11 Wisata di Kepulauan Riau, Salah Satunya Tampilkan Ribuan Patung


Reni  November 15, 2018  0 Comment

Merupakan sebuah provinsi yang merupakan hasil dari pemekaran dari Provinsi Riau. Tak heran, jika Kepulauan Riau menyimpan banyak sekali pesona yang ditampilkan. Baik pesona laut yang lebih banyak sebab kawasannya didominasi oleh lautan, maupun pesona daratan karena inovasi masyarakatnya. Hal inilah yang menjadi alasan daerah itu selalu jadi sasaran empuk untuk dikunjungi sebab banyaknya tempat wisata di Kepulauan Riau. Penasaran wisata apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya Tempat Wisata di Kepualauan Riau

1. Kampung Vietnam di Pulau Galang

Kampung Vietnam di Pulau Galang

batamnews.co.id

Jangan salah, meskipun namanya Kampung Vietnam, namun tempat wisata ini ada di Kepri. Lokasi tepatnya adalah di Pulau Galang, Batam di mana kampung ini merupakan sebah camp pengungsian saat terjadi perang saudara di Vietnam pada 1979-1996 lalu. Atas permintaan PBB, Indonesia menyediakan tempat untuk menampung para pengungsi tersebut di salah satu pulau yang memang masih kosong saat itu.
Kini Pulau Galang berhasil jadi pesona tersendiri dan sering dikunjungi oleh wisatawan sebagai objek sejarah kota Batam. Di sana Anda bisa melihat sisa-sia sejarah kehidupan orang Vietnam langsung saat masa pengungsian.

2. Patung Seribu

Patung Seribu

Travel Kompas

Salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau yang dijadikan juga sebagai wisata Vihara Ksitigarbha Budhisattva yang juga dikenal dengan nama “Vihara Patung Seribu”. Awalnya dijadikan sebagai tempat beribadah umat Budha, namun saat ini dijadikan destinasi wisata yang patut dikunjungi saat ke Kepri. Di sana Anda akan menemukan 500 patung Lohan dengan berbagai wajah, 40 lebih patung dewa-dewa kepercayaan Budha dan patung lainnya.
Uniknya, Vihara ini menjadi vihara terbesar kedua setelah China di Asia Tenggara, bahkan pembuatnya pun langsung dari seniman Tiongkok. Anda bisa menyambangi tempat ini dengan melakukan perjalanan kurang lebih 10 menit dari pusat kota Tanjungpinang.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Riau Rekomendasi Para Wisatawan

3. Kelenteng Senggarang

Kelenteng Senggarang

Namaku budi – WordPress.com

Disebut dengan kelenteng Senggarang sebab lokasinya berada di pesisir Senggarang. Nama aslinya adalah Kelenteng Sun Te Kong yang umurnya sudah sekitaran 300 tahun. Biasanya, tempat ini dijadikan tempat untuk berkumpulnya warga Tionghoa yang saat ini sudah menyebar ke berbagai wilayah di Kepri, Pekanbaru, Medan bahkan Ibukota.

4. Danau Biru

Danau Biru

limakaki.com

Merupakan salah satu penambangan pasir aktif di kawasan Pulau Bintan, namun tak jarang juga orang-orang menjadikan danau ini sebagai tempat wisata di Kepulauan Riau. Hal itu dikarenakan sesuai namanya, air danau di sini warnanya biru menenangkan dan jernih. Keindahan kemudian dipadukan dengan beberapa bukit pasir bekas galian tambang pasir di atas tanah liat yang cukup dalam.

5. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

Newswantara.com

Barelang ini sebetulnya adalah singkatan dari tiga daerah di Kepri, yaitu Batam, Rempang dan Galang. Disebut jembatan Barelang sebab jembatan inilah yang menjadi penghubung kota Batam dengan pulau-pulau di sekitarnya. Diklaim sebagai ikon kota Batam, tak heran, jika berkunjung ke Kepri pastinya harus menyempatkan untuk mengunjungi Jembatan Barelang ini.

6. Mega Wisata Ocarina

Mega Wisata Ocarina

KSMTour.com

Tempat ini sudah menjadi destinasi wisata yang cukup modern di Kepri. Dicanangkan, pembangunannya akan dibuat semegah Ancol yang berada di Ibukota Jakarta. Mega Wisata Ocarina ini menjadi kawasan wisata terpadu yang ada di Kepri. Jika Anda ke sana, Anda akan menemukan beberapa wahana permainan menarik seperti Trampolin, Giant Wheel, Sepeda Air, Flying Fox, dan lainnya yang menghadap ke laut. Di sini pun tersedia Kampoeng Indonesia yang menjadi destinasi kuliner untuk para pecinta kuliner khas Indonesia.

7. Lagoi Bay

tempat wisata di kepulauan Riau

akutwibowo.com

Lagoi Bay merupakan sebuah pantai berpasir putih di Bintan. Air lautnya masih jernih dengan warna hijau toska dari kejauhan. Di sana Anda dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan santai. Atau merefresh diri sebab kepenatan dan mengasingkan dari dari hiruk pikuk kota yang bising. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, akses lokasinya cukup memakan waktu. Yaitu sekitar satu jam perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Uban.
Tak hanya itu, Lagoi Bay ini juga dianggap sebagai Kuta-nya Kepulauan Riau, bahkan tak jarang pantai ini dipenuhi oleh wisatawan asing dari berbagai negara. Apalagi lokasinya pun sangat mudah diakses dan cukup dengan Singapura.

Baca juga :  10 Makanan Khas Tanjung Pinang Ada Mie Lendir Hingga Tepung Gomak

8. Pantai Marina

Pantai Marina

kabarwisata.com

Jika Anda ingin merasakan sensasi pantai sekaligus menikmati suasana pemandangan gedung-gedung pencakar langit di negara tetangga, Singapura, Pantai Marina ini adalah pilihan tepat untuk jadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang harus Anda kunjungi saat liburan. Posisinya menghadap langsung ke Selat Singapura, sehingga panoramanya bisa terlihat dari jauh.
Tak hanya pantai, di tempat wisata ini pun sudah disediakan taman hijau untuk bermain anak-anak dengan latar daratan Tanjung Uncang yang merupakan galangan kapal industri dengan alat-alat beratnya. Anda juga bisa menikmati sunset memukau di Pantai Marina ini.

9. Bukit Senyum

Bukit Senyum

.jalanjalanyuk.com

Merupakan sebuah bukit yang indah dan mampu menghadirkan senyum siapa saja yang melihatnya. Untuk panorama yang ditampilkan adalah pemandangan kota di Singapura pada malam hari dengan kilauan dan gemerlapnya cahaya dari lampu-lampu bangunan. Bukit yang cukup tinggi ini memang langsung menghadap ke negara tetangga.
Di sana kita bisa bersantai sambil menikmati keindahan. Lesehan di padang rerumputan yang hijau, atau bercengkrama bersama teman, pasangan atau keluarga sambil merasakan keteduhan suasana dan menikmati keindahan panorama.

10. Gunung Bintan

Gunung Bintan

bintantourism – Dinas Pariwisata Bintan

Meskipun merupakan pulau yang didominasi oleh lautan, namun di Kepri ini juga tersedia Gunung yang indah dan menjadi wisata hiking masyarakat. Apalagi bagi para pecinta alam yang senang dengan kegiatan hiking. Sebetulnya, tempat ini adalah bukit di kawasan Teluk Bintan, Anda bisa mencapai puncaknya hanya dengan berjalan sekitar 3 jam agar sampai puncak.
Tentunya jika sudah berada di puncak, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan dan pesona alam yang sangat indah. Pemandangan kota pun akan terlihat terhampar di pandangan mata Anda. Bahkan, bagi pecinta durian, tempat ini adalah yang paling cocok sebab kawasan ini terkenal menjadi daerah produksi durian terbesar.

Baca juga :  Menyusuri Cantiknya 7 Gua di Jawa Timur

11. Pantai Trikora

Pantai Trikora

sahabatnestle.co.id

Tempat wisata di Kepulauan Riau yang harus Anda kunjungi adalah Pantai Trikora yang juga ada di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Merupakan pantai dengan pasir putih yang disertai ombak landai. Pantai ini menjadi pantai terindah dan bahkan sering dikunjungi para wisatawan domestik ataupun wisatawan asing. Ketenangan ombak dan semilir angin yang teduh akan membuat Anda semakin betah berada di sini.
Jika Anda ingin menikmati keindahan bawah laut, Anda juga bisa melihat pesona biota laut dengan ber-snorkeling di sini, bahkan tak jarang juga yang memancing sambil duduk-duduk di batu besar pinggiran pantai. Jika Anda ingin menginap di sini, sudah tersedia juga pondok peristirahatan. Bahkan ada yang menawarkan tour pulau tak berpenghuni. Menarik bukan?
Nah, itulah beberapa tempat wisata di Kepulauan Riau yang sayang sekali jika tidak dikunjungi. Untuk itu, jika berkunjung ke Kepri, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi tempat wisata tersebut.



Leave a Reply