25 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Rekomended untuk Traveler


sisil angelin  August 6, 2018  0 Comment

Kota Balikpapan sangat terkenal sekali di Indonesia, bahkan sampai tempat wisata di Balikpapan juga terkenal dikalangan para wisatawan. Keindahan alam dari kota Balikpapan memang tidak diragukan lagi. Hal tersebut mendukung tempat wisata di Balikpapan semakin berkembang. Memanfaatkan keindahan alam yang dikembangkan sebagai tempat wisata di Balikpapan membuat kota ini makin ramai pengunjungnya.

Tahukah Kamu bahwa kota Balikpapan merupakan kota yang memiliki biaya hidup paling mahal di Indonesia. Mengapa demikian? Karena disana terkenal dengan penambangan minyaknya yang besar. Banyak penduduk yang bekerja sebagai pegawai minyak. Tentu saja Kamu mengetahui bahwa gaji seorang pegawai minyak sangatlah besar. Dari situlah mengapa biaya hidup di kota Balikpapan sangat mahal.

Meski mahal namun hal tersebut tidak akan mematahkan semangat untuk melakukan liburan ke Balikpapan. Tenang saja semua biaya untuk memasuki wisata disana sangat terjangkau. Kamu bisa langsung mengetahui harga setiap tiket masuk tempat wisata di Balikpapan bila liburan kesana secara langsung.

Eksplore tempat wisata di Balikpapan sepuasnya jangan sampai melewatkan tempat yang seru. Sebelum melakukan liburan pastikan bahwa Kamu sudah mencari tempat wisata yang dikunjungi. Semua daftar tempat wisata sebaiknya dicatat supaya tidak lupa, jadi setelah sampai di kota Balikpapan Kamu bisa langsung menuju ke tempat wisata.
Apakah Kamu ingin mengetahui tempat wisata paling seru di Balikpapan? Berikut ini tempat wisata di Balikpapan 

1. Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark

caribbeanislandwaterpark.com

Caribbean Island Waterpark atau biasa disingkat dengan CIW merupakan tempat wisata paling seru. Disini menawarkan fasilitas kolam renang dengan berbagai wahana air yang menyenangkan. Seperti perosotan air yang sangat tinggi, flying fox, kolam arus, dan masih banyak lagi. Tempat wisata di Balikpapan ini juga memiliki tempat santai yang berada di pinggir kolam renang, semua pengunjung dapat memakai tempat tersebut untuk bersantai.

review wisata

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Tropikal Coffee Cafe Kekinian Dan Instagrammable Di Surabaya

2. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo

Kompasiana.com

Pergi ke tempat wisata hutan bakau Margomulyo sungguh menyenangkan. Kamu bisa melihat pemandangan hutan yang sangat hijau dan bagus. Disana Kamu bisa menyaksikan burung, ikan, hewan bekantan dan masih banyak lagi lainnya. Suasana di tempat wisata tersebut sangat tenang, bila sedang stress kebanyakan pikiran maka langsung saja refreshing ke hutan bakau Margomulyo.

3. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

travel.kompas.id

Keseruan liburan bisa Kamu dapatkan ketika ke pantai Manggar Segarasari. Disana bisa berenang dengan puas di pinggir pantai karena ombaknya tidak terlalu besar. Banyak pepohonan yang berada di pinggir pantai sehingga bisa dimanfaatkan wisatawan untuk santai dan berteduh sambil menikmati kesejukan angin pantai.
Pantai terletak di Ds Manggar dan kawasan Teritip. Fasilitas pantai tergolong cukup lengkap sehingga Kamu bisa menikmati liburan disana dengan nyaman.

4. Penangkaran buaya jenis teritip

Penangkaran buaya jenis teritip

virustraveling.com

Tempat wisata  yang menguji adrenalin sudah siap menyambut Kamu. Salah satunya yaitu tempat penangkaran buaya teritip. Sebanyak 1.450 biaya yang ada di tempat tersebut. Ada juga buaya jenis lainnya yaitu buaya supit dan buaya air tawar. Mengapa harus mengunjungi tempat wisata ini? Karena bila berkunjung kesana Kamu pasti bisa mengetahui buaya langkah tersebut.
Disisi lain Kamu bisa melakukan kuliner di sekitar penangkaran yaitu mencoba makanan sate buaya. Memang anti mainstream sekali memakan sate buaya namun cobalah rasanya pasti lezat. Selesai kuliner Kamu bisa berbelanja aneka kerajinan seperti tas, tali jam, ikat pinggang, dompet dan lainnya. Semua kerajinan tersebut diolah dari kulit buaya.

5. Gunung Bangkirai

Gunung Bangkirai

Pesonaindo.com

Letak tempat wisata ini yaitu di kecamatan Samboja, kabupaten Kutai. Disana merupakan tempat wisata hutan hujan tropis yang kealamiannya masih terjaga. Fasilitas yang ditawarkan oleh tempat wisata sangat lengkap ada penginapan, restaurant, kolam renang dan lainnya. Keindahan alam disekitar gunung juga sangat bagus, liburan ke tempat wisata di Balikpapan sangat direkomendasikan untuk Kamu.

6. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Kompasiana.com

Wisata pantai memang tidak ada habisnya di kota Balikpapan. Salah satu pantai yang juga favorite wisatawan yaitu pantai Lamaru. Letaknya di Ds Barnacles, sangat dekat dengan pusat kota Balikpapan. Disana Kamu bisa bermain pasir, berenang, bermain flying fox, naik banana boat dan keliling pantai dengan menunggang kuda. Kegiatan di pantai Lamaru sangat menyenangkan.

7. Pantai Melawai

Pantai Melawai

KSMTour.com

Pantai yang satu ini memiliki suasana berbeda dalam segi kulinernya. Banyak makanan ala Eropa yang disediakan dipinggir pantai. Meski makanannya khas Eropa namun, harganya sangat terjangkau. Tidak hanya masakan ala Eropa saja yang disediakan disana tetapi, masakan Indonesia juga ada. Selesai bermain dari pantai pasti Kamu sangat lapar maka, langsung pilih makanan yang disukai dan makan sepuasnya.

8. Monpera

Monpera

portalbalikpapan.com

Monpera merupakan tempat wisata sejarah berupa patung. Wisata ini menyimpan cerita sejarah yang cukup dalam yaitu perjuangan rakyat kota Balikpapan dalam mengusir penjajah. Tempat wisata ini di Jl Jenderal Sudirman, bila Kamu tidak tahu maka cari saja markas Makodam VI Tanjung Pura. Depannya markas tersebut sudah kelihatan Monpera. Keindahan Monpera didukung dengan adanya taman yang mengelilinginya.

9. Kampung atas air

Kampung atas air

Pinterest.com

Tempat wisata di kampung atas air memang sangat menarik. Pasalnya kampung disana rumahnya didirikan di atas air seperti di Negara Venice Eropa. Kamu bisa menikmati suasana kampung atas air yang cukup tenang. Biasanya para wisatawan berkeliling kampung hingga capek. Dilanjutkan dengan kegiatan memancing disekitar kampung. Bila Kamu tidak membawa alat pancing maka, jangan takut.

Pada kampung atas air sudah disediakan peralatan memancing yang lengkap. Seluruh peralatan ini memang merupakan fasilitas yang disediakan untuk wisatawan supaya puas berkunjung dan melakukan kegiatan di kampung tersebut.

10. Dahor Heritage

Dahor Heritage

celebes.co

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya adalah Dahor Heritage. Dahor Heritage ini merupakan sebuah bangunan tua yang dibangun pada pemerintahan Belanda.

Konon, bangunan ini memiliki usia lebih dari 100 tahun dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Bangunan ini dibuat dengan bahan-bahan asli dari Indonesia yang berkualitas sehingga masih bisa bertahan sampai sekarang. Disini, pengunjung bisa menikmati indahnya bangunan sambil berfoto dan berwisata edukasi.

11. Sungai Somber

Sungai Somber

travel.kompas.com

Kalau kamu ingin mencoba wisata susur sungai, maka kamu bisa berkunjung ke Sungai Somber ini. Sungai Somber ini menjadi salah satu tempat wisata di Balikpapan yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi.

Di tepi sungai ini kamu akan menemukan Mangrove Center seluas 150 hektar yang dibina seorang diri oleh Agus Bei. Meskipun sempat dipandang sebelah mata oleh masyarakat setempat, sekarang kawasan sungai ini menarik perhatian banyak wisatawan untuk menyusuri sungai dengan perahu kelotok. Disini kamu bisa sekaligus menyejukkan diri di hutan yang kaya akan flora dan fauna yang beragam.

12. Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

celebes.co

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya juga tak kalah indah, yaitu Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain. Hutan seluas 10.025 hektar ini terdiri dari rawa, sungai dan perbukitan yang indah.

Kamu tak perlu bersusah payah mengelilingi hutan yang luas ini karena kamu cukup berjalan mengikuti jalan setapak yang telah ditata rapi sehingga kamu bisa trekking menikmati indahnya hutan tanpa takut tersesat. Menariknya lagi, selama perjalanan kamu akan bertemu dengan berbagai hewan liar, namun kamu tak perlu khawatir takut diserang karena telah ada pembatas dan sekat sehingga hewan liar yang hidup dalam hutan tersebut tidak bisa menyerang pengunjung.

13. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan

kaltim.idntimes.com

Tak hanya Bogor saja yang memiliki kebun raya, namun Balikpapan juga punya. Kebun Raya Balikpapan ini juga menjadi salah satu tempat wisata populer di Balikpapan yang lokasinya berada di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.

Wisata alam ini pertama kali dibuka pada tahun 2014 dan sampai sekarang masih sering dikunjungi wisatawan. Kebun Raya Balikpapan ini berfungsi sebagai tempat rekreasi, konservasi dan pelestarian tanaman asli Kalimantan. Disini kamu bisa melakukan jogging di area jogging track nya sambil menghidup udara yang bersih dan segar.

14. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan

pantainesia.com

Tempat wisata di Balikpapan berikutnya juga tak kalah menarik untuk kamu kunjungi, yaitu Pantai Sepinggan. Pantai Sepinggan ini memang menjadi salah satu wisata yang populer di Balikpapan karena memiliki keindahan alam yang menawan.

Pantai ini menawarkan air laut dengan ombak yang tenang dengan pemandangan matahari terbenam yang indah. Kamu disarankan untuk berkunjung saat sore hari karena pemandangannya yang indah dan tidak terlalu panas. Pantai ini memiliki sebuah dermaga yang bisa kamu kunjungi.

15. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra

celebes.co

Selain Pantai Sepinggan, ada lagi pantai yang menjadi salah satu tempat wisata di Balikpapan bernama Pantai Banua Patra. Pantai Banua Patra ini lokasinya berada di pusat kota, tepatnya di dekat Gelora Patra.

Pantai Banua Patra ini memang sangat populer dan kerap dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata. Pantai ini memiliki tumpukan batu alami di sekitarnya yang berfungsi untuk menahan abrasi. Tak hanya itu, Pantai Banua Patra ini juga memiliki pasir putih yang lembut serta ombak yang tenang. Disarankan kamu berkunjung ke pantai ini saat sore hari karena panorama matahari terbenamnya bisa membuat kamu terpana.

16. Pantai Serumpun

Pantai Serumpun

kaltim.idntimes.com

Tempat wisata di Balikpapan yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Pantai Serumpun. Mungkin nama pantai ini masih terdengar asing di telinga wisatawan, namun keindahannya tak perlu diragukan.

Pantai Serumpun ini berlokasi di bagian timur kota Balikpapan dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga alamnya masih bersih dan indah. Penorama alamnya akan semakin memukau terutama saat menjelang malam hari dimana dari pantai ini kamu bisa melihat gugusan bintang di langit yang sangat jelas. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga cukup aman untuk bermain air disana. Wisatawan yang datang kesini kerap menghabiskan waktu dengan berkemah. Kalau kamu tidak ingin berkemah, kamu juga bisa menemukan beberapa penginapan di sekitar pantai ini.

17. Pantai Monpera

Pantai Monpera

tripadvisor.com

Pantai lain yang menjadi tempat wisata favorit di Balikpapan adalah Pantai Monpera. Pantai Monpera ini berlokasi di tengah kota sehingga sangat mudah dijangkau dengan kendaraan apapun.

Pantai ini berada di depan patung besar yang dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan yang berada di Kalimantan Timur. Pantai ini memiliki keindahan yang menawan, berupa air laut yang jernih dengan hamparan pasir kecokelatan yang menawan. Disini kamu tak hanya bisa menikmati indahnya pantai, namun juga bisa mempelajari sejarah.

18. Hutan Wanawisata

Hutan Wanawisata

gowesata.blogspot.com

Tempat wisata di Balikpapan yang tak boleh dilewatkan berikutnya adalah Hutan Wanawisata. Hutan Wanawisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka menjelajah alam.

Wisata yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Balikpapan sehingga sering dikunjungi oleh wisatawan. Hutan Wanawisata ini menjadi tempat yang sempurna untuk piknik bersama keluarga karena menawarkan pemandangan hutan yang hijau nan rindang. Disini kamu bisa menikmati kesejukan udara hutan, melihat langsung koleksi tanaman langka, menjajal outbond dan area permainan.

19. Waduk Manggar

Waduk Manggar

inibalikpapan.com

Waduk Manggar juga layak disebut sebagai salah satu tempat wisata di Balikpapan yang cukup populer. Wisata alam ini menawarkan pemandangan waduk yang indah dengan udara yang sejuk sehingga sangat cocok untuk sekedar melapas penat dari rutinitas sehari-hari.

Waduk ini dikelilingi oleh tanaman alam yang indah dan rimbun. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke waduk ini adalah saat sore hari karena angin yang bertiup di sore hari terasa sejuk dan kamu bisa melihat indahnya pemandangan matahari terbenam dari waduk ini. Selain untuk berwisata, Waduk Manggar ini juga menjadi sumber air bersih yang dipasok oleh PDAM yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhannya. Tak hanya itu, waduk ini juga menjadi tempat terbaik untuk memancing.

20. Aquaboom BSB

Aquaboom BSB

aquaboom-waterpark.business.site

Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini juga tak kalah menarik, apalagi jika kamu suka bermain air, yaitu Aquaboom BSB. Aquaboom BSB ini merupakan salah satu waterpark di Balikpapan yang menjadi wisata favorit.

Disini kamu akan disuguhi dengan berbagai permainan air yang seru. Berbagai wahana air bisa kamu coba, seperti kolam renang, seluncur dan permainan lainnya yang bisa dinikmati oleh segala usia. Wisata ini cocok sekali untuk kamu yang membawa keluarga dan anak-anak karena ada banyak sekali wahana yang bisa dinikmati bersama disini. Pastikan kamu membawa pakaian ganti ya jika akan berkunjung kesini.

21. Bukit Alpha

Bukit Alpha

celebes.co

Bukit Alpha ini berlakangan memang menjadi salah satu tempat wisata di Balikpapan yang cukup ramai diperbincangkan di sosial media. Bukit Alpha ini juga sering disebut sebagai bukit teletubbies karena pemandangan yang ditawarkan menyerupai bukit di rumah teletubies.

Bukit Alpha ini menawarkan keindahan lahan hijau yang luas dengan udara sejuk sehingga menjadi tempat yang pas untuk self healing. Kamu bisa sejenak melepas penat dari hingar bingar kota Balikpapan atau dari rutinitas sehari-hari kamu yang sibuk. Tak hanya itu, bukit ini juga sangat instagramable karena keasriannya dan sejauh mata memandang semuanya hijau.

22. Taman Bekapai

Taman Bekapai

ksmtour.com

Tempat wisata di Balikpapan yang tak boleh dilewatkan berikutnya adalah Taman Bekapai. Taman Bekapai ini memang menjadi destinasi wisata wajib saat berkunjung ke Balikpapan karena lokasinya yang berada di pusat kota.

Taman Bekapai ini menjadi tempat favorit untuk nongkrong dan bermain bersama teman ataupun keluarga. Saat malam hari, taman ini sangat ramai dikunjungi karena di sekitar taman terdapat lampu led warna-warni yang sangat indah. Tak hanya bisa nongkrong, disini kamu juga bisa mencicipi aneka jajanan yang banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima di sekitar taman.

23. Taman Tiga Generasi

Taman Tiga Generasi

ibukotakita.com

Selain Taman Bekapai, ada taman kota lainnya yang tak kalah indah bernama Taman Tiga Generasi. Taman Tiga Generasi ini menawarkan tema yang lebih kekinian dengan desain yang menarik banyak pengunjung muda.

Tujuan dari pembangunan Taman Tiga Generasi ini adalah untuk memberikan ruang terbuka hijau untuk warga lokal. Namun, seiring berjalannya waktu fasilitas yang diberikan semakin lengkap. Disini kamu tak hanya bisa menikmati taman yang tertata rapi, namun juga beberapa fasilitas lainnya, yaitu Taman bunga yang cantik, deretan pepohonan yang rindang, rumput hijau yang dilengkapi dengan gazebo juga tempat istirahat. Disini kamu juga bisa menemukan area olahraga, tempat bermain anak, jalur refleksi, kolam dan ruang baca untuk pengunjung.

24. Kampung Pinisi

Kampung Pinisi

kaltim.prokal.co

Kalau berkunjung ke Malang kamu akan menemukan Jodipan, maka di Balikpapan kamu akan menemukan Kampung Pinisi. Kampung Pinisi ini merupakan sebuah pemukiman penduduk yang disulap menjadi wisata kota dengan warna-warni yang instagramable.

Kampung Pinisi ini dipenuhi dengan rumah-rumah penduduk yang berwarna-warni cerah dan kontras, namun menampilkan pemandangan yang sangat instagramable. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang datang ke Kampung Pinisi ini untuk berfoto-foto.

25. Pasar Klandasan

Pasar Klandasan

nomorsatukaltim.com

Tempat wisata di Balikpapan yang terakhir adalah Pasar Klandasan. Pasar Klandasan ini menjadi destinasi wisata yang cocok untuk kamu yang hobi berbelanja.

Pasar Klandasan ini berada tak jauh dari wisata pantai, sehingga setelah kamu berjalan-jalan ke pantai, kamu bisa mampir ke pasar ini untuk membeli oleh-oleh untuk orang terdekat.

Di pasar ini kamu bisa menemukan berbagai macam kebutuhan, seperti ikan segar, sayur, buah hingga pakaian. Kamu juga bisa menemukan stand oleh oleh dan souvenir khas Balikpapan. Tak hanya bisa berbelanja, disini kamu juga bisa menemukan deretan kuliner lokal yang patut untuk kamu coba, kamu pun bisa sambil berwisata kuliner disini. Soal harga tak perlu khawatir karena harga disini bisa kamu tawar. Untuk itu, pastikan kamu bisa menawarnya ya agar bisa mendapatkan harga yang terjangkau.

Manakah tempat wisata di Balikpapan yang sangat ingin Kamu kunjungi? Sepertinya semua tempat wisata di atas harus dikunjungi. Jangan sampai tidak mengunjungi semua tempat menarik ketika di kota Balikpapan. Sayang sekali jika tidak mengunjungi seluruh tempat wisata, padahal tarif tiketnya murah.

Liburan ke kota Balikpapan memang sangat seru, mencoba berbagai macam tempat wisata yang sangat menakjubkan. Ada tempat wisata yang anti mainstream, menenangkan, alami dan masih banyak lagi.
Tempat wisata di Balikpapan patut sekali diacungi empat jempol karena keindahan dan fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap untuk wisatawan yang datang. Wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan yang berada pada tempat wisata. Semakin mata menatap pada pemandangan tersebut maka, rasanya tidak ingin meninggalkan tempat wisata di Balikpapan.

Meski sudah menghabiskan sepanjang hari di kota Balikpapan ternyata waktunya tidak cukup untuk menjelajahi ke semua tempat wisata. Oleh sebab itu liburan ke Balikpapan harus selama beberapa hari, paling tidak Kamu menghabiskan empat hari dua malam di kota tersebut. Bila empat hari Kamu memiliki banyak waktu berkeliling mengeksplore tempat wisata yang terkenal maupun tersembunyi di kota Balikpapan. Demikianlah daftar tempat wisata di Balikpapan yang wajib untuk kamu kunjungi. Wisata yang mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply