10 Air Terjun di Kulon Progo, Cakepnya Bikin Melongo


Fida  July 7, 2022  0 Comment

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena dikenal menyimpan banyaknya tempat wisata, maka tidak heran jika Kulon Progo menjadi salah satu daerah favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Salah satu rekomendasi wisata di Kulon Progo yang dapat dengan mudah kamu jumpai adalah wisata air terjun. Berikut daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Air Terjun Kembang Soka

air terjun kembang soka
nativeindonesia.com

Air Terjun Kembang Soka dikenal sebagai salah satu wisata air terjun di Kulon Progo yang populer dan banyak didatangi wisatawan. Air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Saat mengunjungi Air Terjun Kembang Soka, kamu akan disuguhkan dengan indahnya aliran air yang deras dan jernih. Pengunjung juga dapat berenang atau hanya sekedar bermain air di sekitar air terjun. Air Terjun Kembang Soka juga memiliki banyak spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga di Air Terjun Kembang Soka tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.

Gotravelly

Serunya Berwisata Edukasi Di Museum Gunung Merapi, Informatif Banget!

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

2. Air Terjun Sidoharjo

air terjun sidoharjo
anterajatour.com

Saat ingin datang ke salah satu tempat wisata air terjun di Kulon Progo, kamu dapat mengunjungi indahnya Air Terjun Sidoharjo. Air terjun yang satu ini terletak di daerah Sumoroto, Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus terlebih dahulu berjalan kaki. Perjalanan yang cukup menguras tenaga tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang ke indahnya air terjun yang satu ini.

Air Terjun Sidoharjo cocok dikunjungi sebagai tempat untuk melepas penat karena suasananya yang masih sangat asri dan alami. Pengunjung juga dapat merasakan udara yang sejuk dan segar selama berada di kawasan air terjun. Menarik sekali bukan?

3. Air Terjun Mudal

air terjun mudal
camerawisata.com

Pernah mendengar sebutan destinasi wisata alam Air Terjun Mudal? Air Terjun Mudal merupakan salah satu rekomendasi wisata air terjun di Kulon Progo yang menarik untuk kamu kunjungi. Bagaimana tidak, air terjun yang satu ini dikenal menawarkan jernihnya aliran air serta pemandangan yang indah.

Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan adanya pemandangan air terjun bertingkat yang sangat memanjakan mata. Untuk datang dan menyusuri indahnya kawasan Air Terjun Mudal, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Jika ingin mengunjungi Air Terjun Mudal, kamu dapat langsung menuju ke daerah Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

4. Air Terjun Kedung Pedut

air terjun kedung pedut
garasijogja.com

Air Terjun Kedung Pedut menjadi salah satu rekomendasi wisata air terjun di Kulon Progo yang sangat populer di kalangan wisatawan. Air terjun yang satu ini terletak di Jalan Kutogiri, Gunungkeling, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Tidak jarang air terjun ini juga disebut dengan surga tersembunyi karena tempatnya yang indah. Selain menawarkan indahnya pemandangan, pengunjung juga dapat mencoba sensasi berenang dan bermain air di sekitar air terjun. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 11.000,- per orang untuk menyusuri kawasan Wisata Air Terjun Kedung Pedut.

5. Grojogan Watu Jonggol

Air Terjun di Kulon Progo
m.tribunnews.com

Rekomendasi wisata air terjun di Kulon Progo yang menarik untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Grojogan Watu Jonggol. Air terjun yang satu ini dapat kamu datangi di daerah Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Meskipun Grojogan Watu Jonggol dikenal lebih kecil jika dibandingkan dengan air terjun lainnya, tetapi debit air di air terjun ini sangat deras.

Grojogan Watu Jonggol tidak hanya cocok dikunjungi sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur, tetapi juga cocok dipilih sebagai tempat untuk menenangkan diri atau melepas penat. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami dengan banyaknya penghijauan di sekeliling air terjun.

6. Air Terjun Watu Jengger

air terjun watu jengger
jogja.mblusuk.com

Rekomendasi tempat wisata terjun di Kulon Progo berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Watu Jengger. Wisata air terjun yang satu ini terletak di daerah Samigaluh, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.

Air terjun yang yang satu ini menawarkan aliran air yang deras dan bersih. Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan indahnya tebing dan pepohonan di sekelilingnya air terjun. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama teman maupun keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur.

7. Air Terjun Grojogan Sewu Jatimulyo

air terjun grojogan sewu
ragamwisata.com

Air Terjun Grojogan Sewu Jatimulyo menjadi salah satu destinasi yang dapat kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur. Salah satu rekomendasi air terjun di Kulon Progo yang populer ini dapat kamu datangi di daerah Beteng, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Air terjun yang satu ini menawarkan aliran yang terbilang cukup deras. Pengunjung juga dapat mencoba sensasi berfoto dengan latar indahnya pemandangan air terjun serta tebing dan pepohonan di sekelilingnya. Saat berada di kawasan Air Terjun Grojogan Sewu Jatimulyo, kamu tentu akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat sejuk dan alami. Saat ingin menghabiskan waktu di kawasan Kulon Progo, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang dan menyusuri indahnya wisata alam yang satu ini.

8. Kedung Ingas

kedung ingas
lendah.kulonprogokab.go.id

Kulon Progo dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyaknya tempat wisata sehingga tidak heran jika daerah ini kerap didatangi oleh wisatawan. Wisata air terjun di Kulon Progo menjadi salah satu destinasi yang menarik dan banyak didatangi oleh pengunjung. Salah satu air terjun yang dapat kamu kunjungi adalah Kedung Ingas.

Tempat wisata alam yang satu ini menawarkan udara yang sejuk dan segar serta pemandangan yang indah. Pengunjung yang datang dapat merasakan suasana yang sejuk dan tenang saat berada di Kedung Ingas. Kamu dapat mengunjungi indahnya air terjun ini di daerah Kwarakan, Sidorejo, Kecamatan Lendah.

9. Curug Sigembor

curug sigembor
ihategreenjello.com

Rekomendasi tempat wisata air terjun yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Curug Sigembor. Air terjun yang satu ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Meskipun memiliki lokasi yang cukup tersembunyi, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang dan menyusuri kawasan wisata alam Curug Sigembor.

10. Curug Siluwok

curug siluwok
alodiatour.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan destinasi wisata Curug Siluwok? Curug Siluwok merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang menarik untuk kamu kunjungi. Air terjun yang satu ini memiliki lokasi tepat berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh. Suasana alami yang ditawarkan untuk membuat pengunjung betah dan enggan pulang.



Leave a Reply