Tangkahan : The Hidden Paradise

wisata Tangkahan

damanik1575162141 | Sightseeing
Langkat, Sumatera Utara, Indonesia | City Trip
30 Sep 2020


Tangkahan : The Hidden Paradise
Deru sungai jernih ditengah hutan yang melingkup, suara lenguhan gajah terdengar samar samar diselingi kicau burung menyambut pagi di surga tersembunyi, Tangkahan.

How to Get There

      Halo sobat dolan, apa kabarnya hari ini? Ditengah pandemi saat ini kudu bener bener extra jaga kondisi ya, dan perbanyak minum vitamin dan olahraga, serta tak lupa juga merileksasi kan otak sejenak ke tempat wisata yang ada dikota kamu.

Setelah sebelumnya mengulik 4 tempat wisata di Kabupaten Langkat, Di review kali ini saya akan bahas tempat wisata yang sudah sangat populer juga di wilayah Sumatera Utara, di Kabupaten Langkat tepat nya, apalagi kalau bukan Eco wisata alam, Tangkahan.

Mungkin bagi sebagian orang, Tangkahan masih terdengar asing atau bahkan tak pernah mendengar nya sama sekali. Hal ini tak aneh karena lokasinya yang tersembunyi membuat wisata alam satu ini masih jarang dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar wilayah.

Untuk mencapai wisata Tangkahan, sobat harus berkendara sejauh kurang lebih 2 jam jika mengambil rute dari Binjai, atau 2,5 jam jika dari Medan. Dari Binjai, sobat bisa bergerak menuju wilayah Stabat terlebih dahulu, kemudian mengambil jalur kiri memasuki wilayah Batang Serangan. Nah, dari sini, sobat bisa mengambil jalur lurus saja ya. Namun karena jalur yang dilalui masih merupakan jalan perkebunan dengan banyak persimpangan, sebaiknya menggunakan Maps atau bertanya pada masyarakat sekitar ya, karena untuk pendatang baru, jalur nya akan cukup membingungkan kamu.

Sobat juga menggunakan jasa Travel dengan kisaran biaya 500 sampai 550rb untuk perjalanan pulang pergi. Cukup mahal ya? So, bawalah teman atau keluarga untuk menghemat biaya kamu ya.

What to Do

Lalu, di Tangkahan bisa ngapain aja sih? Nah, berikut list yang dapat sobat lakukan sesampai nya di Tangkahan.

1. Berenang di Sungai Jernih Tangkahan

Wisata Tangkahan
      Sesampainya di Wilayah Tangkahan, sobat bisa langsung mengeksplor lokasi wisata, dimulai dari bermain air di Sungai nya yang jernih dan juga jembatan besi nya yang instagramable banget. Jangan khawatir dengan sungai nya karena sungai di Tangkahan tidaklah dalam dan aman untuk anak kecil, meski kamu juga harus berhati hati karena terdapat juga spot spot sungai yang cukup dalam ya. View sungai yang jernih ditambah pepohonan hijau membuat sungai ini sangat sulit untuk dilupakan loh.

tempat wisata tangkahanwisata menarik di Tangkahantempat wisata Tangkahan
2. Tubing di Sungai Tangkahan

Tangkahan - melihat gajah secara langsung
      Tubing itu apa sih? Nah untuk kamu yang belum tau, Tubing adalah aktifitas menyusuri sungai seperti hal nya Arung Jeram, namun bedanya jika arung jeram menggunakan Sekoci Karet, kalau Tubing ini menggunakan Ban renang yang dikaitkan satu sama lain hingga membentuk seperti rakit. Aktivitas tubing ini jadi salah satu pilihan favorit wisatawan yang berkunjung kemari sobat. Dimana para peserta akan dibawa mengitari sungai dari atas sampai ke sungai wilayah bawah. Dengan panduan seorang Guide pastinya. Jadi aktifitas ini sangat aman diikuti ya.

3. Bermain dengan Gajah

tempat wisata Tangkahan
      Tangkahan sendiri merupakan salah satu tempat penangkaran gajah di Sumatera Utara. Di penangkaran ini sobat dolan akan bisa melihat aktivitas penangkaran gajah dari dekat loh. Atau jika sobat berkenan, sobat bisa bermain atau memandikan gajah tersebut, meski dengan biaya tambahan pastinya. Saat berkunjung kemari, kami berkesempatan bertemu dengan John, salah satu gajah di penangkaran ini. 

      Sebenarnya saya pribadi cukup sedih melihat John di penangkaran, karena saya berharap John bisa berada di Habitat Alami nya. Namun apa daya, perburuan yang masih terjadi membuat saya berfikir mungkin saat ini tempat terbaik John adalah di penangkaran, ditambah melihat kondisi John yang terawat dan terlihat sehat membuat rasa khawatir saya sedikit berkurang meski tetap masih berharap suatu saat nanti John bisa hidup bebas di habitat alami nya. John sangat ramah dengan pengunjung loh, sampai kamu dapat mengusap kepala atau sekedar menyentuh belalai nya. John juga dapat menyemprotkan air ke wisatawan jika diminta. Jangan lupa untuk memotret momen sobat dengan Gajah gajah disini ya.

tempat wisata Tangkahanobyek wisata Tangkahan
4. Explore Air Terjun

      Setelah puas Tubing dan bermain dengan Gajah, kamu juga bisa mengunjungi salah satu air terjun yang ada di sini loh. Meski tidak terlalu besar, namun dengan bebatuan besar disekitar nya, membuat air terjun ini cukup worth it untuk dikunjungi. Saya sarankan agar mendatangi air terjun ini saat debit air cukup tinggi ya, jadi air terjun akan terlihat besar dibanding saat sobat berkunjung di saat debit air menurun.

tempat wisata Tangkahanwisata Tangkahan
5. Bermalam Di Tangkahan Untuk Menikmati Sunrise

wisata menarik Tangkahan
      Saat pagi hari, suasana Tangkahan akan terasa sangat tenang dan nyaman untuk dinikmati. Kicau burung akan terdengar jelas ditengah deru sungai yang terdengar samar samar. Ditambah Sunrise yang begitu memorable juga untuk dilihat baik dari Sungai maupun dari beranda Penginapan. Untuk menikmati momen ini, sobat bisa menginap semalam ya di Tangkahan. Jangan khawatir dengan akomodasi nya karena disini terdapat beberapa penginapan dengan biaya cukup murah untuk diinapi. Seperti kemarin saat kami berkunjung, kami menginap semalam di penginapan dengan budget Rp 150.000 per kamar dengan kapasitas 3 orang. Cukup Murah bukan? Ditambah dengan beranda yang berhadapan dengan wilayah Hutan, membuat tamu dapat menikmati view Hutan yang asri saat dipagi hari.

tempat wisata Tangkahanrekomendasi tempat wisata Tangkahan
      Demikian tadi review mengenai apa saja sih tempat wisata di Tangkahan. Saya sarankan sih sobat mengambil paket wisata untuk menikmati pilihan wisata di Tangkahan, dimana dengan biaya sebesar 100.000, sobat sudah bisa menikmati Aktifitas Tubing selama kurang lebih 15 sampai 20 menit mengarungi Sungai, dilanjut bermain dan berfoto dengan Gajah di Penangkaran, dan ditambah dengan mengunjungi Air Terjun nya ditemani guide yang ramah pastinya. Karena jika mengambil hanya salah satu aktifitas secara terpisah, biasanya biaya akan lebih mahal.

 

Tips and Trick

Tips dan Trick :

1. Gunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi lokasi Wisata Tangkahan

2. Bawalah pakaian ganti

3. Bawalah uang yang cukup karena tidak adanya ATM atau tempat penarikan uang

4. Tawarlah biaya paket wisata yang diajukan Guide

5. Bawalah kamera dengan case anti air untuk memotret saat Tubing

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY