10 Air Terjun di Kroasia yang Penuh Pesona


Jehan  November 19, 2022  0 Comment

Apakah kamu memiliki rencana berlibur ke Kroasia yang dikenal sebagai rumah dari anjing Dalmatia ini?

Kroasia menjadi salah satu lokasi favorit yang banyak dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Eropa. Banyak tempat yang dapat kamu kunjungi dan jelajahi saat datang ke negara ini. Salah satunya adalah jelajah ke air terjun di Kroasia yang tidak boleh kamu lewati.

Penasaran dengan air terjun yang akan membawamu berpetualang hebat selama di Kroasia? Berikut 10 rekomendasi air terjun di Kroasia yang siap membuatmu takjub.

1. Skradinski Buk

skradinski buk
getyourguide.co.uk

Datanglah ke air terjun Skradinski Buk, letaknya di Taman Nasional Krka yang menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Di sana kamu akan menemukan pemandangan indah dari air terjun terbesar yang ada di sungai Krka.

Rekomendasi waktu yang tepat untuk berkunjung ke air terjun ini adalah saat musim panas datang. Kamu dapat bersantai dan menikmati kesegaran air yang menyegarkan dari setiap percikan Skradinski Buk.

Air terjun yang dikenal dengan kecantikannya ini sangat mudah diakses dari pantai Dalmatian. Berkunjung ke sini akan membawamu ke sebuah perjalanan jelajah yang asyik dan seru.

Gotravelly Review

Baca juga: Ngadem Di Air Terjun Timponan: Cantiknya Menyegarkan Mata

Baca juga: Warung Layana, Makan Murah Meriah Dengan Pemandangan Air Terjun

2. Tamparan Roski

roški slap
tourist.hr

Roški Slap merupakan air terjun yang ada di Taman Nasional Krka. Roški Slap memiliki pemandangan yang indah dengan lingkungan alamnya yang sempurna untuk dijelajahi.

Air terjun di Kroasia ini memiliki akses yang mudah dan dapat dikunjungi setiap saat. Roški Slap memiliki ketinggian sekitar 27 meter dengan panjang mencapai 650 meter. Jika berkunjung ke sini, kamu bisa menjelajah area sekitar air terjun lainnya dengan menyusuri sungai Krka yang cantik, hingga mencapai titik menuju danau Visovačko.

Sesampainya di sana, kamu akan menemukan sebuah gereja serta biara Fransiskan. Kamu bisa mampir kedua tempat tersebut untuk melihat-lihat koleksi buku, dokumen serta karya seni yang ada di sana.

3. Veliki Slap

veliki slap
croatianattractions.com

Veliki Slap atau juga dikenal dengan The Great Waterfall merupakan air terjun terbesar di Kroasia. Air terjun ini berlokasi di taman nasional danau Plitvice yang juga terdaftar di situs warisan dunia UNESCO.

Air terjun di Kroasia ini memiliki ketinggian sekitar 78 m dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Saat berjalan menjelajahi air terjun ini, kamu akan melewati banyak air terjun peranakan selama perjalanan. Kurang lebih kamu akan melewati 90 air terjun dengan ukuran yang beragam sampai berhenti di titik tujuan Veliki Slap.

Pemandangan alam yang cantik akan menemanimu sepanjang perjalanan. Kamu akan melewati beberapa jembatan kayu untuk menyusuri beberapa danau di sana. Ada banyak pilihan rute yang bisa kamu pilih saat ingin menjelajahi tempat ini. Masing-masing rute memiliki rentang waktu yang berbeda, kamu bisa melakukan pendakian hingga 8 jam untuk sampai ke tujuan.

4. Rastoke Waterfall

rastoke waterfall
travelsewhere.net

Rastoke merupakan air terjun di Kroasia yang terletak di kota Slunj di wilayah Lika Slenj. Rastoke akan mengarahkanmu ke arah menuju pantai Adriatik. Berkunjung ke Rastoke akan membawamu ke pemandangan yang unik.

Kamu akan mendapatkan keunikan seketika saat menyusuri jalan di kota Slunj. Kamu akan disuguhi pemandangan menarik dari banyaknya air terjun dengan ketinggian 1 meter hingga 12 meter yang mengalir tidak jauh dari sisi desa di sana.

Jika kamu ingin menikmati petualanganmu ini, kamu bisa menyusuri berkeliling desa dengan berjalan kaki. Bagian terindah yang dapat kamu nikmati dari air terjun ini ketika kamu melihat aliran sungai Slunjčica ke sungai Korana. Aliran tersebut akan menciptakan banyak danau kecil, jeram, dan anak air terjun.

5. Mrežnica River Waterfall

mrežnica river waterfall
goexplorecroatia.com

Mrežnica bukan sekadar nama untuk air terjun melainkan sebuah aliran sungai yang melahirkan banyak ngarai, air terjun, dan mata air.

Menetapkan destinasi ke tempat ini akan membawamu berpetualang ke banyak tempat sekaligus. Kamu dapat menikmati banyak hal yang akan membuatmu kagum!

Saat kamu menyusuri setiap jengkal dari Mrežnica, kamu akan menemukan banyak air terjun. Kamu bisa mencoba menghitungnya, kamu akan melewati hampir 90 air terjun. Cukup banyak bukan?

Tipe air terjun Mrežnica bukan lah air terjun yang memiliki ketinggian menjulang. Namun meskipun tidak tinggi, tetap saja Mrežnica akan menarik perhatianmu.

6. Zarečki Krov Waterfall

zarečki krov waterfall
flickr.com

Zarečki Krov merupakan salah satu air terjun di Kroasia yang cukup dikenal dengan pemandangan indahnya. Air terjun yang terletak di dekat kota Bazin, provinsi Istria ini memiliki ketinggian sekitar 10 m.

Air terjun Zarečki Krov masuk di dalam kawasan objek wisata alam yang sering dikunjungi para wisatawan. Pemandangannya yang hijau akan memberimu pengalaman yang luar biasa.

Di sekitar air terjun juga terdapat banyak lereng dengan banyak batu, serta bukit-bukit kecil mengelilingi yang dapat kamu jadikan sebagai tempat beristirahat dan bersantai.  

7. Manojlovački Slapovi

manojlovački slapovi
npkrka.hr

Manojlovački Slapovi adalah air terjun dengan pemandangan indah yang ada di sungai Krka. Air terjun ini masih termasuk dalam bagian Taman Nasional Krka. Manojlovački Slapovi ada di hulu Skradinski Buk yang terkenal.

Apabila kamu ingin berkunjung ke Manojlovački Slapovi, kamu dapat mengemudi kendaraan di jalur 509 antara Knin dan Kistanje, lalu ikuti petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke Manojlovački.

Setelah berhenti di lahan parkir, kamu dapat memulai langkahmu dengan jarak beberapa meter saja sampai akhirnya kamu dapat melihat aliran air terjun Manojlovački.

Sesampainya di sana kamu akan dibuat kagum dengan pemandangan indah Manojlovački. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Rekomendasi waktu yang tepat untuk menjelajahi air terjun ini adalah saat musim hujan, musim gugur, dan musim dingin.

8. Sopot Waterfall

sopot waterfall
central-istria.com

Air terjun Sopot merupakan air terjun yang ada di dekat sebuah desa bernama Floričići dekat Pićan. Air terjun yang satu ini adalah salah satu air terjun di Kroasia yang memiliki banyak pengunjung.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini memiliki pemandangan indah yang dasarnya membentuk replika seperti danau pirus. Ketika kamu berada di air terjun ini, coba perhatikan sekelilingmu, barangkali kamu akan melihat kumbang rusa dan kadal air yang menjadi binatang dilindungi di areal air terjun ini.

Keistimewaan lain dari air terjun ini adalah jembatan Century yang menjadi salah satu ikon bangunan lawas di sekitar air terjun. Tidak jauh dari jembatan itu, kamu dapat menemukan tempat istirahat yang nyaman untuk berpiknik atau sekadar melepas lelah.

Apabila kamu berencana ke air terjun Sopot ini pastikan kamu datang tidak pada musim panas. Karena di musim tersebut, tidak ada air yang mengalir.

9. Gubavica Slap

gubavica slap
dalmacijadanas.hr

Gubavica Slap merupakan air terjun yang berlokasi di ngarai dekat Zadvarje, di wilayah Dalmatia, Kroasia. Diperkirakan air terjun ini memiliki ketinggian medan mencapai 219 meter dari atas permukaan laut.

Apabila kamu memulai perjalanan dengan berkendara dari Split, kamu dapat mengambil jalan ke tenggara di jalan E65 ke arah ke luar Estanvac. Selanjutnya kamu dapat mengikuti rambu yang mengarah ke Zadvarje.

Sesampainya di jalan tersebut, kamu sudah dapat melihat aliran air terjun Gubavica. Air terjun ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan tebing yang menjulang tinggi mengelilinginya.

10. Štrbački Buk

strbački buk
photohound.co

Štrbački Buk merupakan air terjun terbesar di sungai Una yang masih belum banyak dijamah orang. Air terjun yang satu ini sebenarnya berada di perbatasan Kroasia, tepatnya di sisi selatan Doljane di taman Nacionalni Una (Bosnia dan Herzegovina).

Air terjun Štrbački Buk memiliki ketinggian sekitar 25 m. Apabila kamu berencana ke air terjun ini, kamu bisa mengambil langkah dari Orasac R408. Dari sana kamu akan mengikuti arah menyusuri sungai Una ke arah utara. Dari sana jarak yang kamu tempuh untuk ke Štrbački Buk sekitar 8 km perjalanan lamanya.

Di sekitar air terjun kamu akan menemukan rute arung jeram sungai Una dengan jarak turun mencapai 18 hingga 24 meter. Tidak jauh dari hulu sungai Una kamu juga dapat melihat air terjun Tufta.

Bagaimana, apakah kamu sudah siap menjelajah dan berpetualang dengan air terjun di Kroasia?



Leave a Reply