10 Makanan Khas Brebes Dengen Cita Rasa Sangat Unik


prita  October 19, 2021  0 Comment

Brebes merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan sangat terkenal dengan ragam kulinernya. Kuliner khas Brebes memang dikenal cukup beragam dan sangat unik pasalnya kuliner khas kota ini jarang sekali bisa ditemukan di kota-kota lain. Salah satu kuliner khas Brebes yang paling populer adalah Soto Brebes. Tak hanya Soto Brebes, masih banyak sajian lain yang tak kalah nikmat. Seperti Makanan khas Brebes

1. Sate Blengong

Sate Blengong
ksmtour.com

Makanan khas Brebes yang pertama ini juga menjadi kuliner andalan Brebes karena cukup populer, yaitu Sate Blengong. Sate Blengong ini memang tak hanya menjadi favorit masyarakat setempat tapi juga menjadi favorit wisatawan yang datang ke Brebes.

Jika diperhatikan sekilas, Sate Blengong ini sama seperti sate pada umumnya, namun ukuran dari Sate Blengong ini lebih panjang dari sate pada umumnya. Daging yang digunakan merupakan perpaduan dari daging bebek dan mentok. Cita rasa dari sate ini sangat unik dan khas karena perpaduan dari kedua daging yang digunakan terasa sangat lembut.

Gotravelly

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

Warung Makan Pi’an, Tempat Makan Legendaris Wajib Coba Di Tegal!

2. Kupat Glabed

Kupat Glabed
goodnewsfromindonesia.id

Kupat Glabed juga masuk dalam daftar makanan khas Brebes yang wajib untuk dicoba. Sajian yang satu ini berasal dari daun papaya muda dan santan kuning. Santan kuning ini berasal dari santan kelapa biasa yang kemudian diolah dengan kunyit sehingga menghasilkan warna kuning yang mirip dengan kuah opor.

Baca juga :  Terbaik! Inilah Deretan Cafe di Brebes yang Cocok Untuk Bersantai

Kupat Glabed ini memiliki ciri khas berupa potongan daging sapi yang berbentuk seperti dadu. Kuliner ini memiliki cita rasa yang merupakan perpaduan dari manis dan gurih, apalagi dengan adanya taburan bawang goreng diatasnya sehingga membuat rasanya semakin gurih dan sedap.

3. Nasi Lengko

Nasi Lengko
hipwee.com

Makanan khas Brebes yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Nasi Lengko. Nasi Lengko merupakan sajian berupa nasi hangat dengan aneka lauk yang diatasnya yang menggugah selera.

Nasi Lengko biasanya diberi tambahan beberapa lauk seperti tempe goreng tauge, tahu goreng dan mentimun sebagai lalapannya. Kemudian nasi ini diberi guyuran sambal kacang yang nikmat sehingga menghadirkan rasa gurih, manis dan asin yang sangat nikmat saat dimakan. Agar terasa lebih nikmat, kuliner ini biasanya dinikmati dengan kerupuk dan bawang goreng. Nasi Lengko ini biasanya menjadi menu sarapan agar terasa semakin semangat untuk memulai hari.

4. Kepiting Soka

Kepiting Soka
mommyasia.id

Jika kamu suka dengan olahan seafood, maka makanan khas Brebes yang satu ini wajib untuk kamu coba, yaitu Kepiting Soka. Kepiting Soka ini menjadi salah satu kuliner yang tak hanya menjadi favorit masyarakat Brebes saja, tapi juga wisatawan.

Kepiting Soka diolah dengan cara dimasak sampai cangkangnya menjadi lunak. Setelah itu, kepiting ini dipadukan dengan saus pedas dan rempah khas yang membuat olahan ini menjadi terasa sangat nikmat dan bisa membuat siapapun ketagihan. Cangkang kepiting ini terasa lunak sehingga sangat mudah untuk dimakan, apalagi dagingnya yang terasa sangat empuk dan bumbunya yang terasa meresap. Kepiting Soka ini bisa kamu temukan dalam berbagai pilihan rasa, mulai dari bumbu rendang, asam manis, rica rica dan masih banyak lagi lainnya. Selain rasanya yang lezat, Kepiting Soka ini sangat kaya akan gizi, protein, omega 3 dan lemak jenuh sehingga sangat baik bagi tubuh.

Baca juga :  Rasakan Tamparan Kesegaran 10 Manisan Buah Khas Indonesia

5. Soto Batok Brebes

Soto Batok Brebes
myeatandtravelstory.wordpress.com

Kalau suka dengan sajian berkuah, makanan khas Brebes yang satu ini tentu tak boleh untuk dilewatkan. Soto Batok khas Brebes ini memang menjadi salah satu sajian khas yang populer dan banyak diburu wisatawan.

Jika biasanya soto disajikan dengan menggunakan piring atau mangkok, lain halnya dengan soto khas Brebes ini yang disajikan dengan menggunakan batok kelapa sebagai wadah penyajiannya. Bahan yang digunakan untuk membuat soto ini hampir mirip dengan kuliner soto pada umumnya, bedanya Soto Batok ini memiliki kuah bening yang dilengkapi dengan isian berupa kentang, telur rebus, ayam suwir dan irisan jerohan ayam. Tak lupa, soto ini juga diberi beberapa bahan seperti daging sapi, soun dan tauge sebagai pelengkapnya.

6. Rujak Belut

Rujak Belut
jateng.inews.id

Makanan khas Brebes yang satu ini juga terbilang cukup unik, yaitu Rujak Belut. Jika biasanya kamu menemukan rujak dengan potongan buah atau dengan cingur, maka rujak yang satu ini menggunakan belut.

Daging belut yang gurih dan dipadukan dengan bumbu rujak tentu membuat sajian ini semakin istimewa. Konon, sajian khas ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan resepnya kemudian turun menurun sehingga cita rasanya sangat khas dan unik. Di Brebes sendiri kamu bisa menemukan banyak penjual rujak belut ini dan pastinya kamu akan ketagihan saat pertama kali mencobanya.

7. Kerupuk Tulang Bandeng

Kerupuk Tulang Bandeng
kompasiana.com

Kerupuk Tulang Bandeng juga menjadi salah satu makanan khas Brebes yang wajib untuk kamu coba. Tak hanya itu, kerupuk ini juga sangat cocok jika dijadikan untuk oleh oleh.

Sesuai dengan namanya, kerupuk ini dibuat dengan bahan dasar tulang ikan bandeng yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sajian yang enak dan gurih. Kerupuk ini bisa jadi camilan atau lauk untuk makan. Tak hanya rasanya yang gurih, tulang ikan Bandeng dikenal memiliki kalsium yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga :  8 Nasi Liwet Paling Enak di Jawa Tengah Rasanya Menggugah Selera

8. Blengong Bakar & Goreng

Blengong Bakar & Goreng
facebook.com

Blengong Bakar & Goreng menjadi salah satu makanan khas Brebes yang wajib untuk dicicipi. Cita rasa blengong ini memang mirip dengan bebek namun dagingnya lebih empuk dan lemaknya lebih banyak.

Blengong tak hanya bisa diolah menjadi sate namun juga bisa dibakar ataupun digoreng. Keduanya pun terkenal sama-sama enak, namun yang paling populer adalah blengong bakar karena dagingnya terasa lebih sedap. Blengong bakar dan blengong goreng ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang disiram diatas nasi.

9. Ayam Kampung Goreng & Tahu Aci

Rekomndasi Makanan Khas Brebes
reservasiku.com

Mungkin Ayam kampung goreng dan tahu aci ini menjadi salah satu sajian yang cukup sering ditemui, namun ternyata sajian ini ternyata dipercaya sebagai salah satu makanan khas Brebes yang cukup populer.

Ayam hampung goreng disini memang terkenal memiliki punya cita rasa khas yang sangat nikmat dan bisa membuatmu ketagihan. Apalagi jika kamu menambahkannya dengan tahu aci yang memiliki rasa yang unik. Kedua lauk ini biasanya dinikmati dengan sepiring nasi dan sayuran yang segar.

10. Adep-adep Brebes

Makanan Khas Brebes
ngadem.com

Makanan khas Brebes yang terakhir adalah Adep-adep Brebes. Sajian yang satu ini mungkin terdengar agak asing dan unik, namun justru itulah yang membuat sajian ini menjadi populer di kalangan wisatawan.

Adep-adep adalah makanan yang terdiri dari nasi, ayam bacem, tempe goreng, tahu goreng, jengkol, ikan asin, sayuran dan sambal. Sayuran yang digunakan dalam sajian ini pun cukup sederhana, seperti kacang panjang, mentimun dan daun singkong. Meskipun terbilang sederhana, namun sajian ini banyak digemari karena rasanya yang nikmat.



Leave a Reply