9 Pantai di Kulon Progo, Yang Wajib Kalian Kunjungi


Fida  June 29, 2023  0 Comment

Kulon Progo merupakan salah satu daerah yang terletak di kawasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dikenal menyuguhkan banyaknya tempat wisata indah, tidak heran jika banyak didatangi wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Salah satu tempat wisata yang dapat dengan mudah dijumpai di kawasan Kulon Progo adalah pantai. Pantai yang mayoritas memiliki pasir berwarna hitam tentu menjadi ciri khas serta daya tarik tersendiri. Tidak perlu bingung, GoTravelly punya beberapa rekomendasi pantai di Kulon Progo untuk jadi referensi liburanmu.

Pantai di Kulon Progo :

1. Pantai Glagah

pantai glagah
garasijogja.com

Pantai Glagah di salah satu pantai di Kulon Progo yang populer dan banyak didatangi wisatawan. Sesuai dengan sebutannya, pantai ini terletak di kawasan Desa Glagah. Pengunjung akan dibuat betah selama berlibur karena Pantai Glagah menawarkan fasilitas yang lengkap.

Untuk masuk dan menyusuri kawasan pantai, hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Dengan begitu, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan pantai dengan suasana yang sejuk dan asri. Di pantai ini, kamu juga dapat menjumpai adanya tempat penyewaan sepeda, penyewaan kapal, hingga agrowisata. Beberapa tempat makan di sekitar pantai dengan sajian kuliner lezat juga sayang untuk tidak kamu coba.

Alamat : Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Pantai Trisik

pantai trisik
pantainesia.com

Selain Pantai Glagah, Pantai Trisik juga menjadi pantai di Kulon Progo yang populer. Pantai yang satu ini dikenal dengan pasirnya yang berwarna hitam. Tidak hanya itu, ini juga dikenal memiliki banyak pohon pencemara yang berjajar di pinggir pantai sehingga tidak heran jika menawarkan kesan sejuk dan alami.

Baca juga :  9 Tempat Wisata Kulon Progo yang Paling Menarik Wisatawan

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Trisik adalah tempat penangkaran penyu. Waktu terbaik untuk melihat penyu di pantai ini adalah di luar musim telur. Kamu tidak perlu khawatir karena untuk masuk dan menyusuri kawasan pantai, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terjangkau.

Alamat : Desa Trisik, Kecamatan Brosot, Kabupaten Kulon Progo.

3. Pantai Bugel

pantai bugel
yanacircle.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Pantai Bugel? Pantai Bugel merupakan salah satu pantai di Kulon Progo yang menyuguhkan indahnya pemandangan pantai serta deretan pohon cemara. Wisatawan yang datang akan disambut dengan suasana yang tenang. Pantai Bugel cocok kamu kunjungi sebagai tempat untuk menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri.

Selain deretan pohon cemara, ombak di Pantai ini juga dinilai cukup tenang sehingga aman digunakan untuk bermain air hingga berenang. Pemandangan indah yang ditawarkan juga akan membuat pengunjung betah dan enggan pulang. Bagi pecinta foto, Pantai Bugel menawarkan pemandangan indah yang sayang untuk tidak diabadikan.

Alamat : Gumuk Waru, Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

4. Pantai Imorenggo

pantai imorenggo
pesisir.net

Rata-rata wisata pantai di Kulon Progo memiliki pasir berwarna hitam, salah satunya adalah Pantai Imorenggo. Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan indah dengan suasana sejuk dan menyenangkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Pantai Imorenggo bersama teman maupun keluarga.

Pantai yang satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan pengunjung. Kedepannya, Pantai Imorenggo akan terus melakukan pengembangan sehingga wisatawan akan dibuat semakin nyaman.

Alamat : Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Pantai Bidara

pantai bidara
satuharapan.com

Diantara banyaknya pilihan pantai di Kulon Progo, tidak ada salahnya jika kamu memilih Pantai Bidara sebagai tujuan berlibur. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Bidara adalah wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan garam. Kamu dapat mengamati satu persatu proses pembuatan garam. Unik sekali bukan?

Baca juga :  10 Spot Ayunan Paling Instagramable di Indonesia, Sudah Foto Disini ?

Selain dapat melihat proses pembuatan garam, pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana yang tenang dan nyaman. Wisata yang satu ini sangat cocok dipilih bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri.

Alamat : Jalan Pantai Bugel, Gumuk Waru, Bugel, Kecamatan Panjaitan, Kabupaten Kulon Progo.

6. Pantai Pasir Kadilangu

pantai pasir kadilangu
sikidang.com

Rekomendasi wisata pantai di Kulon Progo berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Pasir Kadilangu. Pantai yang satu ini dikenal memiliki lokasi yang berdekatan dengan MJAA (Mangrove Jembatan Api-Api). Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan bangunan khasnya yakni jembatan cinta sehingga menawarkan kesan romantis dan cocok kamu kunjungi bersama pasangan.

Untuk datang dan menyusuri kawasan pantai, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terjangkau yakni sekitar Rp 6.000,- per orang. Datang dan menghabiskan waktu berlibur di Pantai Pasir Kadilangu tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

Alamat : Pasir Kadilango, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

7. Pantai Congot

pantai congot
dinpar.kulonprogokab.go.id

Pernah mendengar sebutan Pantai Congot? Pantai Congot merupakan sebutan bagi salah satu pantai di Kulon Progo yang dikenal menyajikan pemandangan indah. Di pantai ini, wisatawan kerap datang untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan juga matahari terbenam.

Tidak berbeda dengan pantai di Kulon Progo lainnya, Pantai Congot juga memiliki pasir pantai berwarna hitam. Untuk masuk ke kawasan pantai ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 3.000,- per orang. Suasana sejuk dan segar yang ditawarkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang.

Alamat : Desa Karang Sewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo.

8. Pantai Pleret 3

pantai pleret 3
piknikwisata.com

Satu lagi rekomendasi pantai di Kulon Progo yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Pantai Pleret 3. Pantai yang satu ini dapat dikunjungi kapanpun karena buka hingga 24 jam.

Baca juga :  Menyusuri Indahnya 7 Tempat Wisata di Banjarbaru

Karena termasuk pantai yang belum banyak diketahui wisatawan, tidak heran jika Pantai Pleret 3 menawarkan kesan layaknya pantai pribadi. Pengunjung dapat menikmati ombak yang tenang serta udara yang sejuk sembari bersantai. Datang dan menghabiskan waktu di pantai ini tentu menjadi hal menarik yang tidak boleh kamu lewatkan.

Alamat : Jalan Pangeran Diponegoro, Pleret, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo.

9. Pantai Mlarangan Asri

pantai mlarangan asri
masterplandesa.com

Yang tidak boleh ketinggalan untuk didatangi di Kulon Progo adalah Pantai Mlarangan Asri. Pantai yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan.

Tidak seperti pantai lainnya, Pantai Mlarangan Asri dikenal dengan ombaknya yang cukup tinggi. Hal itu tentu menjadikan wisatawan dilarang berenang karena beresiko untuk terseret ombak. Meskipun begitu, nggak sedikit wisatawan yang datang dan menikmati indahnya pemandangan Pantai Mlarangan Asri. Kamu dapat memilih untuk duduk bersantai di pinggir pantai sembari menikmati pemandangan serta suasana yang khas.

Alamat : Jalan Pangeran Diponegoro, Pleret, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo.

source : https://www.youtube.com/@jalanamrita

Nah itulah beberapa rekomendasi wisata pantai di Kulon Progo yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan. Dari beberapa rekomendasi di atas, pantai manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi?



Leave a Reply