10 Sup Khas Korea Yang Kerap Muncul di Drama Korea


prita  May 28, 2022  0 Comment

Sup khas Korea menjadi salah satu sajian yang cukup banyak diburu oleh penggemar kuliner. Kuliner khas Korea ini memang kerap muncul dalam Serial Drama Korea dan kerap membuat penontonnya ngiler. Sajian ini biasanya dibuat dari beragam jenis daging, ikan dan sayuran dan biasanya dinikmati dengan nasi, kimchi dan ragam lauk lainnya. Nah, sebelum berkunjung ke Korea, baiknya ketahui dulu yuk apa saja sup khas Korea yang memiliki cita rasa nikmat.

1. Tteokguk

Tteokguk
tarasmulticulturaltable.com

Sup khas Korea yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Tteokguk. Tteokguk merupakan sup ini merupakan sebuah sup tahun baru yang cukup ikonik dan terbuat dari kaldu dagimg dan kue beras.

Menariknya, tteokguk ini memiliki peran penting dalam adat dan tradisi Korea yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tteok-nya memiliki bentuk bulat bagaikan koin yang menyerupai mata uang koin kuno Korea, yeojeon, dipercayai melambangkan kemakmuran.

GoTravelly

Korean Fantasy, Wisata Ala Korea Dari Ngancar, Kediri

Cobain Korean Street Food Di Goryeo Street LaFest, Rasanya Juara!

2. Manduguk

Manduguk
seonkyounglongest.com

Manduguk memiliki arti sup pangsit dan menjadi salah satu sup khas Korea paling favorit. Meskipun kebanyakan orang akrab dengan sup pangsit ala Tionghoa, namun sup pangsit Korea memiliki keunikannya sendiri, yaitu dengan memasukkan sayuran seukuran telapak tangan dan pangsit berisi daging ke dalam sup kaldu.

Bahan dasar dari sup ini adakah ikan anchovy atau teri atau bisa juga menggunakan kaldu daging. Bahan utamanya adalah mandu, yaitu pangsit tradisional Korea yang bentuknya seperti bulan sabit dan biasanya diberi isian daging sapi serta sayuran. Di beberapa daerah di Korea Selatan, Manduguk ini disajikan pada hari pertama Tahun Baru Imlek.

3. Galbitang

Sup Khas Korea
maangchi.com

Sup khas Korea yang memiliki cita rasa yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah galbitang. Galbitang ini merupakan sup iga sapi yang memiliki cita rasa sangat nikmat.

Sup lezat ini biasanya disiapkan dengan merebus iga sapi dan lobak utuh selama sekitar 4 hingga 5 jam. Setelah matang, daging kemudian diberi bumbu daun bawang, bawang putih, merica bubuk, minyak wijen, biji wijen, kecap dan garam. Sup ini mirip dengan seollongtang yang dibuat dari tulang sapi. Galbitang dianggap sebagai hidangan yang istimewa sehingga disajikan pada acara-acara khusus, seperti pernikahan dan jamuan makan.

4. Dwaeji Gukbap

Dwaeji Gukbap
youtube.com

Jika berbicara soal sup khas Korea yang paling enak, rasanya belum lengkap jika tidak menyebutkan dwaeji gukbap. Sup ini dibuat dari daging babi, miso, anggur beras, kecap, minyak wijen dan kaldu tulang.

Dwaeji Gukbap ini biasa disajikan dengan berbagai lauk pauk. Jenis lauk pauk yang biasa digunakan eperti nasi, udang, kimchi, mie, bawang merah, bawang putih hingga paprika hijau yang semuanya ditambahkan dalam mangkuk kuah. Dwaeji gukbap ini awalnya dianggap sebagai makanan orang miskin karena saat Perang Korea di tahun 1950an, saat pengungsi dari Korea Utara biasa menyiapkan daging sapi.

5. Seolleongtang

Seolleongtang
selerasa.com

Sering disebut mirip dengan galbitang, seolleongtang ini juga menjadi salah satu sup khas Korea yang cukup banyak digemari. Sup ini kuahnya dibuat dari tulang sapi dan memiliki tampilan yang sangat sederhana.

Sup ini dibuat hanya menggunakan sedikit bahan, yaitu daging, mie dan beberapa daun bawang yang mengapung dalam kaldu berwarna putih susu. Seolleongtang ini merupakan sajian sempurna untuk hari yang dingin atau saat merasa tidak enak badan karena sup ini bisa menghangatkan.

6. Haejangguk

Haejangguk
gaekon.com

Sup khas Korea yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah Haejangguk. Haejangguk ini seringkali sebut sebagai hangover soup karena biasa dinikmati sebagai penawar setelah minum soju.

Haejangguk ini dibuat dengan bongkahan darah sapi yang membeku dan kandungan natriumnya sangat membantu dalam membangunkan otak yang telah banyak minum pada malam sebelumnya. Sup ini bisa disajikan dengan tambahan nasi. Masyarakat Korea memang tidak bisa hidup tanpa sup ini karena sup ini mampu menghilangkan rasa sakit saat bangun tidur setelah semalaman minum.

7. Samgyetang

Samgyetang
maangchi.com

Samgyetang merupakan salah satu sup khas Korea yang terbuat dari ayam muda utuh yang diolah dengan gingseng, bawang putih dan nasi. Di Korea, gingseng memang dipuja karena memiliki banyak khasiat, seperti menurunkan gula darah dan meningkatkan sistem kekebalan serta stamina tubuh.

Samgyetang menjadi sup yang ideal untuk hari-hari musim panas, saat orang mengalami kekurangan nutrisi karena keringat berlebih dan kehilangan nafsu makan. Samgyetang ini memiliki cita rasa agak lebih lembut dibandingkan dengan sup obat herbal Korea dan Tiongkok lainnya. Biasanya, jika menyantap samgyetang di restoran tak jarang akan disediakan sebotol kecil alkohol ginseng insangju yang dipercaya bisa meningkatkan stamina fisik.

8. Haemultang

Haemultang
gaekon.com

Sup khas Korea yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah haemultang. Haemultang ini merupakan sup seafood hidup. Mekipun begitu, sajian ini bukanlah dibuat dari seafood yang benar-benar hidup, ya.

Seafood iniawalnya memang hidup kemudian dimasak dalam sup panas sebelum disajikan. Bisa dibilang, seafoodnya masih segar saat kamu menikmatinya. Biasanya sup ini dibuat dengan berbagai macam pasta dan sayuran pedas yang memberikan cita rasa unik sehingga menjadikannya sebagai salah satu menu favorit di banyak restoran di Korea.

9. Kongnamul Guk

Kongnamuk Guk
yummy.co.id

Kongnamul Guk merupakan sajalh satu jenis sup khas Korea yang dibuat dengan kecambah kedelai sebagai bahan utamanya. Sup ini memiliki banyak variasi dan biasa dibuat dengan kaldu yang berbeda, khususnya yang berbahan dasar ikan teri atau air.

Sup ini biasa diberi tambahan bubuk cabai merah untuk menambah rasa pedas. Bahan umum lainnya adalah bawang merah dan bawang putih. Kecambah dalam sup ini tidak boleh dibuat terlalu matang dan harus disiapkan dengan benar. Kongnamul Guk memiliki cita rasa pedas yang kembut dan kecambah yang masih renyah.

10. Maeuntang

Maeuntang
asianinspirations.com.au

Sup khas Korea yang terakhir adalah Maeuntang. Maeuntang ini merupakan sup seafood yang dibuat dengan berbagai pilihan makanan laut dan biasanya restoran yang menyajikan sajian ini kerap menawarkann pengunjung untuk memilih ikan dari akuarium.

Ikan yang paling populer untuk sup ini adalah ikan kakap merah, sea bass, codfish, yellow corvina, globefish, croaker, pollack dan ragam ikan air tawar, seperti karper atau ikan mas. Selain ikan, sup ini juga bisa dibuat dengan kepiting dan kerang.

Sup ini dibumbui dengan bubuk merica, kecap, bawang putih dan pasta cabai. Bumbu utama untuk membuat sup ini adalah guchujang atau pasta cabai yang pedas. Maeuntang merupakan salah satu lauk paling populer di Korea saat minum minuman beralkohol. Sup ini juga bisa dibuat dari sisa potongan ikan mentah.

Itulah tadi daftar sup khas Korea yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Sajian khas Korea ini memang dibuat dari bahan yang berbeda-beda sehingga cita rasa yang ditawarkan pun beragam.



Leave a Reply