10 Rekomendasi Kuliner di Batang Bikin Perut Bergoyang


prita  December 18, 2021  0 Comment

Batang adalah sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang dikenal memiliki banyak wisata pantai cantik. Tak hanya bisa berkunjung ke pantai, disini kamu juga bisa mencicipi ragam sajian khasnya yang terkenal unik dan lezat. Nah, jika kamu berencana untuk berkunjung ke Batang, jangan lupakan untuk mencicipi kuliner Batang yang wajib kamu coba

1. Soto Kebo

Soto Kebo
sumber.com

Soto Kebo menjadi kuliner Batang pertama yang wajib untuk kamu coba. Soto Kebo ini memang terbilang unik dan khas karena menggunakan daging kebo atau Kerbau sebagai bahan utamanya.

Daging Kerbau dikenal lebih rendah kolesterol dan memiliki cita rasa khas. Tak heran jika soto kebo ini banyak digemari tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga wisatawan yang datang ke Batang. Selain daging Kerbau, isian soto ini juga tak jauh berbeda dengan soto pada umumnya yang memiliki kuah berwarna kuning.

gotravelly

Mantapnya Rasa Batagor Priyangan Keputih

Kober Mie Setan Sukolegok, Tempat Makan Mie Sambil Menikmati Senja

2. Soto Tauto

Soto Tauto
id.tastemade.com

Kuliner Batang yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Soto Tauto. Selain Soto Kebo, Soto Tauto juga menjadi salah satu sajian khas Batang yang banyak diburu.

Soto Tauto atau Soto Tauco ini memiliki ciri khas kuah yang kental dengan ragam isian. Mulai dari soun, daun bawang dan potongan kol yang kemudian disiram dengan kuah tauco yang masih hangat. Kuah kental inilah yang menjadikan sajian ini terasa lezat dan gurih yang berbeda dengan soto pada umumnya. Agar terasa lebih nikmat, biasanya soto ini dipadukan dengan perasan air jeruk nipis dan dinikmati bersama usus kering yang kriuk.

Baca juga :  10 Makanan dan Minuman Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

3. Serabi Kali Beluk

Serabi Kali Beluk
discoverpekalongan.com

Serabi Kali Beluk juga menjadi salah satu kuliner Batang yang sayang sekali untuk dilewatkan. Serabi Kali Beluk ini menjadi sajian yang cukup khas dan unik untuk kamu coba.

Disebut dengan nama Serabi Kali Beluk karena sajian ini berasal dari Desa Kali Beluk yang ada di Kabupaten Batang. Menariknya, ukuran dari serabi ini berbeda dengan serabi pada umumnya karena lebih besar. Bahkan ukurannya bisa mencapai 30 centimeter, lho. Ada dua pilihan rasa serabi ini, yaitu kelapa dan gula merah. Serabi ini dibuat dari kelapa dan gula merah yang dimasak diatas arang sehingga menghasilkan aroma khas dan harum. Serabi ini memiliki tekstur yang sangat menggoda sehingga membuat siapapun yang mencobanya merasa ketagihan.

4. Lontong Lemprak

Lontong Lemprak
wonderfulldh.blogspot.com

Kuliner Batang berikutnya berupa lontong. Seperti yang kita ketahui jika lontong merupakan salah satu makanan tradisional yang masih dilestarikan sampai saat ini. Salah satu olahan lontong khas Batang yang wajib kamu coba adalah Lontong Lamprak.

Lontong Lemprak merupakan makanan khas Batang yang terdiri dari potongan lontong yang disajikan dengan kuah berwarna kuning atau kuah opor. Warna kuning pada kuah tersebut berasal dari perpaduan santan dengan ragam bumbu rempah yang telah dihaluskan. Sebenarnya kuah ini sama dengan kuah opor pada umumnya, yang membedakan hanya isi yang digunakan dalam kuah lontong lemprak adalah tahu rebus. Disebut dengan nama lontong lemprak karena diambil dari kata nglemprak di Bahasa Jawa yang memiliki arti duduk di bawah atau lesehan. Untuk itu sajian ini dinamakan lemprak karena dinikmati sambil duduk lesehan.

5. Corobikang

Corobikang
inews.id

Kalau kamu ingin mencicipi kuliner Batang yang berupa jajanan, kamu wajib untuk mencicipi Corobikang ini. Kue Corobikang ini memang sekilas mirip dengan serabi namun memiliki warna warni yang membuatnya semakin cantik.

Baca juga :  7 Rekomendasi Bakmi Jawa Enak di Jogja

Corobikang merupakan jajanan khas Batang yang dibuat dari tepung beras kemudian diolah dalam cetakan khusus berbentuk bundar seperti cetakan kue apem. Pada Bagian atas kue corobikang ini berbentuk mekar seperti bunga yang kemudian diberi warna, sementara pada bagian bawahnya berwarna kehitaman dan gosong. Berbeda dengan serabi yang disajikan dengan menggunakan santan, maka corobikang ini langsung dimakan tanpa santan. Cita rasa dari corobikang ini gurih dengan sedikit rasa manis dan pastinya aromanya wangi.

6. Gethuk Iris

Gethuk Iris
wiratech.co.id

Kuliber Batang yang berikutnya juga berupa jajanan tradisional yang sampai saat ini masih menjadi buruan, yaitu Gethuk Iris. Gethuk merupakan sajian tradisional yang terbuat dari singkong dan terkenal memiliki rasa yang enak dan nikmat.

Singkong ini ditumbuk sampai halus dan kenyal. Biasanya penjual gethuk ini akan mengiris gethuk yang akan disajikan. Istimewanya, gethuk iris ini disajikan diatas daun pisang sehingga kamu bisa mencium aroma yang khas pada sajian yang satu ini. Tak lupa, gethuk iris ini juga diberi topping berupa parutan kelapa yang sudah dibakar sehingga memberikan rasa gurih yang bisa membuatmu ketagihan.

7. Gethuk Mawur

Kuliner Batang
hanatfutuh.com

Selain ada gethuk iris, kuliner Batang lainnya yang berbahan dasar singkong adalah Gethuk Mawur. Gethuk Mawur juga menggunakan singkong yang ditumbuk sampai berbentuk butiran kecil-kecil kemudian diurap dengan kelapa parut biasa dan kelapa parut yang telah di bakar.

Gathuk Mawur ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di Batang dengan harga yang cukup terjangkau, berkisar Rp 3.000 sampai Rp 5.000 per porsinya.

8. Sotong Ireng

makanan khas batang
cookpad.com

Kuliner Batang yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan masyarakat Batang dan juga wisatawan yang berlibur ke Batang. Sotong Ireng merupakan olahan laut yang unik dan terbuat dari cumi-cumi.

Baca juga :  7 Rekomendasi Mie kocok Enak di Bandung

Sotong Ireng ini merupakan masakan dari cumi-cumi yang proses pengolahannya ditambahkan dengan tintanya sehingga menghasilkan warna hitam atau ireng dalam Bahasa Jawa. Cumi yang diolah bersamaan dengan tintanya kemudian digoreng dan ditumis dengan bumbu tertentu, kemudian diberi santan. Sotong Ireng ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat.

9. Lodeh Cecek

lodek kecek
cookpad.com

Lodeh Cecek juga masuk dalam daftar kuliner Batang yang cukup populer dan wajib untuk dicoba. Lodeh merupakan jenis sayur yang banyak di temui di banyak daerah di Pulau Jawa. Biasanya sayur lodeh ini dibuat dengan menggunakan sayuran, yaitu labu siam namun lodeh cecek ini berbeda.

Lodeh cecek terbuat dari nangka muda sebagai bahan utamanya. Mirip dengan Gudeg Jogja yang menggunakan nangka muda sebagai bahan utamanya. Bisanya Lodek cecek ini disajikan dengan nasi megono yang berfungsi sebagai pelengkap dari nasi megono. Meskipun terlihat sederhana, namun sajian yang satu ini memiliki rasa yang bisa membuat ketagihan.

10. Nasi Megono

Kuliner Batang
resepkoki.id

Nasi Megono menjadi kuliner Batang terakhir yang wajib untuk kamu coba. Memang banyak yang menyebutkan jika Nasi Megono ini merupakan makanan khas Pekalongan, namun di Kabupaten Batang kamu juga bisa menemukan sajian tradisional yang satu ini.

Nasi Megono adalah kuliner yang terdiri dari nasi dengan cacahan nangka muda yang kemudian ditambahkan dengan partan kelapa dan ragam bumbu lainnya. Nasi megono biasa dinikmati dengan ragam pilihan lauk, paling favorit adalah dengan menggunakan tempe mendoan yang terkenal gurih dan lezat.



Leave a Reply