Liburan Keluarga Mengunjungi 10 Wisata Berkebun di Bandung


prita  October 6, 2022  0 Comment

Wisata berkebun di Bandung memang menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Berlibur bersama anak-anak tentu bisa membuat suasana hati dan pikiran anak menjadi semakin segar. Untuk menjaga kualitas liburan yang menyenangkan, tak harus liburan yang mahal karena kamu juga bisa mengajak mereka untuk berwisata edukasi dan salah satunya adalah berkebun. Untuk kamu yang berencana untuk mengajak anak-anak untuk berkebun, berikut ini adalah destinasi wisata berkebun di Bandung yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang
urbandung.com

Wisata berkebun di Bandung yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Farmhouse Lembang. Farmhouse Lembang merupakan sebuah tempat wisata yang diresmikan sejak Desember 2015 dan sejak saat itu diminati oleh banyak orang.

Disini anak-anak bisa merasakan sejuknya alam bagaikan di Eropa. Tak hanya itu, tempat ini juga cocok untuk dijadikan wisata edukasi. Konsep Farmhouse Lembang ini alami namun tetap modern sehingga pengunjung akan merasa betah berlama-lama.

Gotravelly

Villa Kopi Prigen, Cafe Ala Pedesaan Dengan Pemandangan Indah

Gedung Sate: Ikon Kota Bandung Yang Bersejarah

2. Taman Bunga Begonia

Taman Bunga Begonia
wisataidn.com

Taman Bunga Begonia juga masuk dalam daftar wisata berkebun di Bandung yang wajib untuk kamu kunjungi. Taman bunga ini resmi dibuka pada Januari 2014 dan berdiri di atas lahan sekitar 2 hektar.

Menariknya, taman ini menyediakan berbagai tanaman hias, baik untuk indoor maupun outdoor. Tak hanya itu, tanaman yang ada di Taman Bunga Begonia ini bisa tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk berwisata ke Taman Bunga Begonia Lembang ini karena juga bisa menjadi sarana edukasi dimana mereka bisa menggali sejumlah informasi tentang tumbuhan, mulai dari ragam jenisnya dan manfaat dari tanaman tersebut bagi manusia.

3. Jendela Alam

Jendela Alam
hargatiket.net

Wisata berkebun di Bandung yang tak kalah indah berikutnya adalah Jendela Alam. Jendela Alam menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang cukup populer karena selain bisa berwisata, disini anak-anak juga bisa mengikuti berbagai kegiatan edukatif.

Jendela Alam memiliki pemandangan alam dengan suasana yang sejuk dan hijau sehingga bisa membuat pengunjung merasa betah berada disana. Kegiatan edukasi yang ditawarkan disini tentunya sangat menarik tak hanya bagi keluarga tapi juga bagi anak-anak. Selain bisa menikmati keindahan alam, disini anak-anak akan dibimbing dan dikenalkan dengan cara berkebun konvensional. Tak perlu khawatir karena anak-anak akan ditemani oleh guide yang berpengalaman yang akan memperkenalkan cara berkebun konvensional.

4. Tani Kota

Tani Kota
twitter.com

Kalau kamu ingin mencari destinasi wisata berkebun di Bandung yang tidak terlalu jauh dari kota, maka kamu bisa berkunjung ke Tani Kota. Berlokasi di Jalan Cisitu, Dago, Tani Kota ini merupakan agrowisata yang juga bisa menjadi wisata edukasi di Bandung.

Lokasinya yang berada di tengah kota membuat tempat ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk melakukan kegiatan pertanian di area perkotaan. Hal ini sudah dilakukan di beberapa kota besar di dunia, dalam bentuk yang modern. Dengan teknologi pertanian vertikal dan rumah kaca misalnya. Kegiatan wisata pertanian di Tani Kota ini memang masih tradisional, namun bentuk kegiatan pertanian seperti ini sangat baik bagi bahan pembelajaran untuk anak-anak.

5. Kampung Batu Malakasari Ecopark

Kampung Batu Malakasari Ecopark
hargatiket.net

Jika kamu ingin mencari destinasi wisata berkebun di Bandung yang tak kalah menarik, maka kamu bisa berkunjung ke Kampung Batu Malakasari Ecopark. Wisata yang satu ini didirikan di bekas penambangan batu sehingga tak heran jika di lokasi tersebut masih terlihat jelas pahatan-pahatan bekas penambangan batu. Sekarang, bekas penambangan batu tersebut diisi dengan air yang membentuk danau.

Disini kamu akan ditawarkan berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Seperti outbound, berternak hingga bertani. Disini anak-anak akan diajari belajar menjadi petani, mulai dari cara membajak sawah dengan kerbau hingga menanam padi.

6. Villa Sanggar Tani

Villa Sanggar Tani
top-rated.online

Wisata berkebun di Bandung yang wajib untuk dikunjungi adalah Villa Sanggar Tani. Tempat yang satu ini memang belum banyak terkspos karena lokasinya berada di pinggiran Bandung dan belum dikelola dengan maksimal layaknya wisata lainnya. Meskipun begitu, bukan berarti wisata ini tidak menarik untuk dikunjungi.

Villa Sanggar Tani ini merupakan destinasi yang termasuk dalam paket edukasi kereta api milik PT KAI daerao operasi 2. Paket ini meliputi wisata naik kereta api dari Stasiun Bandung ke Stasiun Cicalengka, pengenalan stasiun dan pekerjaan di stasiun kemudian naik angkutan kota ke Villa Sanggar Tani. Nah, disini sudah disediakan kegiatan menanam padi, menaiki kerbau yang membajak sawah dan main air di sungai kecil.

7. Kebun Strawberry Ciwidey

Wisata Berkebun di Bandung
tempatwisata.pro

Kalau kamu sedang berada di Ciwidey, jangan lupa untuk mengunjungi Kebun Strawberry Ciwidey yang juga menjadi salah satu wisata berkebun di Bandung yang cukup populer.

Sesuai dengan namanya, disini kamu bisa mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan menysuri perkebunan strawberry yang lebat. Tak hanya itu, disini kamu dan anak-anak juga akan diajarkan untuk mengetahui seluk beluk buah strawberry, seperti bagaimana cara memetik buah strawberry yang benar tanpa merusak buah atau pohonnya. Selain itu, mereka juga akan diajarkan bagaimana memberi air, pupuk serta memilah mana strawberry yang bagus dan kurang bagis.

8. Kebun Buah Alam Segar

Kebun Buah Alam Segar
alamsegar.co.id

Wisata berkebun di Bandung yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Kebun Buah Alam Segar. Berlokasi di Kampung Sirnagalih, Desa Ciptaharja, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, tempat ini bisa jadi alternatif wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Disini kamu dan anak-anak akan diajak berjalan-jalan di tengah hamparan pepohonan berbagai jenis buah. Suasana alam yang asri serta pemandangan pegunungan Karst Rajamandala membuat udara bersih dan sejuk. Menariknya lagi, kebun ini memiliki puluhan jenis pohon buah-buahan dengan kualitas premium. Disini kamu bisa menikmati sensasi petik buah langsung dari pohon, mulai dari jambu kristal, klengkeng, alpukat, jeruk, buah naga, durian, rambutan, kelapa dan masih banyak lagi lainnya.

9. Mupu Jeruk

 Mupu Jeruk
bisnistoplo.com

Kalau kamu pecinta jeruk, kamu bisa mengajak anak-anak untuk mendatangi Mupu Jeruk sebagai salah satu wisata berkebun di Bandung yang cukup indah dan menyenangkan. Mupu Jeruk ini memiliki luas tanah hingga 3 hektar dengan jumlah pohon jeruk sebanyak 1.000 pohon yang saat ini masih terus berbuah.

Wisata ini menawarkan pengalaman memetik jeruk Dekopon yang berasal dari Jepang. Disini kamu yang ingin merasakan sensasi petik jeruk dan mencoba jeruk Dekopon, kamu bisa membelinya dengan harga Rp 70.000 per kilogram.

10. Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana
wisataidn.com

Wisata berkebun di Bandung yang terakhir adalah Kebun Teh Sukawana. Kebun yang dikelola oleh PTPN VIII ini cukup luas dan juga bisa menjadi wisata edukasi dimana pengunjung akan diajarkan tentang bagaimana cara memetik teh hingga proses mengolahnya menjadi minuman nikmat.

Selain itu, pemandangan yang ditawarkan pun cukup indah karena selain bisa melihat indahnya perkebunan teh, kamu juga bisa melihat indahnya Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu.



Leave a Reply