Kelezatan 10 Makanan Khas Tanzania Rasanya Nempel Di Lidah


Reni  October 15, 2019  0 Comment


Negara Tanzania merupakan salah satu Negara dari kawasan Benua Afrika yang terkenal akan keindahan panorama alam dan juga sajian kulinernya. Tercatat, terdapat berbagai jenis menu makanan khas Tanzania wajib coba ketika Anda tengah berlibur di Negara yang berbatasan langsung dengan Kenya, Rwanda hingga Mozambik.


Memang, masyarakat Tanzania ini memiliki berbagai jenis masakan khas yang tentunya Anda sebagai seorang turis yang tengah berwisata di Negara Tanzania ini dapat mencoba beragam jenis masakan khas dari Negara Tanzania ini. Sebab, tak lengkap rasanya apabila bagi Anda yang tengah berlibur di kawasan Tanzania ini tidak pula mencoba jenis makanan khasnya.

Di kalangan masyarakat Tanzania terdapat beberapa makanan khas yang mereka masak sendiri dirumah.
Untuk itu pula di berbagai restoran ataupun pedagang kali lima pun juga menjual aneka ragam makanan khas dari Tanzania yang mungkin saja jenis makanan tersebut merupakan makanan rumahan masyarakat Tanzania. Oleh sebab itu inilah beberapa makanan khas Tanzania diantaranya adalah :

Makanan Khas Tanzania

1. Bubur Uji

Bubur Uji


Bubur uji merupakan salah satu makanan lokal khas dari Negara Tanzania. Setiap hari masyarakat Tanzania selalu mengkonsumsi bubur uji karena kaya akan nutrisi, bergizi tinggi, dan mudah cara dan proses pembuatannya.

Bubur uji ini terbuat dari tepung jagung yang kemudian dicampur dengan air serta diaduk hingga mengental menjadi bubur. Bubur uji ini cocok disajikan dengan kue khas dari Tanzania yakni roti chapati. Roti Chapati ini merupaka sebuah roti yang terbuat dari tepung jagung dan ditambah dengan garam yang kemudian digoreng seperti kue dadar

Baca juga :  Nggak Hanya Nasi Goreng, 11 Olahan Nasi Lezat di Berbagai Negara

Jadi, ketika Anda tengah berwisata di Negara Tanzania, Anda dapat mengkonsumsi bubur uji serta roti chapati sebagai pelengkapnya.

Gotravelly

Sushi Party At Peco Peco Sushi: Nikmatnya Sushi Sepanjang 1 Meter

Street Boba, Boba Dengan Konsep Jejepangan Yang Gak Kalah Nikmat Dari Boba Sebelah

2. Ugali

Ugali


Memang, masyarakat Tanzania ini menyukai tepung jagung sebagai campuran dalam membuat segala jenis makanan pokok. Selain bubur uji, ugali juga merupakan salah satu jenis makanan pokok khas dari Tanzania yang terbuat dari bahan tepung jagung.

Dalam proses pembuatan ugali ini, tepung jagung sorgum ini dicampur dengan air mendidih hingga berubah menjadi pasta jagung padat. Setelah matang, tiriskan hingga ugali ini siap dikonsumsi. Ugali ini cocok untuk Anda konsumsi bersama sup sayuran, ayam, hingga jenis lauk pauk lainnya.

3. Irio

Irio


Memang, masyarakat di Negara Tanzania ini tidak menjadikan beras sebagai bahan utama pangan mereka dan lebih memilih tepung jagung ataupun kentang sebagai bahan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Salah satu jenis makanan khas dari Tanzania yang terbuat dari kentang adalah Irio
Ya, irio ini merupakan salah satu makanan khas dai Negara Tanzania yang dapat dengan mudah Anda beli di restoran maupun tempat makan kaki lima di Tanzania. Irio ini merupakan jenis makanan yang terbuat dari kentang yang dihaluskan dan kemudian ditambah dengan garam serta kacang polong hijau.

Irio ini biasanya disajikan dengan beberapa jenis lauk pauk seperti daging ayam panggang atau steak daging panggang. Oleh sebab itu, irio ini sangat mudah Anda temukan di Tanzania dengan nama Nyama Na Irio yang artinya adalah irio yang ditambahkan dengan steak daging panggang.

4. Githeri

Githeri


Menu makanan khas dari Negara Tanzania lainnya adalah githeri. Ya, githeri ini mirip dengan masakan khas dari Indonesia yakni oseng-oseng tahu tempet. Yang membedakan adalah isi dari masakan tersebut. Githeri ini memiliki isian terdiri dari beberapa bahan seperti kacang rebus, biji jagung, dan aneka ragam sayuran. Kemudian dalam proses pengolahan githeri ini, masyarakat Tanzania juga menambahkan beberapa penyedap seperti garam, lada hitam, dan juga cabe bubuk sebagai pelengkap rasanya. Githeri ini sangat pas untuk Anda padukan dengan roti chapati dan kemudian Anda konsumsi ketika Anda tengah berada di Tanzania.

Baca juga :  9 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Paling Diminati Wisatawan

5. Tanzania Stew

Tanzania Stew


Tanzania stew merupakan salah satu jenis makanan khas Tanzania yang sekilas mirip masakan dari Indonesia yakni rendang daging. Ya, memang kedua jenis masakan tersebut sama-sama memiliki kuah yang kental dan berwarna kecoklatan. Yang membedakan hanyalah komposisi bahan dalam memasakannya.

Tanzania stew ini terbuat dari irisan daging sapi yang telah direbus yang kemudian dicampur dengan olahan beberapa bahan seperti wortel, paprika, kacang polong hingga kentang. Selain itu, terdapat tambahan berupa bumbu penyedap seperti garam ini tentu saja menimbulkan rasa gurih darai Tanzania stew ini.

Tanzania stew ini kemudian dapat Anda konsumsi dengan roti chapati atau kentang rebus sebagai pengganti nasi.

6. Pilau

Pilau


Bagi Anda orang Indonesia tentu saja tidak asing dengan nasi goreng bukan. Ya, di Tanzania pun juga ada salah satu makanan khas yang mirip dengan nasi goreng yakni pilau. Pilau merupakan salah satu makanan khas Tanzania yang menggunakan beras sebagai bahan utama pembuatannya.

Sebab, orang Tanzania tidak begitu gemar mengkonsumsi beras dan memilih roti chapati ataupun kentang sebagai bahan makanan sehari-hari.

Yang membedakan antara pilau dengan nasi goreng khas Indonesia ada pada pilihan bumbunya. Dalam proses pembuatan pilau ini menggunakan beraneka ragam bumbu rempah-rempah seperti jinten hitam, kayu manis, hingga cengkeh sehingga rasa dan aroma pilau dengan nasi goreng tentu saja juga berbeda.

7. Nyama Choma

Nyama Choma


Untuk Anda yang gemar mengkonsumsi daging panggang, maka di Tanzania pun terdapat salah satu jenis makanan yang berbahan dasar daging yang dimasak dengan cara dipanggang. Nyama choma ini sekilas mirip dengan jenis makanan khas dari Jepang yakni teppanyaki yang sama sama dimasak di wadah plat besi.

Baca juga :  10 Makanan Kering Khas Semarang Yang cocok Buat Oleh Oleh

Namun kini nyama choma tidak hanya berisikan daging sapi panggang saja melainkan juga dapat diisi dengan daging ayam hingga daging ikan.

8. Sukuma Wiki

Sukuma Wiki


Sukuma wiki adalah hidangan khas dari Tanzania yang berisikan sayur-sayuran. Ya, isian dari sukuma wiki ini hanyalah sayur yang direbus hingga matang dan kemudian ditambahkan dengan bumbu penyedap seperti garam, lada hitam, dan bumbu lainnya.

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi sayuran, maka Anda dapat mengkonsumsi sukuma wiki ketika Anda berada di Tanzania.

9. Matoke

Matoke


Matoke ini juga menjadi salah satu jenis hidangan khas Tanzania yang memiliki tampilan dan bahan baku pembuatan yang cukup unik. Sebab, matoke ini terbuat dari pisang sebagai bahan utamanya yang kemudian direbus hingga lunak dan kemudian ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti tomat, bawang merah dan bawang putih serta ditambahkan daging sebagai bahan pelengkapnya.Matoke ini dapat Anda konsumsi dengan kentang, roti chapati, ataupun ugali.

10. Zambuza

makanan khas tanzania
https://www.allrecipes.com


Makanan khas dari Tanzania yang dapat Anda coba selanjutnya adalah zambuza. Zambuza ini adalah sejeni kue yang sekilas mirip dengan kroket mie. Zambuza ini terbuat dari bahan tepung jagung yang kemudian digoreng.


Tanzania merupakan Negara yang kaya akan destinasi wisata alam dan juga kaya akan jenis makanan khas yang dapat Anda konsumsi ketika Anda berada di Tanzania. Oleh karena itu, Anda dapat memilih makanan khas Tanzania wajib coba karena tak lengkap rasanya bila mengunjungi suatu Negara tanpa mencicipi hidangan khas dari Negara tersebut.



Leave a Reply