7 Minuman Khas Inggris Mulai Minuman Tradisional Hingga Modern


Reni  March 6, 2020  0 Comment

Banyak hal yang menarik jika kita berbicara soal Inggris. Mulai dari budaya, sejarah, pendidikan, wisata hingga makanan dan minumannya. Sama halnya dengan negara-negara Eropa pada umumnya, Inggris juga memiliki sajian kuliner yang khas. Tak hanya makanan, minuman khas Inggris juga patut untuk Anda coba saat bertandang kesana. Negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II ini memang mempunyai minuman khas yang jarang ditemui di negara lainnya.

Inggris merupakan salah satu negara monarki yang sangat terkenal dengan budaya yang khas dan sejarah kerajannya yang menarik. Selain itu, Inggris juga dikenal sebagai negara yang memiliki jumlah koloni terbanyak. Tak heran jika Bahasa Inggris saat ini menjadi Bahasa yang digunakan oleh seluruh negara di dunia sebagai Bahasa Internasional.

Saat bertandang ke Inggris, mencoba minuman khasnya memanglah menjadi sebuah kewajiban. Inggris memiliki minuman khas yang sangat beragam, mulai dari minuman dingin, minuman yang mampu meningkatkan stamina hingga minuman beralkohol. Minuman-minuman khas ini ada yang tradisional dan ada juga yang modern atau kekinian. Nah, berikut adalah daftarnya.

1. Wassail

Wassail
foodnetwork.com

Minuman khas Inggris pertama adalah Wassail. Bisa dibilang minuman ini adalah salah satu minuman tertua di Inggris karena telah ada sekitar tahun 1400an. Awalnya minuman ini disajikan setiap tradisi wassailing orang Inggris, yautu sebuah tradisi untuk menyampaikan harapan serta doa untuk keluarga atau teman.

Wassail mirip dengan mulled wine yang terbuat dari rempah-rempah, buah dan irisan lemon yang direbus dengan minuman beralkohol. Minuman beralkohol yang digunakan dari jenis ale atau bir yang memiliki rasa buah. Setiap daerah di Inggris memiliki rasa wassail yang berbeda, hal ini dikarenakan buah yang digunakan juga berbeda, tergantung dari setiap daerahnya.

Minuman ini biasa disajikan hangat dan sering menjadi sajian saat malam perayaan natal di Inggris. Wassail memiliki tekstur yang kental dengan rasa manis segar dari sari buah.

Gotravelly

Halab Gate Shawarma & Kebab. Masih Enak Kebab Di Indonesia???

Serunya Menonton Atraksi Coconut Ball Di Jonker Street Night Market

2. Cider

cider inggris
guratgarut.com

Minuman khas Inggris yang satu ini memang sering disebut mirip dengan bir karena sama-sama menggunakan sari buah, hanya saja jenis buah yang digunakan berbeda. Bila bir menggunakan buah anggur, sementara cider menggunakan sari apel yang difermentasi dengan ragi atau khamir. Cider juga mirip dengan cuka apel, selain apel ada juga cider dari buah pir yang disebut dengan perry cider.

Cider juga banyak ditemui di Indonesia dan diproduksi oleh salah satu pabrik minuman alkohol di Indonesia. Minuman ini hadir dengan rasa yang lebih manis dan banyak disukai oleh wanita atau pria.

Cider memiliki kandungan alkohol dibawah 5 persen, sedikit lebih halus dibandingkan dengn cider pada umumnya yang memiliki kandungan alkohol 6 – 8 persen. Meskipun begitu, penjualan cider tertinggi masih dipegang oleh negara Inggris.

3. Eggnog

Eggnog
thespruceeats.com

Eggnog adalah minuman khas Inggris yang terbuat dari telur yang dikocok dengan susu, gula, krim yang kemudian diberi campuran alkohol. Awalnya, eggnog menjadi minuman musim dingin para bangsawan Inggris. Eggnog sendiri berasal dari kata grog & noggin, grog adalah nama lain dari rum dan noggin adalah sebutan untuk gelas kayu kecil yang menjadi tempat menyajikan eggnog.

Eggnog dulunya menjadi minuman mewah karena para bangsawan Inggris kerap menambahkan rempah seperti kayu manis dan pala ke dalamnya dimana rempah pada jaman dulu sangatlah mahal. Tak hanya itu, eggnog juga menggunakan alkohol bernilai tinggi yaitu brandy dan sherry.

Eggnog adalah minuman yang identic dengan hari natal di Inggris. Biasanya masyarakat Inggris berkumpul pada malam Natal bersama keluarga ditemani dengan eggnog panas yang nikmat dan mampu menghangatkan tubuh.

4. Pimm’s

Pimm’s
thespruceeats.com

Pimm’s merupakan sebuah merk minuman alkohol yang cukup terkenal di Inggris yang terbuat dari gin kemudian dikemas dalam botol kaca seperti halnya minuman alkohol lainnya. Pimm’s dulunya adalah minuman khas Inggris yang awalnya secara tradisional diolah tanpa alkohol, hingga muncul Pimm’s versi Amerika yang diberi tambahan vodka.

Minuman ini bisa dinikmati langsung atau dijadikan sebagai olahan dengan berbagai bahan lainnya. Di Inggris, Pimm’s disajikan dingin yang diberi irisan mentimun dan lemon, biasanya olahan ini disebut juga dengan koktail khas Inggris. Mentimun pada campuran ini adalah kewajiban karena tanpa mentimun minuman ini bukan Pimm’s namanya.

Pimm’s selalu identik dengan festival, pesta pernikahan hingga berbagai acara olahraga di Inggris. Minuman ini juga biasa dinikmati saat musim panas, apalagi sebagai pelengkap saat bersantai bersama kerabat.

5. Ginger Beer

Ginger Beer
jd.id

Minuman khas Inggris yang satu ini cukup berbeda dengan beer pada umumnya karena ginger beer memiliki campuran jahe didalamnya. Masyarakat Eropa memang menyukai minuman dengan olahan rempah-rempah dan salah satunya adalah jahe.

Bisa dibilang Ginger Beer sama dengan wedang jahe yang ada di Indonesia, bedanya ginger beer menggunakan alkohol untuk memperkuat efek hangat dalam tubuh. Meskipun begitu, alkohol yang dikandunng dalam ginger beer masih tergolong rendah, sehingga minuman ini bisa dikonsumsi oleh semua orang.

Orang Inggris telah mengonsumsi ginger beer sejak abad ke 17 karena minuman ini dulunya dipercaya mampu membantu menjaga luka dari infeksi. Dibandingkan dengan ginger beer yang sekarang, ginger beer tradisional memiliki rasa jahe yang lebih kuat.

6. Gin & Tonic

Gin & Tonic
foxandbriar.com

Minuman khas Inggris yang satu ini adalah sejenis koktail whisky yang dibuat dari gin dan air tonic kemudian dituangkan diatas es lalu diberi irisan jeruk nipis atau lemon sebagai hiasan. Mencampur gin dan tonic pun bisa menggunakan takaran yang berbeda, sesuai dengan selera Anda.

Gin & Tonic pertama kali diperkenalkan oleh tentara Inggris di India di abad ke 18. Awalnya minuman ini dikonsumsi untuk mencegah penyakit malaria karena air tonis mengandung kina, senyawa obat yang dapat melawan plasmodium parasite penyebab malaria. Namun karena rasanya pahit, orang Inggris kemudian menambahkan gin ke dalamnya agar pahitnya berkurang.

Minuman ini masih eksis hingga sata ini dan bisa dijumpai di bar dan café di Inggris. Kandungan kina pada air tonik sudah berkurang dan tidak sepahit dulu, bahkan cenderung manis. Selain di bar, Gin & Tonic juga tersedia dalam kemasan kaleng sehingga bisa dinikmati kapan saja.

7. Teh khas Inggris

Teh khas Inggris
guratgarut.com

Minuman khas Inggris yang terakhir adalah teh. Sudah bukan rahasia lagi jika Inggris memiliki budaya minum teh yang masih dilakukan hingga sekarang. Masyarakat Inggris mulai mengenal teh sejak abad ke 17 melalui kongsi East India dengan Inggris. Minum teh dulunya hanya dilakukan oleh para bangsawan karena saat itu teh sangat susah ditemukan. Hingga pada abad ke 19, teh bisa dinikmati oleh siapa saja.

Hingga saat ini, tradisi minum teh sangat melekat dengan masyarakat Inggris. Bahkan, mereka memiliki cara menyeduh the yang berbeda. Orang Inggris biasa meminum teh dengan menggunakan gelas perselain, dimana susu dituang terlebih dahulu kemudian teh panas dimasukkan.



Leave a Reply