India Gate, Landmark Kota New Delhi yang Penuh Sejarah

india gate delhi

sugengcool | Traveler
Delhi, New Delhi, India | City Trip
29 Oct 2019


India Gate, Landmark Kota New Delhi yang Penuh Sejarah
Gerbang India atau India Gate ini menjadi salah satu landmark kota New Delhi. Konon, bangunan ini disebut-sebut sebagai duplikatnya Arc de Triomphe. Masa sih?

How to Get There

Setiap ibukota di dunia ini selalu punya landmark yang ikonik. Nah, di New Delhi juga ada lho sebuah landmark yang wajib banget kalian kunjungi saat traveling ke India..

Akhirnya selesai juga tour di Jaisalmer ini guys. Beberapa tempat di Jaisalmer udah kami jelajahi, mulai dari Glamping di Thar Desert, menyusuri indahnya Patwon Ki Haveli, Jaisalmert Fort hingga Bada Bagh. Aku dan rombongan pun kembali menuju New Delhi untuk mengunjungi salah satu ikon kota ini yaitu India Gate.

India Gate ini berlokasi di jantung kota New Delhi atau tepat di tengah pusat kota. Untuk menuju kesini pun ada banyak sekali transportasi yang bisa digunakan untuk menuju kesana. Kalian bisa naik kereta bawah tanah atau Metro dan turun di Stasiun Central Secretariat kemudian lanjut jalan kaki sekitar 1 km. Atau kalian juga bisa naik bus dan turun di Halte Bus Dr Zakir Hussain Marg dan jalan kaki ngga sampe 1 km. Tapi kalo aku sih ngga pengen ribet, mending naik autorickshaw aja guys.

What to Do

India Gate atau Gerbang India ini adalah monumen nasional India dan salah satu wisata gratis yang wajib menjadi jujugan traveler saat pergi ke India. Kalian yang suka nonton film Bollywood pasti udah ngga asing sama bangunan yang satu ini guys, soalnya banyak film-film Bollywood yang mengambil latar New Delhi pasti menampakkan bangunan ini. Kalo dilihat sekilas, monumen ini punya bentuk yang menyerupai Arc de Triomphe di Paris. Kalo kalian pernah ke Paris, pasti bakal mikir kalo ini adalah tiruannya, padahal sebenernya ngga.

india gate delhi

Jadi, India Gate ini dibangun pada tahun 1931 yang bertujuan untuk mengenang 90.000 prajurit Angkatan Darat India yang gugur saat Perang Dunia I saat membantu Inggris. Juga saat perang Afghanistan di tahun 1919. Nama-nama prajurit yang telah gugur itu dipahat di permukaan monumen yang memiliki tinggi hingga 42 meter.

india gate delhi

Peletak dasar India Gate adalah Duke of Connaught pada tahun 1921 yang kemudian dirancang oleh Edwin Lutyens. Hal inilah yang membuat India Gate ini terlihat seperti gerbang di Eropa karena perancangnya bukan orang India, melainkan orang Eropa.

Saat India merdeka, pada bagian tengah bangunan yang mirip gerbang ini terdapat Amar Jawan Jyoti yang berarti Api Prajurit Abadi. Api abadi ini untuk menghormati tentara yang mengorbankan nyawa mereka dalam perang Desember 1971.

india gate delhi

Di gerbang ini kalian bisa melihat tiga bendera yang dipasang diberbagai sudut. Bendera-bendera ini mewakili Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Seorang prajurit dari masing-masing menjaga pintu gerbang dan makan selama 24 jam penuh. India Gate emang berbau militer guys, soalnya dulu monumen ini bernama All India War Memorial.

india gate delhi

Di dekat India Gate ini ada sebuah gazebo yang cukup menarik perhatian. Bangunan gazebo ini terinspirasi dari sebuah paviliun abad keenam dari Mahabalipuram. Di gazebo ini pula didirikan patung Raja George V yang kemudian digeser. 

india gate delhi

Disekitarnya, terdapat air mancur yang dipenuhi oleh wisatawan lokal. Sayangnya, pengunjung ngga diperbolehkan untuk masuk. Di sekitaran sini juga bisa kalian temui banyak penjual jajanan khas India yang bisa kalian cobain.

india gate delhi

Berencana traveling ke India? Pastikan kalian mampir ke India Gate di New Delhi ini ya guys!

Video by Jeromet Ryan

Tips and Trick

Buat kalian yang berencana liburan ke New Delhi, beberapa hal berikut ini perlu kalian perhatikan sebelum ke India Gate:

  • Karena lokasinya ada di pusat kota, kalian bisa naik banyak sekali pilihan transportasi untuk kesana.
  • India Gate merupakan sebuah landmark, pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya tiket masuk.
  • Kalian bisa berkunjung kesini setiap hari selama 24 jam.
  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus buat mengabadikan momen.
  • Jaga kebersihan tempat ini dengan ngga buang sampah sembarangan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY