Yuk! Cicipi 10 Makanan Khas Korea Dari Olahan Babi


prita  October 3, 2022  0 Comment

Makanan Korea dari babi tentu bisa jadi salah satu pilihan kuliner yang wajib untuk kamu cicipi, khususnya bagi kamu yang suka makan daging babi. Korea merupakan salah satu negara yang mayoritasnya mengonsumsi daging babi, maka tak heran jika disana kamu akan menemukan berbagai macam pilihan kuliner yang menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya.

Di Korea, daging babi memang menjadi makanan pokok selain daging sapi dan ayam. Bahkan, hampir di seluruh restoran Korea menyajikan kuliner dari daging babi. Nah, untuk kamu yang ingin mencicipi sajian kuliner khas Korea yang berbahan dasar babi, berikut adalah daftarnya.

1. Jokbal

Jokbal
la.eater.com

Makanan Korea dari babi yang pertama adalah jokbal. Jokbal adalah salah satu kuliner khas Korea yang cukup populer karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Jokbal merupakan makanan yang dibuat dari kaki babi yang direbus kemudian diasinkan. Kaki babi tersebut sebelum diolah dipotong-potong menjadi ovel terlebih dahulu, kemudian kaki babi diracik dengan jahe, bawang putih, daun bawang dan anggur beras. Biasanya jokbal dihidangkan dalam porsi yang besar, bahkan biasanya satu porsinya bisa untuk makan 4 orang. Jokbal bisa dijadikan lauk atau makanan pendamping. Kebanyakan jokbal dijual di malam hari.

Gotravelly

Merasakan Sensasi Menginap Di Dalam Pohon Di Hotel Pohon Inn Kota Batu

Nyobain Tteokbokki Enak Di For You Korean Street Toast And Coffee

2. Samgyeopsal

Samgyeopsal
maangchi.com

Selain kaki babi, makanan Korea dari babi yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Samgyeopsal. Samgyeopsal merupakan kuliner khas Korea berupa babi panggang yang mana bagian yang dipanggang adalah bagian perut babi yang berlemak dan tebal.

Biasanya daging babi tidak diberi bumbu, namun ada juga yang dibumbui dengan saus pedas saat dagingnya dipanggang. Biasanya orang Korea memanggang daging babi ini langsung di atas meja makan sehingga bisa langsung dimakan. Cara menikmatinya pun dengan menggulung samgyeopsal dengan daun selada dan bawang bombay.

3. Dwaeji Bulgogi

Makanan Khas Korea Dari Olahan Babi
seriouseats.com

Makanan Korea dari babi yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah dwaeji bulgogi. Sama halnya dengan samgyeopsal, kuliner yang satu ini juga diolah dengan cara dipanggang. Namun, bumbunya dioles dengan saus khas Korea, yaitu saus gochujang.

Gochujang merupakn saus cabai yang pembuatannya melewati proses fermentasi. Saus ini juga sering digunakan dalam berbagai masakan khas Korea. Cara menikmatinya dwaeji bulgogi ini juga sama dengan samgyeopsal, yaitu dengan cara digulung menggunakan daun selada. Namun, ada beberapa tambahan, yaitu menggunakan bawang putih, sedikit nasi, kimchi, cabai dan bawang bombay.

4. Dwaeji Gukbap

Dwaeji Gukbap
tasteatlas.com

Kalau kamu mencari makanan Korea dari babi yang berkuah, maka kamu wajib menjajal dwaeji gukbap. Sajian ini merupakan sup yang berasal dari provinsi Gyeongsangnam-do, tepatnya di Busan. Sup ini adalah kuliner khas Busan yang tak hanya direkomendasikan untuk wisatawan mancanegara, tapi juga bagi masyarakat Korea yang hendak berkunjung ke Busan karena sangat otentik.

Dwaeji Gukbap merupakan sup yang bahan dasarnya dari tulang babi. Kaldu sup ini cita rasanya gurih dan sedap. Biasanya dwaeji gukbap di Busan disajikan dengan jeonguji di sampingnya. Jeonguji merupakan daun bawang khas Korea. Daun bawang ini ditambahkan pada sup agar cita rasanya semakin nikmat.

5. Gamjatang

Gamjatang
maangchi.com

Selain dwaeji gukbap, makanan Korea dari babi yang berkuah adalah gamjatang. Gamjatang adalah sup tulang punggung babi yang paling disukai oleh masyarakat Korea maupun oleh wisatawan mancanegara. Kuah gamjatang ini memiliki cita rasa yang gurih dan tidak terlalu pedas. Gurihnya kuah dan daging babi yang juicy berpadu sempurna pada sajian ini. Sayangnya, banyak orang yang mengaku sulit untuk memisahkan daging babi dari tulangnya.

6. Tangsuyuk

tangsuyuk
en.wikipedia.org

Makanan Korea dari babi yang satu ini merupakan perpaduan dari Korea dan Tiongkok, yaitu tangsuyuk. Kuliner ini terbuat dari daging babi goreng yang dipotong-potong, setelah itu kembali ditumis.

Pada proses menumis, daging babi diberi tambahan saus asam manis dan ditambahkan dengan berbagai sayuran, seperti wortel dan bawang. Kuliner babi yang satu ini banyak ditemukan di restoran-restoran Korea. Tangsuyuk ini biasanya dimakan dengan jajangmyeon atau mie dengan saus pasta kacang kedelai hitam. Sekarang, kamu bisa menemukan tangsuyuk ini yang dibuat dengan menggunakan daging babi.

7. Jeyuk Bokkeum

Jeyuk Bokkeum
koreanbapsang.com

Jeyuk Bokkeum juga layak untuk masuk dalam daftar makanan Korea dari babi yang patut untuk kamu cicipi. Hidangan klasik Korea Selatan ini terdiri dari potongan daging babi berlemak yang diiris tipis yang diasinkan kemudian dipanggang atau digoreng.

Jeyuk Bokkeum, ini dibuat dengan bumbu saus gochujang, kecap, cabai bubuk, bawang putih dan jahe. Hidangan ini biasanya disajikan dengan daun selada atau perilla yang digunakan sebagai pembungkus, sementara sebagai pendampingnya ada kimchi dan ssamjang.

8. Ogyeopsal

Ogyeopsal
sejongdish.com

Makanan Korea dari babi selanjutnya adalah ogyeopsal. Ogyeopsal merupakan potongan perut babi yang secara tradisional digunakan dalam barbekyu.

Potongan daging ini berasal dari perut babi bersama dengan kulitnya. Bisa dibilang sajian ini mirip dengan samgyeopsal, namun bedanya samgyeopsal tidak menggunakan kulit. Potongan-potongan daging tersebut kemudian dipanggang di atas panggangan khas Korea. Ogyeopsal panggang bisa dinikmati polos atau bisa juga dengan saus celup. Ada juga yang menikmati sajian ini dengan pembungkus ssam. Sajian ini diberi nama ogyeopsal karena jumlah lapisan ada lima lapis pada potongannya.

9. Bossam

Bossam
seriouseats.com

Bossam merupakan salah satu makanan khas Korea dari babi yang tak kalah populer. Bossam adalah kuliner khas Korea Selatan yang terdiri dari irisan daging babi kukus yang dibungkus dengan daun sayuran, seperti chard, bit, selada atau kol Tiongkok.

Saat disiapkan, daging harus memiliki rasa yang halus dan lembut. Sajian ini biasanya dinikmati bersama nasi, kimchi dan saus udang. Bisa dibilang, bossam merupakan salah satu sajian klasik yang sederhana namun sangat menyatu dengan bumbu serta toppingnya. Banyak sekali restoran di Korea Selatan yang menyajikan bossam ini dengan lauk pauk seperti sup kimchi, jjigae dwenhang atau pancake seafood.

10. Sundae

Sundae
todaysfriend.com

Makanan Korea dari babi yang terakhir adalah sundae. Sundae merupakan salah satu street food khas Korea yang cukup populer dan banyak penggemarnya.

Proses pembuatan sundae ini mirip dengan sosis. Secara tradisional, usus babi diisi dengan seonji atau darah babi, daging giling, nasi dan sayuran. Setelah perang Korea usai, dangmyeon atau mie ubi jalar menjadi terjangkau sehingga menggantikan daging dan nasi yang mahal. Untuk itu, kamu bisa membeli sundae ini dengan harga yang terjangkau sekarang. Biasanya, sundae dan tteokbokki ini menjadi kombo yang nikmat diantara street food khas Korea Selatan.

Itulah daftar makanan Korea dari babi yang wajib untuk kamu cicipi saat berkunjung ke Korea. Bahkan, tak perlu jauh-jauh ke Korea, kamu bisa juga menemukan beberapa kuliner dengan daging babi di atas di restoran yang menyajikan makanan khas Korea.



Leave a Reply