10 Makanan Khas Kolombia Lezatnya Bikin lidah Berdansa


prita  September 11, 2020  0 Comment

Setiap negara di dunia ini tentu memiliki beragam kuliner yang khas, termasuk Kolombia. Kolombia merupakan sebuah negara yang berada di barat laut Amerika Selatan yang dikenal memiliki wisata alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya wisata alamnya, Kolombia juga kaya akan sajian khas yang unik namun tetap menggugah selera, mulai dari makanan ringan hingga sajian berat seperti nasi dan sup. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke negara penghasil kopi terbesar ini, berikut adalah Makanan khas Kolombia yang wajib kamu coba

1. Bandeja Paisa

Bandeja Paisa
comidatipicadecolombia.top

Makanan khas Kolombia yang wajib untuk kamu coba yang pertama adalah Bandeja Paisa. Bandeja Paisa ini merupakan salah satu hidangan yang cukup populer di negara ini, terutama di kawasan Paisa dan Antioquia. Bandeja Paisa ini merupakan hidangan yang asalah perpaduan dari budaya masyarakat asli, Spanyol serta pendatang asal Afrika di abad ke-19.

Bandeja Paisa ini merupakan sajian yang menghadirkan berbagai macam makanan dalm sebuah Loyang. Sajian ini berisikan nasi, kacang merah, telur, daging sapi, daging babi, sosis, hogao, lemon serta alpukat.

Gotravelly

Ngopi Dan Makan Enak Di Warung Kopi Imah Babaturan

Menyantap Gurihnya Bubur Roomo Salah Satu Kuliner Khas Gresik

2. Ajiaco

Ajiaco
hispanickitchen.com

Makanan khas Kolombia selanjutnya adalah Ajiaco. Ajiaco merupakan sajian sup yang umum ditemukan di negara Kolombia. Sup ini bisa dengan mudah ditemukan di kota Bogota dan beberapa kota lainnya di Kolombia. Tak hanya itu, Ajiaco juga bisa ditemukan di Kuba dan Peru.

Ajiaco dibuat dari bahan ayam yang dipadukan dengan tiga varian kentang, jagung serta tambahan bumbu dari tanaman Galinsoga Parviflora yang mampu menambah dita rasa dari sup ini.

3. Cazuela de Mariscos

 Cazuela de Mariscos
hotelelmiradordearboletes.com

Jika kamu seorang pecinta seafood, makanan khas Kolombia yang satu ini tentu tak boleh kamu lewatkan. Cazuela de Mariscos merupakan sajian asal Kolombia yang berbahan dasar seafood dan menjadi sajian yang cukup populer di negara ini.

Cazuela de Mariscos dibuat dari bahan-bahan makanan laut seperti, udang, cumi, lobster dan kerang yang kemudian diberi tambahan santan, bawang Bombay, cream, pasta tomat dan cilantro. Sajian ini sangat nikmat karena cita rasanya yang beragam yang bisa membuatmu ketagihan.

4. Changua

 Changua
quericavida.com

Makanan khas Kolombia selanjutnya bernama Changua. Changua merupakan sup khas Kolombia yang dibuat dari susu, telur rebus dan bawang hijau. Beberapa resep disajikan dengan cara berbeda, yaitu dengan tambahan potongan roti dan taburan ketumbar.

Changua dianggap sebagai sajian yang pas untuk kamu yang vegetarian karena sangat sehat. Makanan ini berasal dari Andes dan umumnya dinikmati dengan almojabana, yaitu roti yang dibuat dari tepung maizena, telur dan keju cuajada, juga tambahan keju gulung yang dinikmati saat hangat. Changua ini bisa kamu temukan dengan mudah di beberapa café dan biasa disajikan sebagai menu sarapan.

5. Arepa

Arepa
wjtoday.com

Arepa juga menjadi salah satu makanan khas Kolombia yang wajib untuk kamu cicipi saat bertandang kesana. Arepa memiliki arti ‘corn flakes’ atau ‘kue jagung’ dan menjadi salah satu sajian yang sangat nikmat dan digemari banyak orang.

Arepa memiliki tampilan seperti roti prate atau roti pita yang terbuat dari jagung tanah kuning atau putih. Setiap daerah di Kolombia memiliki cara yang berbeda-beda dalam menghidangkan Arepa ini. Misalnya jika daerah tersebut merupakan daerah penghasil kopi, maka Arepa disajikan dengan bentuk yang datar, tipis, renyah dengan siraman mentega dan keju.

Sementara jika kamu berkunjung ke kawasan Andes, Arepa akan disajikan dengan cita rasa manis dan taburan keju, talur, ham atau kulit babi goreng, sapi dan ayam. Lain halnya jika kamu mencicipi Arepa di kawasan Karibia, di kawasan ini kamu akan menemukan Arepa dengan banyak isi dan digoreng dengan minyak dan menyerupai patty hamburger dengan isian keju asin dan telur.

6. Sancocho

Sancocho
allrecipes.com

Sancocho adalah salah satu makanan khas Kolombia yang tak boleh kamu lewatkan juga. Sajian ini berasal dari kawasan Valle de Cauca, seperti kota Cali, Tulua dan Buenaventura. Meskipun begitu, sajian ini konon berasal dari Spanyol yang kemudian populer di seluruh Amerika Selatan.

Sancocho ini terbuat dari ikan dan berbagai jenis daging yang dipadukan dengan yucca, jagung, kentang, pisangraja. Biasanya Sancocho disajikan bersama dengan nasi putih agar terasa lebih nikmat.

7. Fritanga

Fritanga
ubereats.com

Makanan khas Kolombia selanjutnya adalah Fritanga. Sebenarnya sajian ini bisa kamu temukan di restoran-restoran besar di seluruh dunia, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya langsung di negara asalnya.

Fritanga merupakan sajian berupa daging yang dipanggang, daging yang digunakan bisa ayam atau sapi, yang kemudian disajikan bersama dengan sosis dan ham. Beberapa restoran di Kolombia menyajikan Fritanga dengan telur, kentang, pisang hingga jagung manis rebus atau buah-buahan seperti jeruk, lemon, tomat dan alpukat.

Fritanga kemudian disajikan dalam piring besar untuk dimakan bersama keluarga, teman atau kerabat. Biasanya Fritanga disajikan dalam sebuah pesta atau perayaan. Cara menikmatinya dengan menggunakan pisau dan garpu dan dinikmati bersama-sama. Jika kamu ingin mencicipinya, tak perlu menunggu ada perayaan terlebih dahulu karena sejumlah restoran dan hotel di Kolombia juga menyajikan Fritanga ini dengan tambahan tomat, alpukat, keju mozzarella hingga keju parmesan sebagai topping.

8. Agua de panela

Agua de panela
en.wikipedia.org

Makanan khas Kolombia yang satu ini sebenarnya bukanlah makanan berat, melainkan sebuah minuman khas yang cukup populer di negara ini. Agua de Panela biasa dinikmati sebagai menu sarapan, apalagi jika cuaca sedang dingin.

Agua de Panela merupakan minuman klasik berupa cokelat panas yang dicampur dengan keju, kemudian dicampur hingga keju benar-benar tercampur. Jika kamu adalah penyuka cokelat dan keju, menikmati minuman ini adalah pilihan yang sangat tepat. Apalagi jika cuaca sedang turun hujan atau musim dingin.

Untuk menikmati Agua de Panela ini kamu bisa menambahkan roti panggang. Biasanya masyarakat Bogota mencelupkan roti ke dalam cokelat panas yang sudah dicampur dengan keju.

9. Bunuelos

maBunuelos
goya.com

Makanan khas Kolombia yang satu ini merupakan sebuah kudapan berupa gorengan berbentuk bulat dan banyak sekali ditemukan di Kolombia. Namun tak hanya di Kolombia, makanan ringan ini juga banyak ditemukan di negara-negara latin lainnya.

Bunuelos terbuat dari adonan keju putih yang digoreng hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Sajian ini biasa dihidangkan untuk menu perayaan Natal. Jika Indonesia memiliki tahu goreng sebagai camilan, maka Kolombia memiliki Bunuelos ini. Bedanya jika tahu goreng dibuat dari sari kedelai, maka Bunuelos terbuat dari krim keju.

10. Arroz Con Coco

Arroz Con Coco
cocinafacil.com.mx

Makanan khas Kolombia yang terakhir adalah Arroz con Coco. Jika Indonesia memiliki nasi uduk yang terbuat dari beras dan santan, maka Kolombia memiliki Arroz Con Coco.

Mungkin namanya terdengar sedikit lucu ditelinga kita, namun sajian ini cukup populer di Kolombia dan negara Amerika Selatan lainnya. Arroz con Coco terbuat dari beras, air, santan, garam dan gula sehingga menciptakan cita rasa yang gurih namun sangat nikmat.



Leave a Reply