Ini 9 Makanan Khas Ukraina yang Lezat dan Wajib Dicoba!


sisil angelin  June 14, 2019  0 Comment

Bicara kuliner, masing-masing negara memiliki menu kuliner masing-masing dengan cita rasa makanannya yang khas termasuk Makanan Khas Ukraina. Kuliner identik dengan travelling. Ya, Anda yang berkesempatan travelling ke berbagai sudut kota yang ada di Indonesia, tentu kurang afdhol jika tidak mencicipi menu kuliner di masing-masing daerah dan menjadikannya oleh-oleh. Apalagi, Indonesia adalah negara yang kaya bahan makanan dan rempah yang siap di olah menjadi masakan dengan cita rasanya yang tinggi. Tidak berhenti sampai disitu, satu saat Anda mungkin berkesempatan melancong ke luar negeri khususnya Eropa Timur. Ini adalah bagian dari benua yang ada di dunia yang salah satunya terdapat negara Ukraina di dalamnya. Ukraina memiliki beragam tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Sembari mengeksplor indahnya Ukraina yang sarat akan bangunan-bangunan kuno dengan situs bersejarah yang bisa Anda akses sepuasnya, Anda bisa menikmati cita rasa masakan yang merupakan kombinasi antara masakan Timur Tengah dengan masakan Eropa yang lezat. Anda bisa nikmati masakan dengan cita rasa yang khas Turki sampai dengan Maroko di negara ini. Mayoritas, masakan yang tersaji memiliki rasa yang asam. Apakah dalam waktu dekat Anda berencana melancong ke Ukraina?

1. Borscht

Borscht
seriouseats.com

Penduduk Ukraina menyatakan bahwa perempuan Ukraina, khususnya yang siap menikah, wajib bisa membuat makanan khas Ukraina yang satu ini. Ya, Borscht adalah hidangan rumahan yang nikmat dan cocok di santap di rumah. Adapun bahan yang digunakan adalah akar bit yang dipadukan dengan tomat, bawang bombai, kubis, acar, cabai dan masih banyak lagi bahan yang lain. Tampilannya hampir menyerupai sup yang akan lebih lezat rasanya jika tidak di masak dengan menggunakan kompor gas. Ya, borscht yang nikmat biasa disajikan dalam pot yang berasal dari tanah liat dan di masak dengan menggunakan oven kayu. Tambahkan tetesan krim adam, jangan lupa cicipi pampushky yang berlumur bawang putih, maka Anda akan mendapati kenikmatan rasa borscht yang sempurna.

Gotravelly

Nyobain Bakso Bakar Pak Man Di Kota Aslinya!

Sushi Party At Peco Peco Sushi: Nikmatnya Sushi Sepanjang 1 Meter

2. Varenyky

Varenyky
en.wikipedia.org

Varenyky juga disebut dengan pierogis. Ini adalah makanan khas Ukraina yang biasa disajikan dengan sup Borscht. Berbentuk roti yang terbuat dari bahan garam, air dan tepung dengan isian yang beragam. Mulai dari bawang goreng, daging cincang, acar kubis, sampai dengan cheri yang memiliki cita rasa yang manis. Adapun varenyky yang manis rasanya biasanya dipadukan dengan madu dan es krim. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, atau membelinya di supermarket terdekat untuk mendapatkan kemasan varenyky yang lezat.

3. Banosh

Banosh

Flickr.com

Banosh merupakan makanan khas Ukraina yang berasal dari dataran tinggi. Bahan dasarnya adalah tepung yang cara masaknya dipadukan dengan krim asam dan brynza, sejenis keju lokal dari domba dengan cita rasa yang asin. Bahan lain yang ditambahkan adalah jamur dan daging babi. Wait, umat muslim bisa pesan banosh tanpa tambahan daging babi kepada penjual.

4. Chicken Kiev

Chicken Kiev

Chicken.ca

Dari namanya, Anda tentu bisa memperkirakan makanan khas Ukraina yang satu ini berasal dari bahan dasar filet ayam yang dipadukan dengan mentega. Dibandingkan dengan makanan khas yang lain, chicken kiev yang satu ini memiliki cita rasa yang universal. Sesuatu yang unik dari menu makanan chicken kiev adalah mentega dibiarkan dalam bentuk potongan yang hanya bisa dilakukan oleh koki ahli. Potongan mentega itu memberikan sentuhan keindahan dan classy. Chicken kiev cukup populer hingga tersedia di London maupun New York. Ini adalah salah satu masakan khas Ukraina yang patut Anda coba.

5. Paska

Paska

Seperti namanya, masakan yang satu ini disajikan sewaktu perayaan Paska. Masyarakat setempat percaya bahwa agar keberuntungan memihak pada diri masing-masing, mereka harus mencicipi setidaknya 12 sajian paska yang berbeda. Angka 12 ini mewakili banyaknya bulan dalam setahun. Adapun bahan dasar yang digunakan adalah tepung, mentega, gula, telur, dan juga ragi. Untuk cita rasanya yang lezat, Paska di masak dengan menggunakan oven kayu, dan paling cocok disajikan bersama dengan kopi dan teh hangat. Paska hanya tersedia saat perayaan Paska oleh umat Kristen Ortodoks. Biasanya, ibu-ibu rumah tangga mampu menyajikan roti kudapan yang satu ini dengan sangat lezat.

6. Potato Pancake

Potato Pancake
.foodnetwork.com

Masyarakat setempat biasanya menyajikan masakan ini sewaktu sarapan pagi. Potato pancake adalah makanan pembuka hari yang lezat dengan bahan dasarnya adalah kentang. Menu makanan ini mengenyangkan namun ringan. Tidak hanya di santap di pagi hari, penduduk Ukraina banyak yang menjadikannya pilihan makan malam. Cara pembuatannya adalah, kentang yang sudah bersih di parut dengan benar. Agar tampilannya semakin memikat, ditambahkan pula jamur, daging, cincangan bawang, serta rempah-rempah sehingga cita rasanya lebih lezat. Jika ingin menyiapkan potato pancake di rumah dengan cara yang sederhana, Anda bisa siapkan kentang dan garam.

7. Golubtsi

Golubtsi
proudofukraine.com

Bahan dasarnya adalah kubis yang disajikan dengan isian sesuai selera. Hampir mirip dengan dimsum khas China. Biasanya disajikan di malam hari dimana cara memasaknya ada yang dengan cara di rebus atau dengan cara di oven. Adapun isian yang digunakan adalah daging cincang dimana kubisnya di gulung dengan cara khusus sehingga meningkatkan sisi estetikanya. Agar muncul cita rasa khas Ukrainanya, krim asam khas Ukraina dibubuhkan pada golubsti tersebut.

8. Holodest

Holodest

Mealz.com

Dari segi tampilannya memang cukup aneh. Bahan dasarnya adalah kaldu daging yang telah dibekukan hingga berbentuk seperti jeli. Terdapat berbagai potongan daging di dalamnya. Memang, bahan tersebut tidak begitu menggugah selera, apalagi cara penyajiannya pun tidak begitu menarik. Namun, tidak ada salahnya mencoba. Biasanya, menu makanan ini disajikan saat event-event tertentu dengan bahan dasarnya adalah kaki babi.

9. Okroshka

Makanan Khas Ukraina
vegetariantimes.com

Okroshka adalah hidangan yang disajikan khusus pada musim panas. Rasanya  segar dan hampir mirip dengan sop buah dari segi tampilannya. Namun, ini adalah hidangan yang rasanya asin dengan bahan-bahan segar yang terkandung di dalamnya. Ini adalah sekumpulan sayuran segar yang disajikan dalam bentuk sup. Adapun bahan yang meningkatkan cita rasa kesegarannya adalah asam Kvass atau Kefir. Adapun isian sayuran yang dipilih diantaranya adalah sosis, lobak, wortel, mentimun, dan masih banyak lagi yang lainnya. Okroshka adalah hidangan yang menyehatkan dengan cita rasa yang asam asin khas negara ini.

Makanan khas Ukraina dari keseluruhan makanan yang disebutkan di atas identik dengan cita rasanya yang asam. Tidak hanya rasanya yang nikmat, namun makanan khas negara ini dibuat dari bahan-bahan yang bergizi seperti sayuran dan daging. Tampilannya pun beragam dengan sentuhan krim asam khas Ukraina yang selalu dirindukan. Pastikan momen travelling Anda ke negara bagian Eropa Timur ini semakin mengesankan dengan mencicipi beragam makanan khas Ukraina yang lezat tiada duanya.



Leave a Reply