9 Tempat Wisata Kulon Progo yang Paling Menarik Wisatawan


sisil angelin  September 13, 2018  0 Comment

Kulon Progo adalah sebuah kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beribukota Wates. Kulon Progo sangat terkenal dengan batiknya, dan mempunyai nama Batik Geblek Renteng. Sesuai dengan nama batik andalannya begitu juga dengan kuliner khas Kulon Progo adalah Geblek. Tempat wisata di Kulon Progo juga tidak kalah terkenal dengan batiknya. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di KulonProgo

1. Hutan Mangrove di Pantai Congot

Hutan Mangrove di Pantai Congot

dakatour.com

Pada awalnya tempat ini bukan merupakan tempat wisata, namun karena tempatnya yang sangat indah dan banyak pengunjung yang berminat berkunjung, maka tempat ini saat ini dibuka untuk menjadi tempat wisata. Saat ini pengelolaan kawasan wisata ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar dengan akses dan fasilitas yang cukup sederhana. Namun dibalik kesederhanaan itu wisatawan dapat merasakan sensasi yang berbeda dan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.
Untuk menikmati tempat ini, wisatawan dapat merasakan sensasi berjalan diatas jembatan yang terbuat dari bambu, dan wisatawan harus berjalan bergantian agar wisatawan dapat berjalan dengan aman. Walaupun sedikit terdengar ekstrim, namun justru tempat inilah yang dapat menjadi spot foto yang sangat instagramable bagi para wisatawan. Harga tiket masuk ke tempat ini juga sangat murah, yang berkisar mulai harga 5000 Rupiah.

review kuliner

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

2. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan Sidoharjo

dinpar.kulonprogokab.go.id

Air terjun ini disebut air terjun Perawan karena air terjun ini kurang terlalu terjamah oleh tangan para pendatang. Sehingga tempat ini dapat dibilang masih sangat asri dan indah serta mempunyai suasana yang sangat sejuk. Untuk mencapai tempat ini wisatawan akan menghadapi jalan jalan perbukitan yang cukup menantang. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang mempunyai jiwa petualang sejati.
Air terjun Perawan ini mempunyai ketinggian yang sangat tinggi hingga mencapai sekitar 75 meter. Sudut kemiringan tempat ini air terjun Perawan ini sangat unik yang mencapai kemiringan hingga 90 derajat. Wisatawan yang datang ke tempat ini dapat merasakan sensasi bermain air yang sangat sejuk. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat sambil sedikit berfoto dari jarak yang aman dengan monyet monyet yang sedang berkeliaran mencari makan.

3. Waduk Kleco Kulon Progo

Waduk Kleco Kulon Progo

titik0jogja.blogspot.com

Tempat ini terletak di salah satu puncak bukit Menoreh dan menyajikan suasana yang hijau. Di waduk ini wisatawan dapat merasakan sensasi keindahan Kulon Progo dari ketinggian. Tempat ini mempunyai potensi yang masih sangat besar untuk dikembangkan. Walaupun saat ini masih dikelola oleh pemuda pemudi Karang Taruna desa setempat, dan saat ini masih dikembangkan berbagai cara untuk memperbaiki beberapa fasilitas dan sarana yang ada.
Waduk ini walaupun mempunyai ukuran yang kecil jika dibandingkan waduk Sermo yang sudah jauh lebih terkenal, namun suasana tempat ini tidak kalah jika dibandingkan waduk Sermo. Biaya tiket masuk ke tempat ini sangat murah yaitu hanya sekitar 2.000 Rupiah saja. Setelah membayar 2.000 Rupiah wisatawan dapat dengan leluasa dan bebas menikmati tempat ini hingga puas.

4. Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo

balijogja.com

Tempat wisata yang satu ini menjadi sangat sepesial karena dahulu kala pernah menjadi tempat persembunyian yang pernah disinggahi oleh Pangeran Diponegoro. Selain menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro selama masa perang Diponegoro, dan merupakan tempat dimana dilantiknya sang Pangeran Diponegoro menjadi seorang Sultan. Goa Sriti menjadi tempat wisata yang sangat cocok bagi wisatawan yang suka dengan tempat tempat bersejarah.
Selain dapat menggali lebih dalam tentang sejarah wisatawan dapat juga merasakan sensasi dan suasana alam yang indah dan asri. Agar dapat menikmati Goa Sriti dengan nyaman, sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu. Pemandu ini yang nantinya akan menemani wisatawan untuk berkeliling dan menceritakan seluk beluk Goa Sriti.

5. Pantai Bugel Kulon Progo

Pantai Bugel Kulon Progo

JejakPiknik.com

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi pantai dengan suasana yang tenang dapat menjadikan tempat ini sebagai referensi destinasi. Keunggulan tempat ini dibanding wisata pantai lainnya yang sudah jauh lebih terkenal, adalah lokasinya yang masih jauh lebih asri. Disini wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil menenangkan sejenak dari hirup pikuk perkotaan.
Wisatawan tidak perlu membayar sepeser pun uang karena tempat ini secara gratis dibuka untuk umum. Namun saat berkunjung kemari pengunjung tidak disarankan untuk bermain air hingga jauh menuju ke area yang dalam. Karena tempat ini mempunyai karakter perairan yang cukup ganas, dan sebenarnya pantai ini juga lebih terkenal sebagai tempat pelabuhan nelayan nelayan.

6. Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis Kulon Progo

wedangkopiprambanan.com

Yogyakarta masih banyak sekali meyimpan tempat tempat wisata yang eksotis termasuk hingga ke daerah pinggiran. Salah satunya adalah Bukit Isis yang menyuguhkan sensasi sejuk dengan udara yang bersih serta hamparan pegunungan. Wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah yang dikelilingi oleh kebun Teh dan hamparan pepohonan yang hijau. Wisatawan juga hanya perlu membayar tiket masuk seharga 3.000 Rupiah saja untuk menikmati tempat ini.
Wisatawan juga dapat menemukan spot foto yang bagus untuk diabadikan bersama dengan teman ataupun keluarga. Sangat tepat jika berkunjung ke tempat ini saat pagi hari sambil melihat pemandangan matahari terbit. Bisa juga berkunjung pada sore hari sambil ditemani oleh sunset jika cuaca sedang cerah. Untuk akses menuju tempat ini sudah sangat mudah, sehingga tidak salah jika tempat ini sangat ramai pengunjung pada momen momen liburan.

7. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo

wisata-sekitar-jogja.blogspot.com

Desan Nglinggo adalah desa yang disulap menjadi Tempat wisata di Kulon Progo. Desa ini terletak di sekitar kaki Gunung Merapi dan mempunyai ketinggian hingga mencapai 1000 meter diatas permukaan laut. Dapat dipastikan bahwa suhu udara di tempat ini cukup dingin sehingga bagi wisatawan yang kurang kuat dengan udara dingin sangat disarankan untuk membawa pakaian yang tebal. Banyak sekali beberapa tempat yang dapat dijelajahi di desa ini. Diantaranya adalah Kebun teh, Hutan Pinus, hingga Air terjun serta lokasi lokasi berjalan kaki yang cukup menantang. Menariknya lagi tempat ini juga sering kali menyuguhkan beberapa kesenian seperti Kuda Lumping dan juga Wayang.

8. Taman Sungai Mudal

aman Sungai Mudal

piknikasik.com

Tempat wisata yang satu ini masih cukup baru, dan baru resmi dibuka pada tahun 2015. Tempat ini adalah tempat wisata yang terletak di tengah alam dan terletak persis di area bukit Gunung Menoreh. Disini wisatawan dapat melihat uniknya sumber mata air yang tidak pernah kering pada musim kemarau sekalipun. Bagi wisatawan yang suka untuk berkemah, dapat mencoba berkemah di tempat wisata ini karena sudah disiapkan area khusus untuk berkemah.

9. Wildlife Rescue Center (WRC)

tempat wisata di KulonProgo

balijogja.com

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berwisata sambil berinteraksi dengan satwa liar dapat mengunjungi Wild life Rescue Center atau sering juga disebut dengan WRC. Sesuai namanya tempat ini memang ditujukan untuk menjadi tempat bagi satwa liar untuk berlindung dibawah pengawasan yayasan yang tidak mengejar keuntungan. Disini wisatawan akan semakin tergugah untuk ikut melestarikan satwa satwa yang keberadaannya sudah terancam.
Berikut tadi adalah Tempat wisata di Kulon Progo yang patut dikunjungi saat berlibur ke Yogyakarta. Selamat berlibur.



Leave a Reply