Pemandangan Kebun Binatang Surabaya + Spot Foto


Reni  December 13, 2017  0 Comment

kebun binatang surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Kota Pahlawan. Anda bisa mengajak anak-anak untuk berlibur dan belajar di kebun binatang yang paling lengkap se-Asia Tenggara tersebut.

Sejarah Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS), berdasarkan SK Gubernur Jenderal Belanda No. 40 diketahui berdiri pada 31 Agustus 1916. Awalnya, objek wisata itu bernama Soerabiasche Planten-en Dierentuin atau yang dalam bahasa Indonesia artinya Kebun Botani dan Binatang. Berdirinya kebun binatang ini tidak terlepas dari jasa seorang jurnalis yang hobi mengumpulkan binatang, yakni H.F.K. Kommer. Saat itu, Kommer mendapat bantuan dari beberapa orang yang memiliki modal cukup. Lalu, di bulan April 1918, KBS dibuka pertama kali dengan membayar karcis atau tiket masuk.

Mungkin di antara Anda belum banyak yang tahu mengenai tahun-tahun bersejarah bagi perkembangan KBS. Seperti, pada 21 Juli 1922, kebun binatang tersebut mengalami krisis dan hendak dibubarkan. Namun, banyak yang tidak setuju hingga pihak Kotamadya Surabaya pun mencegahnya. Setahun kemudian, diadakanlah rapat anggota Simpang Restaurant untuk menyusun anggota KBS baru.

Tahun 1927, KBS mendapat sumbangan besar dari Walikota Dijkerman serta anggota dewan A Van Gennep dengan harapan agar masyarakat Kota Surabaya lebih memperhatikan destinasi wisata itu. Di tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 3 Juli, sumbangan dari Maskapai Kereta Api digunakan KBS untuk membeli tanah dengan luas 32.000 meter persegi.

Kemudian, tahun 1939 luas kebun binatang di Kota Pahlawan itu menjadi 15 hektar hingga sekarang. Tahun berikutnya, KBS telah selesai membangun taman seluas 85.000 meter persegi.

Seiring dengan berjalannya waktu, fungsi KBS mulai berubah, mengikuti perkembangan jaman. Dulunya, lokasi tersebut hanya digunakan untuk menampung satwa eksotis koleksi pribadi. Tapi, sekarang telah dikembangkan menjadi sarana perlindungan, pelestarian, pendidikan, penelitian serta rekreasi. Dari tahun ke tahun, jenis dan jumlah koleksi satwa di KBS semakin bertambah, baik dari dalam maupun luar negeri.

Akses Lokasi Kebun Binatang Surabaya

KBS terletak di Jalan Setail No. 1 Surabaya, Jawa Timur. Tempatnya tidak sulit ditemukan karena berada di depan patung “Suroboyo” alias ikon Hiu dan Buaya yang merupakan lambang Kota Surabaya. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan Terminal Joyoboyo.

Terdapat berbagai akses yang bisa ditempuh untuk menuju ke lokasi tersebut. Jika dari arah Pandaan, Pasuruan dan Malang, Anda bisa melalui Jalan Tol Porong Surabaya. Ikutilah petunjuk yang mengarah ke Waru atau Juanda, lalu CITO (Mall City of Tomorrow) – Maspion Giant Margorejo – Darmo Trade Center – Terminal Joyoboyo hingga sampai ke KBS.

Mengamati Kehidupan Satwa di Kebun Binatang Surabaya

Di kebun binatang seluas 15 hektar ini, setidaknya ada 351 spesies satwa yang berbeda, dengan 2.500 lebih hewan dari kelompok reptil, pisces, aves dan mamalia. Beberapa di antaranya termasuk spesies asli Indonesia, hewan-hewan yang biasa hidup di alam bebas dan terancam punah di dunia.

Masing-masing kandang hewan dikelompokkan dalam kategori yang sama. Misalnya, burung atau unggas (Aves), yang mana jenisnya berbeda, mulai dari burung merak, burung unta, jalak Bali dan pelikan Australia. Ada pula macan tutul, singa, harimau sumatera, harimau putih dan beruang. Di bagian belakang KBS, terdapat kandang para hewan primata, termasuk orang utan, babon, bekantan dan simpanse. Selanjutnya, Anda bisa melihat kandang kuda, unta, rusa, jerapah, kuda nil serta elderly bison Amerika.

Di Bonbin, sebutan KBS oleh beberapa orang, yang selalu ramai pengunjung, apalagi di hari libur juga ada satwa langka dan dilindungi, seperti komodo, babi rusa, tapir dan Anoa. Jadi, selain menjadi tempat wisata, kebun binatang ini juga dibuat sebagai tempat konservasi bagi hewan.

Jika tidak puas dengan hewan-hewan darat, Anda dapat berkunjung ke area Aquarium untuk melihat ikan air tawar dan air laut. Di sana, ada Arapaima gigas, yakni ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari Amazone, Amerika Serikat. Di daerah tersebut juga terdapat spesies hewan reptil, seperti ular, buaya, penyu dan iguana. Tapi, untuk masuk ke daerah Aquarium, Anda harus membayar tiket sebesar Rp3.000,-/per orang.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kebun Binatang Surabaya

Ketika pertama kali masuk ke KBS, Anda akan disambut dengan ratusan kandang hewan yang luas serta banyak jumlahnya. Untuk yang ingin mengabadikan kedatangannya di KBS bisa menuju ke Taman Selfie yang berada tidak jauh dari pintu masuk. Anda bisa membuat kenang-kenangan dengan selfie di sana.

Anda akan menemui ratusan pepohonan yang tumbuh tinggi saat berkeliling untuk mengamati para satwa, mengingat lokasi tersebut adalah kawasan konservasi dan hutan kota yang asri. Hal itu membuat kualitas udara di KBS sangat terjaga. Potensi tersebut memberi ide bagi pengelola KBS untuk membangun jogging track. Dengan adanya fasilitas itu, pengunjung bisa datang ke KBS mulai pukul 05.00 pagi sambil berjalan atau berlari-lari dengan santai.

Harga Tiket dan Jam Buka Kebun Binatang Surabaya

Harga tiket masuk ke KBS cukup murah, yakni Rp15.000 (hari biasa) dan Rp20.000 (hari libur). Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan pengelola. Sebelum masuk, pengunjung akan diberi gelang sebagai tanda pengenal. Kebun binatang ini buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Fasilitas Kebun Binatang Surabaya

Fasilitas yang terdapat di KBS terbilang sangat lengkap. Mulai dari area parkir yang luas, mushola untuk beribadah, kantin dengan berbagai macam menu dan oleh-oleh khas Surabaya. Sehingga, Anda tidak perlu bingung bila ingin membawakan cinderamata bagi keluarga. Tak hanya itu, wahana permainan di KBS juga lengkap. Wahana permainan anak hingga orang dewasa serta wahana permainan air tersedia di sana.

Manfaat Berwisata ke Kebun Binatang Surabaya

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila berkunjung ke Bonbin, di antaranya:

  1. Dapat Mencintai Satwa

Kebun binatang adalah tempat yang pas untuk mengenalkan satwa-satwa yang ada di dunia pada anak. Orang tua bisa mengajari mereka untuk mencintai satwa dan berhubungan langsung dengan hewan. Caranya, yaitu dengan mengajak mereka melihat sirkus, memegang ular, menaiki gajah dan sebagainya.

  1. Berkumpul Bersama Keluarga

Berkunjung ke kebun binatang merupakan momen yang ideal untuk seluruh anggota keluarga berkumpul. Sebab, objek wisata tersebut dapat dinikmati berbagai kalangan usia.

  1. Meningkatkan Kesehatan

Seperti yang kita tahu, KBS memiliki lahan yang sangat luas. Itu membuat pengunjung harus berjalan dari satu kandang ke kandang lainnya, yang sama dengan melakukan aktifitas olahraga ringan. Jadi, di sana mereka bisa melihat satwa-satwa yang lucu sambil berolahraga. Dengan begitu, mereka tidak akan merasa lelah karena selalu ada perasaan senang setiap mengamati tingkah lucu para hewan.

Selain sebagai tempat rekreasi, Anda bisa menjadikan KBS menjadi sarana edukasi. Pasti liburan akan lebih menyenangkan dengan mengamati tingkah lucu hewan dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengannya di Kebun Binatang Surabaya.



Leave a Reply