9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas India Enak dan Murah


Reni  January 4, 2018  0 Comment

Oleh-oleh khas India adalah barang yang tidak boleh dilupakan saat Anda berkunjung ke negeri Taj Mahal. Negeri Shah Rukh Khasn ini mewarkan banyak sekali oleh oleh eksotis yang bikin kamu kebingungan memilihnya. Karena semua unik dan harganya juga tidak malah.Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda bawa langsung dari India mulai dari pakaian hingga manisan dan juga tips membawanya.

Chai atau Teh

chai india

Selain Indonesia, India juga terkenal akan teh atau chai yang memiliki wangi serta cara penyajian berbeda dari teh kebanyakan. Saat Anda datang berkunjung ke India, jangan lupa untuk membeli produk teh terbaik yang umumnya berasal dari Propinsi Darjeeling. Teh asli dari India umumnya berbentuk bulat kecil dan berwarna keruh. Untuk dibawa dalam bentuk oleh-oleh, belilah produk teh yang sudah dikemas dalam bentuk sachet dan saat sampai di Indonesia, seduh teh ini dengan air hangat maupun susu krim kental. Agar awet saat dibawa pulang langsung dari India, pastikan Anda meletakkan kemasan oleh-oleh teh ini di area yang cukup dingin dan tidak banyak mengalami tekananuntuk menjaga tekstur teh.

review kuliner dan wisata

Dosa

dosa khas india

Dosa termasuk street food khas India yang banyak ditemukan di pinggir jalan. Dosa sendiri memiliki tekstur yang renyah dan gurih diluar, namun lembut didalam. Hal tersebut tidak lepas dari bentuk adonan luar yang sekilas serupa dengan kue crepes. Adonan bagian dalam diisi dengan kacang dan beras yang sudah difermentasi, sementara untuk penyajiannya, dosa bisa dikombinasikan dengan es krim aneka rasa, yogurt, maupun saus buah yang dihaluskan.

Jenis makanan ini cocok dikonsumsi saat makan pagi maupun makan malam karena kadar karbohidratnya yang tinggi, namun dengan kadar kolesterol rendah. Saat Anda ingin membawa makanan dosa sebagai oleh-oleh, Anda bisa mencoba mencari ke toko oleh-oleh yang menjual bahan dosa dan meramu sendiri bahan di rumah. Jika tidak ada toko yang menjual bahan racik dosa, Anda bisa membeli makanan jadi dan memisahkan sausnya. Letakkan kue dosa dalam wadah kedap udara untuk menjaga citarasanya.

Samosa

Samosa India

Samosa adalah cemilan khas India yang berisi beragam sayuran dan sekilas terasa seperti pastel. Namun demikian, selain berisi sayuran dan ayam cacah, umumnya samosa juga bisa berisi keju atau buah cacah. Tidak hanya itu, samosa berbeda dari pastel yang biasa ditemui di Indonesia, karena pastel umumnya berbentuk setengah lingkaran sedangkan samosa berbentuk segitiga. Ketika Anda ingin membawa cemilan samosa sebagai oleh-oleh cemilan keluarga di tanah air, akan lebih baik jika Anda membeli samosa dalam bentuk setengah matang yang bisa langsung dimasak saat sampai di Indonesia. Pastikan produk samosa yang dibeli juga memiliki saus terpisah. Jika tidak, Anda bisa membuat saus sendiri dengan mencampurkan tumisan bawang putih dan bawang merah dengan keju yang dilelehkan.

Chapati

Chapati

Chapati termasuk varian roti gandum yang dibuat oleh masyarakat India sebagai pengganti nasi. Chapati sendiri dibuat dari adonan yang sengaja tidak dibiarkan mengembang dan memiliki rasa hambar. Itu sebabnya, chapati akan lebih baik jika disajikan dengan beragam sayuran olahan maupun kuah kari. Jika Anda ingin membawa roti chapati dari India ke tanah air, pastikan Anda mengemas roti dengan baik agar tahan lama dan bisa dipadukan dengan beragam lauk yang ada di Indonesia.

Ladoo

Ladoo manisan khas India

Jika Anda gemar menonton film India, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan ladoo yang merupakan manisan khas India. Secara umum, saat Anda membeli makanan ini sebagai oleh-oleh khas India, Anda akan menjumpainya dalam bentuk paket yang sudah lengkap dengan bumbu sajian. Ladoo juga merupakan makanan wajib saat ada acara keagamaan maupun perayaan pernikahan. Ketika mengkonsumsinya, Anda akan merasakan citarasa gurih dan manis karena ladoo terbuat dari kombinasi tepung kacang panjang, kelapa, dan mentega. Agar citarasanya tetap terjaga saat sampai di tanah air, simpan ladoo di area yang dingin dan tidak terkontaminasi udara terbuka.

Halwa

Halwa

Halwa atau gajar ka halwa adalah manisan asli India yang terbuat dari wortel. Makanan ini seringkali disajikan saat perayaan Idul Fitri atau Depawali. Jika dilihat dari kandungan gizinya, halwa sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena kandungan karbohidrat, serat, dan vitamin yang sangat tinggi. Dalam penyajiannya, halwa bisa dikombinasikan dengan saus yogurt atau susu. Saat Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di Indonesia, belilah halwa yang sudah dikemas dalam plastik kedap dan terpisah dari bumbunya. Jika tidak menemukan halwa yang sudah jadi, Anda bisa membeli bahan baku halwa yang sekiranya tidak ditemukan di Indonesia.

Naan

Naan

Naan adalah roti khas India yang sekilas memiliki rasa dan tekstur mirip dengan roti cane di Indonesia. Namun demikian, jika dilihat dari bahan baku dan cara pembuatannya, roti naan mampu memberikan rasa gurih, manis, dan renyah secara bersamaan. Roti naan sendiri diolah dari tepung ragi yang dimasak dengan tandoor. Roti naan dalam penyajiaannya, sangat cocok apabila dikombinasikan dengan ayam tandoori, palak paneer, kare, atau kheer. Saat Anda berniat membeli roti naan untuk dimakan di Indonesia, akan lebih baik jika Anda membeli produk roti naan beku yang bisa dioven saat tiba di Indonesia. Pastikan juga roti naan yang dibawa, dikemas rapat dalam plastik kedap udara.

Gulab Jamun

Gulab Jamun

Gulab jamun termasuk makanan manisan khas India yang umumnya disajikan sebagai hidangan penutup. Gulab jamun terbuat dari bahan bisquick, susu bubuk, susu cair, dan mentega yang mudah dilelehkan. Setelah digoreng matang, gulab jamun biasa disajikan dengan saus cokelat, sirup gula, atau sirup air mawar. Citarasa manis giruh yang diberikan dijamin akan membuat Anda ingin makan camilan yang satu ini tanpa henti. Namun demikian, saat Anda ingin membawa camilan manisan ini sebagai oleh-oleh, akan lebih baik jika Anda membeli produk gulab jamun setengah jadi yang bisa diolah sendiri di rumah. Umumnya bahan maupun produk gulab jamun bisa Anda dapatkan di supermarket yang ada di India.

Kulfi

Kulfi khas india

Jika Anda melihat sekilas, makanan khas India yang diberi nama kulfi tidak ada bedanya dengan es krim. Kulfi sendiri dibuat dari susu sapi segar yang dicampur dengan gula cair dan direbus memakai api kecil. Setelah menggumpal, adonan kulfi dimasukkan kedalam matka (wadah khusus yang terbuat dari tanah liat) dan disekelilingnya diberi es batu serta garam. Saat akan disajikan, kulfi disiram campuran rempah yang dicampur sirup mawar, mangga, maupun vanili.

Saat Anda ingin membawa jenis jajanan ini pulang ke tanah air, kemungkinan besar Anda harus membawa box pendingin yang didalamnya diberi es batu dan garam agar pada saat tiba di Indonesia, citarasa kulfi tidak berubah. Namun demikian, apapun oleh-oleh khas India yang akan Anda bawa pulang, perhatikan beberapa hal, seperti tempat penyimpanan oleh-oleh selama perjalanan, keamanan pengemasan, hingga kecocokan citarasa makanan dengan lidah keluarga Anda dirumah. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda bisa membawa oleh-oleh sebanyak yang Anda inginkan.



Leave a Reply