Dijuluki Kota Pelabuhan, Nih 10 Tempat Wisata di Balikpapan


prita  December 18, 2020  0 Comment

Balikpapan merupakan sebuah kota di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki sejuta keindahan. Kota ini dikenal sebagai kota pelabuhan yang cukup sibuk, untuk itu kamu bisa menemukan sejumlah wisata pantai yang sangat indah di kota ini. Tak hanya wisata pantai, Balikpapan juga memiliki banyak sekali tempat wisata tersembunyi yang masih belum banyak dijelajahi hingga saat ini. Kebanyakan dari wisata tersebut juga memiliki panorama alam yang sangat luar biasa. Nah, bila kamu ada keinginan untuk berkunjung ke Balikpapan, Tempat wisata di Balikpapan ini wajib untuk kamu kunjungi

1. Danau Cermin

danau cermin
javamilk.com

Tempat wisata di Balikpapan yang pertama adalah Danau Cermin. Danau Cermin yang berada di Kelurahan Lamaru ini memang dikenal sangat cantik dan kerap dikunjungi oleh wisatawan.

Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih selayaknya cermin. Danau ini terbentuk setelah tanah kosong digali untuk keperluan proyek hingga kemudian hasil cekungannya menampung air hujan dan jadilah danau yang sangat indah ini.

Danau Cermin ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun nan teduh, ditambah lagi dengan permukaan air yang sangat jernih sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan, khususnya para pecinta fotografi.

Gotravelly

Sembalun Surga Tersembunyi Di Pulau Lombok

Menilik Keindahan Pantai Ngudel

2. Pulau Segajah

Pulau Segajah
bataritours.com

Pulau Segajah juga menjadi salah satu tempat wisata di Balikpapan yang tak boleh dilewatkan. Pulau Segajah ini berada sekitar 250 kilometer dari kota Balikpapan dan hanya bisa dikunjungi saat siang hari saja.

Hal tersebut dikarenakan pulau ini akan tenggelam di malam hari. Tak hanya itu, sebelum berkunjung ke pulau ini pun kamu harus memperhatikan keadaan air laut dan harus dalam keadaan surut.

Pulau Segajah ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Pasir pantainya terkenal sangat putih bersih dipadukan dengan air lautnya yang berwarna biru bening sehingga pulau ini menjadi spot menarik untuk berenang atau menyelam. Tak hanya itu, kamu pun akan disuguhkan dengan keindahan flora dan dauna yang cantik sehingga kamu akan betah berlama-lama disini.

3. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan
binetsopicture.blogspot.com

Tempat wisata di Balikpapan yang patut untuk kamu jelajahi selanjutnya adalah Pantai Sepinggan. Pantai yang berada di kawasan Sepinggan Raya ini menjadi tempat favorit untuk menikmati panorama matahari terbenam atau sunset.

Di pantai ini kamu bisa menikmati indahnya langit saat matahari terbenam serta pantulan cahaya matahari diatas permukaan lautnya yang tenang. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan mataari tersebut diatas jembatan kayu yang membentang di sisi Pantai Sepinggan.

4. Pantai Kemala

Pantai Kemala
id.pinterest.com

Tempat wisata di Balikpapan lainnya yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya juga wisata pantai yang bernama Pantai Kemala. Pantai ini berada di jantung kota Balikpapan dan sangat mudah dijangkau oleh semua kendaraan.

Pantai Kemala ini menawarkan indahnya pemandangan laut dengan ombak yang tenang berpadu dengan pasir yang lembut. Kamu pun bisa melakukan berbagai kegiatan air disini, seperti jet ski hingga banana boat. Tak hanya itu, di pantai ini pun kamu bisa menikmati aneka sajian kuliner khas yang sangat lezat, mulai dari seafood hingga Western Food.

5. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
indonesiakaya.com

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya adalah Penangkaran Buaya Teritip. Wisata ini bisa menjadi alternatif karena bisa sekaligus menjadi wisata edukasi.

Penangkaran buaya ini memiliki luas mencapai 5 hektar dimana di dalamnya hidup sekitar 1400 ekor buaya. Jenis buaya yang hidup di penangkaran ini pun cukup beragam, mulai dari buaya muara, buaya air tawar hingga buaya supit.

6. Kampung Di Atas Air

Penangkaran Buaya Teritip
grandtjokro.com

Kampung Di atas air juga menjadi salah satu akternatif tempat wisata di Balikpapan yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Kampung ini dikenal dengan nama Kampung Atas Air Margasari dan merupakan wisata kampung terapung yang cukup populer di Balikpapan.

Dengan berkunjung ke kampung terapung ini akan membuatmu seolah berada di Venice, Italia. Perkampungan ini merupakan tempat tinggal warga dengan rumah-rumah kayu dan perahu motor yang terparkir di sisi kanan kirinya. Perahu tersebut merupakan kendaraan yang digunakan penduduk setempat untuk beraktivitas sehari-hari.

Kamu bisa menjelajahi kampung terapung ini dengan cara menapaki jembatan kayu sambil menikmati pemandangan sekitar yang indah. Kamu pun bisa berhenti sejenak untuk mencicipi sajian khas di restoran yang ada di kampung ini. Jangan lupa juga kamu bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam dari desa terapung ini.

7. Dahor Heritage

Dahor Heritage
kaltim.idntimes.com

Apabila kamu menyukai wisata sejarah, Balikpapan juga memilikinya lho. Tempat wisata di Balikpapan ini bernama Dahor Heritage dan cukup menarik untuk dikunjungi oleh kamu yang suka berwisata sejarah.

Dahor Heritage ini merupakan salah satu bukit kejayaan Balikpapan sebagai kota minyak. Di tahun 1920an, para pekerja kilang minyak di Balikpapan dulunya suka beristirahat sambil bersantai di sebuah kompleks perumahan dinas. Nah, perumahan dinas tersebut masih berdiri kokoh hingga saat ini dan dijadikan sebuah cagar budaya dan dikenal sebagai Dahor Heritage.

Rumah-rumah disini berbentuk rumah panggung dengan arsitektur khas Belanda. Sampai saat ini masih terjaga dengan baik dan masih kokoh berdiri. Rumah-rumah tersebut menyimpan berbegai koleksi buku dan foto-foto seputar sejarah awal pertambangan minyak di Balikpapan.

8. Waduk Manggar

Dahor Heritage
flickr.com

Tempat wisata di Balikpapan yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Waduk Manggar. Waduk ini awalnya berfungsi sebagai sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Balikpapan, namun dibalik fungsi tersebut waduk ini juga memiliki pemandangan yang sangat menawan.

Untuk menikmati indahnya waduk ini kamu bisa menyusuri dek kayu yang mengelilingi kawasan Waduk Manggar ini. Selain bisa menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan, kamu pun bisa melihat sejumlah orang yang sedang memancing atau menebar jala untuk menangkap ikan di waduk ini.

9. Kebun Raya Balikpapan

 Kebun Raya Balikpapan
balikpapan.legrandeurhotels.com

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya adalah Kebun Raya Balikpapan. Kebun raya ini berada di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain dan baru dibuka pada tahun 2014.

Kebun Raya Balikpapan ini memang cukup populer dikalangan masyarakat Balikpapan dan juga wisatawan dari luar kota tak hanya sebagai sarana rekreasi, tapi juga ervasi dan pelestarian tanaman asli Kalimantan. Kawasan Kebun Raya ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, misalnya seperti jogging track, sehingga kamu bisa berolahraga atau berjalan-jalan sambil menghirup udara yang segar di kawasan ini.

10. Pasar Inpres Kebun Sayur

v
kaltim.idntimes.com

Tempat wisata di Balikpapan yang terakhir adalah Pasar Inpres Kebun Sayur. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai berbelanja. Namun, jangan berpikir jika kamu akan berbelanja sayur-sayuran di pasar ini ya.

Pasar Inpres Kebun Sayur ini pertama diresmikan pada tahun 1983 dan disana kamu dapat menemukan berbagai jenis pernak Pernik khas Dayak. Misalnya seperti perhiasan, tas hingga camilan bisa kamu temukan di pasar ini. Karena produknya yang sangat bervariasi, makatak heran jika pasar ini kerap dijadikan jujugan untuk mencari oleh oleh bagi wisatawan yang berlibur ke Balikpapan.



Leave a Reply