Indahnya 15 Tempat Wisata di Kupang, Bikin Betah!


Fida  January 8, 2023  0 Comment

Kupang menjadi sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Daerah yang satu ini kerap menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur karena menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Saat berlibur ke Kupang, kamu tidak perlu bingung menentukan tujuan untuk berlibur. Inilah daftar 15 rekomendasi wisata di Kupang yang menarik untuk kamu datangi. 

Wisata di Kupang :

1. Pantai Pasir Panjang

pantai pasir panjang
tempatwisata.pro

Pantai Pasir Panjang menjadi salah satu destinasi wisata di Kupang yang dapat kamu kunjungi. Sesuai dengan sebutannya, Pantai Pasir Panjang dikenal memiliki garis pantai yang lebih panjang dari pantai lainnya. Hamparan pasir yang luas dan bersih menjadikan pengunjung betah berlama lama di pantai ini. 

Untuk menyusuri kawasan Pantai Pasir Panjang, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Pantai ini dapat kamu datangi di kawasan Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri, Pantai Pasir Panjang sangat cocok untuk kamu datangi karena memiliki suasana yang tenang dan damai. 

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Cantiknya Pantai Gerupuk: Pantai Pasir Putih Surga Para Peselancar

2. Pantai Batu Nona

pantai batu nona
tribunnews.com

Selain Pantai Pasir Panjang, kamu juga dapat mengunjungi Pantai Batu Nona saat berada di Kupang. Salah satu destinasi wisata di Kupang yang populer ini selalu ramai didatangi wisatawan. Bagaimana tidak, Pantai Batu Nona menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan suasana yang masih sangat alami. Pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pasir yang luas serta perairan yang jernih. 

Tidak hanya dikenal indah, Pantai Batu Nona juga memiliki cerita unik tersendiri. Konon katanya, dahulu ada seorang gadis yang menjatuhkan diri dari tebing dengan ketinggian 15 meter. Gadis tersebut akhirnya tenggelam tetapi jasadnya tidak ditemukan hingga saat ini. Setelah kejadian tersebut, kemudian hal aneh terjadi. Munculnya batu besar dengan bentuk menyerupai gadis inilah yang akhirnya menjadikan pantai ini memiliki sebutan Pantai Batu Nona. 

Seiring berjalannya waktu, batu berbentuk gadis tersebut semakin terkikis oleh ombak. Masyarakat setempat kemudian membangun kembali patung berbentuk gadis dengan tujuan untuk mengenang cerita legenda pada pantai ini. Tidak sedikit wisatawan yang datang dan tertarik dengan cerita unik pada Pantai Batu Nona. 

Meskipun dikenal sebagai pantai populer, Pantai Batu Nona tetap menawarkan harga tiket masuk yang terjangkau yakni sekitar Rp 15.000,- per orang. Kamu dapat mengunjungi pantai ini di daerah Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. 

3. Pantai Lasiana

pantai lasiana
nativeindonesia.com

Tidak jauh dari Pantai Batu Nona, kamu dapat mengunjungi indahnya Pantai Lasiana. Salah satu tempat wisata di Kupang ini memiliki lokasi yang sangat stategis dan dapat kamu kunjungi di kawasan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota untuk tiba di lokasi pantai. 

Pengunjung dapat melihat langsung indahnya perairan serta hamparan pasir putih yang luas di Pantai Lasiana. Tidak hanya itu, pantai ini juga tampak semakin cantik dengan adanya jejeran pohon kelapa dan pohon lontar di sekitar pantai. Suasananya sejuk dan segar yang ditawarkan dapat membuat pengunjung betah berlama lama di pantai ini. 

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara Penyegar Mata Dan Jiwa

Bagi pecinta foto, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan spot menarik dan instagramable. Pengunjung yang datang dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Akses jalan yang mudah dilalui baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat juga menjadikan Pantai Lasiana sayang untuk tidak kamu datangi. 

4. Pantai Tablolong

pantai tablolong
floresku.com

Tidak kalah indah dengan pantai lainnya, Pantai Tablolong juga menjadi salah satu pantai di Kupang yang sayang untuk kamu lewatkan. Pantai yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dan masih sangat alami. Selain hamparan pasir yang luas dan perairan yang jernih, pengunjung juga dapat melihat langsung banyaknya batuan karang yang menakjubkan. 

Terdapat berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu coba diantaranya bermain air, berenang, hingga snorkeling dan diving. Keindahan bawah laut yang ditawarkan juga tidak kalah indah dan menarik untuk dinikmati. Destinasi wisata yang satu ini tidak mematok biaya mahal untuk harga tiket masuknya. 

Jika ingin menghabiskan waktu dengan berlibur ke Pantai Tablolong, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang. Pantai yang satu ini menjadi pilihan terbaik bagi kamu untuk berlibur bersama teman maupun keluarga. 

5. Pantai Nunsui

pantai nunsui
rayadventure.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan Kota Kupang yang berbatasan langsung dengan laut. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak tempat wisata di Kupang berupa pantai yang dapat kamu kunjungi. Salah satu destinasi wisata pantai yang populer adalah Pantai Nunsui.

Pantai Nunsui dikenal menyuguhkan pemandangan indah dengan suasana sejuk yang khas. Ombak yang cukup tenang juga menjadikan pengunjung dapat bebas bermain air hingga berenang di sekitar pantai. Selain dapat menikmati perairannya yang jernih, ujung juga dapat melihat adanya hewan-hewan laut di pantai ini. Saat sedang surut, Pantai Nunsui menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan dengan banyaknya bebatuan karang.

Tidak perlu takut bosan, Pantai Nunsui juga memiliki area hutan bakau di tepi pantai. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak jarang wisatawan menyempatkan untuk berfoto di area hutan bakau maupun Pantai Nunsui. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kabupaten Kupang.

6. Pantai Neam

pantai neam
triptrus.com

Tidak kalah menarik dengan deretan pantai indah di Kupang lainnya, kamu juga dapat mengunjungi indahnya Pantai Neam. Pantai Neam dikenal sebagai wisata pantai indah dengan lokasi yang cukup terpencil. Kamu harus melewati hutan belantara dengan jarak 3 jam dari pusat kota untuk tiba di pantai ini. Meskipun harus melewati jalanan yang berliku dan menanjak, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menghabiskan waktu di pantai ini.

Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi pantai. Indahnya hamparan pasir serta perairan yang jernih tentu sangat memanjakan mata. Saat sore hari, Pantai Neam menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Suasana romantis yang disuguhkan juga menjadikan destinasi wisata yang satu ini sangat cocok kamu kunjungi bersama pasangan maupun keluarga. Kamu dapat mengunjungi indahnya Pantai Neam di kawasan Desa Bean, Kecamatan Buyusari, Kota Kupang.

Baca juga :  20 Tempat Wisata Alam di Jabodetabek Asri Dan Sejuk

7. Pantai Kelapa Tinggi

pantai kelapa tinggi
raydaventure.com

Saat sedang berlibur di Kupang, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk datang ke salah satu dari banyaknya pantai yang ditawarkan. Pantai Kelapa Tinggi tidak jarang dipilih sebagai tujuan wisata di Kupang yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di kawasan Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang. 

Sesuai dengan namanya, Pantai Kelapa Tinggi menyuguhkan banyaknya pohon kelapa yang tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika pantai ini dikenal menawarkan suasana yang sejuk dan segar karena tempatnya yang rindang. Bagi kamu yang ingin bersantai dan melepas penat, Pantai Kelapa Tinggi menjadi rekomendasi wisata tepat yang bisa kamu datangi. 

Pengunjung dapat bersantai sembari menikmati semilir angin dan deburan ombak yang bersahutan. Kamu juga tidak perlu khawatir karena tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menyusuri indahnya Pantai Kelapa Tinggi. Tertarik untuk mengunjungi wisata yang satu ini? 

8. Pantai Manikin

pantai manikin
kupang.antaranews.com

Di antara banyaknya pilihan wisata di Kupang berupa pantai, Pantai Manikin menjadi salah satu rekomendasi tepat yang bisa kamu datangi. Pantai yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan, terlebih jika kamu datang saat sore hari. Indahnya pemandangan matahari terbenam serta suasana romantis akan menyambut kedatangan wisatawan. 

Saat air laut surut, pengunjung juga dapat melihat langsung adanya jutaan batu koral yang bercampur dengan batu akik di pinggir pantai. Banyaknya spot menarik dan instagramable juga menjadikan pantai ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto. 

Pantai Manikin dapat kamu datangi di kawasan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan harga tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni hanya berkisar Rp 15.000,- per orang. 

9. Pantai Oesapa

pantai oesapa
kupang.tribunnews.com

Masih seputar pantai, wisata di Kupang yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Pantai Oesapa. Pantai yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dengan perairan yang jernih serta bebatuan karang yang akan menyambutmu. 

Salah satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri adalah banyaknya gazebo di sekitar pantai. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan sensasi nongkrong di pinggir pantai saat berkunjung ke pantai ini. Tidak hanya itu, Pantai Oesapa juga menawarkan banyak pilihan spot menarik dan instagramable yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto. 

Sesuai dengan namanya, kamu dapat mengunjungi pantai ini di Jalan Pantai Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Jangan lupa nikmati indahnya pemandangan matahari terbenam jika kamu datang saat sore hari. 

10. Pulau Kera

pulau kera
tempatwisata.pro

Tidak hanya wisata pantai, Kupang juga menawarkan indahnya pemandangan pulau yang bisa kamu datangi yakni Pulau Kera. Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Desa Uiasa, Kaca Semau, Kupang. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal atau perahu. 

Sesuai dengan namanya, Pulau Kera memang dihuni oleh banyak hewan kera atau monyet. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Dibalik keunikannya, Pulau Kera juga menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Pengunjung dapat melihat langsung hamparan pasir putih yang luas dengan perairan pantai yang jernih. Bagi kamu yang ingin mencari ketenangan, Pulau Kera menjadi salah satu tujuan tepat yang bisa kamu datangi. 

Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 30.000,- untuk dapat masuk dan menyusuri Pulau Kera. Destinasi wisata yang satu ini menjadi rekomendasi wisata tepat yang bisa kamu datangi saat berada di Kupang. 

Baca juga :  Bikin Merinding, Inilah 7 Tempat Wisata Angker di Bondowoso

11. Kupang Waterpark

kupang waterpark
jawapos.com

Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata di Kupang yang menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Kupang Waterpark. Destinasi wisata yang satu ini tentu sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga maupun anak anak. 

Terdapat sekitar 22 wahana yang ditawarkan dan bisa dinikmati oleh pengunjung. Untuk menikmati berbagai permainan serta fasilitas yang ditawarkan, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk yang dibandrol Rp 30.000,- per orang. Bagi kamu yang suka wahana air, Kupang Waterpark menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu berlibur. 

12. Subasuka Waterpark

subasuka waterpark
tempatwisata.pro

Tidak hanya Kupang Waterpark, Subasuka Waterpark juga menjadi destinasi wisata di Kupang yang menarik untuk kamu datangi bersama keluarga maupun anak anak. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan banyaknya permainan serta wahana yang bisa kamu coba. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat datang ke kawasan Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. 

Terdapat beberapa pilihan wahana yang ditawarkan diantaranya kolam renang, plaza air mancur, dan juga family raising. Destinasi wisata yang satu ini menjadi pilihan tepat untuk berlibur saat berada di Kupang. 

13. Air Terjun Oenesu

air terjun oenesu
tempatwisata.pro

Ada yang suka mengunjungi indahnya air terjun? Kamu juga dapat datang ke salah satu tempat wisata di Kupang berupa air terjun yakni Air Terjun Oenesu. Air terjun yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Aliran air yang deras dan jernih tentu sangat memanjakan mata dan menjadikan pikiran tenang. Bagi kamu yang ingin melepas penat dan menenangkan diri, Air Terjun Oenesu juga menjadi pilihan tepat yang bisa kamu datangi. 

Untuk masuk dan menyusuri kawasan air terjun, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? Sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di daerah Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang. 

14. Air Terjun Tesbatan

air terjun tesbatan
travel.detik.com

Selain Air Terjun Oenesu, Kupang juga memiliki wisata air terjun indah lainnya yakni Air Terjun Oenesu. Air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kota Kupang. Dikenal dengan pemandangannya yang indah, Air Terjun Tesbatan mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. 

Selain menawarkan aliran air yang deras dan jernih, Air Terjun Tesbatan juga menyuguhkan suasana yang masih sangat alami. Adanya pepohonan dan tebing di sekitar air terjun juga menjadikan pemandangan tampak semakin indah dan menakjubkan. Kamu tidak perlu khawatir karena Air Terjun Tesbatan tidak memungut biaya mahal untuk tiket masuknya. 

15. Gua Kristal

gua kristal
kumparan.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Kupang yang menarik untuk kamu datangi yakni Gua Kristal. Gua yang satu ini berlokasi di kawasan Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang. Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- per orang. 

Sebutan Gua Kristal berasal dari adanya ribuan liter air yang terdapat di dasar gua. Air tersebut sangatlah jernih sehingga tidak heran jika disebut mirip dengan kristal. Tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal, Gua Kristal juga populer di kalangan wisatawan mancanegara. Bagi kamu pecinta wisata alam, Gua Kristal dapat menjadi tujuan tepat untuk berlibur saat berada di Kupang. 

Nah, itulah daftar 15 rekomendasi tempat wisata di Kupang yang populer dan dayang untuk kamu lewatkan. Dari rekomendasi di atas, wisata manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply