8 Minuman Khas Papua Kesegarannya Bikin Hati Bahagia


prita  August 26, 2021  0 Comment

Papua memang terkenal dengan keindahan alamnya yang mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara. Bumi Cendrawasih ini memang tak perlu diragukan lagi keindahan alamnya dan selain itu wisatawan yang berkunjung kesana juga wajib mencicipi kulinernya salah satunya Minuman Khas Papua. Berbicara soal kuliner, tak hanya makanan saja yang bisa kamu temukan disana, kamu juga bisa menemukan minuman khas Papua yang terkenal khas, unik serta memiliki banyak varian. Kamu bisa menemukan minuman segar yang menyehatkan, minuman alkohol hingga kopi khas Papua yang nikmat. Nah, jika kamu ingin mencicipi saat berlibur ke Papua, berikut ini adalah daftarnya.

1. Es Matoa

Es Matoa
fibercreme.com

Minuman khas Papua yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Es Matoa. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari Buah Matoa, yaitu buah khas Bumi Cendrawasih yang memiliki cita rasa lezat juga segar.

Es Matoa ini terdiri dari buah matoa, kolang kaling, irisan jeli dan aneka buah-buahan lainnya. Minuman ini memiliki cita rasa yang khas dan pastinya menyegarkan. Untuk minuman ini tidak sulit untuk mendapatkannya karena tersedia di berbagai tempat makan, mulai dari café hingga restoran dan harganya cukup terjangkau.

Gotravelly

Berburu Siwalan Dan Legen Di Bumi Ronggolawe

Bvgil Gelato And Friends, Cafe Gelato Nikmat Dengan Ragam Pilihan Rasa

2. Teh Sari Sarang Semut

Teh Sari Sarang Semut
travel.kompas.com

Minuman khas Papua yang satu ini mungkin terdengar cukup unik, namun ternyata minuman ini sebenarnya adalah salah satu obat herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari sari sarang semut yang memiliki kandungan berbagai macam nutrisi, seperti flavonoid dan polifenol sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Teh Sari Sarang Semut ini banyak ditemukan di warung-warung minuman dan bisa juga kamu jadikan oleh-oleh untuk dinikmati di rumah karena minuman ini juga tersedia dalam bentuk instan dan dijual di banyak toko oleh-oleh. Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per kotak.

3. Swansrai

Swansarai
genpi.co

Pernahkah kamu mendengar soal swansarai? Minuman khas Papua ini terbuat dari fermentasi buah air kelapa yang tua. Proses fermentasi buah kelapa ini dibutuhkan waktu yang cukup lama sehingga di dalamnya terdapat kandungan alcohol.

Swansarai ini memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi dibandingkan dengan minuman tradisional beralkohol dari daerah lain di Indonesia. Kadar alkohol yang terkandung dalam swansarai ini mencapai 30% lebih karena semakin lama minuman ini difermentasikan, maka semakin tinggi kadar alkoholnya. Untuk itu, jika kamu ingin menikmati swansarai ini, kamu tidak boleh meminumnya terlalu banyak. Menariknya, swansarai ini disajikan dalam batok kelapa sehingga sensasi tradisionalnya sangat terasa.

4. Es Kelapa Muda Asam Manis

Es Kelapa Muda Asam Manis
id.tastemade.com

Minuman khas Papua yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Es Kelapa Muda Asam Manis. Bisa dibilang minuman ini hampir sama dengan es kelapa muda pada umumnya, hanya saja perbedaannya pada bahan tambahannya.

Es kelapa muda ini diberi tambahan perasan jeruk lemon sehingga rasa dari es kelapa muda ini cenderung asam namun tetap segar. Minuman yang satu ini sangat cocok dinikmati saat siang hari, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya. Saat berkunjung ke Papua, minuman ini sangat mudah ditemukan di pinggir jalan maupun di banyak tempat makan. Tak hanya menyegarkan, minuman ini juga menyehatkan juga harganya sangat terjangkau.

5. Sunset Papua

Sunset Papua
yummy.co.id

Sunset Papua ini merupakan nama sebuah minuman khas Papua yang cukup populer dan memiliki rasa yang nikmat. Minuman ini diberi nama Sunset Papua karena memiliki tampilan yang warnanya mirip dengan matahari terbenam.

Sunset Papua ini terbuat dari perpaduan jus jeruk di bagian bawah dan jus wortel di bagian atasnya. Perpaduan kedua bahan ini membuat minuman khas Papua ini sangat kaya akan vitamin C dan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata serta imunitas. Agar jernih menyehatkan rasanya rasanya alami, sebaiknya jangan tambahkan gula. Cita rasa dari minuman ini merupakan perpaduan dari asam dan segar yang pastinya cocok dinikmati saat cuaca sedang terik.

6. Kopi Arabica Wamena

Kopi Arabika Wamena
pegipegi.com

Minuman khas Papua berikutnya adalah Kopi Arabica Wamena. Papua memang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia, salah satunya adalah Wamena.

Minuman yang satu ini tentunya tak boleh dilewatkan bagi kamu yang pecinta kopi karena kopi Arabica Wamena ini memiliki cita rasa yang lembut dengan aroma yang kuat dan memiliki nuansa floral. Banyak sekali barista yang tertarik untuk menggunakan kopi ini menjadi campuran houseblend. Menariknya lagi, kamu tak hanya bisa menikmatinya disana, kamu pun bisa membawa kopi ini pulang sebagai oleh-oleh karena tersedia dalam kemasan. Jika ingin membeli kopi Arabica Wamena ini kamu bisa berkunjung ke coffee shop terdekat di Papua dengan harga sekitar Rp 100.000 per bungkusnya.

7. Amungme

Amungme
travel.detik.com

Tak hanya Wamena yang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia, Timika pun juga demikian. Timika memiliki Kopi Amungme yang juga dikenal sebagai salah satu minuman khas Papua yang paling populer.

Kopi Amungme ini juga menjadi minuman asli masyarkat Timika yang bisa membuat ketagihan, khususnya bagi kamu yang suka minum kopi. Kopi ini bahan dasarnya menggunakan kopi jenis Arabica dan sangat nikmati bila diminum dalam keadaan hangat. Kopi Amungme ini juga bisa ditemukan dengan murah di warung-warung kopi di Papua, kamu pun juga bisa menemukannya dalam bentuk kemasan sehingga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat. Kopi khas Papua ini dibanderol dengan harga berkisar Rp 80.000 dan bisa kamu beli di supermarket di Timika.

8. Kopi Senang

Minuman Khas Papua
travel.detik.com

Minuman khas Papua yang terakhir adalah Kopi Senang. Kopi Senang ini merupakan kopi khas Sorong yang cukup terkenal di Indonesia. 

Dihasilkan dari biji kopi pilihan berkualitas dengan produksi yang terjamin kesterilannya tentu membuat kopi khas Papua yang satu ini menjadi sangat populer. Kopi Senang memang memiliki tampilan seperti kopi pada umumnya , namun untuk rasanya memiliki cita rasa yang unik dan bisa membuatmu jatuh hati.

Kopi Senang ini memiliki cita rasa yang khas yaitu asam dan cenderung manis. Tak hanya itu, varian dari kopi ini juga cukup beragam, ada Arabika, Robusta dan Special Blend. Kopi ini diproduksi dalam jumlah terbatas, untuk itulah kamu wajib untuk mencicipinya. Jika ingin membeli Kopi Senang, kamu bisa datang langsung ke pabriknya, yaitu PT Senang Abadi yang berada di kota Sorong atau memesannya di coffee shop maupun penjual online.

Demikianlah daftar 8 minuman khas Papua yang wajib untuk kamu kunjungi saat kamu berlibur ke Bumi Cendrawasih. Minuman mana nih yang paling ingin kamu cicipi?



Leave a Reply