10 Ragam Makanan Khas Lithuania Rasanya Gurih Dan Creamy


Reni  October 19, 2019  0 Comment


Setiap negara pasti memiliki makanan khas yang berbeda dengan negara lainnya. Tak terkecuali bagi Lithuania. Negara yang merupakan salah satu dari tiga negara Baltik ini juga memiliki makanan khas yang memiliki keunikan tersendiri. Karenanya, jika sedang berkunjung ke sini, ada baiknya Anda mencoba mencicipi makanan khas Lithuania yang jelas berbeda dengan karakteristik makanan Indonesia.


Hidangan Lithuania umumnya berasal dari olahan sayuran akar seperti kentang dan bit, daging dan campuran produk susu. Hal ini sangat masuk akal mengingat bahan makanan di atas lah yang bisa dikembangbiakkan di negeri beriklim dingin ini. Dengan pengolahan dan pemanfaatan bahan segar yang tepat, hidangan Lithuania juga bisa memberi kehangatan pada tubuh.


Jika dibandingkan Indonesia, ragam makanan yang ada di Lithuania mungkin lebih terbatas. Namun, bukan berarti tak banyak jenis makanan yang bisa dicicipi. Meski berbahan dasar sama, namun teknik pengolahan yang berbeda akan turut memunculkan cita rasa baru.


Orang Lithuania dikenal sebagai pemakan segala. Tak mengherankan memang, terutama jika menilik sejarah masa lalu di mana negara ini sempat diduduki Uni Soviet dan mengalami kesulitan ekonomi. Hal ini menumbuhkan kreatifitas baru untuk mengolah segala bahan yang ada agar dapur tetap mengepul. Nah, sekarang Anda bisa menikmati makanan khas Lithuania yang menggugah selera seperti berikut ini.

Mengenal Makanan Khas Lithuania

1. Cepelinai (Zeppelins)

Cepelinai


Sebelum abad ke-20, Cepelinai ini sering disebut Didzkukuliai lantaran kemiripannya dengan Airship Zeppelins. Hidangan ini merupakan seporsi kue besar yang dibuat dari bahan utama berupa adonan kentang mentah. Adonan ini kemudian dimasak dan diisi dengan daging babi. Biasanya Cepelinai disajikan dengan siraman krim asam dan saus bacon di atasnya.

Baca juga :  14 Restoran di Jakarta Utara Paling Rekomended Dan Nyaman!
Gotravelly

Sarapan Ala Warga Melayu Di Suriani Restaurant Bukit Bintang

Warkop Sedati, Tempat Makan & Ngopi Seru Sambil Nunggu Pesawat

2. Potato Pancakes

Potato Pancakes


Sepertinya kentang memang menjadi andalan utama untuk segala jenis olahan yang ada di Lithuania. Sama seperti halnya nasi bagi orang Indonesia. Pancakes mungkin sudah tak asing lagi untuk dijumpai. Yang membedakan dengan hidangan Lithuania ini, pancakes dibuat dari parutan kentang yang dibumbui dengan bawang dan telur. Adonan ini lalu digoreng dalam minyak dan disajikan dengan adas, daun bawang, serta krim asam.

3. Grybukai

Grybukai


Secara literal Grybukai berarti mushroom cookies alias kue jamur. Namun nyatanya pembuatan cookies ini tidaklah menggunakan bahan jamur sama sekali, hanya saja bentuknya dibuat menyerupai jamur. Jika ke Lithuania cobalah Grybukai yang berbentuk kecil namun lezat ini. Adonan kue Grybukai dibumbui dengan berbagai rempah yang menambah cita rasa, seperti kayu manis, pala, cengkeh, dan kapulaga.

4. Saltibarsciai

Saltibarsciai


Menu makanan satu ini dikenal juga dengan nama Chilled Borscth. Menu ini biasanya hadir secara musiman dan berwarna pink kental yang cantik dan enak dipandang. Hidangan ini berbentuk sup dengan campuran beetroot dan kefir, dilengkapi dengan telur serta kentang rebus. Warna pink alami yang cerah berasal dari borscht dingin yang menandakan bahwa cuaca hangat telah hadir di Lithuania.

5. Buroklieliu Sribua

Buroklieliu Sribua


Buroklieliu Sribua sering juga disebut sebagai Beetroot Soup. Sesuai nama yan dimilikinya, makanan ini merupakan sup bit hangat yang cocok disantap di tengah cuaca dingin Lithuania. Sup ini biasa disajikan dengan tampilan yang berani dan anti mainstream. Pertama kali melihatnya, Anda mungkin akan terkejut dengan warna merah menyala pada sup ini.
Sup hangat nan nikmat ini terbuat dari bahan dasar bit. Selain itu, ditambahkan pula bahan lain, seperti bawang, wortel dan juga seledri. Bagi pemeluk agama Islam, Anda harus lebih berhati-hati lantaran biasanya kuah sup ini berasal dari kaldu daging babi. Sup ini dibumbui dengan berbagai rempah agar bisa menghangatkan badan, seperti garam, merica dan adas. Biasanya disajikan bersamaan dengan kentang.

Baca juga :  11 Tradisi Imlek di Indonesia Biasanya Hadirkan Hal-hal Berikut

6. Kepta Douna

Kepta Douna


Kepta Douna merupakan hidangan Lithuania yang berarti roti goreng. Ya, menu ini menyajikan roti gandum hitam ala Lithuania yang kriuk dan crispy lantaran telah digoreng dalam minyak. Untuk menambah cita rasa, roti ini dibumbui dengan bawang putih dan garam. Tak lupa, disertakan pula saus keju untuk cocolan agar semakin nikmat rasanya.
Kepta Douna biasanya disajikan sebagai camilan ringan. Kadang roti goreng ini juga dijadikan pendamping ketika minum bir oleh penduduk asli Lithuania. Keduanya merupakan kombinasi apik makanan dan minuman favorit yang akan membawa suasana dan kenangan hangat bagi orang-orang Lithuania.

7. Kibinai

Kibinai


Secara sekilas Kibinai mirip dengan pastel yang ada di Indonesia, namun jika ditelisik lebih jauh akan nampak beberapa perbedaannya. Kibinai memiliki tekstur kulit yang tebal menyerupai roti dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan pastel ala Indonesia. Hidangan ini merupakan menu khas orang Kariat, etnis Turki yang telah menetap di Lithuania berabad-abad lalu.


Biasanya Kibinai disajikan sebagai camilan untuk menemani sup khas Lithuania. Isian di dalamnya berupa mutton alias daging domba yang diolah dengan bawang bombai. Namun karena keterbatasan mutton di wilayah ini, orang Lithuania biasanya menyiasati dengan menggantinya dengan daging babi yang lebih mudah ditemui.
Jika Anda adalah muslim dan sebisa mungkin menghindari olahan babi, Anda bisa mencicipi Kibinai versi vegan yang juga banyak disajikan di beberapa restoran. Isian daging pada versi vegan biasanya diganti dengan jamur dan kentang dengan campuran bawang bombai.

8. Kugelis

Kugelis


Kembali pada andalan warga Lithuania, kentang. Kugelis merupakan sejenis pudding atau bisa juga dikategorikan sebagai lasagna berbahan dasar kentang. Hidangan ini biasa disajikan dalam keadaan hangat sehabis dipanggang, disajikan bersamaan dengan daging. Selain itu, disediakan pula selai lingonberry, bacon dan krim asam untuk semakin menambah kelezatan.
Namun, seperti kebanyakan resep rumahan lainnya, hidangan khas Lithuania satu ini memiliki varian resep yang berbeda-beda. Jadi, jangan protes ketika mendapati Kugelis yang berbeda rasa ketika mengunjungi sudut kota yang berbeda.

Baca juga :  13 Bubur Khas Asia yang Menjadi Favorit

9. Raguolis atau Sakotis

Raguolis


Raguolis dikenal pula dengan nama Sakotis dan muncul hanya pada momen-momen tertentu saja. Kue tradisional ini umumnya muncul ketika menggelar acara khusus, seperti pernikahan, Paskah, maupun malam perayaan Natal. Jadi, wajar jika Anda sulit menemukan kue yang satu ini di jalanan kota.
Raguolis berbentuk seperti cincin dengan ukuran besar dan berongga. Pembuatannya dengan membakar kue sambil memutarnya di atas api seperti ketika membakar daging giling. Sembari dibakar, adonan kue terus ditambahkan sehingga lelehannya membentuk seperti tanduk atau duri di sekitar tepian.

10. Fried Curd Cakes

makanan khas Lithuania


Fried Curd Cakes merupakan salah satu makanan khas Lithuania pokok yang banyak ditemui di dapur masyarakat Lithuania. Makanan ini menjadi hidangan favorit keluarga di sana. Bahan utama yang digunakan adalah dadih keju yang dicampur dengan tepung, telur serta gula hingga membentuk adonan, lalu digoreng. Biasanya makanan ini disajikan bersamaan dengan beri maupun selai segar.
Dari berbagai makanan khas Lithuania di atas, mana yang menggugah selera Anda? Apapun makanannya, yang penting perut Anda tetap terisi selama melakukan perjalanan. Meski menu yang disajikan terkesan asing, tak ada salahnya untuk mencoba, siapa tahu Anda malah suka dengan cita rasanya.



Leave a Reply