aldilasalma | Traveler
Ngawi, Jawa Timur, Indonesia | Garden
08 Mar 2020


Ngadem di Kebun Teh Jamus. Pemandangan dan Udaranya Bikin Males Pulang!
Masih dalam suasana pulang kampung dan cari wisata alam. Destinasi selanjutnya yang jadi tujuanku adalah Kebun Teh Jamus. Selain bisa melihat pemandangan yang indah, udara disini sejuk banget!

How to Get There

Hiruk pikuk kota emang kadang bikin penat dan lelah. Maka dari itu edisi pulang kampung kemarin aku manfaatin buat jalan-jalan ke daerah yang masih alami dan penuh ijo-ijoan. Itung-itung refreshing dan cuci mata biar nggak menghadap komputer terus kan yak. Setelah seharian explore kota Magetan mulai Genilangit, hingga Kebun Refugia, besoknya kami menuju ke perkebunan teh yang ada di Ngawi.

kebun teh jamus

Namanya adalah Kebun Teh Jamus. Mungkin beberapa kalian udah nggak asing dengan wisata yang satu ini karena sudah ada sejak zaman Belanda lho. Kebun ini memiliki luas kurang lebih 478 Hektar yang penanganannya dibawah manajemen PT Candiloka. Dan di Kebun Teh Jamus ini tidak hanya ada teh hijau saja lho, melainkan ada teh hitam, teh putih, hingga benalu teh yang ternyata bermanfaat untuk bahan pembuatan obat.

 

What to Do

Oke lanjut yak, perjalanan dari rumah ke Kebun Teh Jamus ini memakan waktu kurang lebih satu jam setengah. Dengan medan yang sedikit berkelok-kelok dan menanjak. Tapi tenang aja kalian nggak bakalan bosen deh, karena selama diperjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan yang seger-seger alias kebun dan sawah-sawah yang hijau. Ditambah udara yang juga mulai terasa sejuk saat mendekati perkebunan ini.

kebun teh jamus

Begitu memasuki kawasan Kebun Teh Jamus ini kalian harus stop dulu di loket untuk membayar tiket masuk dan juga uang parkir. Disini dikenakan biaya Rp 10.000,- per orang dan parkir mobil yang juga dikenakan harga Rp 10.000,-. Selesai membayar kalian akan diberi karcis dan juga teh kopi per orangnya. Wahh, gimana tuh rasanya teh kopi? Mari kita coba saat udah dirumah yaa hehehe.

kebun teh jamus
kebun teh jamus
Kami memilih parkir di tempat yang agak atas, yaitu didekat kolam renang dan sumber lanang. Entah kenapa karena kalau kesini belum lihat si kolam renang ini kayak belum ke Kebun Teh Jamus aja bagi aku. Karena dulu waktu kecil sering banget diajak renang disni bareng saudara. Tapi kalau sekarang sih kok jadi takut kedinginan ya? Hehehe. Nah, tapi buat yang mau renang udah deh langsung jeburrr aja karena air dari kolam renang ini langsung dari air sumber tanpa ada campuran obat atau kaporit. Apalagi airnya terus menerus mengalir, jadi nggak ada deh air yang mengendap. Segerrr banget!

kebun teh jamus

kebun teh jamus
Ditepi kolam renang juga ada gazebo yang diatas sungai kecil. Kalian bisa nyantai duduk-duduk disana. Buat yang bawa bekal dari rumah cocok banget deh dinikmati disana, apalagi kalau ramai-ramai wahhh seru banget. Oiya sungainya ini airnya juga beningggg banget. Bawaanya kepingin main air deh kalau disini. Sayang, sungai ini nggak boleh dibuat main air karena takut airnya kalau sudah di hilir bakalan kotor.

kebun teh jamus
kebun teh jamus

kebun teh jamus

Nah saatnya naik ke kebun tehnya! Untuk bisa ke tengah-tengah hamparan kebun teh ini kalian harus nanjak sedikit. Tenang... sedikit kok! Disana kalian bener-bener bisa ngerasain kayak di film Heart yang pemainnya Acha sama Irwansyah itu lo hahaha. Karena sejauh mata memandang yang kalian lihat hanyalah kebun teh, langit, dan kabut tipis yang menambah suasana jadi makin adem banget diamana suasana begini nggak bisa kalian temui di kota besar. Hmmm rasanya beneran betah deh kalau tiap hari melihat pemandangan kayak gini terus, nggak mau pulang!

kebun teh jamus
kebun teh jamus

kebun teh jamus
Puas menikmati suasana di Kebun Teh Jamus ini, kami memutuskan untuk turun dan akan ke wisata selanjutnya yait Candi Cetho. Tapi sebelum keluar kawasan perkebunan ini kami berhenti sebentar di pabrik teh yang sudah berdiri sejak tahun 1928 dan masih beroperasi hingga saat ini. Tentu saja teh yang dihasilkan masih sangat autentik dan didapatkan dari penyulingan dari tumbuhan teh disini. Wah, jadul banget ya!

 

kebun teh jamus
kebun teh jamus

Tips and Trick

1. Datang pagi hari, udaranya masih bersih banget!

2. Bawa pakaian renang buat kalian yang mau berenang

3. Jangan merusak fasilitas

4. Jangn buang sampah sembarangan

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY