20 Makanan Khas Cirebon Terlezat Yang Harus Anda Coba – Awas Ketagihan


Reni  April 9, 2018  0 Comment

Kota Cirebon, sebuah kota di jawa barat yang terkenal dengan udangnya, ternyata juga memiliki hal lain yang juga bisa menarik wisatawan. Apa itu? Adalah wisata kulinernya. Di Kota Cirebon, ada banyak makanan khas yang sangat menggugah selera bagi mereka pemburu kuliner lokal. Nah, untuk memberitahukan apa saja makanan khas Cirebon, kami akan membagikan semua makanan khas dari kota ini yang harus Anda coba. Langsung saja, Anda bisa melihat makanan khas Kota Cirebon di bawah.

Docang

abdfaqih.blogspot.co.id

Mungkin Anda pernah mendengar nama kuliner ini. Yup, Docang memang terdengar mirip dengan makanan khas kota Bogor yang bernama Doclang. Tak hanya itu, bahan utama yang digunakan juga mirip – seperti adanya lontong. Tapi, Docang dan Doclang memiliki perbedaan di bumbu dan jenis penyajiannya.

Untuk Doclang sendiri, kuliner tersebut disiram saus kacang untuk penyajiannya. Berbeda dengan Docang yang dibumbui dengan sayur oncom yang dikombinasikan dengan bungkil kacang tanah serta tambahan parutan kelapa.

Isi dari Docang umumnya terdiri dari lontong, daun singkung, tauge, parutan kelapa dan juga kerupuk diatasnya. Penasaran dengan bagaimana rasanya? Anda bisa membuktikan sendiri saat mampir di Cirebon. Bukan bermaksud memberi spoiler, rasa kuah Docang sangat gurih dan segar. Harga untuk kuliner khas Cirebon ini sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 per porsi.

Baca Juga

Gurihnya Bubur Ayam Khas Cirebon, Semangkok Mana Cukup!

Kue Rangin Dan Kenangan Di Masa Kecil

Empal Gentong

norikoreza.com

Kuliner empal yang khas ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Cirebon. Sama, Empal Gentong juga menjadi salah satu dari sekian makanan khas dari Cirebon. Penyajian kuliner ini menggunakan sebuah kuali yang berasal dari bahan tanah liat. Seperti namanya, Empal Gentong dibuat dari daging sapi yang dimasak hingga memberikan daging yang bertekstur lembut sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya.

Hal ini dikarenakan oleh waktu yang dibutuhkan untuk memasak empal cukup lama, yakni sekitar 5 jam. Dipadukan dengan kuah yang gurih dan sedap, pastinya Anda tidak akan kecewa saat mencoba Empal Gentong. Sajian kuliner ini biasanya ditambah dengan jeroan seperti paru, babat, limpa, dan usus. Harga dari kuliner ini sekitar Rp. 17.000 hingga Rp. 25.000 untuk satu porsi.

Mie Koclok

makanan khas cirebon

emakriweuh.com

Sesuai dengan namanya, kuliner khas di Cirebon satu ini berbahan dasar mie. Nah, untuk Anda pecinta mie, kami merekomendasikan Anda untuk mencoba Mie Koclok. Kuliner khas ini kabarnya sudah ada sejak tahun ’45 – memiliki usia yang sama dengan Indonesia.

Mie ini, disajikan dengan ayam suwir, irisan telur, tauge, dan tambahan daun bawang. Kuahnya yang putih dan kental, akan menambah cita rasa Mie Koclok. Tak perlu lagi untuk menggambarkan rasanya, Anda harus mencoba Mie Koclok di warung Pak Edy. Yup, keluarga dari Pak Edy adalah penemu dari salah satu makanan khas di Cirebon ini.

Nasi Lengko

pintuwisata.com

Memang, Indonesia memiliki berbagai macam makanan khas yang berasal dari makanan pokok kita, yaitu nasi. Di Cirebon sendiri, selain Nasi Jamblang, juga ada satu jenis olahan kuliner yang disebut dengan Nasi Lengko. Berbeda dengan Nasi Jamblang, kuliner yang satu ini bisa dibilang lebih menyehatkan.

Kenapa? Karena lebih menggunakan beragam sayuran. Selain itu, adanya guyuran sambal kacang membuat citarasa Nasi Lengko menjadi beragam, tak terkecuali rasa gurih. Jika Anda berpikir tentang pecel, bisa dibilang Nasi Lengko adalah pecelnya orang Cirebon.

Empal Asam

makanan khas cirebon

pinterest.com

Setelah mencoba Empal Gentong, kami merekomendasikan Anda untuk mencoba empal yang satu ini. Sesuai dengan namanya, citarasa dari makanan khas di Cirebon ini memiliki rasa yang asam, namun segar di mulut kita. Bahan utama yang menciptakan rasa asam di kuliner yang satu ini adalah adanya belimbing wuluh.

Tapi, Anda tak perlu cemas dengan rasa gurih yang harus wajib ada, pastinya Empal Asam juga tak kalah gurih. Isian dari Empal Asam adalah daging yang ditambah dengan babat. Untuk Anda yang suka pedas, Anda bisa menambahkan sambal agar citarasanya semakin ramai di mulut.

Sate Kalong

makanan khas cirebon

saegaleri.com

Mungkin yang ada di kepala Anda adalah sate yang berbahan daging kelelawar, kan? Di sini, yang membuat kenapa sate ini dinamakan Sate Kalong adalah aktivitas penjualnya yang hanya dilakukan di malam hari.

Karena itulah masyarakat menyebut makanan khas ini sebagai Sate Kalong. Namun, tidak serta unik gara-gara namanya saja, ternyata daging yang digunakan untuk membuat sate ini adalah daging kerbau. Berbeda dengan citarasa dari sate yang lain, Sate Kalong memiliki rasa yang manis. Untuk Anda pecinta pedas, Anda bisa juga mencocol sate kerbau dari Cirebon ini dengan sambal merah.

Tahu Gejrot

makanan khas cirebon

vebma.com

Kuliner dari tahu yang digoreng memang memiliki sesuatu yang membuat kita menjadi tergiur untuk memakannya. Tak terkecuali dengan kuliner khas di Cirebon yang satu ini, Tahu Gejrot sudah banyak dikenal oleh banyak orang.

Makanan khas yang bisa dianggap sebagai makanan ringan ini, diguyur dengan bumbu yang berasal dari campuran bawang putih, bawang merah, gula merah, dan juga cabai yang dihaluskan. Jika Anda penasaran dengan Tahu Gejrot, Anda bisa mencobanya saat mampir di kota Cirebon. Tambahan, jika Anda mencoba Tahu Gejrot asal Cirebon, hati-hati ketagihan karena rasanya benar-benar lezat.

Rujak Kangkung

makanan khas cirebon

feedram.club

Wah, mereka yang suka dengan masakan olahan dari bahan sayuran bisa mencoba salah satu dari makanan khas dari Cirebon ini. Di sini, bahan utama yang digunakan adalah sayur kangkung. Kangkung direbus dan disiram dengan bumbu rujak yang telah dicampur dengan terasi udang khas Cirebon.

Meskipun terlihat mirip dengan plecing kangkung, namun Rujak Kangkung dari Cirebon ini berbeda. Warna sambal yang disiram berwarna merah, tidak seperti plecing kangkung yang dikonsumsi dengan sambal kacang. Jika Anda mengonsumsi Rujak Kangkung, Anda juga bisa menambahkan kerupuk khas yang berasal dari Cirebon.

Bubur Sop Ayam

makanan khas cirebon

wisatacirebon.blogspot.co.id

Bubur dengan sop ayam, atau sop ayam dengan bubur? Kuliner khas dari Cirebon yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga orang, tapi Bubur Sop Ayam juga termasuk salah satu makanan khas dari Cirebon yang harus Anda coba.

Di sini, kuliner ini disajikan dengan menyiram kuah sop ayam ke bubur. Bubur yang digunakan berbeda dengan bubur ayam, tapi bisa dibilang seperti nasi tim. Sop ayam yang disiramkan juga ada sayur, ayam suwir, dan krupuknya. Selain itu, ada juga tambahan irisan tomat juga akan menambah citarasa dari Bubur Sop Ayam ini.

Pedesan Entog

pasarmalamkomalidah.blogspot.co.id

Apakah Anda tahu apa itu entog? Entog adalah salah satu jenis unggas yang mirip dengan bebek, namun lebih bontot dan besar. Entog memang terkenal enak jika dijadikan sebagai bahan untuk menciptakan makanan lezat, tak terkecuali dengan Pedesan Entog. Di sini, daging entog disiram dengan kuah yang gurih dan pedas.

Kuliner khas dari Cirebon ini, akan mampu memberikan rasa yang sangat memanjakan lidah Anda. Untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan makanan pedas, Anda bisa meminta Pedesan Entog yang tidak terlalu pedas. Jika Anda ingin mencoba kuliner yang satu ini, Anda bisa pergi ke desa Megu Gede, di Weru. Di sana, ada sebuah warung yang menjual sajian Pedesan Entog dengan citarasa yang sangat lezat.

Gado-Gado Ayam

makanan khas cirebon

17sekians.com

Kuliner yang bernama gado-gado, terkenal dengan sebutan saladnya orang Indonesia. Di gado-gado, ada banyak sayuran yang dijadikan sebagai bahan. Nah, untuk kota Cirebon, ada satu hal yang membuat gado-gado unik.

Di sini, gado-gado orang Cirebon ditambahkan dengan gulai kari ayam. Mungkin Anda bingung seperti apa rasa yang akan tercipta. Oleh karena itu, untuk membuktikan kelezatan Gado-gado Ayam khas Cirebon, Anda bisa langsung mencobanya sendiri.

Karena gulai kari ayam memiliki rasa gurih yang khas, maka pastinya citarasa yang Anda rasakan lebih berwarna. Anda tak perlu repot-repot mencari kuliner khas yang satu ini. Tapi, untuk Gado-gado Ayam yang terbilang enak, Anda bisa pergi ke Jalan Kesambi. Sudah lebih dari satu dekade penjual Gado-gado Ayam menjajakan kuliner ini.

Kerupuk Melarat

makanan khas cirebon

tareqi.blogspot.co.id

Salah satu makanan khas dari Cirebon yang harus Anda coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah Kerupuk Melarat. Benar sekali, kerupuk yang satu ini sangat enak dan renyah. Yang membuat makanan ringan ini enak adalah adanya saus kacang pedas yang disiram diatasnya.

Untuk Anda yang ingin membawa Kerupuk Melarat sebagai oleh-oleh, ada juga kerupuk yang dikemas dalam kemasan plastik. Perlu diketahui, jika Anda memakan kuliner khas Cirebon ini tidak akan membuat Anda melarat seperti namanya. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Warna-warni dari kerupuk ini akan menambah citarasa saat Anda hendak memakan makanan ringan ini.

Tahu Kuningan

makanan khas cirebon

fitriper19.wordpress.com

Berbeda dengan Tahu Gejrot, Tahu Kuningan adalah makanan ringan khas dari Cirebon yang memiliki rasa yang gurih dan pastinya sangat enak. Kuliner yang satu ini, diolah dari biji kedelai pilihan yang telah melewati proses fermentasi untuk menciptakan tahu yang enak.

Mungkin Anda berpikir seperti apa rasanya jika dibandingkan dengan tahu Sumedang. Untuk penampilan luar, memang bisa dibilang mirip dengan tahu Sumedang. Tapi, Tahu Kuningan memiliki isi yang lebih padat yang pastinya tidak akan membuat Anda kecewa. Kenapa? Karena isiannya lebih lembut. Anda juga bisa membawa Tahu Kuningan sebagai oleh-oleh untuk diberikan ke keluarga Anda.

Sate Kentang

makanan khas cirebon

pxhere.com

Jika Anda ingin merasakan cemilan yang berbeda dari yang lain, Anda bisa mencoba Sate Kentang dari Cirebon. Di sini, kentang yang dijadikan sate, dipotong melingkar panjang lalu digoreng – bukan dipanggang seperti sate pada umumnya.

Sebelum digoreng, Sate Kentang dibumbui dengan tepung yang akan membuat kentangnya menjadi renyah saat dimakan. Kuliner yang satu ini tergolong baru di Cirebon, namun kepopulerannya sudah banyak diketahui oleh masyarakat Cirebon apalagi di kalangan remaja dan anak-anak.

Di samping itu, Sate Kentang ini juga akan ditambahkan dengan saus gula merah dan kuah kacang sehingga menciptakan citarasa yang pedas manis dan pastinya gurih.

Terasi Cirebon

makanan khas cirebon

bukalapak.com Sanz_Shop0612

Siapa yang tidak tahu dengan kelezatan akan terasi asal Cirebon. Untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh saat mampir di Cirebon, Terasi Udang harus Anda masukkan ke dalam list. Kenapa? Karena citarasa khas yang diberikan tidak akan dimiliki oleh terasi dari daerah lainnya.

Terasi yang diciptakan, berbahan udang rebon yang memang membuat rasa terasi menjadi lebih lezat. Sekarang, terasi khas dari Cirebon sudah memiliki kemasan yang modern agar konsumen bisa membawanya sebagai oleh-oleh.

Gepu

makanan khas cirebon

jdlines.com

Makanan yang satu ini pastinya asing di telinga Anda. Benar sekali, Gepu adalah makanan khas yang berbahan singkong. Bentuknya seperti bakwan, tapi isiannya ditambahkan dengan oncom. Menikmati sore sangat cocok jika Anda memakan Gepu – apalagi jika disantap saat masih hangat.

Pastinya Anda akan ketagihan dengan makanan ini. Gepu cocok sekali dikonsumsi saat hujan, apalagi dengan selingan teh poci.

Growolan

makanan khas cirebon

jadiberita.com

Satu lagi makanan yang harus Anda coba jika Anda mengunjungi Cirebon. Adalah Growolan, sebuah makanan cemilan yang terbuat dari gaplek yang dicampur dengan kelapa yang sudah diparut. Makanan ini sudah ada sejak dahulu kala.

Tidak tergerus oleh perkembangan zaman, Growolan masih eksis di dunia kuliner Cirebon. Yup, hal ini karena masyarakat memang menyukai Growolan karena memiliki citarasa yang lezat dan tidak sulit untuk membuatnya.

Tape Ketan Daun Jambu

makanan khas cirebon

asri78.wordpress.com

Tape ketan adalah kuliner khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu. Seperti yang kita ketahui, ada beragam tape ketan yang dibuat oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Setiap daerah, memiliki citarasa khas yang berbeda satu sama lain. Tak terkecuali dengan tape ketan asal Cirebon, di sini tape ketan yang dibuat telah melalui proses fermentasi yang dibungkus dengan daun jambu.

Dalam hal ini, daun jambu akan memberikan rasa masam terhadap tape ketan. Jadi, selain rasa manis, pastinya rasa masam yang tercipta akan memberikan sensasi berwarna di mulut Anda.

Gadungan

makanan khas cirebon

mendi.id

Jika Anda ingin mencoba sebuah makanan cemilan di Cirebon yang memiliki rasa yang gurih dan enak, Anda bisa berburu Gadungan. Cemilan ini dibuat dari singkong yang dicampur dengan kelapa. Sampai sekarang, masyarakat masih menggemari makanan ringan ini karena rasanya memang membuat lidah kita ketagihan. Jika Anda tertarik untuk merasakan Gadungan, Anda bisa bisa mencarinya di area pasar. Kalau Anda beruntung, Anda bisa menemui penjual keliling yang menawarkan Gadungan.

Nasi Jamblang

makanan khas cirebon

ariefpokto.com

Kuliner yang satu ini adalah kuliner yang menjadi ciri khas dari Kota Cirebon. Bagi Anda yang mampir di kota ini, kami menyarankan Anda untuk berburu Nasi Jamblang. Kenapa? Karena jenis kuliner ini benar-benar asli dari Cirebon.

Salah satu yang membuat Nasi Jamblang sangat unik dan mudah dikenali adalah bungkus nasinya yang berasal dari daun jati. Berbeda dengan nasi khas daerah lain yang seringkali menggunakan daun pisang. Awal mula Nasi Jamblang menjadi terkenal adalah cita rasa yang khas dan harganya sangat sangat terjangkau.

Nasi Jamblang lahir tepatnya di suatu desa yang bernama Desa Jampang, Cirebon. Untuk lauk yang disuguhkan, banyak sekali ragam lauk yang bisa kita pilih. Seperti sate kentang, udang, ikan asin, ayam goreng, pepes, perkedel, bacem, dll. Jika Anda ingin lauk yang paling populer, Anda bisa memilih cumi-cumi yang ditumis atau paru goreng. Harga dari makanan khas dari Cirebon ini mulai dari Rp. 2.000 sampai Rp. 20.000.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai makanan khas Cirebon, Anda harus mencobanya saat Anda mampir atau mengunjungi Cirebon. Di sini, Anda bisa membuktikan citarasa khas yang dimiliki oleh makanan Cirebon. Selain itu, jangan lupa untuk membawa pulang beberapa makanan khas di atas sebagai oleh-oleh untuk keluarga Anda.



Leave a Reply