan restoran tersedia.

Kalau mampir kemari, pastikan Anda mencicipi hidangan seafood yang dijajakan oleh rumah makan sekitar. Bahan-bahan yang digunakan fresh karena baru menangkap dari laut lepas. Olahan bumbunya juga menggunakan rempah khas Malta dengan cita rasa otentik dan lezat.

8. Pulau Idyllic

Pulau Idyllic
image credit : gq.com

Pulau kecil yang masih menjadi bagian dari Kepulauan Gozo ini merupakan destinasi selanjutnya di Malta yang sayang jika terlewatkan. Idyllic merupakan sebuah pulau kecil dengan sejuta potensi wisata. Pertama, Anda dapat mengunjungi resort Marsalforn yang berada tepat di tepi pantai sebagai lokasi penginapan eksotis. Harga sewa terjangkau membuatnya selalu ramai.

Kemudian ada benteng kuno yang masih berdiri kokoh dan terawat, Victoria. Dan terakhir, ada Jendela Azure, sebuah kawasan pantai yang cantik tiada duanya. Keunikan Jendela Azure adalah lautnya yang terbagi secara alami oleh bebatuan karang tinggi menjulang membentuk laguna-laguna alami. Tidak heran Idyllic selalu masuk rekomendasi tempat wisata di Malta.

9. Rabat

Rabat
image credit : uncovermalta.com

Banyak turis yang salah mengira Rabat dan Mdina merupakan wilayah yang sama karena lokasinya memang berdekatan. Namun, Rabat memiliki pesona wisata tersendiri di mana sayangnya masih kurang terekspos. Destinasi pertama adalah Casa Bernard, sebuah palazzo bersejarah dari abad ke-16. Bangunan mewah ini diketahui milih salah satu bangsawan pada masa itu.

Selanjutnya ada The Vila Romawi, sebuah situs arkeologi yang menampilkan mosaik kuno Romawi. Diyakini bahwa mosaik tersebut merupakan hasil karya ahli terbaik di Mediterania pada masanya. Hingga kini, karya seni bersejarah itu masih terawat dengan baik. Untuk wisata religi, Anda bisa mampir ke gejera tua Gereja Paroki Santo Paulus.

10.  The Blue Grotto

The Blue Grotto
image credit : maltainfoguide.com

Tempat wisata di Malta terakhir yang masuk dalam daftar must visit ketika berkunjung ke negara itu adalah The Blue Grotto. Lokasi tepatnya berada di Wied iz Zurrieq. Lokasi ini berupa pantai dengan panorama luar biasa indah dan biasanya merupakan spot favorit wisatawan. Terlebih saat momen sunset dan sunrise.

Terdapat mitos nimfa laut di sini memiliki kekuatan magis untuk memikat para nelayan yang tengah berlayar. Aktivitas hiburan seperti berenang, snorkeling dan berjemur, semuanya bisa Anda lakukan. Tapi jika ingin tantangan lain, Anda bisa berlayar dengan kapal nelayan. Tak jauh dari situ juga terdapat sebuah desa yang khusus menjual souvenir.

Jadi, tidak ada alasan untuk ragu-ragu memilih Malta sebagai destinasi tujuan Anda, ‘kan? Banyak sekali tempat wisata di Malta lainnya yang dapat Anda eksplorasi. Sebagai tambahan informasi, lokasi-lokasi di atas cukup berdekatan satu dengan yang lain. Sehingga, meski hanya memiliki waktu liburan singkat tetap dapat mengunjungi beragam tempat wisata tersebut.



Leave a Reply