Berfoto di Spot-spot Instagramable, yang ada di Candi Cetho

candi cetho

CiciliaTan | Tourist
Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia | Historical Places
16 Mar 2020


Berfoto di Spot-spot Instagramable, yang ada di Candi Cetho
Gak perlu jauh-jauh ke Bali cukup ke Candi Cetho, Kalian isa menikmati nuansa seperti berada di Candi-candi yang ada di Bali. Inilah keseruan kami di Candi Cetho yang indah!

How to Get There

Seteleh jalan-jalan ke Perkebunan Teh Jamus, kita pergi ke perjalanan selanjutnya ke Candi Cetho. Untuk kamu yang belum tau dimana sih Candi Cetho? Nah lokasi candi ini berada di kaki Gunung Lawu, Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Memang jalan untuk menuju Candi Cetho ini susah untuk dilalui, karena rutenya curam dan sulit untuk dilewati mobil, saat itu juga google maps kami tidak bisa digunakan, karena saat itu hujan deras dan jaringannya jelek banget guys. jadi kita sempet tersesat saat menuju lokasi Candi Cetho. Penuh perjuangan banget guys untuk sampai ke candi ini kita hujan-hujan tanya sama orang gitu. Tapi hal ini menjadi tantangan tersendiri sih. 

candi cetho

Ohya untuk kalian yang ingin kesini pastiin kondisi mobil atau motor kamu dalam konsisi prima. Karena jalan menuju candi ini sangat curam, berliku-liku, dan harus memiliki keterampilan mengemudi yang jago! kalo gak bisa mundur...saat melalui jalanan tanjakan. 

Perjalanan dari Pekebunan Teh Jamus menuju Candi Cetho ini menghabiskan waktu sekitar 1 jam, dengan jarak sekitar 18 km. Memang perjalanan menuju Candi Cetho ini cukup menegangkan, namun sesekali kami dimanjakan dengan pemandangan Perkebunan Teh Kemuning Ngarosoyoso yang luas dan hijau. membuat siapa saja takjub dengan pemandangannya!

 

What to Do

Akhirnya setelah perjalanan 1 jam dengn medan yang extrime, kami sampai juga di Candi Cetho , sesampai kami disana masih hujan guys, jadi saat itu kami memilih untuk ngeteh di warung yang ada diparkiran. saat kami duduk disana ternyata banyak sekali pendaki yang duduk disana. jadi kami sempat ngobrol, katanya di Candi Cetho ini menjadi pos pertama untuk mendakji Gunung Lawu.  Menikmati teh saat hujan memang sangat enak. Setelah teduh akhirnya kami naik ke Candi Cetho.

candi cethocandi cetho

Disini terdapat loket tiket Candi Cetho saat itu saya bertanya berapa tiketnya masuk nya 'tujuh ribu, nanti ambil kainnya disebelah' nah saya kan heran kain apa... ternyata setiap datang ke Candi Cetho ini wisatawan akan dipasangkan Kain Poleng dipinggang, oleh penjaga. Ohya sebelum dipasangi Kain Poleng, kami mengisi daftar tamu. Setelah mengisi daftar tamu, kita bisa menyumbang seiklasnya, untuk dana pencucian Kain Poleng. 

candi cetho

candi cetho

Setelah kain terpasang kami naik deh guys...nah kali ini aku bakal ceritain gimana sih sejarah Candi Cetho ini dibangun Pemerintah Majapahit sejak tahun 1373, lebih tepatnya bangunan ini dibangun pada masa Raja Brawijaya V, Kompleks bangunan ini tediri atas 13 teras dan yang dipugar baru 9 teras. Pemugaran pertama kali dilakukan pada tahun 1970 oleh asisten pribadi Presiden Sueharti yaitu Sudjono Humardani. karena pemugaran ini banyak sekali kritikan dan maka dari itu study mendalam tidak dapat diketahui. candi ini memiliki dua perpaduan yaitu Kultur asli Nusantara dan Hinduisme. 

candi cethocandi cetho

Candi ini berada di ketinggian 1496 mdpl, dan nama Candi Cetho ini diambil dari desa yang ada didaerah ini yaitu 'Cetho' yang memiliki arti 'terlihat jelas'. diberi nama Cetho sendiri memiliki makna yaitu' kalian bisa melihat pemandangan yang indah dari atas dengan beberapa pemandangan yaitu pedesaan, perkeunan teh, persawahan, dan pegunungan yang bisa dilihat dari Candi Cetho.  

candi cetho


Di belakang candi ini terdapat Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Merbau, Gunung Lawu, dan beberapa gunung yang kecil, membuat pemandangan disini terlihat indah. itulah sejarah dan makna dari nama Candi Cetho. 

candi cetho
candi cetho

Saat itu kami menaiki anak tangga yang lumayan tinggi, namun tidak terlalu lelah kok guys karena kami disuguhkan Bangunan Candi Cetho yang cantik, makanya tak salah tempat ini dijadikan spot berfoto yang Instagramable banget.  jadi untuk berfoto dispot ini kita harus gantian ya guys sama pengunjung lainnya. teras yang ada dicandi ini juga memiliki tumbuhan yang hijau dan membuat candi ini terlihat cantik.

candi cetho

Ohya jangan lupa berfoto dengan Leak, kalian bisa berfoto dengan menyumbang seikhlasnya. Itulah keseruan kita di Candi Cetho, Yuk tunggu apalagi buruan jelajahi indahnya Candi Cetho. 

candi cetho


Tips and Trick

1. Gunakan baju yang sopan

2. bawa kamera

3. sendal yang nyaman

4. jangan berkata kasar

5. jangan melakukan hal-hal yang tidak sopan. 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY