Kuliner

10 Makanan Khas Batam Terkenal Paling Enak No 6 Cocok Buat Oleh – Oleh

Pernahkah Anda merasa penasaran akan makanan khas daerah di Indonesia? Butuh info oleh – oleh saat main ke Batam? Jangan takut, di sini Anda akan mengenal 10 makanan khas Batam dan pada makanan nomor 6 dan seterusnya adalah makanan favorit yang biasa dijadikan oleh – oleh.

 

1. Sop Ikan Batam

ksmtour.com

Makanan khas yang pertama adalah sop ikan Batam. Sop ikan ini saking enaknya banyak disediakan di cabang yang menyediakan makanan khas Batam, bahkan kabarnya penyebarannya sampai di Singapura.

Sup ikan ini berbeda dengan sup ikan daerah lain karena kuahnya yang terkenal lebih keruh. Perbedaan lainnya adalah penggunaan tomat hijau yang masih asam dan bukan tomat merah matang.
Sop ini biasanya berisi ikan tengiri yang enak dan gurih, cumi dan udang sebagai proteinnya. Untuk sayurannya ada tomat hijau, sayur asin dan daun selada. Semua ini disajikan pada kuah sop ikan yang gurih dan hangat, dijamin bikin ketagihan.

 

2. Mie Sagu

myfavoritemyfood.blogspot.co.id

Makanan khas Batam berikutnya adalah mie sagu. Mie ini adalah mie dengan bahan dasar dari tepung sagu. Biasanya mie sagu ini akan disajikan sebagai mie goreng yang dibumbui rasa kombinasi asin pedas.

Perbedaan mie sagu dengan mie yang lain adalah tekstur dan kekenyalan mie yang khas dan tidak akan ditemukan pada mie yang diolah menggunakan tepung biasa. Perbedaan lain adalah pada ukuran dan aroma. Mie sagu biasanya berukuran besar – besar jika dibandingkan dengan mie biasa. Aroma yang khas dari mie ini berasal dari aroma sagu yang pekat, saat dicampur dengan bumbu dan rempahnya akan menimbulkan aroma yang khas.

Mie sagu biasanya dijadikan menu pilihan para wisatawan untuk sarapan. Rasanya yang menggigit bangun rasa kantuk karena rempah dan rasa pedasnya, menjadikan mie sagu menjadi makanan sarapan yang mantab.

 

3. Mie Kacang Selat Panjang

membuat.info

Mie kacang selat panjang adalah makanan khas Batam yang berikutnya. Sebetulnya makanan ini adalah makanan khas yang berasal dari Riau tapi diserap oleh daerah Batam. Nama asli dari makan ini adalah nama salah satu kabupaten di Riau, yaitu Selatpanjang.

Mie ini unik karena penyajiannya yang khas. Mie ini menggunakan kuah kaldu udang yang disiram dengan saus kacang. Kaldu udang yang digunakan disini diberi rempah dan profilnya dibuat manis. Kombinasi rasa inilah yang menghasilkan rasa gurih menggigit yang juga manis. Untuk saus kacangnya mirip dengan saus kacang pada gado – gado dan pecel tetapi dibuat lebih encer.

Kombinasi kuah dan saus inilah yang membuat para penggemarnya nagih.
Mie ini biasanya berisi tahu, taoge, telur dan mie kuning. Namun bagi Anda pencinta pedas, bisa meminta untuk ditambahkan potongan cabe rawit sesuai selera ke dalam mie.

 

4. Mie Lendir

ksmtour.com

Jangan tertipu dengan namanya. Walau memiliki julukan yang aneh, mie lendir adalah salah satu makanan khas Batam yang tidak boleh Anda lewatkan.
Mie lendir berisi mie kuning yang direbus bersama dengan tauge lalu disajikan setelah dengan kuah kacang yang kental. Kuah kacang inilah yang memberi kesan mie berlendir, namun jangan salah kuah ini merupakan kunci rasa gurih dan manis pada hidangan ini.

Kuah kacang dibuat dari kacang yang dihaluskan dan dicampur dengan rempah. Setelah harlus rata dan tercampur, ditambahkan pula tepung kanji dan dilarutkan untuk menghasilkan larutan kuah kacang yang kental. Jika dicari persamaannya, kuah kacang ini mirip dengan saus kacang somay tapi lebih encer dan rasanya jelas berbeda.

Selain mie dan tauge, mie lendir biasanya disajikan dengan tambahan telur, potongan seledri dan juga bawang goring. Bagi yang suka pedas biasanya disediakan acar cabe yang bisa ditambahkan sesuai selera.

 

5. Mie Tarempa

iklantravel.com

Makanan khas Batam beikutnya adalah mie tarempa. Tidak disangka banyak makanan khas yang berupa mie di Batam. Mie tarempa berasal dari daerah Tarempa di Riau dan biasanya koki yang memasaknya juga orang yang berasal dari Tarempa.

Mie pada sajian ini berbentuk mie gepeng walau tidak selebar kwetiau, mie ini berbentuk lebih pipih dan lebar. Biasanya mie disajikan dalam bentuk kuah maupun goreng sesuai pesanan.
Hal yang membuat mie tarempa unik adalah topingnya. Toping yang pasti ada adalah taoge dan bawang goreng, namun toping proteinnya biasanya bisa bermacam – macam. Toping bisa mulai dari telur, suwiran ikan, sapi, kerang, udang dan bahkan siput.

 

6. Bilis Molen

kaskus.co.id

Bilis molen adalah produk makanan khas Batam yang bisa dibilang sangat terkenal dan cocok buat oleh – oleh. Alasan mengapa bilis molen bisa dijadikan oleh – oleh yang khas adalah karena bentuknya yang kering membuat makanan ini bisa bertahan sampai sebulan.

Bilis molen berbentuk mirip molen biasa, namun tidak diisi oleh isian pisang. Bilis molen diisi dengan ikan teri yang dibumbui dan dibalut dengan kulit molen yang kriuk dan gurih.
Selain bisa jadi camilan dengan didampingi kopi ataupun teh, bilis molen juga bisa disantap dengan nasi sebagai ganti peyek ataupun krupuk.

 

7. Binka Bakar

food.idntimes.com

Makanan yang bisa dijadikan oleh – oleh khas Batam berikutnya adalah binka bakar. Binka bakar sebetulnya berasal dari Kerajaan Melayu namun diserap oleh daerah Batam dan banyak populer dikalangan local dan wisatawan.

Binka bakar sebenarnya mirip dengan binka ambon, namun dengan proses dipanggang. Perbedaan inilah yang membuat binka bakar memiliki aroma tersendiri dan memiliki rasa yang berbeda dengan binka ambon.

Binka bakar bisanya memiliki banyak varian rasa yang bisa dipilih seperti: coklat, stawberry, pandan, keju dan wijen. Bagi Anda yang tertarik biasanya binka bakar dapat dibeli dan ditemukan dengan mudah di banyak toko oleh – oleh di Batam.

 

8. Luti Gendang

nibble.id

Luti gendang adalah makanan khas Batam yang bisa dijadikan pilihan oleh – oleh berikutnya. Luti gendang bentuk awalnya mirip donat, roti isi daging ataupun panada, namun perbedaanya berada pada isiannya yang berupa abon ikan khas Batam

Sensasi luti gendang yang memiliki lapisan roti yang renyah di luar lembut di dalam memberikan rasa berbeda jika ditambah dengan abon ikannya. Abon ikan yang ada pada luti gendang terkesan guring, manis dan pedas. Kombinasi rasa yang nendang inilah yang membuat luti gendang banyak diminati.
Anda bisa membeli roti gendang ini di para penjual gorengan di Batam. Luti gendang sangat cocok dinikmati hangat didampingi kopi ataupun teh.

 

9. Kek Pisang Villa

bisnisukm.com

Mendapatkan kek pisang villa ini sangatlah mudah karena 10 outletnya yang tersebar di Batam mudah untuk diakses. Jika Anda tertarik mendatangi tempat produksinya langsung datang ke kawasan industri yang tepatnya berada di Komplek Citra Buana Industrial Park III lot 38 Batam Centre.

Kek pisang villa pada dasarnya adalah cake dengan bahan dasar pisang yang biasanya disajikan dengan macam – macam toping dan rasa. Contoh yang biasanya dipesan adalah kek pisang villa dengan toping kacang dan coklat. Rasa yang biasa dibeli adalah original dan coklat.

 

10. Otak – Otak Batam

youtube.com/channel/UCqX66pRsWPJbCmzfoTdqc4A

Otak – otak khas Batam ini terbuat dari ikan makarel yang campur dengan adonan telur, tepung sagu, santan lalu dicampur dengan bumbu dan rempah. Otak – otak khas batam ini biasanya datang dengan rasa unik. Ada rasa pedas dan rasa original.

Jika Anda ingin membawa otak – otak ini sebagai oleh – oleh, disarankan beli yang mentah. Nanti setelah sampai rumah bisa disimpan di kulkas dan dibakar sendiri jika ingin langsung disantap.

Join The Discussion