Berenang Bersama Puluhan Penyu di Pantai Meleura Raha

pantai meleura raha

pribadiganda | Tourist
Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia | Beach Exploring
22 Apr 2020


Berenang Bersama Puluhan Penyu di Pantai Meleura Raha
Pantai Meleura di Raha yang selain terkenal dengan air laut jernihnya, juga tampak eksotis dengan tebing-tebing indah dan penyu-penyu yang bisa diajak berenang bersama.

How to Get There

Saat berkunjung atau berwisata di Raha, salah satu wisata pemandian pantai yang sangat direkomendasikan (high recommended) adalah Pantai Meleura. Selain karena keindahannya, pantai ini juga memiliki fasilitas alami nan eksotis yang wajib untuk dinikmati.

Terletak di Desa Lakarinta, Kecamatan Logia, Kabupaten Muna, Pantai Meleura dapat diakses mudah baik dengan mobil maupun motor. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari Raha, ibukota Kabupaten Muna, hampir setengah jam untuk tiba di lokasi pantai, karena saat ini akses jalan sudah cukup mulus dan aman.

Lokasi Pantai Meleura yang cukup jauh dari jalan raya dan padatnya lalu lintas kendaraan membuat udara di pantai ini bersih dan cukup sejuk. Bahkan bila disaksikan dari puncak tebing sebelum gerbang masuk pantai, pemandangan Pantai Meleura menyerupai dengan Raja Ampat di Papua Barat.

pantai meleura raha
pantai meleura raha

What to Do

Ketika pertama kali tiba di lokasi, pengunjung akan disajikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Berdiri di atas tebing setinggi hampir 50 meter sembari menyaksikan deretan tebing-tebing batu kawasan Pantai Meleura sungguh memanjakan mata.

Hampir semua pengunjung terlebih dahulu berhenti di gerbang masuk ini dan mengabadikan momen atau sekedar menikmati pemandangan. Di sini juga berdiri papan nama bertuliskan 'PANTAI MELEURA' yang bisa diabadikan dalam foto untuk menjadi bukti bahwa pernah berkunjung ke tempat tersebut.

pantai meleura raha
pantai meleura raha
pantai meleura raha
Selanjutnya masuk ke dalam kawasan pantai, pengunjung dapat langsung menyaksikan laut pantai yang biru jernih. Begitu melihat warna laut seperti ini, biasanya pengunjung sudah tidak sabar untuk terjun dan berenang ke dalam lautnya.

pantai meleura raha
pantai meleura raha
Selain air yang cukup jernih, kedalaman lautnya juga hanya berkisar satu sampai dua meter, sehingga anak-anak kecil juga banyak yang turun berenang. Ditambah lagi kadar garam air lautnya yang tidak terlalu tinggi akibat pencampuran beberapa mata air dari tebing di sekitar kawasan pantai, sehingga membuat siapa saja betah berlama-lama berenang di sini.

Bila ingin mencoba atraksi lain, pengunjung juga bisa menyewa fasilitas sampan atau perahu bebek untuk berkeliling di sepanjang tebing-tebing batu dalam kawasan pantai. Selain itu, ada juga situs gua yang dapat disusuri. Gua tersebut merupakan peninggalan pada masa kolonial Belanda.

pantai meleura raha
pantai meleura raha
Hal yang paling menarik bagi pengunjung dari Pantai Meleura adalah penangkaran penyu. Dengan pasir putih yang indah dan laut yang bersih, membuat warga berinisiatif mendirikan satu lokasi situs untuk pengembangbiakan penyu. Penangkaran penyu tersebut mulai difungsikan dari tahun 2018 lalu.

pantai meleura raha
pantai meleura raha
Situs penangkaran penyu ini terletak di bagian utara pantai. Berjarak sekitar 250 meter dari  lepas pantai, lokasinya dapat dijangkau dengan sampan atau perahu bebek. Penangkaran penyu itu sendiri berupa teluk yang dikelilingi tebing batu, di mana tebing-tebing itu menjadi pagar yang melindungi penyu-penyu di dalamnya.

Terdapat sekitar 21 ekor penyu yang hidup di dalam penangkaran. Tidak diketahui penyu-penyu itu dari jenis apa saja, yang pasti ukuran penyu bervariasi mulai dari yang paling kecil seberat 10 kilogram sampai paling berat mencapai 50-an kilogram. Di dalam penangkaran juga hidup beberapa spesies ikan.

Penyu-penyu yang hidup di penangkaran tidak hanya dapat disaksikan, pengunjung bahkan diperbolehkan turun berenang ke dalamnya. Berenang dan berpotret bersama kawanan penyu menjadi salah satu pengalaman berharga bila berkunjung di Pantai Meleura.

pantai meleura raha
pantai meleura raha
pantai meleura raha
Pantai Meleura selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan luar maupun masyarakat setempat. Bahkan di akhir pekan dan hari-hari libur, pantai ini menjadi sangat padat oleh orang-orang yang datang berkunjung.

Selain dijadikan sebagai destinasi wisata, Pantai Meleura adalah sebuah pelabuhan kecil. Sebelumnya, pantai ini bernama Pelabuhan Antareja. Pengubahan nama menjadi Pantai Meleura dilatari kisah yang masih diingat oleh warga setempat.

Nama Meleura sendiri berasal dari kata Nobele’ (terbalik) dan Ure (air laut pasang). Namanya terinspirasi dari kisah seorang pelaut bernama La Ifu yang kapalnya terbalik dan membuatnya nyaris tenggelam. La Ifu yang memang tidak pandai berenang akhirnya selamat saat dia dan kapalnya terdampar di tepi pantai. Sehingga pantai itu dinamakan Pantai Meleura.

pantai meleura raha
pantai meleura raha
Bila beruntung, pengunjung juga dapat menyaksikan Festival Pantai Meleura yang biasa digelar di akhir tahun. Festival tersebut menampilkan berbagai macam atraksi khas daerah Muna, mulai dari seni budaya, kelestarian alam dan lingkungan, kearifan lokal, pariwisata, sampai olahraga.

Tips and Trick
  1. Bila sempat, berkunjunglah selain di hari libur agar tidak berdesakan dengan pengunjung lain dan lebih leluasa menikmati pemandangan pantai.

  2. Makanan dan jajanan tersedia di dalam kawasan pantai, jadi tidak perlu khawatir saat ingin mengisi perut.

  3. Membawa pakaian ganti dan alat berenang bila ingin mencoba berenang bersama penyu-penyu.

  4. Tidak ada biaya karcis masuk ke dalam pantai, tapi parkir kendaraan dikenakan 5.000 rupiah untuk satu motor dan 15.000 rupiah untuk satu mobil.

  5. Biaya sewa sampan atau perahu bebek hanya 50.000 rupiah, bebas untuk mengelilingi tebing-tebing indah di dalam kawasan pantai.

  6. Tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.
  7. pantai meleura raha
    pantai meleura raha

Where to Stay
Tersedia beberapa tempat penginapan di sekitar kawasan wisata. Penginapan-penginapan tersebut berlokasi tepat di depan pantai, sehingga pemandangan laut pantai dapat disaksikan dari kamar.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY