6 Tempat Camping di Jawa Tengah Cocok Buat Healing


Fida  March 3, 2023  0 Comment

Camping atau bermalam dengan mendiriakn tenda di alam terbuka menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa kamu coba saat hari libur tiba. Saat berada di Jawa Tengah, kamu tidak perlu khawatir karena ada cukup banyak pilihan tempat camping yang bisa kamu datangi. Pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk dan segar menjadi daya tarik tersendiri. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 6 tempat camping di Jawa Tengah yang tidak boleh kamu lewatkan.

Tempat Camping di Jawa Tengah : 

1. Camping Ground Pinus Cunthel

camping ground pinus cunthel
idntimes.com

Jika ingin mengunjungi salah satu tempat camping di Jawa Tengah, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Camping Ground Pinus Cunthel. Bumi Perkemahan yang satu ini terletak di kawasan Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang. Lokasinya yang berada di area kaki gunung menjadikan camping ground yang satu ini menawarkan suasana yang sejuk dan asri. Kamu juga dapat datang ke Camping Ground Pinus Cunthel yang memiliki lokasi tidak jauh dari Merbabu Park.

Kamu tidak perlu khawatir karena kawasan yang satu ini menyediakan area camping yang luas, bahkan dapat dibangun hingga ratusan tenda di atasnya. Area camping yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti adanya warung makan, toilet, gazebo sebagai tempat beristirahat, hingga mushola. Jika memutuskan untuk camping di area ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang memanjakan mata.

Baca juga :  20 Kebun Binatang Terbaik di Amerika Asyik untuk Liburan Keluarga

Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan camping dari rumah jika ingin berkemah di Camping Ground Pinus Cunthel area area yang satu ini juga sangat cocok dipilih bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri.

2. Bumi Perkemahan Sekipan

bukit sekipan
sukuh.com

Bumi Perkemahan Sekipan juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Bumi Perkemahan yang satu ini terletak di kawasan Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tempat yang sudah ada sejak zaman Belanda ini kini menjadi destinasi menarik yang populer di kalangan wisatawan.

Bumi Perkemahan Sekipan juga memiliki lokasi yang berdekatan dengan Tawangmangu Wonderpark. Akses jalan yang mudah dilalui juga menjadikan bumi perkemahan yang satu ini sayang untuk tidak kamu datangi.

Selain mendirikan tenda, juga dapat mencoba beberapa permainan menantang seperti trampolin, flying fox, hingga jembatan goyang. Tempat camping di Jawa Tengah yang satu ini tentu menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. Berapa spot menarik dan instagramable juga akan membuatmu betah dan enggan pulang. 

3. Camp Ground Sikunir

camp ground sikunir
momtraveler.com

berikutnya dapat kamu kunjungi di kawasan Kejajar, Wonosobo. Tempat camping yang satu ini populer dengan sebutannya yakni Camp Ground Sikunir. Sesuai dengan namanya, tempat ini menjadi satu lokasi dengan bukit yang dikenal menyuguhkan indahnya pemandangan golden sunrise. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri sehingga tidak heran jika kawasan ini kerap dipilih sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika ingin berlama-lama menikmati keindahan Bukit Sikunir, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berkemah dan membangun tenda. Jangan lupa persiapkan berbagai peralatan berkemah sebelum mengunjungi tempat yang satu ini. Bagi kamu yang tidak ingin membawa peralatan camping dari rumah, Camp Ground Sikunir juga menyediakan peralatan lengkap yang dapat disewa.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Serawak, Taman Nasional Hingga wisata Sejarah

Camping ground yang satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan pengunjung seperti adanya mushola, gazebo, hingga toilet. Bagaimana, tertarik untuk menghabiskan waktu di tempat camping yang satu ini?

4. Wana Wisata Hutan Pinus Nglimut

wana wisata hutan pinus nglimut
jadwaltravel.com

Sesuai dengan sebutannya, tempat camping yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Nglimut, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pengunjung yang datang akan disambut dengan sejuknya suasana serta deretan pohon pinus yang memanjakan mata.

Tempat camping yang satu ini juga memiliki lokasi yang strategis dan berdekatan dengan wisata lainnya seperti Air Terjun dan Pemandian Air Panas Gonoharjo, Kebun Teh Medini, serta Kampung Jawa Sekatul. Oleh karena itu, maka tidak heran jika tempat ini selalu ramai wisatawa, terlebih saat hari libur. Di Wana Wisata Hutan Pinus Nglimut, kamu dapat bersantai sekaligus menghirup udara segar. Menghabiskan waktu dengan berlibur ke salah satu tempat camping di Jawa Tengah ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin melepas penat. 

5. Camp Mawar Gunung Ungaran

mawar camp gunung ungaran
pinhone.id

Berencana mengunjungi tempat camping di Jawa Tengah? Camp Mawar Gunung Ungaran menjadi salah satu tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Tempat camping yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dengan suasana yang sangat sejuk dan segar. Bagaimana tidak, lokasi camp yang berada di kawasan Gunung Ungaran tentu menjadi daya tarik tersendiri. 

Jika ingin mencoba sensasi berkemah, kamu dapat memutuskan untuk membawa peralatan camping dari rumah maupun menyewa di lokasi. Camp Mawar Gunung Ungaran menyediakan berbagai keperluan camping yang dapat disewa seperti tenda, sleeping bag, dan masih banyak lagi. Kamu juga tidak perlu khawatir karena area camp ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet dan mushola.

Baca juga :  10 Makanan Khas Blora Bikin Lidah Bergoyang Bahagia

Sembari berkemah, kamu juga dapat melihat langsung indahnya pemandangan Gunung Merbabu, Telomoyo, hingga cantiknya Rawa Pening. Lengkap sekali bukan? Area camp yang satu ini ddapat kamu datangi di kawasan Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

6. Area Camp Telaga Dringo

telaga dringo
wisato.id

Telaga Dringo atau yang kerap dikenal dengan Tlogo Dringo merupakan wisata indah yang banyak dikatakan mirip dengan Ranu Kumbolo. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan indahnya pemandangan danau yang luas dan menakjubkan.

Kamu dapat memutuskan untuk berkemah dan berlama lama menikmati indahnya pemandangan telaga. Selain itu, kamu juga dapat melihat langsung masyarakat setempat yang melakukan aktivitas seperti memancing dan bercocok tanam. Destinasi wisata yang satu ini menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. 

Untuk mengunjungi Area Camp Telaga Dringo, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Sidomulyo, Batur, Banjarnegara. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala peralatan camping dari rumah bagi kamu yang ingin bermalam di kawasan telaga ini. 

Di atas merupakan daftar 6 tempat camping di Jawa Tengah yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan. Dari daftar rekomendasi di atas, tempat camping manakah yang paling ingin kamu datangi sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur? 



Leave a Reply