Lezatnya Soto Ayam Khas Madura ini Bikin Lidah Ngga Berhenti Bergoyang

kuliner di madura

pritagizela | Tourist
Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia | halal
17 Oct 2019


Lezatnya Soto Ayam Khas Madura ini Bikin Lidah Ngga Berhenti Bergoyang
Apa yang ada dipikiran kalian kalo denger soal Soto Madura? Jelas teringat dengan rasanya yang lezat kan? Soto SMU Khas Madura ini dijamin nagih, cobain deh!

Mumpung ada di Pamekasan, setelah puas jalan-jalan ke Pantai Talang Siring dan Vihara Avalokitesvara, aku menuju salah satu depot soto khas yang legendaris di Pamekasan yaitu Soto Madura Depot SMU.

kuliner di madura

Mungkin beberapa dari kalian beranggapan kalo Soto Madura itu pasti menggunakan daging sapi dan jerohannya yang kemudian disiram dengan kuah soto berwarna kuning yang gurih lalu ditaburi dengan daun bawang. Well, sebenernya ngga salah sih guys, soalnya diluaran sana Soto Madura sangat pepoler menggunakan daging dan jerohan sapi sebagai isiannya.

Tapi guys, kalo kalian dateng langsung ke Madura, apalagi ke Pamekasan, kalian pasti kesusahan buat menemukan Soto Madura dengan isian seperti itu. Ternyata nih guys, Soto Madura yang pake bahan daging sapi itu asalnya dari Bangkalan. Ya begitulah di Madura, setiap daerahnya selelu punya ciri khas kuliner yang berbeda.

Nah, kalo kalian main ke Pamekasan, selain bisa mencicipi Rujak Cingur yang khas, kalian juga bisa mencicipi Soto Ayam yang khas dan tempat yang paling rekomended buat menikmati Soto Ayam khas Pamekasan ini adalah Depot SMU yang ada di Jalan Raya Sumenep, Keppo, Pamekasan. Soto ayam ini juga sering disebut sebagai Soto Keppo karena lokasinya yang ada di daerah Keppo.

Warung makan ini ada di pinggir jalan raya dan punya dua area makan. Satunya didalam depot yang ukurannya ngga terlalu besar, didalam depotnya ada beberapa meja kursi dari kayu yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menikmati soto. Area makan yang kedua adalah disamping depot, yaitu rumah pemilik depot yang lumayan luas. Disini pengunjung bisa makan ala lesehan di teras rumahnya. 

kuliner di madura
soto ayam khas madura

Lalu, seperti apakah Soto Ayam Madura yang ada di Pamekasan ini? Pastinya beda dengan Soto Ayam yang sering aku makan di Surabaya (yang kebanyakan berasal dari Lamongan) dengan ciri khas kuah berwarna kuning plus taburan koya. Soto Ayam Madura ini punya kuah lebih bening dengan rasa yang light alias ngga terlalu berasa rempahnya. 

soto ayam khas madura
soto ayam khas madura

Untuk isiannya ada potongan ayam kampung, telur, kentang rebus, bihun, tauge goreng dan kerupuk krispi yang dihancurkan plus taburan bawang goreng diatasnya dan perasan jeruk nipis. Untuk menu pendampingnya, kalian bisa memilih menggunakan nasi atau ketupat. Kalo aku sih prefer pake ketupat guys, soalnya ketupat di Pamekasan ini punya tekstur yang lembut banget dan potongannya gede-gede. Kalo dimakan pake nasi pun juga ngga kalah enak guys.

soto ayam khas madura

Rasa kuah soto ayam ini gurih dan pas menurutku, karena aku cenderung lebih suka kuliner dengan rasa yang light alias ringan. Jadi soto ini rasanya super enak di lidahku, potongan ayamnya lumayan banyak dan yang bikin unik adalah rasa dari kerupuk yang krispi ini (yang mesipun udah kena kuah jadinya ngga krispi lagi), tapi cukup menambah keunikan dari Soto Ayam Madura ini.

soto ayam khas madura

Harga seporsi Soto Ayam Madura ini sekitar 10 Ribu sampe 15 Ribu guys. Murah banget kan? Iyalah murah banget, soalnya emang rata-rata harga makanan di Pamekasan ini cukup terjangkau guys. Ngga percaya? Buruan aja kalian dateng langsung dan cobain sendiri kulinernya.

So, kalian yang berencana buat jalan-jalan ke Madura, jangan lupa untuk memasukkan Soto Ayam Depot SMU ini ke dalam list tujuan kuliner kalian ya guys. Dijamin ketagihan deh sama rasanya!

Video by Gotravelly

Opening Hours
05.30 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY