5 Air Terjun di Wonosobo yang Bisa Kamu Kunjungi di Waktu Libur


Jehan  November 4, 2022  0 Comment

5 air terjun di Wonosobo – Saat berkunjung ke Wonosobo, mungkin kamu lebih identik dengan destinasi Dieng sebagai wisata yang ada di salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Namun tidak hanya wisata tersebut saja yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kota ini. Melainkan Wonosobo juga memiliki deretan daftar air terjun yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai destinasi wisata setiap saat.

Kabupaten yang dikenal sebagai kota seribu gunung ini memiliki keindahan alam yang sangat menarik untuk dinikmati saat berlibur. Apa saja wisata air terjun yang cocok dan dapat kamu kunjungi saat berlibur?  

Berikut 5 destinasi wisata air terjun di Wonosobo yang dapat kamu kunjungi saat berlibur.

1. Air Terjun Tritis Surga Bidadari

air terjun tritis surga bidadari
merdeka.com

Tritis Surga Bidadari adalah salah satu wisata air terjun di Wonosobo yang memiliki keindahan alam dengan ekosistem yang masih terjaga. Tidak jarang hal tersebut membuat Tritis Surga Bidadari dijuluki sebagai air terjun yang masih perawan karena belum banyak dijelajahi oleh para wisatawan. Tepatnya berada di jalan raya Kaliwiro, desa Gumelar, kecamatan Wadaslintang, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tritis Surga Bidadari adalah salah satu wisata alam yang masih terjaga keasrian alamnya. Jika berkunjung ke wisata ini, kamu harus melewati medan perjalanan yang cukup menantang. Perjalanan menuju ke lokasi akan melewati sungai dengan arus yang tidak begitu deras. Meskipun membutuhkan usaha yang lebih menuju titik destinasi, sesampainya di air terjun Triti Surga Bidadari, kamu akan disambut oleh pemandangan dan suasana yang menarik.

Tritis Surga Bidadari akan memberimu pemandangan indah dengan suasana dingin disertai udara yang sangat menyejukkan. Air terjun yang satu ini masih memiliki ornamen asli dari  kekayaan alam yang ada di sana. Saat berkunjung ke destinasi ini, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan beragam yang menyenangkan dari alam. Selain itu keasrian lingkungan yang masih terjaga dari tritis surga bidadari ini juga akan membuat kita merasa rileks. Udara yang segar, pemandangan yang hijau dan alami akan semakin membuat liburan kita menjadi semakin berwarna. Tritis Surga Bidadari sangat cocok menjadi pilihanmu jika kamu menyukai perjalanan wisata dengan alam yang masih terjaga.

Gotravelly

Mie Ongklok Pak Muhadi ; Mie Kuning Dengan Kuah Kental Khas Wonosobo!

Berpetualang Di Negeri Atas Awan Gunung Prau Sambil Menikmati Best Sunrise And Sunset Ever!

2. Air Terjun Sigludug

air terjun sigludug
travel.detik.com

Air terjun Sigludug akan menjadi rekomendasi yang paling pas untuk kamu datangi jika kamu termasuk tipikal orang yang menyukai pemandangan unik. Tampilan dari air terjun ini sedikit berbeda dari air terjun pada umumnya. Tepatnya terletak di dusun Lamuk, desa Kalidesel, kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Air terjun ini berada di bawah kaki gunung Bismo dengan ketinggian 1225 mdpl.

Berbeda dari wisata air sebelumnya, Sigludug adalah destinasi wisata air yang telah dikelola oleh kelompok sadar wisata yang bernama Pokdarwis Langgeng Lestari. Jika kamu berkunjung ke Sigludug, kamu akan banyak disuguhkan keistimewaan dari destinasi yang satu ini. Sigludug memiliki dua macam air terjun, yakni air terjun hangat dengan ketinggian 30 meter dan air terjun dingin yang memiliki ketinggian 75 meter.

Saat kamu berkunjung ke sini, keunikan Sigludug akan dapat kamu lihat dari air terjun hangat yang memiliki bentuk menarik. Mata kita akan disuguhkan pemandangan yang berbeda dengan bentuknya. Sekilas tampilan dari air terjun Sigludug ini akan tampak seperti akar yang membentang dari atas hingga ke bawah yang menghasilkan aliran air yang cukup tenang. Tidak hanya itu saja, air terjun dingin Sigludug yang terdiri dari 4 trap air ini juga memiliki gua di belakangnya.

Selain itu salah satu air terjun di Wonosobo ini tidak hanya memiliki pemandangan yang unik saja, melainkan penamaan dari tempat wisata air ini juga memiliki asal-usul yang tidak kalah menarik. Nama air terjun ini diambil dari suara gumuruh yang biasa terdengar dari air terjun. Selain itu, juga diambil dari bebatuan jatuh yang menghasilkan suara ‘gludug’, dari situlah nama Sigludug berasal.

3. Air Terjun Winong

air terjun winong
tripadvisor.co.id

Air terjun Winong atau Curug Winong merupakan sebuah air terjun yang berada di selatan kota Wonosobo. Tepatnya di desa Winongsari, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berkunjung ke sini akan membawamu berpetualang dengan pemandangan menarik yang tentunya akan memanjakan mata.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter dan dikelilingi bebatuan dengan ukuran besar serta hamparan tanaman hijau yang membentang, Curug Winong akan memberikan sebuah pemandangan khas yang dapat membawamu ke dalam suasana tenang. Pemandangan hutan yang lebat dan hijau akan menemani pengunjung selama berada di destinasi ini hingga membuatmu tidak berhenti berdecak kagum saat berkunjung ke Curug Winong.

Saat berkunjung ke air terjun ini, kamu akan diminta untuk menempuh perjalanan beberapa ratus meter terlebih dahulu sebelum akhirnya sampai di lokasi. Tentu saja kamu tidak perlu khawatir, setelah menempuh perjalanan dan sampai di titik utama Curug Winong ini, lelahmu akan terbayar dengan pemandangan indah. Sejuknya dan dinginnya udara dari Curug Winong akan membuat liburanmu menjadi semakin menyenangkan dan menghilangkan penatmu.

4. Air Terjun Sikarim

air terjun sikarim
nativeindonesia.com

Air terjun Sikarim dapat menjadi salah satu pilihan untukmu yang ingin berwisata air terjun di Wonosobo. Sikarim berada diantara gunung Bisma dan gunung Sikunir yang memiliki ketinggian 1800 mdpl. Tepatnya di desa Mlandi, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Air terjun yang merupakan aliran air dari telaga Cebong ini, dapat kamu akses dengan berjalan kaki dari lokasi parkir kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 30 meter perjalanan kaki. Jalanan menuju air terjun yang telah rapi dengan aspal ini akan membuatmu semakin mudah mengakses lokasi Sikarim mengalir. Dengan jarak dan kemudahan akses tersebut, kamu tidak perlu khawatir akan lelah yang berlebih saat berkunjung ke salah satu air terjun Wonosobo yang satu ini.

Sikarim yang memiliki ketinggian mencapai 125 meter dan letaknya di desa Sembungan mejadi salah satu air terjun tertinggi di pulau Jawa. Saat sampai di air terjun ini, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan air mengalir dari tebing yang sangat tinggi. Selain itu dengan pemandangan yang ada dari Sikarim, kamu dapat menjadikannya sebuah spot foto dengan latar belakang alam yang luas dan tidak ada habisnya. Namun jika kamu ingin berkunjung dengan waktu yang lebih lama atau bermalam, kamu juga bisa mencoba fasilitas camping yang dimiliki oleh wisata air terjun Sikarim.

5. Air Terjun Sirawe

air terjun sirawe
travel.tempo.co

Air terjun Sirawe atau yang juga disebut dengan Curug Sirawe ini merupakan salah satu wisata air yang ada di dekat dataran tinggi Dieng. Tepatnya berada di dusun Sigempol, desa Pranten, kecamatan Bawang, Jawa Tengah. Namun dari sisi lain air terjun Sirawe ini berada di dukuh Bitingan, desa Kepakisan, kecamatan Batur. Dari sisi ini, air terjun Sirawe berada di punggung gunung Prau yang ada di kawasan Banjarnegara.  

Air terjun Sirawe merupakan sebuah air terjun yang terbagi dalam lokasi berbeda yang jaraknya berdekatan. Air terjun terbagi di atas dan di dasar lembah. Hampir sama dengan air terjun Sigludug sebelumnya, Sirawe juga memiki dua jenis air terjun, yakni air terjun hangat dan dingin. Jika kamu berkunjung ke sini, sepanjang perjalanan yang kamu dapatkan saat berada di sekitar air terjun Sirawe merupakan pemandangan dari kawasan hutan lindung dan ladang pertanian. Di air terjun Sirawe, kamu juga bisa berendam dengan air hangat yang bersumber dari air terjun.

Itulah beberapa destinasi air terjun di Wonosobo yang bisa kamu jadikan pilihan wisata untuk berlibur setiap saat. Pilihan wisata air terjun yang ada di Wonosobo ini tidak jauh menarik dari wisata alam lainnya dan tentunya akan memberikanmu pengalaman liburan yang berbeda. Bagaimana, apakah kamu sudah menentukan pilihan air terjun yang akan dikunjungi saat berlibur ke Wonosobo nanti?



Leave a Reply