10 Makanan Khas Kulon Progo, Ada Dawet Sambel Hingga Gula Semut


Fida  July 25, 2022  0 Comment

Daerah Istimewa Yogyakarta tentu menjadi kawasan yang sudah tidak asing dikunjungi oleh para wisatawan. Daerah wisata yang satu ini dikenal menyimpan banyaknya pilihan wisata serta kuliner lezat yang dapat dicoba. Salah satu daerah yang populer dan menarik untuk dikunjungi adalah Kabupaten Kulon Progo. Terdapat banyak pilihan kuliner yang akan memanjakan lidah dan dapat nikmati di Kulon Progo. Kamu dapat mencoba uniknya jajanan hingga makanan berat yang ditawarkan. Inilah daftar 10 rekomendasi makanan khas Kulon Progo yang bisa kamu coba.

1. Enting Enting Jahe

enting enting jahe
saibumi.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan enting enting jahe? Enting enting jahe dikenal sebagai salah satu makanan khas Kulon Progo yang tidak boleh kamu lewatkan. Sesuai dengan sebutannya, makanan yang satu ini menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Selain jahe, terdapat beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat enting enting diantaranya vanili, kacang, kelapa, serta wijen.

Selain memiliki aroma khas jahe, enting enting juga disajikan dengan bentuk yang unik. Makanan yang satu ini sangat mudah dijumpai di Kulon Progo dan biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Makanan yang satu ini juga tidak jarang dipilih oleh wisatawan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Gotravelly

Menyusuri Kawasan Slasar Malioboro, Keren Ternyata!

Mamahke Jogja: Cafe Cozy Ala Keraton Di Tengah Kota Jogja

2. Growol

growol
suarakonsumen.co

Saat mendengar sebutan growol, beberapa dari kamu tentu masih asing bukan? Growol dikenal sebagai salah satu makanan khas Kulon Progo yang menarik untuk kamu coba. Selain dikenal khas, Growol juga dinilai sangat bersejarah oleh masyarakat Kulon Progo. Makanan yang satu ini dibuat karena dulunya masyarakat kesulitan mendapatkan beras.

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Growol adalah singkong. Adanya tambahan bahan berupa kelapa parut juga menjadikan makanan yang satu ini semakin gurih. Growol juga memiliki aroma khas yang tidak dimiliki oleh makanan lainnya. Meskipun sedikit menyengat, tetapi makanan yang satu ini mampu menarik perhatian wisatawan untuk mencobanya.

3. Tempe Benguk

tempe benguk

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan tempe, tetapi pernahkah kamu mendengar sebutan tempe benguk? Tempe Benguk dikenal sebagai salah satu makanan khas Kulon Progo yang tidak boleh kamu lewatkan. Tempe yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama kacang kara benguk yang diolah dengan tambaha santan kental.

Jika dilihat dari tampilannya, tempe yang satu ini memang cukup berbeda dengan tempe pada umumnya. Hal itu dikarenakan tempe benguk memiliki warna hitam. Meskipun dikenal khas, tempe ini dijual dengan harga yang terjangkau. Tempe benguk biasa disajikan untuk dinikmati bersama geblek.

4. Geblek

geblek
kulur-kulonprogo.desa.id

Biasa disajikan bersama dengan tempe benguk, geblek menjadi salah satu makanan khas Kulon Progo yang juga menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini memiliki ciri khas yakni berwarna putih dan memiliki tekstur kenyal. Saat mencobanya, kamu dapat menikmati cita rasa gurih yang ditawarkan.

Di Kulon Progo, geblek sangat mudah dijumpai. Makanan yang satu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Selain dinikmati bersama tempe benguk, hidangan yang satu ini juga tidak jarang disajikan bersama dengan saus kacang. Tertarik untuk mencoba lezatnya geblek saat datang ke Kulon Progo?

5. Peyek Undur Undur

peyek undur undur
inibaru.id

Tidak perlu bingung menentukan makanan khas Kulon Progo yang bisa dicoba, kamu dapat menikmati lezatnya peyek undur undur. Bagi sebagian orang, kuliner ini tentu terdengar aneh. Bagaimana tidak, peyek undur undur memang dibuat menggunakan undur undur sebagai bahan utamanya.

Peyek yang satu ini disajikan dengan tekstur yang renyah. Undur undur yang telah diolah dengan cara digoreng juga menawarkan rasa lezat seperti udang. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat kuliner ini diantaranya santan dan juga tepung kanji. Peyek undur undur sangat cocok untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai lauk saat makan.

6. Dawet Sambel

Makanan Khas Kulon Progo
ksmtour.com

Apa yang kamu pikirkan saat pertama mendengar sebutan dawet sambel? Dawet sambel merupakan salah satu makanan khas Kulon Progo yang dikenal unik. Makanan yang satu ini memang menyajikan dawet serta beberapa isian pelengkap lainnya seperti kecambah, kacang, bawang goreng, dan juga sambal.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan rasa unik dan membuat ketagihan. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan dapat dengan mudah kamu jumpai di beberapa daerah di Kulon Progo.

7. Cenil

cenil
kompasiana.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan cenil bukan? Cenil merupakan makanan tradisional yang juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Kulon Progo. Makanan yang satu ini juga cukup mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Cenil memiliki ciri khas yakni berwarna warni. Warna warni cenil menjadikan makanan ini tampak semakin menggugah selera dan sayang untuk tidak dicoba.

Cenil biasa disajikan bersama dengan parutan kelapa dan lelehan gula jawa. Makanan ini dibuat menggunakan bahan dasar pati singkong yang direbus. Selain lezat, cenil juga menjadi makanan yang cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Tidak berbeda dengan makanan lainnya, cenil juga biasa dijual dengan harga yang terjangkau.

8. Soto Bathok

soto bathok
yogyes.com

Mendengar namanya saja, sudah unik bukan? Salah satu makanan khas Kulon Progo ini dikenal dengan ciri khasnya yakni menyajikan soto dengan wadah batok kelapa. Kamu dapat menikmati satu porsi soto dengan beberapa isian serta lauk tambahan seperti sate usus, telut puyuh, tempe, dan juga sambal.

Penyajiannya yang unik menjadikan makanan yang satu ini memiliki sensasi sedap tersendiri. Tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin mencoba lezatnya kuliner soto bathok. Di Kulon Progo, makanan yang satu ini dijual dengan harga yang terjangkau. Tertarik untuk mencoba lezatnya soto bathok?

9. Gula Semut

gula semut
jogja.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan gula semut? Gula semut menjadi salah satu makanan khas Kulon Progo yang bisa kamu coba. Gula ini dikenal khas karena memiliki warna menyerupai gula merah, tetapi memiliki tekstur seperti gula putih. Gula semut dibuat menggunakan bahan nira kelapa.

Di Kulon Progo, gula semut biasa digunakan sebagai pengganti gula putih untuk membuat berbagai makanan dan minuman seperti teh atau kopi. Rasa manis yang ditawarkan juga tidak kalah dengan gula putih. Tidak jarang gula semut juga diburu wisatawan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

10. Sate Kambing

sate kambing
yogyakarta.ragamindonesia.com

Saat ingin menikmati makanan khas Kulon Progo, tidak ada salahnya jika kamu mencoba lezatnya sate kambing. Salah satu tempat menikmati sate kambing yang direkomendasikan untuk kamu datangi adalah Sate Kambing Mbah Margo. Selain dikenal menawarkan sate lezat, Sate Kambing Mbah Margo juga dikenal legendaris karena sudah berdiri puluhan tahun. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?



Leave a Reply