Wisata

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah Indah Namun Tidak Terkenal

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki banyak tempat wisata. Banyak diantara tempat wisata di Jawa Tengah masih tersembunyi dan tidak banyak dikenal. Tempat – tempat ini padahal memiliki daya tarik tersendiri.
Banyak diantara tempat wisata tersebut masih belum terkenal karena masih baru, terletak di daerah yang masih terpencil atau tidak memiliki kekuatan pemasaran yang kuat. Walaupun begitu, tempat yang tidak terkenal ini memiliki keuntungan tersendiri, misalnya tidak akan terlalu ramai saat musim liburan dan masih asri karena belum banyak terjamah wisatawan.
Berikut adalah 20 tempat wisata di Jawa Tengah yang belum banyak dikenal:

 

1. Pantai Pecaron

iqbalkautsar.com

Pantai Pecaron adalah pantai yang berada di sisi selatan Jawa Tengah. Pantai ini tepatnya berada di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Lokasi wisata ini masih sangat asli, belum banyak fasilitas yang dibangun untuk kebutuhan wisata seperti tempat istirahat ataupun kamar mandi umum. Jika ingin mencari fasilitas seperti ini Anda harus mengunjungi Desa Srati terlebih dahulu karena saat sudah ada di kawasan pantai, semuanya serba alami.
Kawasan pantai ini terbentuk seperti laguna yang terjepit bukit – bukit hijau. Di pantai ini pula terdapat muara sungai yang menyambung langsung ke laut. Tempat yang masih asri, pantai dengan pasir yang cukup bersih, serta pemandangan hijau bukit mewarnai Pantai Pecaron.
Perlu diingat posisi pantai dan Desa Srati dekat namun tidak boleh ditempuh dengan kendaraan. Setelah parkir di Desa Srati, Anda harus siap sedikit berjalan kaki ke area pantai.

 

2. Goa Rong

jejakpiknik.com

Tempat wisata yang kedua adalah Gua Rong yang terletak di daerah Tuntang, Semarang. Objek wisata alam ini menawarkan pemandangan hamparan area perbukitan yang hijau dilihat dari tempat yang tinggi. Banyak juga orang yang menamai objek wisata ini Bukit Rong.
Tempat wisata di Jawa Tengah memiliki ketinggian 690 meter di atas permukaan laut. Area perbukitan ini memberikan hamparan pemandangan yang indah dan juga hijau menyejukan. Selain itu dari spot pemantau yang disediakan Anda juga dapat melihat perkebunan karet yang menutupi beberapa bukit disekitar Goa Rong.

 

3. Pantai Bandengan

JejakPiknik.com

Tempat berikutnya adalah Pantai Bandengan yang terletak area Kota Jepara, tepatnya 7 km dari pusat kota. Walau cukup terkenal dikalangan wisatawan lokal Jepara, pantai ini belum banyak dikunjungi orang luar. Sebelum diberi nama sebagai Objek Wisata Pantai Bandengan, pantai ini bernama Pantai Tirta Samudera.
Pergantian nama ini terjadi setelah pengelolaan pantai diambil alih oleh pemerintah, tadinya pengelolaan dilakukan oleh warga sekitar. Hal ini dilakukan demi menarik wisatawan daerah lain dengan menambah berbagai fasilitas. Pembangunan objek wisata ini mendatangkan fasilitas permainan seperti banana boat, flying fish, wave house, jetski, waterski, flyboard dan masih banyak lain. fasilitas umum seperti musola, penginapan dan juga tempat berbelanja oleh – oleh juga sudah disediakan.

 

4. Putuk Setumbu

Nonikhairani.com

Objek wisata Putuk Setumbu ini merupakan bukit dengan ketinggian 400 meter dari permukaan laut dan terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Tempat wisata ini cukup populer karena pemandangan sunrise dan sunset-nya. Posisinya yang strategis dapat menunjukan pemandangan Candi Borobudur dengan latar belakang Gunung Merapi ataupun Gunung Merbabu.
Putuk Setumbu ini terletak cukup dekat dengan Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Anda bisa datang ke sini dan menikmati pemandangan Borobudur dari sisi lain setelah selesai mengunjungi Candi Borobudur.

 

5.Telaga Sunyi

goodnewsfromindonesia.id

Objek wisata yang selanjutnya adalah Telaga Sunyi. Tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini merupakan objek wisata alam yang terletak di Hutan Wisata Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.
Tempat ini menawarkan pemandangan telaga dengan air jernih dan juga pemandangan alam sekitar yang masih asri. Telaga ini memiliki kedalaman maksimal 3 meter sehingga masih dimungkinkan bagi anak – anak yang ingin mandi di telaga ini.
Bagi Anda yang malas basah – basahan, pemandangan telaga yang dikelilingi bebatuan kali, pemandangan hijau dan air yang jernih juga bisa dinikmati. Disekitar telaga ini disediakan jalan setapak bagi Anda yang ingin jalan – jalan di sekitar telaga untuk menikmati pemandangannya.

 

6. Curuk Cipendok

bocahporka.blogspot.co.id

Curuk Cipendok adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang berupa air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian 92 meter dan terletak di lereng Gunung Slamet. Objek wisata ini benar – benar dijaga keasriannya oleh pemerintah. Pengunjung yang membawa kendaraan wajib parkir jauh dari lokasi air terjun dan hanya dapat menikmati pemandangannya setelah berjalan kaki.
Lokasi wisata air terjun ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Posisi air terjun ini juga terletak di bumi perkemahan, jadi jika Anda ingin kemah sebelum mengunjungi Air terjun, hal ini bisa dilakukan.
Banyak fasilitas sudah dibangun di area wisata ini namun pembangunan masih di luar kawasan hutan di mana air terjun ini berada. Fasilitas ini disediakan oleh pemerintah contohnya, taman anak – anak, panggung pentas dan masih banyak lagi. Fasilitas – fasilitas ini ditujukan untuk menambah hiburan di kawasan wisata ini.

 

7. Candi Ngempon

ardiyanta.com

Candi Ngempon merupakan salah satu candi Hindu yang berjarak sekitar dua kilometer dari Pasar Karangjati, Semarang. Lokasi tepatnya ada di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.
Objek wisata Candi Ngempoon ini terdiri dari banyak candi – candi yang relatif kembar namun ada satu yang berukuran besar. Walau memiliki banyak candi, beberapa diantaranya ada yang sudah hancur atau dalam proses rekosntruksi
Di area wisata candi ini Anda dapat mengagumi bangunan megah candi dan juga patung patung di dalam-nya. Di area wisata ini Anda juga dapat menyewa guide untuk menceritakan segi historis dari candi beserta legenda – legenda Hindu tua.

 

8. Hutan Pengaron

jejakpiknik.com

Objek wisata yang satu ini adalah area wisata di Semarang yang berupa hutan belantara. Kondisi hutan ini masih asri dan cocok untuk bergai macam kegiatan outdoor. Lokasi Hutan Penggaron Semarang ini tepatnya terletak di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Semarang. Kalau Anda datang dari arah Ungaran Kota, jarak objek wisata ini kira – kira 2 kilometer dari situ.
Tempat yang asri dan juga luas membuat objek wisata ini populer dikalangan penikmat kegiatan outdoor. Di area ini ada fasilitas trail untuk motorcross dan juga mobil melewati hutan. Ada juga area outbound dan perkemahan.
Hutan Pengaron ini sebetulnya adalah hutan lindung yang difasilitaskan untuk keperluan wisata dan kegiatan outdoor. Jadi walaupun sudah banyak fasilitasnya, bagian hutannya masih tidak tersentuh dan masih asri. Anda tidak jarang akan mendengar suara burung liar dan binatang – binatang lain dari dalam hutan.

 

9. Taman Air Panas Guci

adventureriderscommunity.wordpress.com

 

Taman Air Panas Guci terletak di Desa Guci Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Lokasi objek wisata ini berada di bawah kaki Gunung Slamet area bagian utara. Tempat wisata di Jawa Tengah ini terletak di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dan mencakup area seluas 210 Hektar.
Tempat ini memiliki wisata air yang cukup lengkap, tidak hanya itu, air di sini berasal dari mata air panas. Fasilitas wisata air panas di sini meliputi kolam renang panas dan biasa, kolam berendam serta arus jeram. Selain wisata air, banyak fasilitas lain yang Anda nikmati sekaligus berendam, mulai dari tempat makan yang dilengkapi fasilitas rendam kaki dan juga pasar oleh – oleh disekitar kolam tempat bermain.

 

10. Mata Air Cokro

catatanperjalanan-outdoor.blogspot.co.id

Objek wisata ini terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kota Klaten. Objek wisata mata air ini terkenal karena kebersihan air dan juga kejernihannya. Jika diperhatikan Anda bahkan mampu melihat dasar dari kolam mata air.
Selain pemandangan area mata air, Anda juga dapat menikmati fasilitas waterboom di objek wisata ini. Air yang bening menyebabkan waterboom di sini menggunakan sumber Mata Air Cokro secara langsung tanpa campuran air PAM.

 

11. Brown Canyon

semarangwingkorolls.net

Wisata alam ini sangat berbeda karena mirip dengan wisata canyon di luar negeri. Bentuk fenomena alam canyon memang jarang ditemui di Indonesia apalagi di Pulau Jawa. Tempat wisata di Jawa Tengah ini terletak Di Daerah Semarang.
Pemandangan dari fenomena alam ini banyak dijadikan target oleh para pecinta fotografi. Selain sebagai tempat fotografi unik, bebatuan berwarna orange coklat di sini memberikan sensasi pemandangan yang tidak biasa seperti ada di Grand Canyon yang ada di Amerika.

 

12. Pantai Menganti

jalan-barengdia.blogspot.co.id

Objek wisata pantai yang satu ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jika dilihat dari posisinya, pantai ini masih berdekatan dengan Pantai Pecaron. Sama seperti pantai lain di area Kecamatan Ayah ini, Pantai Menganti cukup sulit untuk diakses. Area berliuk – liuk dan sempit menyebabkan para wisatawan harus memarkir kendaraan jauh – jauh dan berjalan kaki ke area pantai.
Keunikan pantai ini adalah posisinya yang terjepit bukit tinggi dan membentuk pantai laguna. Di pantai selatan ini ombak yang tinggi ditahan oleh bukit yang menjorok ke laut sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak setinggi di pantai selatan yang lain. Pemandangan yang unik dan asri inilah yang meyebabkan pantai ini sangat bagus untuk dikunjungi.

 

13. Air Terjun Kali Pancur

KSMTour.com

Wisata alam air terjun ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Jika Anda datang dari arah kota Salatiga, Anda cukup menempuh perjalanan sekitar 14 kilometer ke arah barat.
Kondisi objek wisata yang masih asri membuat Anda diharuskan memarkirkan kendaraan 3 kilometer dari lokasi air terjun. Walaupun begitu Anda dapat menikmati pemandangan di jalan setapak menuju air terjunnya. Selain menikmati pemandangan hijau yang indah di sekitar Anda, pemandangan sungai dengan batu – batu alam juga dapat dinikmati di sini.

 

14. Ketep Pass

Angkisland.com

Ketep Pass adalah area pariwisata yang berdekatan dengan Gunung Merapi. Selain untuk menikmati pemandangan Merapi dari sisi lain, area wisata di sini juga dilengkapi banyak fasilitas. Daerah wisata ini lebih ditujukan untuk menjadi wisata pengetahuan. Fasilitas seperti museum vulkanis, bioskop mini untuk pengetahuan dan juga tempat dokumentasi Merapi dapat diakses di sini.
Tempat wisata ini terletak di daerah Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Anda dapat mengunjungi area wisata ini setelah mengujungi lembah Merapi.

 

15. Bukit Gombel

budayajawa.id

Bukit Gombel adalah objek wisata yang ditujukan untuk menikmati pemandangan kota Semarang dari tempat tinggi. platform yang ada di Bukit Gombel dapat memperlihatkan keindahan bentangan kota sampai dengan batas pantainya.
Sebagai objek wisata pemandangan, Bukit Gombel sangat populer dikunjungi pada malam hari. Alasannya karena pemandangan lampu – lampu keramaian kota yang menerangi pemandangan malam terlihat indah dilihat dari tempat tinggi.
Walaupun begitu rute jalan yang ditempuh sangat berliku – liku dan cukup berbahaya jika ditempuh pada malam hari. Untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal untuk pemandangan malam, lebih baik Anda datang pada saat sore hari dan menunggu datangnya malam di atas bukit.

 

16. Air Terjun Montel

yasiryafiat.wordpress.com

Wisata alam paling diminati di Kudus ini terdapat di kaki Gunung Muria. Walau populer dikalangan wisatawan Kudus, masih banyak wisatawan Indonesia yang tidak tahu tentang air terjun ini. Air terjun ini terletak di daerah masih asri namun sudah dibangun untuk akses objek wisata.
Ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 50 meter. Debit air yang deras membentuk cekungan kolam yang cukup aman digunakan untuk bermain air. Karena berada di dataran yang cukup tinggi, udara disekitar air terjun sangat sejuk dan bisa dipastikan segar.

 

17. Pantai Pasir Kencana

KSMTour.com

Pantai yang satu ini merupakan tempat wisata unik. Selain objek wisata pantai, daerah ini juga memiliki objek wisata mistis yaitu jembatan cinta. Walau dibilang mistis karena rumornya memiliki kemampuan menyatukan hati pasangan, sebetulnya objek wisata ini hanya memiliki kemampuan atmosfir indah yang cukup romantis.
Pantai ini terletak di daerah Pekalongan, sekitar 4,5 kilometer dari pusat kota. Keindahan pantai ini memang cocok untuk dikunjungi dengan pasangan. Hal yang paling menarik di pantai ini adalah pemandangan sunset yang indah dan dijamin dapat menimbulkan atmosfir romantis.

 

18. Bukit Pangonan

reginamanjali.com

Bukit Pangonan ini terletak di area pariwisata dataran tinggi Dieng. Hal yang menarik dari bukit ini adalah pemandangan yang masih asri dan juga padang savanannya. Padang savana ini unik karena tidak terdapat di tempat wisata di Jawa Tengah lain. Fenomena padang savana ini lebih banyak di area nusa tenggara dan Indonesia Tengah.
Padang savana ini berganti penampilan tergantung dari kondisi musim. Saat kemarau, padang savana ini akan ditumbuhi rumput – rumput kuning kering yang menghampar sepanjang bukit. Saat terkena cahaya matahari pagi, rumput yang menguning ini mencerminkan ladang coklat keemasan yang sangat indah. Saat musim hujan, padang savana akan menjadi padang rumput hijau yang sangat asri dan sejuk di mata.

 

19. Tlogo Muncar

reginamanjali.com

Tlogo muncar adalah wisata air terjun yang terletak diperbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang, tepatnya di daerah Kaliurang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Pemandangan hijau pepohonan sekitar ditambah dengan pemandangan bebatuan kali yang menyusun disekitar air terjun membuat pemandangan Tlogo Muncar tergolong sangat sejuk.
Karena posisinya di daerah Kaliurang, suhu di tempat wisata ini tergolong dingin. Jika pada pagi hari, suhu sekitar air terjun bisa turun sampai 20 derajat celsius. Anda dapat berkunjung ke sini jika Anda turun dari daerah wisata Lembah Merapi ke daerah Kaliurang.

 

20. Benteng Vander Wijck

KSMTour.com

Objek wisata bersejarah ini merupakan bangunan peninggalan Belanda pada abad ke 18. Daerah wisata ini terletak di Kota Gombong. Anda bisa menikmati berbagai peninggalan bersejarah yang ada di dalam bangunan benteng besar ini.
Selain belajar sejarah dan peninggalan Belanda, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur tempo dulu yang masih utuh ini. Benteng ini memiliki luas sampai 3,6 kilometer dan di dalamnya masih terdapat bangunan – bangunan barak kuno tempat pasukan VOC bergukas di waktu dulu.

2 Comments

  1. Dwi Widi Astutik May 9, 2018
    • Basir May 9, 2018

Join The Discussion