10 Tempat Wisata Susur Sungai Terbaik di Asia


Reni  September 19, 2022  0 Comment

Jika dahulu, sungai dijadikan sebagai jalur transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya, kini beberapa sungai tidak hanya digunakan sebagai jalur transportasi, melainkan juga digunakan sebagai objek wisata. Lantaran keindahan panorama alam, yang ada di sekitar sungai itu sendiri. Yang menarik adalah wisata susur sungai terbaik di Asia sendiri cukup banyak. Berikut adalah 10 tempat wisata susur sungai terbaik yang ada di Asia.

1. Sungai Chao Phraya, Thailand

sungai Chao Phraya
bestpricetravel.com

Adapun wisata susur sungai yang pertama akan dibahas adalah sungai Chao Phraya yang ada di kota Bangkok, Thailand. Tidak hanya indah dilihat di siang hari, namun sungai yang satu ini juga terlihat cantik ketika malam hari.

Anda dapat menikmati suasana urban yang kental, dengan pemandangan sungai Chao Phraya tersebut dengan menggunakan kapal pesiar. Terutama di lantai 2 dengan area terbuka, para pengunjung akan disuguhkan dengan dapur terbuka, hiburan menarik pada saat makan malam.

Pada malam hari, Anda dapat memandangi kota Bangkok terlihat tenang, namun tetap terlihat meriah. Terutama di sungai Asiatique the Riverfront, terlihat menyala nyala, karena dikelilingi oleh aneka gedung pencakar langit.

Sungai Chao Phraya ini sendiri sudah menjadi sarana transportasi penting sejak koa Bangkok didirikan, pada tahun 1782.   

Gotravelly

Telusuri Bangunan Tua Bersejarah Di Malaka, Malaysia

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?

2. Sungai Melaka, Malaysia

Sungai Melaka
medisata.com

Adapun wisata susur sungai terbaik di Asia berikutnya adalah sungai Melaka di Malaysia. Dimana kali ini Anda akan diajak untuk menyusuri kota tua nan eksotik, Melaka, dengan menggunakan perahu.

Tour kali ini akan melewati kota kota tua Melaka yang ada di sepanjang sungai. Mulai dari bangunan Stadthuys, yang didirikan oleh Belanda, namun berarsitektur Portugis, dan juga ada juga perkampungan hasil akulturasi budaya Melayu dan China.

Yang tidak banyak orang sadari adalah, sungai ini jadi saksi bisu, tentang Melaka, sejak kedatangan Belanda pada tahun 1641 hingga 1795. Dimana Belanda sendiri, tidak terlalu fokus membangun Melaka, namun lebih membangun Batavia.

3. Trang An, Ninh Binh, Vietnam

Trang An, Ninh Binh, Vietnam
indochinavoyages.com

Trang An sendiri adalah Taman Nasional yang dekat dengan Ninh Binh, yang ada di Vietnam. Dimana wilayah tersebut, merupakan komplek lansekap Trang An Scenic, yang didaulat sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Kali ini para wisatawan akan diajak untuk menikmati hutan, dan tebing tebing tinggi yang ada di sepanjang sungai Trang An tersebut. Tidak hanya itu, para wisatawan juga diajak untuk menikmati aneka gua yang ada di tebing, dan dialiri oleh sungai. Bahkan para wisatawan dapat menelusuri kawasan tersebut hingga jauh ke perut bumi dengan menggunakan perahu.

4. Clarke Quay, Singapura

 Clarke Quay
befreetour.com

Kapal yang satu ini lebih disebut dengan taksi air. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan sungai Melaka, dimana kali ini, para wisatawan akan diajak untuk menikmati Singapura pada masa lampau, hingga ke sisi modern. Dimana kali ini Singapore River Cruise sendiri mempunyai drop point di Clarke Quay, Boat Quai dan juga Merlion Park.

5. Tombori River Cruise, Jepang

Tombori River Cruise, Jepang
osaka-info.jp

Beralih ke Jepang, kali ini Anda akan mengunjungi kota Don Donburi. Dimana ini termasuk salah satu kota yang padat dengan kehidupan urban di Jepang. Namun yang menarik adala, Anda dapat menikmati kota tersebut dari sisi sungai, yaitu Tombori. Kali ini para wisatawan akan diajak berlayar di sebuah sungai yang agak sempit, dengan menggunakan Tombori River Cruise, dengan durasi sekitar 20 menit.

Kapal akan berangkat dari dermaga yang ada di jembatan Yazaemon Bashi. Di sepanjang sungai, mata Anda akan disuguhkan dengan lalu lintas kota yang tenang, sisi kota yang selalu riuh dengan pertokoan, para pejalan kaki, serta deretan mobil yang merayap. Tentunya ini akan jadi salah satu pengalaman unik tersendiri bagi para pelancong.

6. Sungai Kapuas, Pontianak , Indonesia

Sungai Kapuas, Pontianak , Indonesia
kalbarterkini.pikiran-rakyat.com

Selain dikenal dengan kota Khatulistiwa, Pontianak juga dikenal dengan banyak sungai. Salah satu yang paling terkenal adalah sungai Kapuas. Kali ini, susur sungai akan dilakukan dari dermaga yang ada di Alun Alun Kapuas.

Kapal cantik nan berwarna warni tersebut, berangkat dengan durasi perjalanan sekitar 30 menit. Para wisatawan akan diajak untuk menikmati indahnya pemandangan alam yang ada di sekitar sungai Kapuas, sambil ditemani oleh live musik dari para pemuda atau pemudi lokal.

7. Sungai Ayung, Bali, Indonesia

Sungai Ayung, Bali, Indonesia
travel.kompas.com

Jika biasanya Anda akan menjelajahi keindahan panorama sungai dengan menggunakan kapal pesiar, maka tidak ketika Anda mengunjungi Sungai Ayung yang ada di Bali, Indonesia. Lebih tepatnya ini akan jadi lokasi susur sungai menarik, sekaligus menantang adrenalin Anda.

Karena di tempat ini, Anda akan menikmati indahnya pemandangan alam yang ada di sepanjang sungai dengan menggunakan perahu karet, atau dengan cara arung jeram.

Di sepanjang jalur sungai, para wisatawan akan diajak untuk menikmati indahnya alam pedesaan, hijaunya area persawahan, air terjun, dan juga relief cantik, yang sengaja dipahat di beberapa tebing yang ada di sepanjang sungai. Yang pasti objek wisata yang satu ini terbilang aman untuk keluarga. Karena mempunyai grade jeram yang beragam dan aman untuk pemula sekalipun.

8. Sungai Han Korea Selatan

Sungai Han Korea Selatan
agoda.com

Apabila Anda mengunjungi Korea Selatan, ada baiknya jika Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi sungai Han, dimana sungai tersebut termasuk ke dalam salah satu wisata susur sungai terbaik di Asia.

Menggunakan kapal bernama Eland Cruise, yang mampu menampung sekitar 100 orang penumpang, para wisatawan kali ini akan diajak berkeliling selama 40 menit. Di sepanjang perjalanan, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan gedung gedung tinggi, dan pemandangan alam yang cantik dari bawah jembatan. Yang menarik di sepanjang perjalanan, Anda dapat memberi makan burung burung camar, yang terlihat sangat jinak.

9. Sungai Yangtze, China

sungai Yangtze
ihram.republika.co.id

Jika Indonesia mempunyai sungai Kapuas yang terkenal, maka China mempunyai sungai Yangtze. Termasuk sungai terpanjang di China, sudah sejak lama dijadikan sebagai salah satu rute transportasi  air utama. Kali ini para wisatawan juga dapat menikmati keindahan sungai Yangtze, dari kapal pesiar.

Di sepanjang Sungai, para wisatawan akan diajak untuk menikmati beberapa spot wisata yang terbilang menarik, seperti Fengdu Ghost City, yang ada di bagian utara provision Chongqing, China. Ada juga White Emperor City, dengan cukup banyak spot foto yang unik. Berikutnya ada Zhangjiajie, yang situasinya mirip dengan film Avatar.   

10. Sungai Gangga dan Brahmaputra, India

sungai Gangga dan Brahmaputra
travel.detik.com

Yang terakhir ada susur sungai Gangga dan Brahmaputra yang berasal dari India. Dengan menggunakan kapal pesiar Avalon Waterways, Anda akan diajak untuk menikmati beberapa desa desa cantik yang ada di sepanjang sungai, dan mengunjungi beberapa kuil yang ada di sepanjang perjalanan.

Sedangkan ketika Anda menyusuri sungai Brahmaputra, Anda akan diajak untuk menikmati wisata fauna, seperti menikmati badak dengan 1 tanduk, harimau Benggala, dan yang lainnya.

Demikianlah beberapa objek wisata susur sungai terbaik di Asia, yang perlu Anda ketahui. Anda yang suka dengan objek wisata alam, dan berniat untuk berwisata ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati objek wisata baru, yaitu menyusuri sungai sungai yang cantik. Pastinya akan jadi kenangan tersendiri, karena Anda membuat sebuah liburan menarik dan berbeda dengan liburan biasanya.



Leave a Reply