7 Wisata Alam di Purbalingga, Keindahannya Menghipnotis


Fida  November 1, 2022  0 Comment

Purbalingga dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan tempat wisata, khususnya wisata alam. Ada cukup banyak pilihan wisata alam di Purbalingga yang bisa kamu datangi mulai dari bukit hingga air terjun. Saat berlibur ke Purbalingga, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi salah satu dari banyaknya pilihan tempat wisata yang ditawarkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Purbalingga yang bisa kamu datangi. 

1. Puncak Sendaren

puncak sendaren
sikidang.com

Salah satu rekomendasi tempat wisata alam di Purbalingga yang menarik untuk kamu datangi adalah Puncak Sendaren. Puncak Sendaren menyuguhkan indahnya pemandangan alam serta suasana yang masih sangat alami. Pengunjung akan disuguhkan dengan indahnya hamparan pengijauan dan perbukitan yang dapat dinikmati dari ketinggian. 

Tidak jarang Puncak Sendaren didatangi bagi mereka pecinta foto. Bagaimana tidak, terdapat banyak spot menarik dan instagramable yang disuguhkan di kawasan puncak ini. Kamu dapat mengunjungi Puncak Sendaren di Jalan Ardi Lawet, Panusupan, Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Meskipun harus berjalan kaki dan melewati jalanan yang cukup menantang untuk menuju ke puncak, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menghabiskan waktu di Puncak Sendaren. Selain menyuguhkan pemandangan indah di pagi dan sore hari, kamu juga dapat menikmati indahnya lampu lampu kota dari Puncak Sendaren saat malam hari. 

Untuk datang dan menyusuri kawasan wisata, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Puncak Sendaren juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya tempat parkir, tempat beistirahat, hingga toilet. 

Gotravelly

Selasar Wonosalam, Tawarkan Pengalaman Seru Offroad Di Lereng Gunung Anjasmoro

Berjalan Menikmati Alam Di Bukit Selogajah

2. Bukit Mertelu

bukit mertelu
idntrip.com

Tempat wisata alam di Purbalingga yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Bukit Mertelu. Bukit dengan ketinggian mencapai 900 meter di atas permukaan laut ini menyuguhkan udara yang sejuk dan segar. Wisata alam yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran dan melepas penat. 

Selain dikenal dengan suguhan pemandangan alamnya yang indah, Bukit Mertelu juga menawarkan banyak spot instagramable untuk berfoto. Salah satu spot yang paling menarik adalah balon udara dan ayunan gantung. Pengunjung juga dapat mencoba hal baru dengan menikmati pemandangan dari gardu pandang yang disediakan. 

Jika ingin mengunjungi Bukit Mertelu, kamu dapat menuju ke daerah Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Pastikan kamu datang dalam keadaan fit karena untuk menuju ke puncak bukit, pengunjung harus berjalan kaki. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di puncak Bukit Mertelu. Pengunjung juga tidak dikenakan biaya mahal untuk masuk ke kawasan bukit ini. Harga tiket masuk hanya dibandrol Rp 5.000,- per orang. 

3. Curug Tempuran

Wisata Alam di Purbalingga
ihategreenjello.com

Selain bukit, wisata alam di Purbalingga yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah curug atau air terjun. Curug Tempuran menjadi salah satu wisata populer di Purbalingga yang bisa kamu kunjungi di Jalan Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. 

Wisata alam yang satu ini berlokasi cukup jauh dari pemukiman, oleh karena itu, tidak heran jika pengunjung dapat merasakan suasana yang tenang di Curug Tempuran. Selain aliran air yang deras dan jernih, curug ini juga memiliki pepohonan asri di sekelilingnya. Pengunjung dapat memilih untuk bersantai di sekitar air terjun maupun mencoba bermain air dan berenang. Seru sekali bukan? 

Jalanan yang masih cukup sulit dilalui menjadikan pengunjung harus berhati hati untuk tiba di lokasi air terjun. Bagi pecinta foto, Curug Tempuran juga menawarkan banyak spot menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto. 

4. Curug Nagasari

curug nagasari
alakota.com

Curug Nagasari juga menjadi salah satu destinasi wisata alam di Purbalingga yang direkomendasikan untuk kamu datangi. Dengan ketinggian mencapai lebih dari 75 meter, pengunjung akan dimanjakan dengan aliran air yang deras dan jernih. Tebing dan pepohonan di sekitar air terjun juga menjadikan Curug Nagasari tampak semakin mempesona. 

Pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dan nyaman saat berada di kawasan Curug Nagasari. Tidak hanya dapat menikmati keindahannya, pengunjung juga dapat mencoba bermain air hingga berenang di bawah air terjun. Curug Nagasari sangat cocok dikunjungi sebagai lokasi untuk melepas penat maupun menenangkan diri. 

Dengan membayar tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang, pengunjung sudah bisa bersantai dan menikmati keindahan air terjun. Curug Nagasari dapat kamu datangi di daerah Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Datang dan menghabiskan waktu berlibur di jernihnya Curug Nagasari tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. 

5. Situ Tirta Marta

situ tirta marta
banyumas.tribunnews.com

Suka bermain air? Tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke Situ Tirta Marta. Situ Tirta Marta merupakan salah satu wisata alam di Purbalingga yang menawarkan perairan jernih. Di tempat ini, pengunjung tidak hanya dapat berenang, tetapi juga dapat mencoba hal menarik yakni foto underwater. 

Karena memiliki perairan yang jernih, pengunjung dapat berfoto dengan jelas di bawah air. Tidak hanya itu, Situ Tirta Marta juga menyediakan banyak benda di dalam air sebagai atribut foto seperti televisi hingga stik untuk bermain game. 

Perairan jernih di Situ Tirta Marta berasal dari sumber mata air alami. Kamu dapat mengunjungi destinasi wisata alam ini di kawasan Karangcegak, Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Jika ingin merasakan suasana tenang, kamu dapat datang ke Situ Tirta Marta saat weekday. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 5.000,- per orang untuk datang dan menikmati indahnya wisata ini. 

6. Curug Sumba

curug sumba
idntrip.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu tempat wisata alam di Purbalingga, kamu dapat mengunjungi indahnya Curug Sumba. Wisata alam yang satu ini menawarkan indahnya air terjun dengan aliran yang bersih dan jernih. Untuk menyusuri Curug Sumba, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni Rp 3.000,- per orang. 

Bagi pecinta foto, Curug Sumba menawarkan banyak spot menarik dan instagramable. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencoba pengalaman seru seperti bermain air hingga berenang di bawa air terjun. Suasana yang tenang dan nyaman menjadikan tempat ini cocok kamu datangi untuk menghabiskan waktu berlibur. 

7. Curug Nini

curug nini
sikidang.com

Satu lagi rekomendasi tempat wisata alam di Purbalingga yang menarik untuk kamu datangi yakni Curug Nini. Curug Nini merupakan wisata air terjun yang bisa kamu datangi di kawasan Pager Andong, Kecamatan Brebet, Kabupaten Purbalingga. 

Tidak kalah dengan air terjun lainnya, Curug Nini juga menyajikan wiasta air terjun dengan perairan yang jernih dan bersih. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk datang dan berlibur ke Curug Nini. 

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi tempat wisata alam di Purbalingga yang menarik untuk kamu kunjungi. Saat berkesempatan datang dan menghabiskan waktu berlibur di Purbalingga, tempat wisata manakah yang paling ingin kamu datangi? 



Leave a Reply