20 Makanan Khas Banyuwangi Sederhana Tapi Enak Banget


Reni  February 19, 2018  3 Comments

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki cita rasa kuliner yang begitu menggugah selera siapa saja yang mencicipinya salah satunya makanan khas Banyuwangi. Nah bagi Anda yang sedang berlibur ke suatu tempat tentu saja tidaklah lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Salah satu makanan khas yang bisa memanjakan lidah Anda adalah makanan khas Banyuwangi. Nah berikut Makanan Khas Banyuwangi

Sego Tempong

Sego Tempong

Nah makanan khas banyuwangi yang pertama yang bisa Anda cicipi adalah bernama nasi tampar atau lebih dikenal dengan sebutan sego tempong. Tahukah Anda kenapa disebut dengan nasi tampar? Hal ini karena rasa lezatnya sangatlah lezat dan mampu menghipnotis siapa saja, sehingga seakan- akan si pemakannya harus ditampar sehingga sadar.

Nah nasi ini sekilas tidaklah berbeda dengan nasi pada umumnya yang Anda makan, karena terdiri dari nasi, kemudian juga terdapat lauk pauk, seperti ikan dan juga sayur mayur yang sudah dimasak. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan bumbu yang menjadikan nasi ini sangatlah lezat dan juga nikmat, sehingga Anda wajib untuk mencobanya.

Bebek Songkem Pak Salim: Sajikan Bebek Goreng Lezat Dan Sehat

Sate Ayam Mitra Gotong Royong, Sate Ayam Paling Nagih 

Sego Cawuk

Masih banyak lagi makanan khas banyuwangi yang harus Anda coba jika Anda berkunjung ke Banyuwangi ini. Seperti halnya makanan yang tidak kalah lezat lainnya berupa sego cawuk. Nasi ini terbilang unik, karena saat Anda menyantap nasi ini, maka Anda akan merasakan rasa yang gurih dan sekaligus lembut. Karena nasi ini dibuat dengan campuran kuah dan juga kelapa yang sudah diparut.

Selain itu nasi yang satu ini juga dilengkapi dengan lauk pauk yang tidak kalah lezat dan juga bergizi. Karena Anda bisa mendapati dendeng, pepes ikan, telur sebagai lauk pauknya, dan juga dilengkapi dengan sayur mayur serta juga lalapan dan juga yang terakhir kerupuk yang tentu saja akan menambah rasa nikmat sego cawuk ini. Terutama akan terasa lebih nikmat lagi jika Anda makan nasi ini lengkap bersama keluarga besar Anda.

Pecel Pitik

Pecel Pitik

wisata-osing.blogspot.co.id

Jika Anda ingin makan makanan khas banyuwangi yang juga sarat dengan nilai adat istiadat dan juga budayanya, maka wajib untuk Anda untuk mencicipi pecel pitik yang satu ini. Tahukah Anda jika pecel pitik ini merupakan makanan yang biasa disajikan pada acara yang khusus seperti acara adat atau upacara adat dari suku Osing. Suku Osing ini merupakan suku asli di Banyuwangi.

Adapun menu dari pecel pitik yang nantinya akan Anda santap yaitu berupa nasi putih, kemudian ada lauk pauk yang sudah dibumbui dengan beragam rempah-rempah yang khas sehingga terlihat kecoklatan dan juga ditambah dengan beberapa iris mentimun segar. Meskipun isian menu yang Anda lihat dipiring Anda sangatlah sedikit, namun dijamin Anda akan ketagihan akan rasanya.

Nasi Kalak

Nasi Kalak

noenkcahyana.blogspot.co.id

Nah untuk Anda yang menyukai segala jenis mie, maka wajib untuk Anda juga mencicipi makanan khas banyuwangi yang satu ini yaitu nasi kalak. Nah nasi kalak ini merupakan nasi yang juga dilengkapi dengan mie kuning, serta juga beberapa sayur tumis lainnya sepeti wortel, buncis, dan juga dilengkapi dengan serundeng, daging dan juga tahu. Tentu saja nasi ini selain lezat namun juga kaya akan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Baca juga :  15 Oleh Oleh Khas Depok Ada Manisan Hingga Sirup Segar

Sego Bungkus

makanan khas banyuwangi

roomvi.blogspot.co.id

Memang makanan Indonesia, bisa memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya tak terkecuali makanan khas banyuwangi yang satu ini yaitu sego bungkus. Sego bungkus merupakan nasi yang nantinya akan dibungkus dengan berbagai lauk pauk yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda, mulai dari lauk pauk berupa oseng- oseng, gudeg, ayam goreng. Atau bagi Anda yang pencinta aneka lauk pauk berupa ikan, maka sego bungkus Anda juga bisa dilengkapi dengan ikan.

Rujak Soto

Rujak Soto

mommynoer.wordpress.com

Jika Anda ingin mencicipi makanan khas banyuwangi yang segar- segar maka Anda wajib untuk mencicipi rujak soto berikut ini. Meskipun terbilang makanan yang sangat unik, karena makanan yang satu ini terdiri dari rujak dan juga campuran kuah soto yang segar dan juga gurih. Rasa rujak yang sangat segar kemudian juga diguyur dengan kuah yang terdiri dari potongan daging babat serta juga telur puyuh. Dijamin Anda akan ketagihan dan juga ingin mencobanya lagi dan lagi.

Uyah Asam Pitik

Uyah Asam Pitik

theriathings.blogspot.co.id

Tidak hanya sampai disitu saja karena massih banyak lagi makanan khas banyuwangi yang bisa Anda cicipi, seperti halnya uyah asam pitik. Makanan yang satu ini sangatlah cocok untuk Anda santap saat siang hari karena akan memberikan sensasi rasa yang segar. Nah tahukah Anda jika makanan khas banyuwangi yang satu ini terbuat dari ayam kampung yang nantinya juga dicampur dengan bongkot kecombrang.

Bukan hanya itu saja karena uyah asam pitik ini juga dilengkapi dengan tambahan sayur mayur seperti kacang panjang, bongkot yang sudah diiris- iris dan juga belimbing wuluh yang nantinya akan memberikan rasa asam pada makanan ini. Selain itu makanan ini juga dimasak dengan rempah- rempah khas Indonesia yang menjadikan masakan yang satu ini sangatlah gurih dan juga memiliki cita rasa yang sangat tinggi.

Pindang Koyong

Pindang Koyong

Bagi Anda pencinta kuliner berupa ikan, maka Anda juga tidaklah perlu khawatir karena Anda juga bisa mendapatkannya di makanan khas banyuwangi ini yaitu dengan mencicipi pindang koyong. Tahukah Anda jika ikan yang digunakan dalam membuat pindang koyong ini biasanya berupa ikan tenggiri yang masih segar. Selain itu juga digunakan beraneka ragam rempah- rempah yang membuat makanan ini menjadi nikmat dan juga lezat seperti sereh, lengkuas, cabai rawit, belimbing wuluh, bawang merah dan bawang putih, daun jeruk sehingga akan membuat aroma pindang ini menjadi khas, juga rempah- rempah lainnya seperti merica, jahe, kunyit, kemiri dan juga beberapa garam, gula serta juga minyak sayur.

Selain nikmat, makanan yang satu imi juga sangatlah sehat, karena cara memasaknnya bukan dengan digoreng, dimana pindang koyong ini dimasak dengan cara direbus dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tersebut.

Bagiak

Bagiak

ardial.blogspot.co.id

Selain beberapa makanan khas banyuwangi yang bisa Anda santap dengan nasi tersebut, maka Anda tidaklah perlu khawatir karena masih banyak lagi makanan khas lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai cemilan Anda disaat sore hari berkumpul bersama keluarga atau hanya sekedar nongkrong bersama sahabat-sahabat tercinta. Ya benar sekali, Anda bisa menikmati bagiak. Nah bagiak ini merupakan kue yang dibuat dengan menggunakan olahan tepung sagu dan juga memiliki begitu banyak varian rasanya, mulai dari rasa pandan, nangka, keju, kacang, vanilla, jahe dan juga untuk Anda pencinta durian maka Anda juga bisa mencicipi bagiak rasa durian.

Baca juga :  7 Nasi Lawar Enak Di Bali Miliki Rasa Khas Tersendiri

Selain itu tahukah Anda jika Anda bisa menjadikan bagiak ini sebagai oleh- oleh untuk dibawa ke sanak saudara yang ada dikampung karena kue yang satu ini juga tahan hingga berbulan-bulan. Sangat cocok sekali bukan untuk oleh- oleh Anda.

Kelemben

Kelemben

Tahukah Anda jika ternyata Banyuwangi juga punya kue bolu yang khas yang dikenal dengan nama kelemben. Nah makanan khas banyuwangi yang satu ini terbuat dari olahan tepung terigu dengan campuran telur yang menambah rasa gurih dari kue bolunya serta juga dicampur dengan gula. Uniknya lagi adalah bentuk dari bolu khas Banyuwangi ini karena bentuknya seperti kura-kura.

Selain itu bolu yang satu ini juga bisa Anda temukan pada saat moment hari raya. Nah Anda juga bisa membeli dan juga menjadikan bolu khas Banyuwangi ini sebagai oleh- oleh Anda pada saat Anda berkunjung ke Banyuwangi karena bolu yang satu ini juga tahan lama. Selain sebagai oleh- oleh bolu ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai cemilan disore hari yang dilengkapi dengan kopi atau teh hangat.

Ladrang Sabrang

Ladrang Sabrang

Masih banyak lagi cemilan dan juga jajanan makanan khas banyuwangi yang bisa Anda nikmati. Seperti halnya ladrang sabrang. Nah, jajanan yang satu ini terbuat dari ubi ungu. Dengan memiliki cita rasa yang sangat lezat dan juga renyah. Selain nikmat ladrang sabrang ini juga diyakini bisa untuk membantu Anda untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit Anda seperti penyakit kanker, obesitas dan juga diabetes, hal ini karena kandungan zat yang terdapat pada ubi ungu yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit tersebut. Selain itu jajanan yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet.

Dodol Salak

Dodol Salak

marsalak.wordpress.com

Jika biasanya Anda mendapati dodol wajik atau juga dodol nangka, maka saat ini Anda bisa mencicipi dodol salak. Ya, dodol salak merupakan salah satu makanan khas banyuwangi yang patut untuk Anda coba dan juga bisa Anda jadikan sebagai buah tangan alias oleh- oleh untuk kerabat Anda. Sesuai dengan namanya, dimana dodol salak ini terbuat dengan menggunakan bahan baku berupa salak. Teksturnya bisa dikatakan hampir mirip dengan jenis dodol lainnya hanya saja, rasanya sangatlah nikmat dan juga legit dan juga khas salaknya akan membuat Anda ketagihan.

Sale Pisang

Sale Pisang

jierowedangan.blogspot.co.id

Tidak hanya didaerah lainnya saja, ternyata Banyuwangi juga memiliki makanan khas banyuwangi nya berupa sale pisang. Nah sale pisang ini terbuat dari pisang yang masih segar dan juga manis sehingga tidak terlalu banyak menggunakan gula sebagai pemanisnya lagi. Anda juga bisa mencicipi aneka rasa sale pisang seperti sale pisang gulung, sale psang goreng dan juga sale pisang basah. Tentu saja sale ini akan sangat cocok untuk Anda nikmati disore hari sambil minum teh dan kopi bersama orang tercinta Anda.

Jenang

Jenang

Tak hanya sampai disitu saja Anda juga bisa menukmati makanan atau juga cimilan yang legit dan juga manis yaitu berupa jenang. Jenang yang nantinya bisa Anda nikmati juga bervarian seperti halnya jenang bedil, jenang selo dan juga jenang mutioro. Rasanya yang legit serta tekturnya yang lembut tentu saja bisa memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya. Selain itu tahukah Anda jika Anda juga bisa mencicipi jenang ini dengan beraneka ragam toppinya yang sangatlah nikmat.

Baca juga :  Sensasi Kelezatan 7 Tahu Campur Paling Enak di Surabaya

Precet

Precet

travel.kompas.com

Makanan khas banyuwangi lainnya yang bisa untuk Anda cicipi adalah berupa precet. Nah precet ini merupakan sejenis kue yang biasanya serig dijajakan pada saat bulan puasa saja sebagai menu untuk berbuka puasa. Tahukah Anda jika kue yang satu ini terbuat dari olahan besar dengan menggunakan santap sebagai penambah rasa gurih dan juga biasanya diberikan pewarna makanan seperti warna hijau, putih, merah. Sehigga menarik mata siapa saja. Kue ini bisa dikatakan sebagai kue basah, karena proses memasakknya tidaklah digoreng. Sehingga Anda tidak bisa menjadikan kue ini sebagai oleh- oleh untuk perjalanan jauh.

Sumping

Sumping

Nah aneka makanan khas banyuwangi lainnya yang bisa Anda cicipi adalah sumping atau juga dikenal dengan nagasari. Tentu saja kue yang satu ini terbuat dari olahan pisang yang biasanya dicampur dengan beras, gula pasir dan juga santan kelapa, serta juga beberapa daun pandan yang membuat kue ini semakin harum. Kue yang satu ini juga merupakan kue basah karena cara memasaknya dengan cara dikukus dan menggukan bungkusan daun pisang.

Bikang

Bikang

Adapun makanan khas banyuwangi lainnya yang bisa untuk Anda nikmati sebagai kudapan atau cemilan disore hari adalah dengan mencicipi bikang. Nah bikang ini merupakan makanan khas banyuwangi yang sangatlah lezat dan juga gurih. Bikang ini biasanya terbuat dari bahan baku seperti tepung beras, santan kelapa, tepung kanji, tepung terigu dan juga tambahan gula pasir.

Tahukah Anda jika bikang ini biasanya dibuat dengan cara dipanggang dengan menggunakan api yang kecil, sehingga nantinya pada bagian tepi dari bikang ini akan kecoklatan dan juga terasa renyah.

Rawon

Rawon

bello.id

Jika Anda ingin menu makan siang Anda berbeda dari biasanya maka Anda wajib untuk mecoba makanan khas banyuwangi yang satu ini yaitu rawon. Biasanya rawon ini sangatlah khas dengan menggunakan daging sapi yang masih segar dan juga rempah- rempah yang khas sehingga menjadikan warna kuahnya agak kecoklatan.

Namun meskipun demikian dijamin Anda akan merasa puas jika Anda mencicipi rawon yang satu ini. Untuk Anda yang menyukai makanan pedas, maka Anda bisa menambahkan sambal rawit ke rawon yang akan Anda makan tersebut.

Botok Tawon

Rawon

Jika Anda ingin mencicipi makanan yang terbilang unik, maka wajib untuk Anda mencicipi botok tawon. Tahukah Anda jika makanan khas banyuwangi yang satu ini terbuat dari rumah tawon atau juga dikenal dengan sarang lebah yang tentu saja diolah dengan menggunakan cara yang khusus. Meskipun bisa dikatakan sebagai makanan yang terbilang ekstrem namun cita rasa yang disuguhkan ketika Anda mencicipi botok tawon ini sangatlah lezat. Hanya saja harganya sedikit lebih mahal karena bahan baku untuk membuat botok tawon ini terbilang susah untuk dicari.

Sup Kesrut

Sup Kesrut

Ternyata masih banyak lagi makanan khas banyuwangi lainnya yang bisa untuk Anda cicipi bersama keluarga tercinta Anda. yaitu berupa sup kesrut. Nah sekilas sup yang satu ini tidaklah berebeda dengan sup jenis lainnya yang biasa Anda makan, hanya saja ada beberapa menu pelengkap yang berbeda yaitu berupa sambal tempong yang sangat khas. Sup kesrut ini juga terbuat dari olahan ayam dengan kuah kaldu yang sangat kental dan juga pedas.

Kemudian sup yang satu ini juga dilengkapi dengan seporsi nasi putih hangat, dan juga ayam goreng. Nah itu dia beberapa makanan khas banyuwangi yang bisa Anda nikmati dan juga cicipi jika Anda berkunnung ke kota yang satu ini.



Leave a Reply

3 Comments
  1. Pie Susu Bali Bli Man says:

    ayam pedas khas banyuwangi haja ngantinem favorit saya, kalau ke banyuwangi pasti mampir ke sana

  2. isen mulang konveksi says:

    konveksi berkualitas di tarakan