Wisata Konservasi di 10 Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia


Reni  October 30, 2019  0 Comment

Indonesia merupakan sebuah negara yang punya kekayaan alam berlimpah. Salah satunya adalah kekayaan ekosistem bawah laut yang sangat indah. Ekosistem bawah laut Indonesia tak hanya ada terumbu karang dan ikan, tapi juga berbagai hewan lain yang unik, misalnya seperti penyu. Indonesia sendiri memiliki beberapa penangkaran penyu dimana disini Anda bisa melihat, bermain hingga melepas penyu-penyu kelautan. Berikut ini adalah tempat penangkaran penyu di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

1. Penangkaran Penyu Pantai Sukamade, Banyuwangi

Pantai Sukamade
agentwisatabromo.com

Pantai cantik di Kabupaten Banyuwangi ini tak hanya dikenal sebagai jalur off-road yang memacu adrenalin, tapi juga sebagai salah satu tempat penangkaran penyu semi alami. Hal ini dikarenakan di penangkaran ini tidak hanya ada satu jenis penyu saja, melainkan berbagai macam jenis penyu. Beberapa diantaranya adalah Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea), Penyu Hijau (Chelonia Mydas) dan Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea).

Di pantai ini, Anda bisa melihat langsung proses konservasi penyu dan mengikuti pelapasannya ke laut.

Gotravelly

Berenang Bersama Puluhan Penyu Di Pantai Meleura Raha

Ngadem Di Kebun Teh Jamus. Pemandangan Dan Udaranya Bikin Males Pulang!

2. Penangkaran Penyu Deluang Sari, Tanjung Benoa

 Penangkaran Penyu Deluang Sari
java-wisata.co.id

Tempat penangkaran penyu yang satu ini memang sudah tidak asing lagi karena sudah sering menjadi destinasi wisata saat liburan di Bali. Deluang Sari dipilih sebagai tempat penangkaran penyu karena daerah pantainya yang berpasir sehingga menjadi tempat yang cocok untuk habitat berkembang biak penyu.

Jenis penyu yang dikembangbiakan disini adalah jenis Penyu Laut. Karena saat ini Penangkaran Penyu Deluang Sari sudah dijadikan sebagai objek wisata, maka Anda bisa bermain bersama penyu hingga melihat proses pengembangbiakan penyu. Anda juga bisa melepaskan penyu-penyu kecil ini ke laut lepas juga, lho.

3. Penangkaran Penyu Pulau Serangan, Bali

Penangkaran Penyu Pulau Serangan
republika.co.id

Tempat penangkaran penyu di Indonesia selanjutnya ada di Pulau Serangan, Bali. Nama penangkaran penyu ini adalah Turtle Conservation and Education Centre (TCEC) dan sudah ada sejak tahun 2006. jenis penyu yang berada dalam tempat penangkaran penyu ini ada 6 macam, antara lain Penyu Sisik, Penyu Pipih, Penyu Lekang, Penyu Hijau, Penyu Belimbing dan Penyu Penyu Tempayan.

4. Penangkaran Penyu Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

 Penangkaran Penyu Gili Trawangan
travel.tempo.co

Tempat penangkaran penyu ini terletak di Desa Gili Indah, Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat. Penangkaran penyu ini telah berdiri sejak tahun 2009 di lahan seluas 10×24 meter. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, tapi tempat penangkaran penyu ini melepas penyu sebanyak dua kali tiap tahunnya yang bersumber dari telur-telur yang dibeli dari masyarakat di sekitar Gili Trawangan yang selalu berburu telur penyu.

5. Penangkaran Penyu Pengumbahan, Ujung Genteng Sukabumi

 Penangkaran Penyu Pengumbahan
wisatabaru.com

Berada di Kabupaten Sukabumi, tempat penangkaran penyu ini lokasinya ada di Ujung Genteng tepat di salah satu sudut pantainya. Sayangnya, penangkaran penyu ini tidak dibuka untuk wisata umum karena penyu sensitif dengan manusia dan cahaya.

Biasanya penyu akan datang pada malam hari untuk bertelur dan proses bertelurnya memakan waktu hingga tiga jam. Jenis penyu yang ditangkarkan di penangkaran penyu Pengumbahan ini adalah jenis Penyu Hijau.

6. Penangkaran Penyu Pantai Ngagelan, Banyuwangi

pantai ngagelan banyuwangi
tripadvisor.com

Banyuwangi memang dikenal sebagai salah satu kebupaten yang memiliki banyak pantai, jadi tidak usah heran jika kawasan ini menjadi tempat persinggahan para penyu untuk bertelur. Selain Penangkaran Penyu di Pantai Sukamade, lokasi penangkaran penyu juga bisa ditemukan di Pantai Ngagelan yang berada di Taman Nasional Alas Purwo.

Pantai Ngagelan ini dikenal masih asri dan memang sangat dijaga keasriannya oleh pengelola taman nasional, tak heran jika pengunjung yang datang diwajibkan untuk meminta izin dulu pada pihak pengelola.

7. Penangkaran Penyu Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Penangkaran Penyu Pulau Pramuka
travelwisataindonesia.com

Kepulauan Seribu juga memiliki tempat penangkaran penyu lho. Penangkaran penyu ini sudah dirintis sejak tahun 1984 dan awalnya berada di Pulau Semak Daun yang kemudian saat ini sudah berpindah di Pulau Pramuka. Banyak sekali penyu yang bertelur di gugusan terluar Kepulauan Seribu ini, seperti di Peteloran Timur dan Peteloran Barat dimana kedua tempat tersebut adalah sumber telur dari penangkaran penyu di Pulau Pramuka.

Penangkaran penyu di Pulau Pramuka ini dibuat seperti habitat penyu aslinya dengan menggunakan media berpasir dan berpagar agar terhindar dari serangan predator. Setelah telur-telur ini menetas, maka penyu-penyu akan dipindahkan ke dalam bak penangkaran sampai usianya mencapai beberapa bulan. Setelah itu penyu-penyu kecil itu telah siap untuk dilepaskan ke laut. Jenis penyu yang berada di penangkaran ini adalah jenis Penyu Sisik.

8. Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach, Bangka Belitung

 Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach
tripadvisor.co.id

Nama tempat penangkaran penyu ini memang cukup unik karena ada seorang warga yang memiliki inisiatif mendirikan penangkaran penyu jenis Penyu Sisik dan Penyu Lengkap. Kedua jenis penyu ini banyak hidup diperairan laut Bangka Belitung dan semakin langka karena banyak ditangkap oleh nelayan setempat.

Penangkaran Penyu Batavia didirikan oleh pengusaha bernama Bapak Sean Sugito pada tahun 2008. penangkaran penyu ini berlokasi di daerah Bukit Kualam Sungai Liat, Bangka. Setiap bulannya, penangkaran ini mampu melepaskan 50 penyu ke laut lepas.

Sumber dari penangkaran penyu ini adalah dengan membeli telur-telur penyu dari nelayan yang mencari telur-telur penyu di pasir-pasir pantai di sekitar laut Pulau Bangka. Hingga saat ini, lebih dari 1000 ekor penyu yang sudah dilepaskan ke laut oleh Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach ini.

9. Penangkaran Penyu Pantai Watu Leter, Malang

Penangkaran Penyu Pantai Watu Leter
asliindonesia.net

Pantai Watu Leter berlokasi di Desa Rowotrate, Kecamatan Sumbermanjing, Malang. Pantai ini dikenal sebagai salah satu pantai yang masih asri dan kebersihannya terjaga. Tak heran jika pantai ini menjadi tempat yang nyaman untuk penangkaran penyu.

Jenis penyu yang bisa ditemui di Pantai Watu Leter ini adalah Penyu Abu-abu. Anda yang datang ke pantai ini untuk melihat kehidupan penyu-penyu disini, bisa melihat dengan jarak aman yang sudah ditentukan oleh pengelola.

10. Penangkaran Penyu Pantai Goa Cemara, Yogyakarta

Penangkaran Penyu Pantai Goa Cemara
travel.tempo.co

Penangkaran penyu di Pantai Goa Cemara Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini diprakarsai oleh Kelompok Tani Nelayan Mino Raharjo karena prihatin pada populasi penyu hijau di kawasan pantai selatan.

Awalnya, berbagai jenis penyu bisa ditemukan disini saat musim migrasi diantara bulan Mei hingga September. Misalnya seperti Penyu Belimbing, Penyu Abu-abu, Penyu Hijau dan lain-lain. Bahkan hampir setiap minggu selalu ada penyu yang datang untuk bertelur saat musim migrasi.

Namun saat ini populasi sudah sangat menurun dan hanya tinggal Penyu Hijau saja yang bisa ditemui di kawasan Pantai Goa Cemara. Penangkaran ini pun kemudian mengalami penurunan jumlah setiap tahunnya.

Nah, dari 10 penangkaran penyu di Indonesia ini beberapa diantaranya bisa Anda kunjungi untuk berwisata sekaligus belajar mengenai sistem perkembangbiakan penyu dan jenis-jenisnya. Pastinya berwisata di penangkaran penyu ini bisa menjadi sarana edukasi yang seru untuk mengenal lebih jauh tentang ekosistem laut di Indonesia. Selamat berwisata!



Leave a Reply